Hide Menu

Selain Kacamata Apa yang Dibeli di Toko Kacamata? Inilah 5 Produk yang Bisa Anda Dapatkan!

Masih Penasaran Apa Saja yang Ada di Toko Kacamata? Baca Artikel ini Sampai Selesai!

Artikel Selain Kacamata Apa yang Dibeli di Toko Kacamata ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Selain Kacamata Apa yang Dibeli di Toko Kacamata 2024
© freepik.com/prostooleh

Mengenal Sedikit Lebih Dekat tentang Toko Kacamata

Mengenal Sedikit Lebih Dekat tentang Toko Kacamata
freepik.com/panyajampatong

Rekomers tahu toko kacamata? Mungkin dari sebagian orang akan beranggapan saat mendatangi toko kacamata hanya untuk membeli kacamata saja, iya ‘kan? Nyatanya anggapan itu salah.

Toko kacamata merupakan suatu tempat yang menyediakan kacamata dan aksesoris kacamata untuk masyarakat. Tapi, toko ini hanya sebatas perdagangan mata yang berarti bahwa toko ini tidak terkait dengan dunia kesehatan masyarakat. Toko kacamata hanya melakukan kegiatan untuk melayani penentuan ukuran kacamata dan melakukan tindakan secara teknis medis yang menyerupai optikal atau optik.

Sedangkan optik merupakan toko khusus yang menjual produk seperti kacamata, lensa kacamata, lensa kontak, dan produk-produk yang berkaitan dengan mata lainnya. Lensa kacamata di optik tersedia dalam ukuran minus, plus, atau silinder seseorang bisa berubah. Jadi, sebelum membelinya pastikan Anda sudah memeriksa mata agar lensa sesuai dengan kondisi mata.

Yang masih menjadi TTS di masyarakat itu apakah toko kacamata hanya menjual kacamata saja? Tentu tidak. Lalu, selain kacamata apa yang dibeli di toko kacamata? Di artikel kali ini, tim Rekomin akan membahasnya. Yuk, simak artikel ini sampai bawah, ya!

Perbedaan Toko Kacamata dan Optik

Perbedaan Toko Kacamata dan Optik
freepik.com/prostooleh

Sebagian orang pasti beranggapan bahwa toko kacamata itu artinya optik. Faktanya, toko kacamata dan optik itu berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Toko Kacamata

Toko kacamata merupakan suatu tempat yang menyediakan kacamata dan berbagai aksesoris kacamata. Namun, toko ini hanya sebatas pada perdagangan produk saja, yang artinya tidak terikat dengan dunia kesehatan mata.

Toko kacamata tidak boleh melakukan tindakan reflaksi kepada masyarakat yang mengalami gangguan pada penglihatan. Selain itu, toko kacamata juga tidak boleh melakukan tindakan keteknisan medis dan tidak boleh menerima ataupun memberikan resep ukuran kacamata kepada masyarakat yang mengalami gangguan kelainan refraksi ataupun gangguan penglihatan.

  • Optik

Optik merupakan salah satu cabang usaha yang melayani masyarakat pada bidang kesehatan mata dan menjual berbagai alat untuk memperjelas penglihatan mata seperti lensa, frame, softlens, sunglass, solutions, dan aksesoris. Biasanya, optik menjual langsung produknya kepada konsumen dengan menggunakan pelayanan jasa dalam proses jual beli. Hal ini dilakukan untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihan.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Selain Kacamata Apa yang Dibeli di Toko Kacamata - Terbaru 2024

Setelah penjelasan di atas, apakah Rekomers masih ada yang mengganjal pikiran? Tim Rekomin akan membantu menjawab teka-teki silang apa yang bisa Anda beli di toko kacamata. Let’s go!

1
Lensa Kacamata

Butuh Jenis Apa Saja, Semua Ada!

Lensa Kacamata

2
Lensa Kontak

Mata Lebih Hidup dan Memancarkan Keindahan

Lensa Kontak

3
Cairan Pembersih

Lensa Kacamata Bersih, Penglihatan Jernih

Cairan Pembersih

4
Cairan Tetes Mata

Pakai Ini agar Mata Tetap Dalam Kondisi Segar

Cairan Tetes Mata

5
Aksesoris

Simpan dan Rawat Softlens dan Kacatama Anda

Aksesoris

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Butuh Jenis Apa Saja, Semua Ada!
© freepik.com
1
Butuh Jenis Apa Saja, Semua Ada!

Lensa Kacamata

Lensa merupakan bagian yang memiliki peran sangat penting pada kacamata. Di toko kacamata, biasanya ada berbagai pilihan yang bisa Rekomers beli. Adapun beberapa jenisnya yaitu sebagai berikut:

  • Photochromic

Lensa photocromic merupakan salah satu lensa kacamata yang dirancang khusus untuk mengurangi atau menghilangkan pantulan cahaya pada permukaan datar seperti air, kaca, atau permukaan jalan.

  • Blueray

Blueray merupakan lensa kacamata anti radiasi yang tidak hanya melindungi mata dari sinar UV. Namun, blueray juga dapat menangkal bluelight yang banyak terpancar dari handphone, komputer, laptop, dan layar digital lainnya.

  • Bluecromic

Bluecromic merupakan gabungan lensa photocromic dan blueray. Lensa bluecromic dapat berubah lensanya menjadi menghitam saat terkena sinar UV dan juga melindungi mata Anda dari bluelight.

  • Polarized

Lensa polarized mirip dengan lensa photocromic. Polarized adalah lensa anti radiasi yang melindungi mata dari sinar matahari saat siang hari. Lensa polarized memiliki kelebihan fitur anti silau dan juga dapat mengurangi pantulan dari cahaya matahari.

Selain jenis lensa, Anda juga bisa memesan lensa khusus rabun jauh atau rabun dekat. Pekerja di toko kacamata akan membuat kacamata sesuai keinginan Anda. 

Mata Lebih Hidup dan Memancarkan Keindahan
© freepik.com/fabrikasimf
2
Mata Lebih Hidup dan Memancarkan Keindahan

Lensa Kontak

Rekomendasi kami

Lensa kontak atau softlens adalah lensa tipis yang cara pakainya dengan menempelkannya pada kornea mata. Fungsi dari lensa kontak juga sama seperti kacamata, yaitu mengkoreksi kelainan refraksi, medikasi, dan sebagai kosmetik (Muhammad Arief Munandar, 2018).

Softlens terbuat dari bahan plastik yang mengandung air. Selain itu, softlens membutuhkan perawatan serius, jika lensa kontak kotor dapat menyebabkan iritasi pada mata bahkan bisa saja menimbulkan penyakit mata yang lebih serius.

Lensa kontak bisa Anda dapatkan di toko kacamata dengan berbagai macam ukuran, ada yang minus, plus, dan silinder. Ukuran tersebut harus sesuai dengan kondisi mata. Selain ukuran yang bermacam-macam, softlens ini juga memiliki banyak warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Banyak orang yang menggunakan softlens untuk mempercantik mata. Memang softlens ini banyak dipakai wanita, tapi tak jarang pria juga menggunakan softlens dengan warna bening atau netral.

Lensa Kacamata Bersih, Penglihatan Jernih
© freepik.com/rawpixel-com
3
Lensa Kacamata Bersih, Penglihatan Jernih

Cairan Pembersih

Rekomendasi kami

Toko kacamata juga menyediakan cairan pembersih untuk lensa dan lensa kontak. Cairan pembersih untuk membersihkan lensa dan lensa kontak itu berbeda. Lensa kacamata harus menggunakan cairan pembersih kacamata dan lap khusus untuk mengelap lensa kacamata.

Sedangkan pembersih kontak lensa juga membutuhkan cairan khusus untuk membersihkan dan menyimpan lensa kontak agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Meskipun begitu, cairan pembersih ini sama-sama memiliki fungsi untuk membersihkan lensa dan lensa kontak dari debu, kotoran, dan juga minyak.

Pakai Ini agar Mata Tetap Dalam Kondisi Segar
© freepik.com/user18526052
4
Pakai Ini agar Mata Tetap Dalam Kondisi Segar

Cairan Tetes Mata

Rekomendasi kami

Cairan tetes mata atau obat mata menjadi salah satu barang yang sering ditemukan di toko kacamata. Cairan tetes mata merupakan salah satu produk yang membantu untuk mengatasi masalah iritasi, mata merah, alergi ataupun setelah operasi mata.

Simpan dan Rawat Softlens dan Kacatama Anda
© freepik.com
5
Simpan dan Rawat Softlens dan Kacatama Anda

Aksesoris

Rekomendasi kami

Toko kacamata juga menjual aksesoris yang bisa Anda temukan. Aksesoris yang tersedia, seperti softlens kit, kotak kacamata, dan aksesoris lainnya. Selain itu, toko kacamata juga menjual tali karet yang ditarik ke bagian belakang kepala agar ketika dikenakan tidak jatuh. Biasanya, para atlet menggunakan tali karet saat pertandingan.

Tanya Jawab Seputar Selain Kacamata Apa yang Dibeli di Toko Kacamata

Nah, sebelum menutup pembahasan, tim Rekomin juga sudah menyiapkan berbagai pertanyaan terkait tema ini. Berikut jawabannya.

Apakah produk yang dijual toko kacamata mahal?

Toko kacamata menyediakan berbagai macam produk seputar mata. Biasanya, produk lensa yang dijual dengan harga mahal. Meski begitu, ada produk yang dengan harga murah juga, seperti kotak lensa. Jadi, gak semua produk toko kacamata mengharuskan Anda untuk merogoh biaya lebih, ya!

Apakah toko kacamata bisa untuk mengganti frame?

Tentu saja jawabannya iya. Toko kacamata juga menerima layanan untuk pergantian frame kacamata lawas dengan model frame kacamata terbaru. Warna apa saja tersedia, termasuk warna hitam atau warna kesukaan Anda. Tapi, selalu ingat bahwa memilih frame harus yang sesuai dengan lensa, jika tidak akan memberikan efek yang kurang menarik untuk penampilan Anda.

Kenapa toko kacamata disebut optik?

Hal ini dikarenakan toko kacamata dan optik sama-sama menjual kacamata, softlens, dan aksesoris. Faktanya, toko kacamata mendapatkan larangan untuk melakukan tindakan medis apapun yang mengenai dengan gangguan penglihatan sedangkan optik tidak.

Apa saja yang bisa dibeli di toko kacamata?

Toko kacamata menyediakan lensa kontak, cairan pembersih, frame kacamata, lensa kacamata, cairan tetes mata, dan aksesoris.

Kesimpulan: Selain Kacamata Apa yang Dibeli di Toko Kacamata

Hore! Rekomers sudah berada di akhir bagian dari artikel ini. Faktanya, toko kacamata sudah naik level, yang awalnya hanya menjual frame dan lensa kacamata saja, sekarang sudah banyak produk yang ditawarkan seputar mata.

Seperti yang sudah tim Rekomin sebutkan di atas bahwa toko kacamata tidak hanya menjual kacamata. Segera ke toko kacamata untuk membeli soflens, aksesoris kacamata, cairan pembersih, dan tetes mata. Jika sibuk, Anda dapat membelinya secara online. Anda bisa membeli produk-produk tersebut dengan klik link yang sudah tim Rekomin sediakan. Jadi, tunggu apa lagi? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo