Hide Menu

Jangan Sampai Salah! Inilah 5 Perbedaan Ukuran Sepatu dan Sandal yang Wajib Anda Tahu!

Artikel Menarik Ini Membahas Perbedaan Ukuran Antara Sandal dan Sepatu, Baca Supaya Kaki Anda Nyaman Menggunakannya!

Artikel Perbedaan Ukuran Sepatu dan Sandal ini diposting diperbarui
12 Pembaca
Like
Perbedaan Ukuran Sepatu dan Sandal 2024
© freepik.com

Sandal vs Sepatu

Sandal vs Sepatu
freepik.com

Apa itu sandal dan sepatu? Pasti Anda akan menjawab, sandal dan sepatu itu adalah alas kaki. Perbedaannya kalau sandal terbuka, dan sepatu tertutup. Betul?

Faktanya, sandal merupakan alas kaki dengan bobot yang sangat ringan tanpa pengait. Ditambah lagi, alas kaki ini tidak memiliki toe cap dan insole panjang karena sandal tidak memiliki bagian belakang.

Sedangkan sepatu merupakan salah satu alas kaki yang biasa digunakan ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Beberapa jenis sepatu yaitu sepatu jalan, sepatu sekolah, sepatu formal, dan jenis sepatu lainnya.

Lalu, bagaimana jika Anda bingung dengan ukuran saat ingin membeli sepatu atau sandal di toko online? Pakai saja ukuran sandal yang ada atau sebaliknya. Namun nyatanya, sandal dan sepatu memiliki ukuran yang berbeda. Contohnya, saat membeli sandal Adidas, Anda akan butuh ukuran 4. Sementara saat Anda menggunakan sepatu Charles and Keith, ternyata ukurannya 3,5.

Hanya beda 0,5, sepele ‘kan? Kendati angka tidak begitu penting, tapi alangkah baiknya jika menggunakan sandal atau sepatu dengan ukuran yang sesuai, tidak kebesaran atau kekecilan. Dengan begitu, Anda akan lebih merasa nyaman saat mengenakannya.

Lalu, bagaimana cara untuk tahu perbedaan ukuran sepatu dan sandal? Tenang, tim Rekomin akan menjelaskannya. Anda cukup baca artikel ini sampai selesai, dan Anda akan mendapatkan jawabannya. Yuk, simak!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Ukuran Sepatu dan Sandal - Terbaru 2024

Rekomers sudah mengenal sepatu dan sandal di section sebelumnya. Kini, saatnya tim Rekomin akan menjelaskan semua perbedaan ukuran sepatu dan sandal.

Tujuannya supaya Anda bisa mendapatkan ukuran sepatu dan sandal yang sesuai sebab setiap produsen alas kaki memiliki sistem sendiri dalam menentukan ukuran produk (Heri Pratikno dan Weny Indah, 2022). Maka dari itu, simak dengan baik penjelasan berikut ini!

1
Ukuran Kaki yang Berbeda

Design Terbuka dan Tertutup Memperjelas Perbedaan

Ukuran Kaki yang Berbeda

2
Variabilitas Ukuran

Ukuran yang Beragam, Jadi Lebih Hati-Hati Memilihnya

Variabilitas Ukuran

3
Bahan yang Digunakan

Hanya Menggunakan Bahan Berkualitas dan Sesuai

Bahan yang Digunakan

4
Sistem Pengikat

Semua Sudah Disesuikan dengan Kebutuhan

Sistem Pengikat

5
Sizing Chart

Pahami Setiap Singkatannya

Sizing Chart

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Design Terbuka dan Tertutup Memperjelas Perbedaan
© freepik.com
1
Design Terbuka dan Tertutup Memperjelas Perbedaan

Ukuran Kaki yang Berbeda

Perbedaan antara sepatu dan sandal paling utama terletak pada ukurannya. Sepatu memiliki ukuran yang lebih presisi dan lebih mengikuti bentuk kaki dengan rapat, sehingga menutup seluruh bagian dengan tepat. 

Sedangkan sandal memiliki ukuran yang lebih longgar dan fleksibel. Pasalnya, sandal memiliki design yang terbuka pada bagian atas, sehingga membuat kaki menjadi lebih leluasa untuk bergerak di mana pun Anda melakukan kegiatan.

Ukuran yang Beragam, Jadi Lebih Hati-Hati Memilihnya
© freepik.com
2
Ukuran yang Beragam, Jadi Lebih Hati-Hati Memilihnya

Variabilitas Ukuran

Anda harus memerhatikan perbedaan antara sepatu dan sandal dari veriabilitas ukuran. Biasanya, sepatu tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran standar sampai ukuran yang lebih spesifik, seperti lebar dan panjang kaki.

Di samping itu, sandal cenderung memiliki ukuran yang umum karena desainnya lebih longgar dan bersifat lebih fleksibel. Jadi, siapapun yang mengenakan, asal ukurannya sesuai, sudah pasti nyaman di kaki. 

Hanya Menggunakan Bahan Berkualitas dan Sesuai
© freepik.com
3
Hanya Menggunakan Bahan Berkualitas dan Sesuai

Bahan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Perbedaan yang lebih signifikan terletak pada bahan yang digunakan pada sepatu dan sandal. Faktanya, setiap bahan akan menghasilkan ukuran yang berbeda. Maka dari itu, sepatu terbuat dari bahan yang lebih kuat, yang mana tujuannya untuk memberi perlindungan dan stabilitas yang tinggi. Bahan yang digunakan seperti kulit, kanvas, atau bahan sintetis.

Sementara itu, sandal biasanya terbuat dari bahan yang jauh lebih ringan dan fleksibel, seperti karet atau bahan sintetis yang lebih elastis. Karena fleksibel, maka ukuran sandal jauh lebih mudah melar, sehingga bisa dibeli oleh siapa saja. 

Semua Sudah Disesuikan dengan Kebutuhan
© freepik.com
4
Semua Sudah Disesuikan dengan Kebutuhan

Sistem Pengikat

Rekomendasi kami

Umumnya, sepatu dilengkapi dengan sistem pengikat, seperti tali atau gesper. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengencangkan dan mengatur kenyamanan saat menggunakan sepatu sesuai dengan kebutuhan. Jadi, meskipun ukuran sepatu Anda kebesaran, kaki tetap bisa nyaman karena bantuan pengikat. 

Sedangkan sandal menggunakan tali atau pengait sederhana yang dapat memudahkan pengguna untuk memasang dan melepas sandal dengan cepat. Maka dari itu, jika ukurannya tak sesuai, sudah pasti membuat Anda tak nyaman. 

Pahami Setiap Singkatannya
© freepik.com
5
Pahami Setiap Singkatannya

Sizing Chart

Pasti Anda pernah melihat tanda EU, UK dan US di sepatu atau sandal. Apa Anda tahu kegunaan singkatan tersebut? Jika belum, pelajari perbedaan ukuran sepatu dan sandal dari faktor berikut ini.

  • EU

EU merupakan standar ukur yang digunakan warga Indonesia untuk memilih sepatu. Ukuran numerik EU kisaran 34,5 sampai 45,5.

  • UK

UK adalah standar ukur yang biasanya dipakai oleh di wilayah Britania Raya dan Inggris. Sementara itu, ukuran numerik UK sekitar 4 sampai 12.  

  • US

Terakhir, satuan US juga merupakan salah satu satuan ukur yang paling sering digunakan. Negara yang biasa menggunakan ukuran US yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara lainnya. Biasanya, ukuran numerik US adalah kisaran 4 hingga 13.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Ukuran Sepatu dan Sandal

Pembahasan di atas menarik, bukan? Pasti banyak Rekomers yang masih punya rasa penasaran terkait perbedaan ukuran sandal dan sepatu. Jika penasaran, simak dulu pertanyaan dan jawaban yang sering muncul di internet. Let’s go!

Berapa cm ukuran sandal 38?

Ukuran sandal 38 sama dengan 23,5-24 cm.

Berapa cm ukuran sandal 40?

Sandal ukuran 40 sama dengan 26 cm.

Berapa cm ukuran sandal 43?

Ukuran 43 untuk sandal sama dengan 28,5 cm.

Ukuran kaki 24cm nomor sepatu berapa?

Jika ukuran kaki 24cm, maka Anda menggunakan ukuran 39.

Ukuran sepatu EU itu apa?

Standar ukuran EU merupakan standar ukuran yang biasa dipakai warga Indonesia untuk memilih sepatu anak-anak dan orang dewasa.

UK itu ukuran apa?

Ukuran sepatu UK atau United Kingdom adalah standar ukuran sepatu berdasarkan satuan perhitungan di Inggris dan Britania Raya. Sistem pengukuran UK berdasarkan pada ukuran panjang biji barleycorns. Contohnya, 3 barleycorns = 1 inch atau 2,54 cm. Jadi, setiap kenaikan 1 barleycorns ukuran panjangnya yaitu 1/3 inci.

Size 39 sama dengan size berapa?

Size EU 39 sama dengan size UK 6 dan size US 8.

Ukuran 38 sama dengan size berapa?

Size EU 38-39 sama dengan 24cm, atau ukuran US 8.

Apakah ukuran sepatu bisa berbeda antar merek?

Jawabannya iya, karena ukuran sepatu tiap merek pasti bervariasi. Oleh sebab itu, selalu coba dan bandingkan ukuran saat membeli sepatu baru.

Size 40 panjang kaki berapa?

Jika dikonversikan ukuran sepatu ke cm, maka size 40 sama dengan panjang kaki 24,5-25 cm.

Size 37 panjang kaki berapa?

Untuk mengkonversikan size 37, maka panjang kaki adalah 23,2-23,5 cm.

Ukuran sandal 36 berapa cm?

Ukuran EU 36 untuk sandal sama dengan 22,9 cm.

Berapa cm ukuran sandal 35-44 berapa cm?

Berikut ukuran yang biasa digunakan oleh orang Indonesia:

  1. Ukuran 43 = 26,5 – 27 cm
  2. Ukuran 42 = 26 – 26,5 cm
  3. Ukuran 41 = 25,5 – 26 cm
  4. Ukuran 40 = 24,5 – 25 cm
  5. Ukuran 39 = 24 – 24,5 cm
  6. Ukuran 38 = 23,5 – 24 cm
  7. Ukuran 37 = 23 – 23,5 cm
  8. Ukuran 36 = 22,5 – 23 cm
  9. Ukuran 35 = 22 – 22,5 cm

Mengapa ukuran sepatu berdasarkan cm?

Sebab cm merupakan ukuran satuan yang paling sering digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. 

Ukuran 11 US sama dengan?

Jika ukuran US 11, maka ukuran EUnya adalah 44.

Kesimpulan: Perbedaan Ukuran Sepatu dan Sandal

Sandal dan sepatu memang sama-sama alas kaki, yang membedakan itu sepatu lebih tertutup dan cocok jika Anda kenakan di luar ruangan. Sedangkan sandal lebih terbuka dan biasanya hanya untuk di dalam ruangan atau ke pantai.

Ingat, jangan membeli sepatu dengan ukuran sandal dan sebaliknya. Alasannya karena keduanya memiliki perbedaan seperti yang sudah tim Rekomin jelaskan di atas. Perbedaan tersebut bisa Rekomers lihat dari segi bahan, variabilitas, pengikat, dan aspek lainnya.

Artinya perbedaan tersebut juga berlaku untuk ukuran sandal dewasa dan anak-anak umur 4-7 tahun. Semua brand yang mengeluarkan alas kaki, seperti Adidas, Charles and Keith, Nike, Converse, dan brand terkemuka lainnya juga menggunakan sistem yang sama. Jadi, jangan sampai salah ukuran lagi saat hendak membeli sepatu atau sandal, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo