Hide Menu

Perhatian! Inilah 6 Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton yang Wajib Anda Ketahui!

Berikut adalah Perbedaan yang Signifikan antara Sepatu Voli dan Badminton. Simak Artikel Ini Sampai Selesai!

Artikel Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton ini diposting diperbarui
8 Pembaca
Like
Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton 2024
© freepik.com/kamranaydinov

Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton

Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton
freepik.com/rawpixel-com

Bagi para atlet, menggunakan sepatu saat melakukan olahraga merupakan suatu hal yang sangat penting, seperti saat sedang olahraga basket, tenis, futsal, bulutangkis, voli, dan olahraga lain yang mengharuskan Anda menggunakan sepatu. Tak peduli atlet tersebut masih anak-anak atau sudah dewasa, keharusan mengenakan sepatu ini sudah menjadi tradisi sejak dahulu. 

Setiap sepatu sport sudah memiliki rancangan khusus sesuai jenis olahraganya. Tujuan utama sepatu ini adalah untuk meningkatkan performa pemain, mengurangi resiko cedera, dan yang pasti memberikan kenyamanan pada kaki selama permainan berlangsung.

Sebagian orang beranggapan bahwa sepatu voli dan badminton itu sama, tapi nyatanya, kedua sepatu ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan ini muncul tidak hanya dari foto produk saja, melainkan juga dari line design, sol, warna, bahan, dan juga fitur.

Faktanya, sepatu voli memiliki bobot yang ringan dan bentuknya rendah daripada sepatu badminton. Biasanya, olahraga voli itu memerlukan gerakan yang lebih cepat, lincah, responsif, serta membutuhkan cengkraman yang baik dan fleksibilitas yang dibutuhkan saat bermain voli.

Sedangkan sepatu badminton memiliki bobot yang cukup berat dan lebih tinggi. Umumnya, badminton membutuhkan gerakan melompat lebih banyak, makanya butuh dukungan yang jauh lebih kuat pada bagian pergelangan kaki. Dengan insole yang tebal, atlet dapat mengurangi resiko saat mendarat. Design sepatu badminton ini dapat membantu untuk tetap balance saat pemain bergerak dan melompat di lapangan.

Apa ada perbedaan lainnya? Jelas ada, dong. Tim Rekomin akan menyebutkan apa saja perbedaan sepatu voli dan badminton berserta penjelasannya di bawah. Jadi, baca terus artikel ini sampai habis, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton - Terbaru 2024

Setelah perkenalan singkat dari sepatu badminton dan voli, kini saatnya Anda lebih fokus menyimak perbedaan antara kedua sepatu tersebut. Baca daftar di bawah ini dengan seksama, ya!

1
Design Sepatu

Rendah atau Tinggi Sudah Didesain Khusus dan Sesuai

Design Sepatu

2
Sol Sepatu

Perbedaan Sol Menjadikan Sepatu Lebih Bervariasi

Sol Sepatu

3
Stabilitas Sepatu

Stabilizer yang Baik akan Menjaga Kaki agar Tidak Cedera

Stabilitas Sepatu

4
Warna Sepatu

Semakin Berwarna, Semakin Ekspesif

Warna Sepatu

5
Bahan yang Digunakan Sepatu

Pemilihan Bahan Terbaik yang Telah Disesuaikan dengan Kebutuhan

Bahan yang Digunakan Sepatu

6
Fitur Sepatu

Pelindungan Ekstra untuk Kaki tetap Aman

Fitur Sepatu

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Rendah atau Tinggi Sudah Didesain Khusus dan Sesuai
© freepik.com
1
Rendah atau Tinggi Sudah Didesain Khusus dan Sesuai

Design Sepatu

Rekomendasi kami

Design yang sepatu voli dan badminton miliki terdapat perbedaan yang signifikan. Sepatu voli pada umumnya memiliki desain yang lebih rendah dan bobot yang ringan, sehingga memungkinkan fleksibilitas kaki jauh lebih baik.

Sedangkan design sepatu badminton lebih tinggi dari pada sepatu voli. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan stabilitas yang memang pemain butuhkan pada bagian pergelangan kaki.

Perbedaan Sol Menjadikan Sepatu Lebih Bervariasi
© freepik.com/wertinio
2
Perbedaan Sol Menjadikan Sepatu Lebih Bervariasi

Sol Sepatu

Rekomendasi kami

Perbedaan sol yang terdapat pada sepatu voli dan badminton bisa Anda lihat dari 5 aspek, yaitu:

  • Design Sol

Sepatu voli memiliki design sol yang tipis dan fleksibel, memberikan pergerakan yang lebih responsif dan cepat saat di lapangan. Di sisi lain, design sol yang dimiliki sepatu badminton lebih tebal, kuat, dan tahan lama, sehingga mampu mengatasi gesekan den tekanan saat di lapangan.

  • Bahan Sol

Biasanya, sol sepatu voli terbuat dari bahan karet yang tipis dan fleksibel. Namun, sol untuk sepatu badminton terbuat dari bahan karet yang lebih tebal dan tahan lama.

Sementara bahan sol yang dimiliki sepatu voli lebih fokus ke fleksibilitas dan pergerakan yang cepat, sedangkan bahan sol untuk sepatu badminton lebih fokus pada daya tahan dan kekuatan.

  • Posisi Tapak Sol

Posisi tapak sol sepatu voli terletak pada bagian depan dan tengah didesain untuk memberikan fleksibilitas dan gerakan lateral yang lebih mudah. Sedangkan posisi sol sepatu badminton memiliki tapak yang terletak pada seluruh bagian bawah sepatu, sehingga memberikan cengkeraman yang lebih kuat pada permukaan lapangan dan membantu pemain untuk mempertahankan keseimbangan.

  • Teknologi

Sol sepatu voli sudah dilengkapi dengan teknologi Gel Cushioning atau Air Cushioning yang berfungsi untuk mengurangi tekanan pada kaki dan memberikan kenyamanan saat bermain voli. Berbeda dengan sol sepatu voli, sol sepatu badminton yang dilengkapi dengan teknologi Power Cushion dapat memberikan bantalan tambahan untuk melompat dan mendarat dengan nyaman.

  • Warna Sol

Umumnya, sepatu voli memiliki warna sol yang cerah dan mencolok. Sol sepatu badminton justru berkebalikan dari sepatu voli, warna solnya ternyata lebih kalem, klasik, dan tidak mencolok.

Stabilizer yang Baik akan Menjaga Kaki agar Tidak Cedera
© freepik.com
3
Stabilizer yang Baik akan Menjaga Kaki agar Tidak Cedera

Stabilitas Sepatu

Pada umumnya, sepatu voli memiliki design stabilizer yang kuat dan berfungsi sebagai pemberi dukungan pada gerakan lateral. Stabilitas ini berupa bantalan khusus pada bagaian luar sepatu, gunanya untuk menjaga kaki Anda tetap balance selama melakukan gerakan lateral yang intens.

Sepatu voli memiliki kelebaran lebih besar yang terdapat pada bagian tengah kaki agar bisa menyeimbangkan berat badan ketika sedang melakukan gerakan lateral. Stabilitas ini memiliki peran penting untuk mencegah cedera dan dapat meningkatkan performa para pemain selama pertandingan.

Berbeda dengan sepatu voli, sepatu badminton lebih fokus pada dukungan kaki saat melompat. Hal ini terjadi karena saat permainan bulutangkis berlangsung, banyak pemain sering melakukan spike.

Sepatu badmindon juga punya fitur seperti bantalan khusus pada bagian bawah sepatu yang menyerap kejutan saat mendarat dan menjaga kaki tetap stabil setelah melakukan loncatan. Selain itu, struk yang dimiliki sepatu badminton jauh lebih tinggi pada bagian tumit untuk mengurangi resiko cedera.

Semakin Berwarna, Semakin Ekspesif
© freepik.com/oleksandr-boliukh
4
Semakin Berwarna, Semakin Ekspesif

Warna Sepatu

Rekomendasi kami

Anda dapat membedakan kedua jenis ini dari warna sepatu. Nyatanya, sepatu badminton cenderung menggunakan warna klasik dan tidak mencolok, seperti warna hitam, putih, atau bahkan abu-abu.

Alasan kenapa menggunakan warna tersebut karena badminton merupakan olahraga yang cukup santai dan biasanya pemain menggunakan pakaian dan sepatu yang formal. Warna yang kalem ini membantu para pemain untuk tetap fokus pada pertandingan tanpa harus merasa terganggu dengan warna yang mencolok.

Justru, sepatu voli kebalikan dari sepatu badminton. Kenapa? Karena sepatu voli biasanya menggunakan warna yang cerah dan mencolok, seperti kuning, hijau neon atau pink. Pasti Anda bertanya-tanya kenapa menggunakan warna-warna yang cerah?

Faktanya, warna-warna cerah tersebut menggambarkan bahwa olahraga voli adalah olahraga yang dinamis dan energik. Selain itu, alasan menggunakan warna-warna cerah itu juga sebagai salah satu pengekspresian diri pemain dan menunjukkan kepribadian tim.

Pemilihan Bahan Terbaik yang Telah Disesuaikan dengan Kebutuhan
© freepik.com
5
Pemilihan Bahan Terbaik yang Telah Disesuaikan dengan Kebutuhan

Bahan yang Digunakan Sepatu

Untuk penggunaan bahan, sepatu badminton dan voli itu berbeda. Biasanya, untuk membuat sepatu voli menggunakan bahan yang lebih ringan dan breathable, seperti mesh. Tujuannya untuk memberikan sirkulasi udara yang baik dan menjaga kaki tetap kering selama pertandingan berlangsung.

Sementara sepatu badminton menggunakan bahan sintetis yang jauh lebih kuat dan awet. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih saat sedang melakukan gerakan yang cepat. Ditambah lagi, sepatu badminton ini bisa memberikan kestabilan dan pergerakan yang jauh lebih baik saat pertandangan.

Pelindungan Ekstra untuk Kaki tetap Aman
© freepik.com/somemeans
6
Pelindungan Ekstra untuk Kaki tetap Aman

Fitur Sepatu

Rekomendasi kami

Perbedaan sepatu voli dan sepatu badminton yang terakhir terletak pada fitur. Sepatu voli dilengkapi fitur dengan teknologi penyerap shock yang baik, tujuannya untuk mengurangi resiko cedera saat mendarat dengan keras setelah melompat.

Namun, sepatu badminton lebih sering dilengkapi dengan teknologi grip supaya pemain bisa bergerak dengan lancar dan menhidari slip saat melakukan gerakan yang cepat. Sepatu ini juga dilengkapi dengan lapisan tambahan yang terdapat pada bagian toe cap, fungsinya untuk memberikan perlindungan lebih saat melakukan shuttlecock.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton

Pasti Rekomers sudah bertanya-tanya tentang perbedaan sepatu badminton dan voli ini, ‘kan? Tenang saja, tim Rekomin siap menjawab semua pertanyaan yang muncul di pikiran Anda. Mau tahu apa aja pertanyan tersebut? Cek di bawah ini, ya!

Apa bedanya sepatu voli dengan sepatu biasa?

Ciri khas sepatu volly ada pada bagian sol karetnya yang cukup tebal. Sepatu ini memiliki kemampuan mencengkeram yang lebih kuat daripada sepatu biasa. Hal ini disebabkan oleh lantai olahraga indoor, khususnya lapangan olahraga volly yang biasanya lebih licin.

Sepatu voli yang bagus merk apa?

Faktanya, tidak semua sepatu bagus. Namun, jelas bahwa ada beberapa merek sepatu voli dengan kualitas terbaik yang dapat memberikan pengaruh positif untuk para atlet dan mendukung permainan Anda agar tetap bermain dengan aman (Dwi Susanto, 2023). Apabila Anda penasaran, berikut rekomendasi merk sepatu voli terbaik:

  1. Mizuno
  2. Asics
  3. Profesional Patriot
  4. Mitzuda
  5. Adidas
  6. Nike

Merk sepatu badminton apa saja?

Merek sepatu badminton yang paling sering atlet pakai dan sudah terbukti kualitasnnya yaitu:

  1. Yonex
  2. Asics
  3. Li-Ning
  4. Adidas
  5. Babolat
  6. Astec

Biasanya, harga sepatu dengan merek di atas adalah sekitar Rp 300 ribuan. Harga ini memang tidak murah, justru cenderung mahal karena produsen sepatu ingin Anda dapat kualitas terbaik. Jadi, jangan sampai terkecoh dengan harga yang terlalu rendah, ya!

Kenapa harus pakai sepatu badminton?

Sepatu badminton dibuat untuk meningkatkan stabilitas gerakan lateral dengan berkecepatan tinggi saat bermain bulutangkis. Gerakan lateral tidak dapat berjalan dengan baik jika Anda menggunakan sepatu lain yang dibuat untuk kegiatan berlari.

Apakah sepatu badminton boleh dijemur?

Ketika Anda membersihkan sepatu badminton, lebih baik untuk tidak menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari. Hal ini akan mengakibatkan permukaan sepatu badminton gampang rusak dan tampilannya menjadi kusam.

Apakah sepatu badminton harus disol?

Sebenarnya tidak, sebab sepatu badminton memiliki keberadaan sol khusus yang berfungsi sebagai penahan gesekan dengan permukaan lapangan yang keras. Apalagi saat bermain bulutangkis, akan ada gesekan berlebih dan terus-menerus terjadi selama pertandingan. Adanya sol khusus pada sepatu ini dapat mengurangi risiko cedera saat bermain bulu tangkis.

Kenapa sepatu badminton bunyi cit-cit?

Anda tidak perlu heran saat bermain badminton di lapangan akan terdengar bunyi “cit” selama permainan berlangsung. Biasanya, ini terjadi karena bagian bawah sepatu tersebut memiliki kemampuan untuk melekat ke lantai karena outsole yang ada terbuat dari bahan karet berkualitas tinggi.

Apakah sepatu voli atau badminton tahan air?

Umumnya, sepatu voli atau badminton tidak termasuk tipe sepatu yang tahan air. Jadi, lebih baik Anda hindari penggunaannya dalam kondisi cuaca basah.

Bagaimana merawat sepatu voli atau badminton?

Selalu gunakan kain yang lembap saat membersihkan sepatu volly dan sepatu badminton. Jangan mencuci kedua sepatu dengan mesin cuci, dan jangan menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari.

Bagaimana bentuk outsole sepatu voli?

Umumnya, semua outsole sepatu voli sama saja. Yang membedakan itu sol spiker, tosser, dan libero. Spiker lebih baik memilih sepatu dengan jenis collar middle cut dengan midsole tebal dan outsole lentur, tujuannya untuk memberikan daya lontar yang kuat saat melakukan spike.

Sedangkan libero dan tosser sebaiknya memilih sepatu dengan jenis low cut dan outsole antislip. Hal ini karena kedua posisi pemain volly ini jauh lebih aktif pergerakannya sehingga butuh alas kaki yang fleksibel. 

Apakah sneakers bisa untuk olahraga badminton?

Sebenarnya bisa saja, tapi sepatu sneakers atau kets yang dipakai untuk berolahraga untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan cedera pada tulang kaki.

Mengapa running shoes tidak bisa menggantikan sepatu khusus bulu tangkis ?

Karena running shoes didesain berdasarkan gerakan “maju” saat berlari. Dengan begitu, alas kaki ini akan gagal memberikan perlindungan yang memadai di bagian kaki depan saat gerakan menyamping secara tiba-tiba dan perubahan arah. Maka, lebih baik tetap menggunakan sepatu badminton saat bermain bulu tangkis.

Kesimpulan: Perbedaan Sepatu Voli dan Badminton

Seperti yang Anda ketahui, untuk memilih sepatu voli atau badminton, Anda harus bisa memahami perbedaan antara kedua jenis sepatu ini. Faktor desain, bahan, dan fitur-fitur yang ada di kedua sepatu tersebut memberikan keunggulan masing-masing untuk mendukung performa pemain saat pertandingan.

Sekarang, Anda sudah tahu perbedaan penting apa saja yang ada antara sepatu voli dan badminton. Maka dari itu, perhatikan selalu faktor ukuran dan kenyamanan saat mencoba sepatu baru agar Anda bisa melakukan olahraga senyaman mungkin.

Jadi, segera pilih sepatu olahraga bola voli atau badminton terbaru Anda dengan design yang lebih keren. Jangan lupa untuk terus tingkatkan performa selama di lapangan. Semoga Rekomers bisa memenangkan pertandingan! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo