Hide Menu

Anda Masih Cari Tahu Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton? Inilah 6 Jawabannya!

Gak Perlu Khawatir, Baca Artikel Ini untuk Mendapatkan Jawaban dari Perbedaan Antara Sepatu Tenis dan Badminton!

Artikel Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton 2024
© freepik.com

Sepatu Tenis vs Sepatu Badminton

Sepatu Tenis vs Sepatu Badminton
freepik.com/EyeEm

Dalam dunia olahraga, untuk memilih sepatu yang cocok dan juga tepat menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, sepatu yang digunakan dapat memengaruhi performa dan kenyamanan saat permainan berlangsung, baik pada atlet dewasa maupun anak-anak. Hal ini juga berlaku untuk semua olahraga, termasuk tenis, badminton, bola, senam, aerobik, dan jenis olahraga lainnya.

Walaupun olahraga tenis dan badminton ini membutuhkan gerakan yang aktif terutama untuk melompat, hal ini menyebabkan sepatu kedua olahraga tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi desain dan juga fitur sepatu. Perbedaan itu tidak hanya terlihat dari line foto saja, melainkan keseluruhan tekstur. 

Faktanya, sepatu tenis merupakan sepatu olahraga bertali dengan sol karet vulkanisasi yang memiliki bagian atas cukup ringan karena terbuat dari bahan kanvas. Sepatu tenis lebih identik dengan sepatu kets atau sneakers, meski ada sebagian orang yang beranggapan bahwa kedua sepatu tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas pula.

Sedangkan sepatu badminton merupakan salah satu jenis sepatu yang dibuat lebih elastis terutama pada bagian line jempol dan jari kaki. Tujuannya adalah agar pemain badminton dapat lebih leluasa untuk bergerak karena olahraga bulutangkis menuntut semua pemainnya untuk bergerak cepat dan tangkas.

Supaya Rekomers gak bingung dan semakin paham, di sini tim Rekomin akan membahas perbedaan sepatu tenis dan badminton. Gak usah lama-lama, baca artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton - Terbaru 2024

Setelah Anda mengetahui penjelasan singkat di atas, sekarang tim Rekomin akan membahas bagaimana cara membedakan sepatu tenis dan sepatu badminton. Penasaran, ‘kan? Perhatikan setiap poin dengan detail, ya!

1
Design Sepatu

Design yang Berbeda Mencerminkan Perbedaan dalam Gerakan

Design Sepatu

2
Tipe Sol

Tebal dan Tipisnya Sol dapat Memengaruhi Pemain

Tipe Sol

3
Design Cengkeraman

Cengkeraman yang Kuat Mencegah Anda Tergelincir

Design Cengkeraman

4
Bobot Sepatu

Peran Penting Bobot Sepatu di Lapangan

Bobot Sepatu

5
Fleksibilitas

Mendukung Pergelangan Kaki agar Tidak Cedera

Fleksibilitas

6
Harga

Ada Harga, Maka Ada Kualitas Terbaik

Harga

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Design yang Berbeda Mencerminkan Perbedaan dalam Gerakan
© freepik.com/lazy-bear
1
Design yang Berbeda Mencerminkan Perbedaan dalam Gerakan

Design Sepatu

Rekomendasi kami

Sepatu badminton punya desain khusus yang hanya bisa digunakan dalam permainan badminton. Sepatu tenis dan badminton benar-benar memiliki perbedaan dan menampilkan keahlian serta gaya permainan yang unik.

Umumnya, sepatu badminton memiliki bobot yang cukup ringan. Design sepatu ini membuatnya terlihat sebaguna saat di lapangan karena dibuat khusus untuk permukaan lapangan dalam ruangan dan gerakan pemain yang tidak biasa.

Sedangkan sepatu tenis memiliki bobot yang lebih berat daripada sepatu badminton dan menonjolkan tumit yang terangkat. Sepatu tenis hadir dengan lebih banyak bantalan pada area tumit.

Dengan bantalan yang lebih, ini dapat membantu untuk menopang sendi pada benturan saat sedang berlari di lapangan. Design sepatu tenis ini jelas tidak cocok untuk badminton karena menyulitkan pemain bulu tangkis saat melakukan smash dan clear di atas kepala.

Tebal dan Tipisnya Sol dapat Memengaruhi Pemain
© freepik.com/lilkin
2
Tebal dan Tipisnya Sol dapat Memengaruhi Pemain

Tipe Sol

Rekomendasi kami

Tenis merupakan salah satu olahraga yang dimainkan di berbagai pemukaan lapangan, sepeti tanah liat, aspal, atau bahkan rumput. Setiap jenis lapangan memiliki sepatu khusus yang cocok dan ideal untuk permukaan tersebut.

Sol sepatu tenis biasanya lebih keras atau kadang lebih lembut jika Anda bandingkan dengan sepatu badminton yang memiliki sol tipis, sehingga memungkinkan pemain menurunkan pusat gravitasinya. Selain itu, fitur yang satu ini dapat membantu untuk meminimalkan cedera saat melakukan gerakan manuver secara tiba-tiba.

Cengkeraman yang Kuat Mencegah Anda Tergelincir
© freepik.com
3
Cengkeraman yang Kuat Mencegah Anda Tergelincir

Design Cengkeraman

Selanjutnya, Anda bisa membedakan sepatu tenis dan badminton dari desain cengkeraman. Design cengkraman yang dimiliki sepatu badminton dan tenis itu bervariasi karena ada perbedaan di lapangan.

Pemain badminton begerak ke segala sudut lapangan, jadi pola pegangan sepatu ini biasanya radial. Fitur sepatu badminton ini dapat membantu untuk memastikan cengkeraman yang baik pada semua sudut saat sedang melakukan gesekan di lapangan (Kurniawan Nova Dwi, 2012).

Di sisi lain, permainan tenis biasanya menampilkan design cengkeraman yang berbeda di berbagai lapangan. Sol sepatu tenis hadir dengan pola herringbone yang tujuannya mencegah material lengket menempel di sepatu saat bermain di lapangan tanah liat. Oleh sebab itu, dengan memberikan cengkeraman yang cukup dapat mencegah pemain meluncur di lapangan tanah liat saat hendak melakukan tembakan.

Lalu, gimana desain sepatu tenis dengan lapangan rumput? Faktanya, sepatu tenis untuk jenis lapangan tenis rumput hadir dengan design yang lebih sederhana yang memberikan cengkeraman luar biasa. Sayang seribu sayang, sepatu ini hanya dapat Anda gunakan di atas lapangan rumput saja.

Peran Penting Bobot Sepatu di Lapangan
© freepik.com/dovapi
4
Peran Penting Bobot Sepatu di Lapangan

Bobot Sepatu

Rekomendasi kami

Jika dilihat dari segi bobot sepatu, biasanya sepatu badminton tergolong ringan karena olahraga bulutangkis membutuhkan kelincahan yang lebih. Oleh karena itu, bobot sepatu menjadi salah satu hal yang penting untuk gerak kaki yang cepat, terutama dalam permainan badminton.

Sedangkan sepatu tenis memiliki bobot yang lebih berat karena bantalannya. Bagian tumit yang terangkat juga memberikan bantalan untuk persendian agar tetap aman saat terkena benturan. Bantalan tersebut juga memastikan pergerakan yang cepat dan mudah bagi pemain tenis saat berada di lapangan.

Mendukung Pergelangan Kaki agar Tidak Cedera
© freepik.com/master1305
5
Mendukung Pergelangan Kaki agar Tidak Cedera

Fleksibilitas

Olahraga badminton membutuhkan sepatu yang membuat pemain dapat menggerakkan pergelangan kakinya dengan bebas dan bergerak lebih baik. Justru, sepatu tenis berkebalikan dengan sepatu badminton.

Umumnya, sepatu tenis memastikan dukungan untuk pergelangan kaki pemain. Tujuannya untuk memastikan pemain memiliki sedikit gerakan pergelangan kaki saat melakukan gerakan lateral. Desain ini akan lebih membantu pemain untuk menghindari cedera di lapangan.

Ada Harga, Maka Ada Kualitas Terbaik
© freepik.com/jannoon028
6
Ada Harga, Maka Ada Kualitas Terbaik

Harga

Tidak salah jika banyak orang beranggapan bahwa olahraga tenis itu mahal. Sepatu tenis khusus yang didesain untuk pemain tenis profesional atau tingkat tinggi sering kali ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi. Begitupun di pasaran, harga sepatu tenis original tidak ada yang harganya di bawah Rp 300 ribuan.

Apakah sepatu bulu tangkis juga demikian? Ternyata, meski banyak merek terkemuka yang mengeluarkan sport shoes, tapi sepatu badminton masih tergolong murah. Jadi, Anda bisa membelinya dalam harga yang cukup terjangkau. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton

Anda masih memiliki pertanyaan terkait perbedaan antara sepatu tenis dan badminton? Gak usah khawatir, berikut adalah pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dangan topik ini. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apakah sepatu tenis bisa untuk lari?

Untuk mengurangi resiko cedera, sepatu tenis tidak Anda gunakan untuk olahraga lari. Jika hobi lari atau jogging, tim Rekomin sarankan untuk menggunakan sepatu running saja. 

Badminton pake sepatu apa?

Tim Rekomin sarankan untuk memakai sepatu khusus bulu tangkis. Sepatu badminton atau bulutangkis didesain lebih elastis terutama pada bagian jempol dan jari kaki. Tujuan desain ini adalah supaya pemain badminton leluasa dalam bergerak karena olahraga bulu tangkis menuntut pemainnya untuk bergerak cepat dan tangkas.

Apakah sepatu voli bisa untuk badminton?

Ya, bisa. Sepatu bola volly bisa Anda gunakan untuk olahraga seperti bulu tangkis sebab cukup aman dan tidak akan berdampak signifikan pada sebagian besar gerakan olahraga bulutangkis.

Merk sepatu tenis yang bagus?

Merek sepatu tenis terbaik yang biasa digunakan pria dan wanita yaitu Yonex, Adidas, Nike, Wilson, Asics, Babolat, Brodo, Eagle, Spotec, Lotto, Decathlon, Heat, dan Diadora.

Apa merek sepatu badminton yang bagus?

Produk merek berkualitas dan juga awet untuk sepatu badmiton yaitu Yonex, Adidas, Eagle, Astec, Li-Ning, Victor, Mizuno, dan Asics. Semua merk tersebut menawarkan pilihan design terbaru yang keren dan juga menarik.

Apa sepatu basket bisa untuk tenis?

Tidak disarankan untuk menggunakan sepatu basket saat bermain tenis. Alasannya karena sepatu tenis sudah memiliki rancangan khusus untuk tahan terhadap permukaan lapangan tenis yang tidak dimiliki oleh sepatu basket.

Merk sepatu tenis meja terbaik?

Anda bisa menggunakan merek sepatu tenis meja dengan kualitas terbaik dari Asics, Adidas, Donic, dan Butterfly.

Apakah sepatu bola bisa untuk badminton?

Tentu saja Anda tidak bisa menggunakan sepatu sepak bola pada lapangan badminton karena jenis lapangan badminton itu cenderung lebih licin.

Kesimpulan: Perbedaan Sepatu Tenis dan Badminton

Kesimpulannya, baik olahraga tenis dan badminton memiliki kebutuhan yang berbeda dalam sepatu yang digunakan. Walaupun sepatu tenis cenderung lebih berat dan kurang fleksibel, namun jenis ini menawarkan stabilitas yang tinggi, kekuatan, dan dukungan pada pergelangan kaki. 

Sementara itu, sepatu badminton memiliki ciri sepatu dengan bobot yang ringan, fleksibel, dan dukungan pergelangan kaki yang cukup. Walaupun sepatu ini kurang stabil jika Anda gunakan pada permukaan keras, namun untuk bulu tangkis jelas ia jadi pilihan paling aman. 

Siapa tahu Rekomers tertarik dengan gambar produk di atas dan ingin membelinya, gak perlu keluar rumah untuk membelinya. Sebab, tim Rekomin sudah memberikan beberapa link produk rekomendasi terbaik dengan tujuan untuk memudahkan Rekomers mendapatkan produk tersebut. Jika ingin beli, cepat check out sekarang sebelum kehabisan! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo