Hide Menu

Yuk, Simak 6 Faktor Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers Supaya Anda Tidak Terkecoh!

Jangan Takut, Ikuti Cara Membedakan yang Ada di Artikel Ini, Dijamin Gak Akan Salah Sepatu Lagi!

Artikel Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers ini diposting diperbarui
7 Pembaca
Like
Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers 2024
© freepik.com/pavliukv

Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers

Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers
freepik.com/pvproductions

Seperti yang Anda ketahui bahwa banyak sekali jenis sepatu untuk anak, pria, dan wanita yang ditawarkan. Beberapa jenisnya ada sepatu running, sepatu futsal, kets, sneakers, sepatu voli (volly), sepatu badminton, training shoes atau sepatu gym, sepatu basket, sepatu bola, sepatu casual, dan jenis sepatu lainnya.

Satu jenis sepatu pasti memiliki fungsi yang berbeda dengan sepatu lainnya. Misalnya, running shoes dan sneakers, banyak sekali orang yang salah menggunakan dan salah tanggapan bahwa sepatu running dan sneaker itu untuk olahraga, begitupun sebaliknya.

Padahal, sepatu running dibuat secara khusus hanya untuk berolahraga lari. Running shoes memiliki fitur tertentu dengan tujuan untuk melindungi kaki dan dapat meningkatkan performa saat digunakan untuk jogging. Biasanya, sepatu running memiliki anti slip yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sepatu lainnya.

Dalam hal memilih sepatu lari, para atlet profesional harus benar-benar memperhatikan beberapa aspek, seperti tipe kaki, jarak lari, dan bobot tubuh. Apabila Anda merupakan seorang amatir, maka Anda bisa memilih running shoes dengan bahan yang ringan dan daya serap keringat kaki yang baik.

Sedangkan, sneakers merupakan salah satu fashion item yang wajib Anda masukkan ke dalam koleksi. Sneakers juga merupakan jenis sepatu yang menggabungkan kenyamanan dan bentuk yang modis. Sneakers lebih cocok Anda gunakan untuk seluruh kegiatan harian, seperti pergi ke kantor, foto-foto, main bareng teman, nge-date, atau bahkan hanya sekedar jalan-jalan saja.

Daripada Rekomers hanya membayangkan dan bertanya-tanya apa saja perbedaan sepatu running dan sneakers, tim Rekomin akan menyebutkan dan menjelaskan apa saja perbedaannya. Baca artikel ini sampai bawah, dan jangan sampai ada point-point yang tertinggal, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers - Terbaru 2024

Setelah Anda mengetahui perbedaan running shoes dan sneaker meski sekilas, tim Rekomin gak mau buang-buang waktu lagi untuk menjelaskan perbedaan dari kedua sepatu tersebut. Ingat, simak dan baca penjelasan di bawah dengan seksama, ya!

1
Bantalan Sepatu

Perhatikan Kenyamanan Saat Menggunakan Sepatu

Bantalan Sepatu

2
Tinggi dan Lebar Tumit (Heel)

Kestabilan Bisa Anda Rasakan pada Bagian Ini

Tinggi dan Lebar Tumit (Heel)

3
Fleksibilitas

Keduanya Memiliki Kelenturan yang Cukup Baik

Fleksibilitas

4
Bagian Tumit yang Lebar

Membutuhkan Kestabilan Lebih untuk Menginjak

Bagian Tumit yang Lebar

5
Bobot Sepatu

Sama-Sama Ringan dan Juga Nyaman

Bobot Sepatu

6
Jenis Sol

Sesuaikan Jenis Sol dengan Track yang Dilalui

Jenis Sol

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Perhatikan Kenyamanan Saat Menggunakan Sepatu
© freepik.com/kuprevich
1
Perhatikan Kenyamanan Saat Menggunakan Sepatu

Bantalan Sepatu

Rekomendasi kami

Anda bisa melihat perbedaan running shoes dan sneaker dari cushioning atau bantalan sepatu yang terdapat pada bagian dalam sepatu. Umumnya, running shoes memiliki bantalan yang cukup banyak pada bagian tumit dan kaki depan.

Sedangkan sneakers biasanya tidak memiliki bantalan sebanyak sepatu running. Sepatu ini hanya memiliki bantalan yang sedikit pada bagian tumit yang akan membuat pemakai dapat melangkah dengan cepat.

Kestabilan Bisa Anda Rasakan pada Bagian Ini
© freepik.com/vecstock
2
Kestabilan Bisa Anda Rasakan pada Bagian Ini

Tinggi dan Lebar Tumit (Heel)

Rekomendasi kami

Heel yang terdapat pada sepatu lari berbeda jauh dengan heel sneaker. Running shoes memiliki bagian tumit yang lebih tinggi daripada ujung kaki. Kenapa? Tujuan supaya ketika Anda sedang berlari tidak mengalami pronasi atau pergerakan telapak kaki dengan cara yang berlebih dan membantu untuk tetap stabil saat kaki menyentuh tanah.

Lalu, gimana dengan heel pada sneaker? Perbedaannya, sneaker memiliki heel yang lebih rendah. Kok beda? Iya, memang berbeda karena ketika berjalan Anda tidak harus menjaga kestabilan kaki saat menyentuh tanah. Jadi, tidak masalah jika heel sneaker tidak tinggi. 

Keduanya Memiliki Kelenturan yang Cukup Baik
© freepik.com
3
Keduanya Memiliki Kelenturan yang Cukup Baik

Fleksibilitas

Faktanya, sepatu running dan sneaker memiliki fleksibilitas yang baik. Meski keduanya memiliki fleksibilitas, tapi jenisnya berbeda. Sepatu running memiliki kelenturan yang cenderung terdapat pada bagian tengah, malah kadang-kadang ditambah di bagian depan sepatu. Hal ini bertujuan supaya ketika mengayunkan kaki, Anda jadi lebih mudah saat berlari.

Sepatu running didesain secara khusus supaya kaki tetap stabil saat berlari dan tidak membuat kaki banyak berputar saat melangkah. Jadi, ada bagian running shoes yang tidak fleksibal. Oleh karena itu, sepatu ini tidak akan nyaman jika Anda pakai untuk berjalan-jalan.

Sedangkan sneaker memiliki fleksibilitas yang terdapat pada bagian depan kaki. Hal ini bertujuan agar kaki bagian depan bisa melangkah dan berjalan dengan cukup baik dan nyaman.

Membutuhkan Kestabilan Lebih untuk Menginjak
© freepik.com/yuriarcurspeopleimages
4
Membutuhkan Kestabilan Lebih untuk Menginjak

Bagian Tumit yang Lebar

Rekomendasi kami

Perbedaan yang berikutnya bisa Anda lihat dari bagian flared heel. Pasalnya, flared heel atau bisa diartikan tumit yang melebar ini bisa Anda temui pada sepatu running.

Fungsinya yaitu untuk menambah kestabilan secara ekstra kaki pada bagian depan dan tengah saat Anda menginjak tanah. Sebaliknya, tidak semua sneaker membutuhkan flared heel sebab tujuan produksi sepatu ini hanya untuk berjalan santai saja.

Sama-Sama Ringan dan Juga Nyaman
© freepik.com
5
Sama-Sama Ringan dan Juga Nyaman

Bobot Sepatu

Perbedaan yang paling mencolok bisa Anda bandingkan dari berat yang dimiliki sepatu running dan sneaker. Sepatu running memiliki berat yang lebih ringan daripada sneaker.

Sebabnya adalah sepatu ini punya design khusus agar Anda bisa lari dengan lebih mudah. Sedangkan sneakers memiliki bobot yang sedikit lebih berat walau termasuk ringan untuk memberi Anda kenyamanan saat berjalan.

Sesuaikan Jenis Sol dengan Track yang Dilalui
© freepik.com/racool-studio
6
Sesuaikan Jenis Sol dengan Track yang Dilalui

Jenis Sol

Rekomendasi kami

Sepatu running memiliki beberapa design, seperti road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. Setiap design sepatu lari memiliki outsole yang berbeda-beda, ada yang bergerigi dan tidak bergerigi. Anda bisa memilih running shoes sesuai dengan kondiri track yang akan dilalui. Biasanya, outsole sepatu ini terbuat dari bahan thermoplastic poly utherane (TPU).

Sementara sneaker memiliki outsole yang terbuat dari bahan sol karet (rubber), ethyl vinly-acetat (EVA), dan phylon. Bahan-bahan sol ini cenderung lebih fleksibel dan lembut, sehingga mudah untuk dibentuk. Akibatnya, desain sneaker lebih beragam. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers

Gimana? Rekomers gak melewatkan satu poin pun ‘kan? Langsung aja ya, tim Rekomin telah merangkum pertanyaan beserta jawaban yang paling sering muncul terkait perbedaan sepatu running dan sneakers. Jika penasaran, cek di bawah sini, ya!

Apakah sepatu running termasuk sneakers?

Sneakers terbagi menjadi beberapa kategori, seperti sneakers running, sneakers basket, dan sneakers tennis. Maka, bisa dibilang ada jenis sepatu lari dalam kategori sepatu sneakers. 

Apa bedanya sepatu basket dan running?

Biasanya, sepatu lari memiliki dengan outsole karet yang tebal sehingga mampu meminimalisir guncangan saat berlari. Sedangkan sepatu basket biasanya berpotongan tinggi dan kaku. Desain sepatu basket memiliki tujuan untuk melindungi kaki dari cedera saat melompat.

Apakah sepatu running bisa untuk gym?

Sepatu lari memiliki midsole yang lebih tebal dari pada sepatu training karena punya lebih nyaman dan empuk untuk berlari. Oleh sebab itu, sepatu running bukan pilihan yang baik untuk angkat beban saat gym atau fitness.

Sepatu lari yang bagus merk apa?

Kebanyakan orang memilih untuk pakai sepatu running dari brand New Balance, Fila, Kasogi, Reebok, Puma, Adidas, dan Nike. Sebab, brand sepatu lari tersebut sudah terbukti memiliki kualitas terbaik yang tidak perlu Anda ragukan lagi di pasaran (Afif Ghaffar dan Suryono Budi, 2017).

Kesimpulan: Perbedaan Sepatu Running dan Sneakers

Dari beberapa ciri-ciri sepatu running dan sneaker, kesimpulannya bahwa keduanya merupakan model sepatu yang multifungsi. Kenapa? Karena sepatu running bisa Anda pakai untuk volleyball sport dan masih bisa juga untuk dipake jalan-jalan. Begitupun dengan sneakers, masih bisa Anda pakai untuk jogging walaupun tidak memiliki bantalan yang berlebih.

Kendati demikian, akan lebih baik jika Rekomers mengenakan kedua sepatu ini pada fungsi masing-masing. Jadi, Anda akan merasa lebih nyaman saat melakukan kegiatan tertentu. Jadi, apakah Anda tertarik dengan gambar produk yang tim Rekomin sediakan? Jika iya, klik link produk yang Anda butuhkan dan check out sekarang juga! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo