Hide Menu

Simak 4 Perbedaan Sepatu Kets dengan Sepatu Olahraga agar Anda Tidak Terkecoh!

Berikut adalah Perbedaan Antara Sepatu Kets dan Sepatu Sports, Jangan Kira Sama, Justru Ada Bedanya

Artikel Perbedaan Sepatu Kets dengan Sepatu Olahraga ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Perbedaan Sepatu Kets dengan Sepatu Olahraga 2024
© freepik.com/EyeEm

Sekilas tentang Perbedaan Sepatu Kets dan Sepatu Olahraga

Sekilas tentang Perbedaan Sepatu Kets dan Sepatu Olahraga
freepik.com/prostooleh

Bagi Anda yang suka dengan olahraga, tim Rekomin sarankan untuk tidak menggunakan sepatu kets. Pasalnya, sepatu kets memiliki design yang kaku dan tidak lentur. Meskipun sepatu kets dan sepatu olahraga memiliki fungsi yang sama-sama melindungi kaki, tapi faktanya keduanya memiliki perbedaan.

Hal ini memengaruhi kebutuhan dan desain, yang mana sepatu kets dan sepatu sport memiliki gaya sepatu sangat berbeda. Lalu, gimana cara untuk membedakannya? Tenang, kali ini tim Rekomin akan menjelaskan jenis dan perbedaan sepatu kets dengan sepatu olahraga. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Jenis Sepatu Kets

Jenis Sepatu Kets
freepik.com/mrsiraphol

Sepatu kets merupakan varian dari sneaker yang dibuat pada tahun 1912 oleh salah satu perusahaan terkenal dan terkemuka, yaitu Keds. Brand ini sudah menciptakan berbagai macam sepatu.

Seperti yang Anda tahu, kebiasaan orang Indonesia yang menyebut “Keds” sebagai “Kets”. Hal ini membawa stereotip bahwa “kets” itu salah satu jenis sepatu. Sepatu kets hadir dengan berbagai macam jenis. Apa saja? Berikut beberapa jenis sepatu kets:

  1. Low-top, artinya sepatu ini tidak menutupi pergelangan kaki.
  2. High-top, sepatu ini memiliki bagian atas yang tinggi dan menutupi pergelangan kaki. Sepatu ini terinspirasi dari hip-hop.
  3. Slip-on, salah satu sepatu praktis yang menghemat waktu Anda karena sepatu ini tidak memiliki tali sepatu. Sepatu slip-on akan memenuhi kebutuhan tampilan casual Anda.
  4. Desainer, sepatu ini merubah sepatu tali biasa menjadi sepatu kets luar biasa yang dijual dengan harga mahal. Namun, membuat tampilan Anda lebih kekinian.
  5. Plimsoll, hadir dengan gaya yang unik dan cocok jika Anda padukan dengan kaos kaki pendek, kemeja chambray dan celana chino batu.
  6. Retro, biasanya dipadukan dengan celana chino basic dan kemeja kasual atau polo dan jeans.
  7. Velcro, jika menggunakan sepatu ini ada baiknya jika Anda padukan dengan celana chino khaki dengan kemeja linen berwarna pastel.

Jenis Sepatu Olahraga

Jenis Sepatu Olahraga
freepik.com/chandlervid85

Banyak sekali jenis sepatu yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas seseorang. Namun, sebagian orang masih beranggapan bahwa sepatu kets dan sport itu sama.

Padahal sepatu olahraga merupakan salah satu sepatu yang memiliki design untuk aktivitas yang berhubungan dengan olahraga. Sepatu olahraga dapat memberikan perlindungan pada kaki, pencegahan luka, dan juga perbaikan kinerja (Bennyto, 2010)

Seperti yang Anda tahu, olahraga itu banyak sekali cabangnya. Tetapi tidak semua olahraga menggunakan sepatu. Berikut beberapa jenis sepatu olahraga beserta penjelasannya.

  • Running

Bagi Anda yang suka jogging, maka Anda harus memiliki jenis sepatu olahraga untuk lari. Jenis sepatu running ini biasanya menggunakan bahan baku dari busa atau foam yang cukup ringan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada kaki Anda saat sedang lari. Oleh karena itu, pilihlah sepatu running yang tepat, karena jika salah akan membuat kaki tidak nyaman dan terasa sakit.

  • Basket

Untuk sepatu basket dibuat dengan design yang tujuannya untuk mengurangi cedera otot, terutama pada bagian pergelangan kaki. Seperti yang Anda tahu, olahraga basket benar-benar mengandalkan pergerakan yang cepat seperti melompat, berlari, dan berbalik arah. Selain itu, ukuran sepatu ini juga cukup besar, berat, dan juga kaku.

  • Training

Selanjutnya, sepatu training atau sepatu gym. Sepatu ini termasuk yang paling ringan jika Anda bandingkan dengan sepatu sport lainnya. Biasanya, sepatu training ini tidak hanya digunakan untuk gym saja, tapi banyak juga yang menggunakannya untuk lari dan juga fitness. Design untuk sepatu training ini memang dibuat secara khusus untuk orang-orang yang melakukan gym atau fitness.

  • Badminton

Sedangkan, jenis sepatu badminton didesain untuk mendukung pergerakan kaki pemain bulutangkis. Sepatu badminton berasal dari bahan karet yang anti slip. Sebagai tambahan, sepatu ini memiliki daya serap dan ketahanan yang gak perlu Anda ragukan lagi meski melakukan berbagai macam gerakan dalam permainan bulutangkis.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Sepatu Kets dengan Sepatu Olahraga - Terbaru 2024

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis dari sepatu kets dan sports, kini saatnya Anda mengetahui apa saja perbedaan dari kedua jenis sepatu menarik tersebut. Ini bertujuan agar Anda memiliki gambaran sebelum membelinya. Yuk, cek selengkapnya di bawah!

1
Memiliki Fungsi yang Berbeda

Sesuaikan dengan Aktivitas dan Kebutuhan

Memiliki Fungsi yang Berbeda

2
Bahan yang Digunakan

Kualitas Bahan Premium untuk Sepatu Terbaik

Bahan yang Digunakan

3
Bentuk yang Berbeda

Jangan Hanya Lihat Sekilas, tapi dengan Seksama

Bentuk yang Berbeda

4
Perbandingan Harga

Harga Ditentukan Oleh Jenis yang Anda Pilih

Perbandingan Harga

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sesuaikan dengan Aktivitas dan Kebutuhan
© freepik.com
1
Sesuaikan dengan Aktivitas dan Kebutuhan

Memiliki Fungsi yang Berbeda

Rekomendasi kami

Sepatu sports dan sepatu kets merupakan salah satu yang termasuk sebagai alas kaki untuk melindungi kaki. Namun, dari kedua sepatu memiliki fungsi yang sangat berbeda.

Sepatu kets biasa digunakan untuk berjalan kaki saat berjalan di mall, berfoto atau hanya sekedar hang-out bareng teman. Sedangkan sepatu sport seperti namanya, yang artinya sepatu ini berkontribusi besar bagi orang yang hobi dan gemar melakukan olahraga.

Kualitas Bahan Premium untuk Sepatu Terbaik
© freepik.com/newfabrika
2
Kualitas Bahan Premium untuk Sepatu Terbaik

Bahan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Setiap sepatu menggunakan bahan baku yang berbeda tergantung kegunaan dan juga jenis sepatunya. Biasanya, sepatu sport menggunakan bahan kulit domba dan juga mesh. Kenapa? Karena bahan-bahan ini cenderung lebih ringan, fleksibel, dan dapat melenturkan sambil mengikuti gerakan kaki dengan mudah.

Ada satu bahan yang sama digunakan sepatu sport dan juga sepatu kets, yaitu kulit domba. Namun, selain menggunakan kulit domba, sepatu kets juga menggukan bahan kanvas. Bahan ini ringan dan sangat cocok untuk Anda pakai sehari-hari. Biasanya, sepatu ini lebih berat dari pada sepatu olahraga.

Meski bahan dan beratnya berbeda, keduanya tetap yang digunakan sesuai dengan kegunaannya dan memiliki kualitas terbaik, sehingga menciptakan kenyamanan saat Anda pakai.

Jangan Hanya Lihat Sekilas, tapi dengan Seksama
© freepik.com
3
Jangan Hanya Lihat Sekilas, tapi dengan Seksama

Bentuk yang Berbeda

Rekomendasi kami

Perbedaan selanjutnya bisa Anda lihat dari segi bentuk. Emang bentuknya beda? Mungkin jika Anda lihat sekilas, keduanya ini memiliki bentuk yang sama. Tapi nyatanya, dua jenis ini berbeda, lho.

Sepatu sport biasanya memiliki bentuk bagian tumit yang tidak begitu lebar. Sedangkan bagian tumit sepatu kets tidak memiliki bentuk yang melebar. Karena jika sepatu kets memiliki bagian tumit yang melebar, ini dapat menghalangi jalan.

Harga Ditentukan Oleh Jenis yang Anda Pilih
© freepik.com/plexstudio
4
Harga Ditentukan Oleh Jenis yang Anda Pilih

Perbandingan Harga

Mungkin sebagian dari Rekomers tahu berapa harga untuk sepatu olahraga. Apakah harganya lebih mahal dari sepatu kets?

Faktanya, sepatu sport dan kets ini memiliki harga yang tidak begitu jauh. Kebanyakan toko-toko menawarkan dengan harga yang terbilang terjangkau. Kendati demikian, karena sepatu sport ketahanannya lebih daripada kets, maka harganya bisa jadi lebih mahal. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sepatu Kets dengan Sepatu Olahraga

Kini, Anda sudah mengetahu perbedaan dari separu kets dan sepatu olahraga. Pasti Rekomers sudah bertanya-tanya tentang pembahasaan kali ini, kan? Tenang, tim Rekomin sudah menyiapkan pertanyaan dan juga jawaban yang sering keluar. Berikut rangkumannya!

Apakah sepatu kets bisa untuk olahraga?

Memang pada awalnya sepatu ini hanya untuk kegiatan olahraga. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda pakai untuk berbagai kegiatan, seperti berjalan-jalan. Jika ingin berolahraga dengan sepatu ini, tim Rekomin sarankan untuk berhati-hati sebab bisa jadi Anda cedera. 

Sepatu olahraga disebut apa?

Sepatu olahraga biasa disebut sepatu sport, dan memiliki banyak jenis yang masing-masing disesuaikan dengan jenis olahraganya.

Apakah sepatu futsal termasuk sepatu olahraga?

Iya, dong. Sepatu sepak bola atau sepatu futsal termasuk dalam sepatu olahraga yang sangat gampang untuk dikenali. Model sepatu ini memiliki outsole bergerigi yang dibuat dengan paku lunak yang menancap langsung ke tanah, sehingga aman saat Anda gunakan untuk berlari di lapangan hijau.

Apakah sepatu kets bisa untuk olahraga voli?

Sebenarnya bisa dan boleh saja. Tapi, lebih baik jika Anda menggunakan sepatu yang dibuat khusus untuk olahraga volly agar lebih aman dan terhindar dari cedera.

Kesimpulan: Perbedaan Sepatu Kets dengan Sepatu Olahraga

Nah, setelah Anda mendapatkan penjelasan yang membedakan sepatu kets dengan sepatu olahraga, maka bisa kesimpul perbedaan sepatu kets dan sepatu sport terlihat dari fungsinya. Kedua sepatu ini mungkin sering Anda gunakan untuk aktivitas fisik, namun tidak semua jenis sepatu kets bisa Anda gunakan untuk berbagai macam olahraga.

Sementara sepatu sport sudah jelas memiliki desain khusus untuk olahraga. Namun, tidak semua sepatu sport bisa Anda gunakan untuk menunjang penampilan sebab desainnya khusus untuk berolahraga, contohnya sepatu bola. Gak mungkin ‘kan Anda manggunakan sepatu bola untuk jalan-jalan santai? Meski begitu, keduanya memiliki ciri insole yang empuk, dan ini berlaku untuk semua jenis sepatu anak-anak, pria, dan wanita. 

Jadi, sepatu mana yang lebih Rekomers butuhkan? Mau kets atau olahraga, pastikan alas kaki ini berfungsi sesuai kegunaannya, ya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo