Hide Menu

Inilah 5 Perbedaan Sepatu Casual dan Sneaker yang Wajib Anda Ketahui!

Jangan Sampai Salah Membedakan Mana Sepatu Casual dan Mana Sepatu Sneakers. Cek Selengkapnya di Sini!

Artikel Perbedaan Sepatu Casual dan Sneaker ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Perbedaan Sepatu Casual dan Sneaker 2024
© freepik.com/marymarkevich

Sepatu Casual vs Sepatu Sneaker

Sepatu Casual vs Sepatu Sneaker
freepik.com

Sepatu berasal dari bahasa Spanyol “zapatos” dan bahasa Portugis “sapato”. Seperti yang Anda ketahui bahwa sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki. Biasanya, sepatu terbuat dari bahan kanvas dan kulit untuk menutupi semua bagian mulai dari jari, punggung kaki sampai bagian tumit yang berfungsi untuk menlindungi kaki Anda dari kotoran, lumpur, kerikil, dan juga debu.

Apa Rekomers tahu ternyata sepatu terdiri dari beberapa tipe? Beberapa tipe sepatu yaitu sepatu resmi atau sepatu pesta, sepatu santai atau sepatu kasual, sepatu dansa, sepatu olahraga, sepatu kerja, sepatu ortopedik, dan yang terakhir sepatu minimalis.

Faktanya, setiap tipe sepatu memiliki perbedaan, lho. Seperti sepatu casual dan sneaker yang memiliki perbedaan. Berikut penjelasannya:

  • Sepatu Casual

Sepatu casual atau sepatu santai pada awalanya didesain untuk sepatu olahraga, bisa dibilang jenis ini dirancang untuk semua bentuk aktivitas fisik. Seiring berjalannya waktu, sepatu ini berubah fungsi dan digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, sepatu ini memiliki outsole yang terbuat dari karet elastis dan bagian upper shoes terbuat dari kulit sintetis seperti kanvas.

Berkembangnya dunia fashion membuat sepatu ini juga ikut berkembang dengan design yang mirip sepatu formal. Bahkan, adanya beberapa perubahan pada bagian tertentu membuat sepatu ini jadi lebih enak dan nyaman untuk dipakai melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Sepatu Sneaker

Sepatu sneakers merupakan salah satu sepatu yang dirancang untuk aktivitas sehari-hari, seperti jalan-jalan, sekolah, dan olahraga. Sepatu sneaker sudah terkenal sebagai sepatu yang nyaman dipakai karena punya design sepatu fashionable.

Biasanya, sepatu ini terbuat dari bahan kulit sintetis atau kanvas. Selain itu, sneaker memiliki berbagai macam model, mulai dari yang simpel sampai yang trendy, seperti tali sepatu yang berwarna-warni, design bold bahkan unik yang terletak pada logo.

Rekomers tahu kenapa disebut sepatu sneakers? Sneaker berasal dari kata “sneak” yang memiliki arti “menyelinap”. Oleh karena itu, separtu ini menggunakan sol yang ringan, sehingga ketika orang berjalan tidak menimbulkan suara yang berisik.

Baik sepatu casual atau sepatu sneakers, keduanya cocok untuk dipakai pria dan wanita. Tinggal mencocokan dengan outfit yang Anda gunakan. Ternyata, di balik tipe sepatu yang sama, ternyata terdapat perbedaan sepatu casual dan sneaker, lho. Penasaran apa saja yang membedakannya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Sepatu Casual dan Sneaker - Terbaru 2024

Setelah perkenalan Anda dengan sepatu casual dan sepatu sneakers, section kali ini, tim Rekomin akan menjelaskan beberapa perbedaan antara kedua sepatu tersebut. Cek selengkapnya di bawah, ya!

1
Design Sepatu

Sekilas Tampak Mirip, Nyatanya Beda, Lho!

Design Sepatu

2
Lihat dari Kegunaannya

Pilih Sepatu Sesuai dengan Kebutuhan

Lihat dari Kegunaannya

3
Bahan yang Digunakan

Sudah Pasti Menggunakan Bahan Pilihan dan Berkualitas

Bahan yang Digunakan

4
Sol Sepatu

Jenis Sol Berpengaruh dengan Tekstur Jalan

Sol Sepatu

5
Aksesoris Sepatu

Mempercantik Tampilan Sepatu

Aksesoris Sepatu

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sekilas Tampak Mirip, Nyatanya Beda, Lho!
© freepik.com/rawpixel-com
1
Sekilas Tampak Mirip, Nyatanya Beda, Lho!

Design Sepatu

Rekomendasi kami

Meskipun keduanya memiliki bentuk yang mirip bahkan terlihat sama, Anda bisa membedakan sepatu casual dan sneaker dari bentuknya. Berikut perbedaan yang tampak.  

  • Sepatu Casual

Sepatu casual memiliki upper shoes yang lebih tinggi, rigid, dan juga kaku. Upper shoes memiliki bahan yang beragam. Adanya keragaman bahan upper ini bertujuan untuk menambah nilai tampilan, bukan untuk olahraga.

Lalu, apa saja yang termasuk sepatu casual? Jenis sepatu casual yaitu loafers dan slip on. Faktanya, kedua jenis ini memiliki design tanpa tali, sehingga lebih praktis dan mudah dipakai.

Sepatu casual memiliki design yang simpel, sehingga gampang untuk Anda mix and match dengan berbagai jenis baju. Selain itu, sepatu ini juga cocok untuk Anda gunakan berjalan-jalan dan juga untuk acara resmi.

  • Sepatu Sneakers

Sepatu sneaker memiliki bagian upper yang tidak hanya dari kanvas saja. Primeknit, genuine leather, mesh, hingga synthetic leather juga termasuk sebagai bahan upper untuk sepatu sneakers.

Yang termasuk dalam jenis sneaker yaitu plimsoll sneakers, high sneakers, retro runners sneakers, knit sneakers, leather sneakers, colorblock sneakers, dan boots.

Sepatu sneakers memiliki desain yang lebih barvarisi dan juga universal, sehingga sepatu ini cocok untuk Rekomers gunakan ke acara resmi maupun santai (Moch. Fahri Bayu. N, 2019). Dengan keunggulan tersebut, sepatu ini jadi salah satu yang dapat menunjang look seseorang.

Pilih Sepatu Sesuai dengan Kebutuhan
© freepik.com
2
Pilih Sepatu Sesuai dengan Kebutuhan

Lihat dari Kegunaannya

Rekomendasi kami

Perbedaan selanjutnya dapat Anda lihat dari design, yang mana sepatu casual memiliki desain yang santai sehingga cocok untuk hang-out namun kurang cocok untuk lari dan berlatih. Jika sepatu ini Anda gunakan untuk lari atau berolahraga pada umumnya, bisa jadi menyebabkan cedera. Pasalnya, teknologi pembuatannya tidak ditujukan untuk lari atau training trainer fisik apapun.

Sedangkan sepatu sneaker awalnya hanya untuk kegiatan olahraga. Seiring berjalannya waktu, sepatu yang satu ini bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan. Hal ini karena sneakers memiliki design yang fleksibel dan juga nyaman, sehingga cocok digunakan untuk jalan-jalan atau berolahraga.

Sudah Pasti Menggunakan Bahan Pilihan dan Berkualitas
© freepik.com/rawpixel-com
3
Sudah Pasti Menggunakan Bahan Pilihan dan Berkualitas

Bahan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Umumnya, bahan untuk membuat sepatu yaitu kulit asli, suede, karet, denim, kanvas, lak, kulit sintetis, dan kulit buk (bunbuck). Namun, tidak semua jenis sepatu menggunakan bahan-bahan tersebut.

Perbedaan kali ini Anda bisa lihat dari bahan sepatu. Sepatu casual biasanya menggunakan bahan bunbuck kulit sintetis dan bahan karet. Sedangkan sepatu sneakers menggunakan bahan kanvas.

Meski keduanya memiliki bahan yang berbeda, tapi perbedaan tersebut bukan berarti sepatu casual atau sepatu sneaker kualitasnya rendah, ya! Sebaliknya, semua brand yang mengeluarkan sepatu casual dan sepatu sneaker memerhatikan kualitas bahan sebelum membuat sepatu.

Jenis Sol Berpengaruh dengan Tekstur Jalan
© freepik.com/EyeEm
4
Jenis Sol Berpengaruh dengan Tekstur Jalan

Sol Sepatu

Rekomendasi kami

Sol sepatu atau outsole merupakan bagian terbawah dari sepatu. Bagian ini langsung bersentuhan dengan tanah, lantai, aspal, maupun paving saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Sneakers biasanya menggunakan sol thermoplastic poly-utherane (TPU) atau sol karet (rubber sole) yang tipis, tebal, dan fleksibel sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan untuk berjalan jauh atau berlari. Oleh karena itu, sepatu sneakers lebih cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Sedangkan sepatu casual menggunakan sponge sole, sol EVA (ethyl vinyl-acetate), atau thermo plastic rubber (TRP). Sepatu casual biasanya memiliki sol yang tipis, lembut, dan fleksibel. Sol sepatu ini tidak cocok jika Anda gunakan untuk naik gunung atau melakukan aktivitas dengan tekstur jalan yang berbatu.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh gegabah dalam membeli alas kaki. Justru Anda harus memilih sepatu dengan sol yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Jika salah memiliki akan membuat kaki Anda menjadi sakit dan juga tidak nyaman.

Mempercantik Tampilan Sepatu
© freepik.com/atlascompany
5
Mempercantik Tampilan Sepatu

Aksesoris Sepatu

Rekomendasi kami

Seperti yang Anda ketahui, salah satu jenis sepatu casual yaitu slip-on. Dari jenis ini, Anda bisa membedakannya dengan sepatu sneakers. Pasalnya, sepatu casual jenis slip on tidak memiliki komponen tali sepatu. Ini memudahkan Anda untuk langsung mengenakannya jika sedang terburu-buru.

Sedangkan sepatu sneaker memiliki komponen tali sepatu yang dengan warna yang bermacam-macam. Jika Anda suka memadu padankan penampilan, maka sepatu sneakers akan jadi jawaban yang paling tepat. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Sepatu Casual dan Sneaker

Sekarang, Anda mengetahui perbedaan antara sepatu sneakers dan casual. Tapi, bisa jadi Rekomers memikirkan banyak pertanyaan terkait topik ini. Beruntungnya tim Rekomin sudah merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering kali muncul. Yuk, cek di bawah, ya!

Apakah sepatu casual cocok untuk lari?

Sepatu casual tidak cocok untuk dipakai lari ataupun training. Jika Anda memaksakan sepatu casual untuk olahraga, maka akan beresiko cedera.

Sepatu sneakers cocok buat apa?

Sepatu sneakers cocok untuk olahraga atau acara santai. Hal ini karena sepatu sneakers memiliki jenis sol yang tebal sehingga dapat melindungi telapak kaki Anda dari kerikil.

Mengapa sepatu sneakers banyak dipakai untuk berolahraga?

Hal ini karena sepatu sneakers dirancang menggunakan outsole yang tebal dan juga desainnya cocok untuk olahraga.

Kesimpulan: Perbedaan Sepatu Casual dan Sneaker

Dari penjelasan panjang di atas, Anda dapat dengan mudah untuk menemukan ciri-ciri yang membedakan antara sepatu sneakers dan sepatu casual. Kedua sepatu tersebut jelas memiliki kekurangan dan juga kelebihan jika Anda lihat dari segi kebutuhan untuk sehari-hari.

Saat Anda hendak membelinya, sesuaikan dengan aktivitas. Jangan lupa Anda juga harus memerhatikan kenyamanan saat menggunakan sepatu tersebut. Jadi, sampai salah pilih sepatu, ya!

Mungkin saja di antara para Rekomers ada yang sedang mencari model sepatu casual atau sneaker. Atau tertarik dengan gambar produk di atas dan ingin membelinya, Anda bisa langsung klik link dan langsung check outHappy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo