Hide Menu

Inilah Penjelasan 4 Perbedaan Pantofel dan Flat Shoes, Ternyata Nggak Sama, Lho!

Jangan Bingung! Simak Penjelasan Perbedaan Sepatu Pantofel dan Flat Shoes di Artikel Ini Sekarang Juga!

Artikel Perbedaan Pantofel dan Flat Shoes ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Perbedaan Pantofel dan Flat Shoes 2024
© freepik.com

Sepatu Pantofel vs Flat Shoes

Sepatu Pantofel vs Flat Shoes
freepik.com/EyeEm

Sepatu merupakan salah satu item fashion yang tidak boleh Anda lewatkan sebab dapat menyempurnakan penampilan. Semakin berkembangnya fashion sepatu, membuatnya semakin banyak jenis sepatu yang jauh lebih beragam.

Beberapa contohnya seperti sneakers, kets, sepatu wedges, sepatu boots, flat shoes, sepatu high heels, pantofel, dan masih banyak lagi. Tapi, sebagian orang beranggapan flat shoes dan pantofel itu sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Sepatu pantofel atau pansus merupakan sepatu yang terbuat dari bahan kulit dengan design yang elegan dan memberi kesan formal. Biasanya, sepatu ini cocok untuk acara resmi, sepeti pernikahan, pesta, atau juga acara bisnis.

Sepatu ini juga cukup populer di kalangan pria dan wanita karena dapat membuat penampilan menjadi lebih elegan, anggun, dan classy. Sepatu ini memiliki sol yang datar dan tipis, bahkan ada beberapa yang memiliki hak yang tinggi, sehingga sepatu ini cocok untuk digunakan ke acara formal untuk terlihat lebih mewah. 

Sementara flat shoes, seperti namanya, yaitu sepatu datar tanpa hak. Umumnya, sepatu ini terbuat dari bahan kanvas atau kulit sintetis. Sepatu ini sangat populer di kalangan wanita karena bisa dipadukan dengan rok, dress, atau celana panjang sekalipun.

Sepatu ini memiliki banyak design, dari yang simpel sampai yang berwarna dan berhiasan. Sehingga, sepatu ini cocok untuk berbagai macam acara, entah itu acara formal maupun kasual.

Meski sepatu pantofel dan flat shoes memiliki bentuk yang mirip, apa Anda tahu apa saja perbedaan dari keduanya? Penasaran apa saja perbedaan pantofel dan flat shoes? Tim Rekomin akan menjelaskannya. Jadi, pastikan membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Jenis Sepatu Pantofel dan Flat Shoes

Jenis Sepatu Pantofel dan Flat Shoes
freepik.com/marymarkevich

Apa Anda merasa kesusahan untuk mencari sepatu pantofel atau flatshoe? Anda merasa keduanya memiliki banyak jenis? Agar lebih paham, berikut adalah penjelasan jenis sepatu pantofel dan flat shoes.

Sepatu Pantofel

  1. Derby, memiliki sol sepatu yang cukup tebal dengan siluet yang maskulin. Jika menggunakan jenis ini, Anda akan tampil beda dan boyish.
  2. Oxford, jenis sepatu ini memiliki tali pengikat yang akan membuat tampilan Anda lebih vintage dan standout.
  3. Loafers, jika sneakers memiliki jenis slip on, maka sepatu pantofel juga punya jenis loafer yang sudah terkenal sejak 2019. Jenis yang satu ini memiliki design yang simple dan mudah dipakai, sehingga lebih cocok untuk penampilan dengan gaya minimalis.
  4. Mary Jane, pantofel tipe ini memiliki strap yang khas. Sepatu ini sangat populer di kalangan perempuan pada era 1930-an karena memberikan kesan manis dan sangat girly.
  5. Moccasins, sekilas memang mirip dengan loafer. Pantofel Moccasins memiliki aksen jahitan pada bagian ujung penutup sepatu yang menjadi andalan untuk mebuat penampilan Anda lebih elegan dan kekinian (M. Azhar dan Aviasti Anwar, 2021).
  6. Clogs, model sepatu pantofel yang satu ini memiliki bagian tertutup dan terlihat bulat pada bagian depan sepatu, sehingga menjadikannya semakin unik. Model clog biasanya memiliki heels dan strap yang membuatnya lebih cocok untuk ke acara pesta.
  7. Monk, memiliki heels yang pendek, cocok untuk digunakan ke acara formal karena sepatu ini memiliki design yang ramping dan elegan.

Flat Shoes

  1. Flat Mules, jenis ini memiliki bentuk feminin yang menyerupai selop atau biasanya berbentuk seperti sandal slop, terlihat manis ketika Anda gunakan untuk acara formal dan non-formal.
  2. Doorsay Shoes, jenis yang satu ini akan membuat peampilan Anda jadi lebih chic, karena memiliki design yang simpel dengan akses bagian depan dan belakang yang cukup unik.
  3. Espadrille, untuk jenis ketiga ini memiliki design yang cukup unik dari bahan anyaman, sehingga memberi kesan nyaman untuk digunakan jalan-jalan santai.
  4. Ballerina, sepatu ini memiliki design yang sangat cantik karena memiliki bentuk yang sangat khas sama seperti sepatu balerina. Bahkan, jenis ini sudah terkenal sejak tahun 90an! 
  5. Dockside atau Boat Shoes, cocok jika Anda padukan dengan outfit apa saja karena sepatu ini memiliki siluet unik dengan jahitan luar yang menawan.
D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Pantofel dan Flat Shoes - Terbaru 2024

Apa Rekomers sudah siap untuk mengetahui perbedaan flatshoes dan pantofel? Jika siap, gak usah lama-lama, langsung saja simak section ini dengan saksama. Let’s go!

1
LIhat dari Bentuknya

Bentuk yang Berbeda Menjadi Penanda untuk Kecocokan Situasi

LIhat dari Bentuknya

2
Bahan yang Digunakan

Menciptakan Sepatu yang Berkualitas Harus Menggunakan Bahan Berkualitas Juga!

Bahan yang Digunakan

3
Segi Kegunaan

Miliki Keduanya untuk Segala Acara

Segi Kegunaan

4
Harga

Harga yang Dibandrol Tergantung Bahan

Harga

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bentuk yang Berbeda Menjadi Penanda untuk Kecocokan Situasi
© freepik.com/EyeEm
1
Bentuk yang Berbeda Menjadi Penanda untuk Kecocokan Situasi

LIhat dari Bentuknya

Rekomendasi kami

Biasanya, sepatu pantofel dibuat dengan bagian depan yang tertutup dan tidak memiliki tali pengikat. Maka, tidak salah jika banyak orang yang memilih untuk menggunakan sepatu pantofel untuk ke acara formal atau resmi.

Sedangkan, flat shoes didesain memberikan kenyamanan tanpa adanya hak sepatu. Sehingga, flat shoes lebih cocok digunakan untuk acara yang lebih santai. Meski terdapat perbedaan pada design, kedua sepatu ini tetap memiliki kenyamanan maksimal saat digunakan dalam situasi yang berbeda.

Menciptakan Sepatu yang Berkualitas Harus Menggunakan Bahan Berkualitas Juga!
© freepik.com
2
Menciptakan Sepatu yang Berkualitas Harus Menggunakan Bahan Berkualitas Juga!

Bahan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Sepatu Pantofel umumnya terbuat dari bahan kulit yang berkualitas dengan sol karet anti slip, sehingga ketika digunakan berjalan di lantai tidak akan licin.

Adapun bahan untuk membuat flat shoes itu cukup beragam. Ada yang menggunakan dari bahan denim, kulit, kulit imitasi, kanvas, dan jenis bahan lainnya. Walaupun berbeda bahan, namun hasilnya tetap menarik dan sangat bagus untuk Anda gunakan. 

Miliki Keduanya untuk Segala Acara
© freepik.com/cookie-studio
3
Miliki Keduanya untuk Segala Acara

Segi Kegunaan

Rekomendasi kami

Jika dilihat dari kegunaannya, sepatu pantofel akan jauh lebih cocok untuk acara yang formal. Sedangkan flat shoes lebih cocok untuk acara semi formal atau untuk dipakai sehari-hari.

Meski sepatu pantofel dan flat shoes memiliki kegunaan yang berbeda, tidak ada salahnya jika Anda memiliki keduanya. Pasalnya, Anda akan lebih mudah mencocokan sepatu tersebut dengan outfit yang digunakan untuk acara formal ataupun santai.

Harga yang Dibandrol Tergantung Bahan
© freepik.com/drobotdean
4
Harga yang Dibandrol Tergantung Bahan

Harga

Perbedaan selanjutnya Anda bisa melihatnya dari segi harga. Kenapa? Karena, biasanya sepatu pantofel itu ditawarkan di pasaran dengan harga yang lebih mahal.

Sedangkan flat shoes jauh lebih terjangkau. Hal ini terjadi karena sepatu pantofel terbuat dari kulit asli berkualitas, makanya harganya menjadi lebih mahal dari sepatu hak datar. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Pantofel dan Flat Shoes

Untuk Rekomers yang mempunyai pertanyaan tentang perbedaan sepatu flatshoes dan pantofel, sebaiknya Anda menyimak section ini karena ada berbagai pertanyaan terkait topik yang sama. Yuk, temukan jawabannya, check it out!

Pantofel termasuk sepatu apa?

Pantofel merupakan jenis sepatu datar atau sepatu tanpa hak. Sepatu ini mirip dengan desain sepatu mokasin atau sepatu tradisional yang berasal dari suku asli Amerika Utara.

Flat shoes apakah termasuk sepatu?

Flatshoes tidak memiliki sol tinggi seperti lainnya. Tapi, flatshoes menjadi salah satu sepatu favorit bagi sebagian besar wanita karena tergolong ringan dengan design yang memberikan kesan feminism dan elegan untuk berbagai look.

Apakah flatshoes termasuk sepatu formal?

Design sepatu flatshoes ini mirip dengan sepatu balet yang terkesan cukup santai dan semi formal, sehingga cocok untuk Anda gunakan ke berbagai macam acara dan karena akan sangat nyaman saat digunakan.

Pantofel itu seperti apa?

Sepatu pantofel merupakan sepatu slip-on, yang artinya sepatu ini tidak memiliki tali dan bisa Anda pakai dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengencangkan tali atau mengikatnya.

Apa fungsi sepatu pantofel?

Sepatu pantofel menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan saat acara formal, seperti untuk bekerja di kantor. Sepatu ini memiliki design bagian atas tertutup yang tujuannya untuk memudahkan pemakaian entah saat dipakai maupun dilepas. Selain itu, pada bagian tumit belakang sepatu pantofel terdapat hak namun tidak terlalu tinggi.

Kesimpulan: Perbedaan Pantofel dan Flat Shoes

Jika Anda hendak memilih antara pantofel dan flat shoes, maka yang perlu Anda pertimbangan adalah acara atau kegiatan yang akan Anda hadiri. Jika acara tersebut formal, maka pantofel menjadi pilihan yang tepat karena sepatu ini memberikan tampilan yang elegant dan berkelas atau dalam bahasa Inggrisnya classy. Sebaliknya, jika acaranya santai, maka Anda bisa menggunakan flat shoes.

Setelah Anda mempertimbangkan beberapa faktor, Anda bisa menentukan pilihan yang tepat dan sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa sepatu merupakan investasi jangka panjang. Maka, kedua sepatu ini pasti menawarkan kenyamanan dan memberikan gaya yang stylish. Jadi, Anda lebih cocok dengan pantofel atau flat shoes untuk kegiatan sehari-hari? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo