Hide Menu

Bingung Mau Pilih Jaket atau Hoodie? Cari 4 Perbedaan Jaket dan Hoodie di Sini!

Apa Bedanya Hoodie dan Jaket? Cus, Temukan Informasi yang Anda Butuhkan beserta Penjelasan Lebih Lengkapnya!

Artikel Perbedaan Jaket dan Hoodie ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Jaket dan Hoodie 2024
© freepik.com

Hoodie dan Jaket, Outer Andalan Semua Orang

Hoodie dan Jaket, Outer Andalan Semua Orang
freepik.com

Kebanyakan orang menjadikan jaket dan hoodie sebagai pakaian luar atau outer, contohnya sebagai pelengkap outfit, penghangat tubuh, dan masih banyak lagi. Sebenarnya, semua orang bisa pakai hoodie atau jaket untuk aktivitas sehari-hari mereka, entah itu pria maupun wanita.

Pasalnya, hoodie dan jaket merupakan fashion item yang sifatnya unisex. Bahkan, semua orang di belahan dunia pasti sudah tahu kalau hoodie dan jaket adalah dua produk yang berbeda.

Memang benar jika ada beberapa jenis hoodie yang bentuk atau modelnya hampir menyerupai jaket. Tapi, bukan berarti produk tersebut masuk ke dalam kategori jaket. Tak jarang sebagian orang jadi terkecoh bila menemukan salah satu jenis hoodie yang bentuknya hampir sama dengan jaket. 

Supaya Rekomers tidak terkecoh lagi, tim Rekomin menyarankan Anda untuk menyimak artikel ini. Rekomers gak bakalan menyesal sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel satu ini sampai habis. Tanpa membuang-buang banyak waktu, let’s find out perbedaan jaket dan hoodie lebih lanjut!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Jaket dan Hoodie - Terbaru 2024

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut ini adalah beberapa perbedaan jaket dan hoodie yang harus Rekomers ketahui supaya gak keliru lagi ketika membedakan jaket dan hoodie!

1
Bentuk atau Model yang Berbeda

Siapa Tahu Anda Menemukan Pengertian Tiap Produk!

Bentuk atau Model yang Berbeda

2
Macam-Macam Varian Produk

Hoodie dan Jaket Terbagi Menjadi Beberapa Jenis

Macam-Macam Varian Produk

3
Bentuk Kerah Tiap Produk Berbeda

Cari Tahu Ciri-Ciri Bagian Kerah Hoodie dan Jaket!

Bentuk Kerah Tiap Produk Berbeda

4
Perbedaan Bahan atau Material

Temukan Macam-Macam Bahan yang Digunakan!

Perbedaan Bahan atau Material

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Siapa Tahu Anda Menemukan Pengertian Tiap Produk!
© freepik.com
1
Siapa Tahu Anda Menemukan Pengertian Tiap Produk!

Bentuk atau Model yang Berbeda

Rekomendasi kami

Perbedaan hoodie dan jaket yang pertama adalah bentuk atau model masing-masing produknya. Hal ini bisa terjadi karena hoodie mempunyai bentuk atau model yang sangat jauh berbeda dengan jaket. Pasalnya, hoodie tidak dilengkapi dengan resleting atau kancing melainkan kantung dan topi atau penutup kepala di bagian belakang leher.

Lain halnya dengan jaket, fashion item satu ini merupakan pakaian luar yang panjangnya mencapai pinggang atau pinggul (DKW Aprilia, 2021:1). Memang benar adanya, jika jaket dilengkapi dengan kupluk atau penutup kepala sama seperti hoodie tapi tidak semua jenis jaket punya penutup kepala. Kalau soal kancing atau zipper, semua jenis jaket pasti punya.

Hoodie dan Jaket Terbagi Menjadi Beberapa Jenis
© freepik.com
2
Hoodie dan Jaket Terbagi Menjadi Beberapa Jenis

Macam-Macam Varian Produk

Rekomendasi kami

Next, perbedaan jaket dan hoodie yang wajib Anda ketahui adalah macam-macam produknya. Faktanya, jaket dan hoodie tidak mungkin punya satu macam produk saja. Supaya tidak clueless akan macam-macam jaket dan hoodie, mending simak tabel yang berisi macam-macam jaket di bawah ini!

Leather JacketDenim JacketWindbreaker Jacket
Bomber JacketPuffer JacketZip Up Jacket
Jaket SukajanJaket AnorakBlouson Jacket
Trucker JacketHarrington JacketJaket Biker
Fleece JacketChore JacketJaket Parka
Jaket VarsityJaket CoachShearling Jacket
Knit JacketCardigan 

Setelah mengetahui macam-macam jaket, gak afdol rasanya kalau Rekomers sekalian belum mengetahui macam-macam hoodie. Pastikan Anda memerhatikan tabel di bawah ini dengan saksama biar Rekomers tidak ketinggalan satu jenis hoodie. Cus!

Fleece-Lined HoodieGraphic HoodieHalf Zip Hoodie
Camo HoodieOversized HoodieHoodie Sweatshirt
Flanel HoodieCrop HoodieJumper Hoodie
Tech HoodieKnit HoodieHoodie Distressed
Quarter-Zip HoodieHoodie DressCowl Neck Hoodie
Sleeveless HoodiePullover HoodieTraining Hoodie
Zipper HoodieFur Hoodie 
Cari Tahu Ciri-Ciri Bagian Kerah Hoodie dan Jaket!
© freepik.com
3
Cari Tahu Ciri-Ciri Bagian Kerah Hoodie dan Jaket!

Bentuk Kerah Tiap Produk Berbeda

Rekomendasi kami

Beda hoodie dan jaket selanjutnya adalah bentuk kerah atau collar yang dimiliki oleh masing-masing produk. Biasanya, semua jenis hoodie tidak mempunyai kerah atau collar karena bagian kerah produk ini langsung terhubung ke tudung atau penutup kepala.

Berbeda dengan hoodie, jaket umumnya mempunyai bagian kerah atau collar. Itulah mengapa jaket terbagi menjadi beberapa jenis tergantung bagian kerah atau collar tiap masing-masing jenis jaket. Mulai dari kerah bundar atau o neck, kerah tinggi, kerah rendah, dan terakhir ada v neck. 

Temukan Macam-Macam Bahan yang Digunakan!
© freepik.com
4
Temukan Macam-Macam Bahan yang Digunakan!

Perbedaan Bahan atau Material

Rekomendasi kami

Last but not least, perbedaan jaket vs hoodie yang harus Anda ketahui adalah bahan atau material yang digunakan untuk membuat masing-masing produk. Di bawah ini, Anda bisa menemukan tabel yang berisi bahan atau material yang dipakai untuk membuat jaket dan juga hoodie (hodie). 

Yuk, perhatikan dengan saksama!

Bahan atau Material JaketBahan atau Material Hoodie
  • Kulit atau Leather
  • Fleece
  • Drill
  • Polyester
  • Kanvas
  • Denim atau Jeans
  • Corduroy
  • Parasut
  • Baby Terry
  • Teteron
  • Taslan
  • Tessa
  • Bahan Mikro
  • High Twist
  • Fleece
  • CVC Fleece
  • Taslan
  • Cotton Fleece
  • Polar Fleece
  • Diadora Polyester
  • American Drill
  • Japan Drill
  • Cotton Combed
  • Drill
  • Polyester Fleece
  • Baby Terry
  • Twist Drill
  • Bahan NS
  • Bahan Mikro

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Jaket dan Hoodie

Yakin Anda tidak penasaran dengan informasi tambahan seputar perbedaan jaket dan hoodie yang berhasil tim Rekomin kumpulkan untuk Rekomers? Rugi banget kalau Anda melewatkan section satu ini. Yuk, simak penuturan lebih lanjut dengan teliti!

Apakah sweater dan hoodie sama?

Tentu saja berbeda, dong. Meskipun sweater dan hoodie termasuk bagian dari jenis-jenis outer atau baju luar, nyatanya sweater dan hoodie adalah dua produk yang sangatlah berbeda. Anda tidak akan menyangka jika perbedaan hoodie dan sweater terletak pada potongan dan bagian kerah.

Faktanya, hoodie mempunyai potongan yang cenderung lebih longgar. Selain itu, hoodie tidak memiliki collar karena bagian kerahnya langsung terhubung dengan penutup kepala. Sedangkan potongan sweater lebih fit atau pas di badan. Bukan cuma itu saja, sweater juga dilengkapi dengan kerah, contohnya kerah tinggi, o neck, dan v neck.

Kenapa disebut hoodie?

Faktanya, nama hoodie berasal dari tulisan hood yang artinya penutup kepala atau tudung. Jika Anda artikan ke dalam bahasa Indonesia, hoodie adalah baju yang memiliki penutup kepala atau tudung. Tidak hanya itu saja, hoodie tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari lengan panjang, pendek atau setengah lengan, dan sleeveless.

Apa sebutan hoodie tanpa kupluk?

Mungkin yang Anda maksud itu jumper (jemper), crewneck, sweatshirt atau sweater (switer). Masalahnya, semua jenis hoodie pasti mempunyai kupluk atau penutup kepala di bagian belakang leher. Jangan keliru lagi!

Kesimpulan: Perbedaan Jaket dan Hoodie

Setelah mengikuti keseruan artikel satu ini sampai habis, tim Rekomin berharap agar Rekomers tidak salah lagi dalam membedakan jaket dan hoodie. Masalahnya, perbedaan hoodie dan juga jaket bisa Anda lihat secara kasat mata, entah itu dari segi model atau bentuk, bagian kerah, dan masih banyak lagi. 

Kalau Anda penasaran dengan gambar masing-masing jenis jaket dan hoodie, Rekomers bisa mencari informasi tersebut di Google biar Anda bisa tahu detail produknya. Selain itu, tiap jenis jaket dan juga hoodie pasti punya ketebalan masing-masing. Mengapa demikian?

Pasalnya, tidak semua jenis hoodie ataupun jaket mempunyai ketebalan yang sama karena ada beberapa jenis jaket atau hoodie yang terbuat dari bahan tipis. Tim Rekomin harap agar Anda tidak bingung lagi membedakan jaket dan hoodie. Sekiranya segitu saja yang dapat tim Rekomin sampaikan, sampai bertemu lagi di lain kesempatan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo