Hide Menu

Punya Sepatu tapi Nggak Tahu Perbedaan Insole dan Outsole? Ini 5 Beda yang Wajib Anda Tahu

Anda Sering Keliru tentang Perbedaan Insole dan Outsole? Tenang, Tim Rekomin Akan Menjelaskannya di Artikel ini!

Artikel Perbedaan Insole dan Outsole ini diposting diperbarui
31 Pembaca
Like
Perbedaan Insole dan Outsole 2024
© freepik.com

Apa Itu Insole dan Outsole?

Apa Itu Insole dan Outsole?
freepik.com

Apa Anda tahu komponen yang dimiliki sandal dan sepatu? Biasanya, sandal terdiri dari strap, insole, midsole, dan outsole. Sedangkan sepatu memiliki komponen yang berbeda, termasuk upper, heel counter, lining, collar, tongue, eyelet, toe cap, insole, outsole, midsole, dan bagian sepatu lainnya.

Apa Anda tahu insole dan outsole? Sebagian orang masih bingung membedakan insole dan outsole, bahkan ada yang mengira kedua bagian tersebut itu sama. Arti insole adalah inner sole atau footbed atau bagian dalam sepatu yang berguna sebagai penyangga dan memberikan kenyamanan pada kaki.

Sedangkan arti outsole sepatu yaitu bagian luar sepatu yang bersentuhan langsung dengan permukaan lantai atau tanah yang memberikan daya cengkeram dan melindungi sepatu dari aus. Biasanya, bagian outsole terbuat dari karet, kulit, atau bahan sintetis.

Faktanya, kedua komponen tersebut memiliki peran penting yang mendasar untuk kenyamanan, dukungan, dan performa keseluruhan sepatu. Meski komponen ini elemen sekunder, tapi insole dan outsole sangat penting. Kedua komponen tersebut saling melengkapi untuk memberikan pengalaman pemakaian sepatu yang optimal.

Daripada Anda hanya membayangkan dan malah tambah bingung, tim Rekomin akan menjelaskan perbedaan insole dan outsole di artikel ini. Cek selengkapnya di bawah, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Insole dan Outsole - Terbaru 2024

Setelah Anda mengetahui deskripsi dari pengertian insole dan outsole. Kini saatnya Anda harus tahu apa bedanya insole dan outsole. Let’s go!

1
Fungsi dan Kenyamanan

Menciptakan Pemakaian Sepatu Secara Optimal

Fungsi dan Kenyamanan

2
Bahan yang Digunakan

Hanya Material dengan Kulitas Tinggi

Bahan yang Digunakan

3
Interaksi Insole dan Outsole

Mengurangi Cedera Kaki

Interaksi Insole dan Outsole

4
Ukuran Insole dan Outsole

Perbedaan Size Menentukan Kenyamanan Kaki

Ukuran Insole dan Outsole

5
Perawatan Insole dan Outsole

Selalu Jaga Insole dan Outsole Tetap Bersih

Perawatan Insole dan Outsole

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Menciptakan Pemakaian Sepatu Secara Optimal
© freepik.com
1
Menciptakan Pemakaian Sepatu Secara Optimal

Fungsi dan Kenyamanan

Jika dilihat dari fungsi insole dan outsole, maka dapat diartikan bahwa keduanya saling melengkapi untuk menciptakan pengalaman pemakaian sepatu secara optimal. Insole sepatu terfokus pada aspek ergonomi dan kenyamanan secara langsung kepada penggunanya. Hal ini sudah mencakup penyerapan kejut, peningkatan penyangga, dan penyesuaian terhadap bentuk alami kaki.

Bahkan, beberapa insole dibuat secara ortopedis, tujuannya untuk memberikan dukungan tambahan pada lengkungan kaki, meredakan tekanan pada titik-titik tertentu, dan mencegah cedera kaki. 

Di sisi lain, outsole memberikan dukungan eksternal yang mencakup ketahanan terhadap keausan, daya cengkeram optimal, dan perlindungan dari elemen luar. Biasanya jenis outsole yang digunakan tergantung pada tujuan penggunaan sepatu. Contohnya sepatu high heels, Rekomers bisa berdandan ala model saat menggunakan alas kaki ini agar menunjukkan outfit yang stylish. 

Hanya Material dengan Kulitas Tinggi
© freepik.com
2
Hanya Material dengan Kulitas Tinggi

Bahan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Bahan yang digunakan insole dan outsole memiliki peran penting dalam menentukan kualitas dan kinerja sepatu. Insole menggunakan bahan yang memiliki kemampuan dalam menyerap kelembapan, mengurangi bau tak sedap, dan memberikan respons yang nyaman terhadap tekanan kaki. Di samping itu, ada beberapa insole yang dilengkapi dengan teknologi antimikroba untuk menjaga kebersihan.

Sementara itu, outsole biasanya terbuat dari rubber sole, polyurethane (PU), atau karet. Seperti yang dikutip oleh Ach Habib Arrahman, bahan tersebut dipilih karena sifatnya lunak dan tipis sehingga memberikan daya cengkeram yang baik dan tahan aus (2018).

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, beberapa merek seperti Adidas, Nike, dan Converse mengembangkan bahan outsole yang dibuat khusus untuk meningkatkan performa pada kondisi outsole untuk lingkungan tertentu.

Mengurangi Cedera Kaki
© freepik.com
3
Mengurangi Cedera Kaki

Interaksi Insole dan Outsole

Harus selalu diingat bahwa insole dan outsole bekerja secara bersama untuk menciptakan keseimbangan secara optimal antara kenyamanan dan performa sepatu. Dengan begitu, keduanya dapat mengurangi risiko cedera pada kaki dan sendi.

Insole dapat memberikan rasa nyaman bagi kaki, sehingga memberikan respons gerakan alami dan memberikan penyangga yang dibutuhkan. Sedangkan outsole memberikan daya cengkeram dan perlindungan, untuk memastikan bahwa kaki Anda terlindungi dan sepatu dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi permukaan.

Perbedaan Size Menentukan Kenyamanan Kaki
© freepik.com
4
Perbedaan Size Menentukan Kenyamanan Kaki

Ukuran Insole dan Outsole

Rekomendasi kami

Biasanya, insole memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan jenis sepatu dan merek sepatu. Insole dengan ukuran yang pas akan memberikan kenyamanan yang lebih dan selalu memastikan kaki Anda di dalam sepatu.

Di Indonesia sendiri, ukuran yang digunakan insole sesuai dengan standar ukur EU. Jadi, Anda akan mendapati ukuran telapak kaki dalam sentimeter dan ukuran sepatu yang sesuai. Sebagai contoh, sebutlah sepatu nama A dengan ukuran line insole 22.5 cm itu sama dengan ukuran 37 EU. Ukuran 23 cm adalah 38 EU, sementara 24 cm cocok dengan ukuran 39 EU. 

Di sisi lain, outsole memiliki ukuran yang lebih besar. Penyebabnya adalah outsole berperan sebagai lapisan terluar dan melindungi insole dengan memberikan daya cengkeram tinggi pada tiap jenis permukaan. Outsole dengan ukuran yang sesuai akan memberikan kestabilan dan kenyamaan saat digunakan.

Berikut cara menghitung ukuran insole dan outsole:

  1. Saat Anda mengukur insole, pastikan telapan kaki berpijak pada permukaan yang datar. Anda bisa menggunakan penggaris untuk mengukur panjang insole dari ujung jempol sampai bagian belakang tumit.
  2. Anda bisa mengukur outsole dengan cara meletakkan sepatu dengan menghadap ke atas. Gunakan penggaris untuk mengukur outsole length dari bagian depan sampai bagian belakang.
  3. Setelah Anda mengukur, catat ukuran insole dan outsole tersebut dengan jelas untuk Anda jadikan referensi saat akan membeli sepatu baru.
Selalu Jaga Insole dan Outsole Tetap Bersih
© freepik.com
5
Selalu Jaga Insole dan Outsole Tetap Bersih

Perawatan Insole dan Outsole

Rekomendasi kami

Jangan lupa, Anda juga harus merawat insole agar tetap bersih dan mengganti outsole jika mengalami keausan. Berikut adalah beberapa tips dan trik cara merawat insole dan outsole.

Perawatan Insole

  • Bersihkan Secara Teratur

Anda bisa merawat unsur sepatu ini dengan cara menyikat atau membersihkan teksturnya menggunakan kain yang lembut. Hal ini dapat menghilangkan kotoran, debu, dan bakteri yang menyebabkan bau pada sepatu dan kaki Anda.

  • Menggunakan Insole Tambahan

Sebaiknya Anda menggunakan insole tambahan atau ortopedis, terutama bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus. Insole tambahan bisa memberikan dukukan ekstra pada kaki dan bisa meredakan ketidaknyamanan saat menggunakan sepatu.

  • Jaga Insole Tetap Kering

Selalu pastikan insole agar tetap dalam keadaan kering. Namun, jika insole Anda basah, maka segera keringkan dengan meletakkannya di tempat yang terkena udara. Anda juga bisa menggunakan bahan yang dapat menyerap kelembaban.

  • Ganti Jika Insole Aus

Anda bisa mengganti insole jika sudah mengalami keausan. Pasalnya, insole yang sudah tidak memberikan kenyaman akan membuat kaki Anda sakit atau cedera.

Perawatan Outsole

    • Dibersihkan Secara Rutin

Membersihkan outsole secara rutin bisa menghilangkan kotoran, debu, dan residu yang mengakibatkan keausan secara cepat. Cara membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat lembut atau kain lap.

    • Hindari Pemakaian yang Berlebihan

Anda bisa mengurangi penggunaan sepatu pada permukaan yang kasar. Faktanya, tekstur yang kasar bisa mempercepat keausan pada outsole.

    • Keringkan Outsole dengan Baik

Jika outsole dalam kondisi basah, maka segera keringkan outsole. Sebab, outsole yang dibiarkan basah dapat mempercepat keausan dan merusak bahan outsole tersebut.

    • Perhatikan Jenis Bahan Outsole

Jika Anda memiliki outsole yang terbuat dari bahan karet atau bahan khusus, maka Anda bisa menggunakan perawatan khusus untuk menjaga kekuatan dan elastisitas material outsole sepatu.

    • Segera Ganti Outsole Jika Sudah Usang

Apabila outsole sudah menunjukan tanda-tanda keausan, maka segera ganti outsole sepatu Anda ke tukang sepatu.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Insole dan Outsole

Apa Rekomers sudah paham mengenai perbedaan insole dan outsole yang tim Rekomin sebutkan? Bagus kalau sudah paham. Tapi, ada baiknya Anda membaca rangkuman pertanyaan dan jawaban sebelum ke bagian akhir dari artikel ini. Cek di bawah, ya!

Apa fungsi insole sepatu?

Insole berfungsi sebagai lapisan lembut antara kaki dengan midsole sepatu. Bantalan insole dapat  membantu kaki agar tidak pegal jika Anda gunakan sepanjang hari. Bahkan, unsur ini juga bisa mengurangi tekanan pada kaki dan persendian.

Jika panjang kaki 25 cm ukuran sepatu berapa?

Jika panjang kaki 25 cm, Anda bisa menggunakan sepatu ukuran 40.

Insole yang mana?

Insole merupakan bagian sepatu yang terletak pada bagian bawah, tepatnya pada alas yang menjadi injakan kaki. Umumnya, insole dapat dilepas dan diganti dengan yang baru jika terjadi keausan.

Outsole rubber apakah licin?

Benar. Kelemahan dari outsole rubber yaitu lebih licin daripada bahan sol lainnya.

Kapan mengganti insole dan outsole?

Anda bisa mengganti insole atau outsole saat Anda sudah tidak merasakan kenyamanan, ketidakrataan, atau tanda-tanda keausan yang berlebihan. Itulah petunjuk untuk mengganti insole atau outsole sepatu.

Apa tanda-tanda bahwa outsole harus diganti?

Tanda-tanda outsole sepatu harus diganti meliputi pola cengkeram yang sudah aus, terdapat retakan atau kerusakan fisik pada bagian outsole, dan ketidakstabilan saat Anda gunakan berjalan atau berlari.

Kesimpulan: Perbedaan Insole dan Outsole

Kini, perbedaan insole dan outsole sudah familiar di telinga Rekomers, bukan? Kedua komponen tersebut nyatanya berbeda, ya. Insole merupakan bagian dalam sepatu, dan outsole merupakan bagian luar sepatu yang bersentuhan langsung dengan permukan.

Meskipun memiliki fungsi yang berbeda, keduanya bekerja sama untuk memberi kenyamanan, dukungan, dan performa keseluruhan sepatu yang Anda gunakan. Tapi, kenyamanan tersebut bisa Anda dapatkan jika ukuran insole dan outsole sepatu pas. Hal ini berlaku untuk semua jenis sepatu, termasuk boot dan semua sepatu anak-anak maupun dewasa.

Apa Anda ingin mengganti insole dan merasa tertarik dengan gambar produk rekomendasi di atas? Untuk mendapatkan produk tersebut, Anda cukup klik link produk yang Anda inginkan dan check out! Semoga tips di atas bermanfaat, dan selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo