Hide Menu

Jangan Salah Paham, Inilah 4 Perbedaan Gaun dan Dress yang Wajib Anda Ketahui!

Tak Jarang Orang Beranggapan Kalau Dress dan Gaun Itu Sama, Padahal Berbeda. Yuk, Cari Tahu Perbedaan Gaun dan Dress di Sini!

Artikel Perbedaan Gaun dan Dress ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Gaun dan Dress 2024
© freepik.com

Emang Benar Kalau Dress dan Gaun Itu Sama?

Emang Benar Kalau Dress dan Gaun Itu Sama?
freepik.com

Pasti Rekomers sekalian sudah kenal betul dengan istilah gaun dan juga dress. Bagaimana tidak? Pasalnya, dress dan juga gaun termasuk dalam macam-macam pakaian atau busana pesta khusus wanita.

Tak jarang orang-orang jadi salah paham dan menganggap kalau dress dan juga gaun adalah dua produk yang sama. Tidak hanya itu saja, ada sebagian orang yang sering tertukar ketika menyebutkan salah satunya.

Memang benar jika gaun dan dress mempunyai pengertian yang sama karena kedua produk tersebut sama-sama terdiri dari atasan dan bawahan yang menyatu. Namun, jika Anda mengkaji ulang mengenai dress dan gaun, Rekomers akan menemukan perbedaannya.

Apabila Rekomers menemukan faktor pembeda gaun dan dress, dijamin Anda bakalan terkejut. Mengapa demikian? Kalau Anda ingin tahu dan tertarik mempelajari perbedaan gaun dan dress lebih dalam lagi, Rekomers bisa simak artikel satu ini.

Tim Rekomin punya alasan mengapa Anda dianjurkan untuk menyimak artikel satu ini dengan saksama karena memuat informasi penting terkait perbedaan gaun dan dress. Siap mengikuti keseruan artikel ini bareng tim Rekomin? Cus, scroll artikel ini sekarang juga!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Gaun dan Dress - Terbaru 2024

Bagi Rekomers yang sudah kepo banget dengan perbedaan gaun dan dress, Anda bisa simak section satu ini lebih lanjut yang memuat segala informasi yang Rekomers butuhkan. Cus, baca dengan teliti!

1
Tujuan Pemakaian Tiap Produk

Let's See The Difference Between a Dress and a Gown!

Tujuan Pemakaian Tiap Produk

2
Perbedaan Bahan atau Material

Gaun dan Dress Terbuat dari Bahan yang Berbeda

Perbedaan Bahan atau Material

3
Bentuk atau Model Setiap Produk

Perhatikan Detail Gaun dan Dress dari Segi Bentuk!

Bentuk atau Model Setiap Produk

4
Pilihan Variasi Masing-Masing Produk

Cari Tahu Macam-Macam Gaun dan Dress!

Pilihan Variasi Masing-Masing Produk

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Let's See The Difference Between a Dress and a Gown!
© freepik.com
1
Let's See The Difference Between a Dress and a Gown!

Tujuan Pemakaian Tiap Produk

Rekomendasi kami

First things first, perbedaan dress dan gaun terletak di tujuan pemakaian setiap produk. Pada dasarnya, gaun adalah jenis pakaian atau busana super formal wanita yang terdiri dari atasan dan bawahan yang menyatu. Tujuan pemakaian gaun adalah untuk menghadiri acara super formal atau resmi, misalnya acara kenegaraan, pernikahan, dan lain-lain. 

Lain halnya dengan dress, fashion item satu ini terbagi menjadi beberapa macam sesuai jenis acara yang akan Anda hadiri, mulai dari formal, semi formal, sampai non formal. Jadi, bisa dikatakan kalau dress termasuk salah satu jenis busana atau pakaian wanita yang fleksibel karena bisa dipakai untuk berbagai macam acara.

Gaun dan Dress Terbuat dari Bahan yang Berbeda
© freepik.com
2
Gaun dan Dress Terbuat dari Bahan yang Berbeda

Perbedaan Bahan atau Material

Rekomendasi kami

Berdasarkan dari fungsi gown, pakaian atau busana satu ini tentu saja terbuat dari bahan atau material berkualitas tinggi dan premium dan mempunyai banyak ornamen. Maka, jangan heran jika biaya pembuatan gown relatif mahal karena bahan atau material yang dipakai beserta detail produknya mampu memberikan kesan mahal dan elegant.

Sementara itu, dress terbuat dari berbagai jenis bahan atau material tergantung variasi dress. Mulai dari kain katun, linen, sutra, crepe, tile, denim, satin, chiffon, organza, diamond italiano georgette, balotelly, ceruti, maxmara, brokat, polyester, lace, dan lain-lain. Biasanya, dress tidak terlalu mempunyai banyak ornamen dan motif sehingga mampu memberikan kesan simple. 

Perhatikan Detail Gaun dan Dress dari Segi Bentuk!
© freepik.com
3
Perhatikan Detail Gaun dan Dress dari Segi Bentuk!

Bentuk atau Model Setiap Produk

Rekomendasi kami

Perbedaan dress dan gown selanjutnya terletak pada bentuk atau model masing-masing produk. Singkatnya, bentuk atau model gaun dibuat lebih formal, mewah, elegant, dan terlihat mahal. Pasalnya, gaun memang dirancang sebagai pakaian atau busana wanita untuk acara super formal atau acara yang sangat resmi. 

Berbeda dengan gaun, dress justru mempunyai bentuk atau model yang beragam tergantung variasi dress, mulai dari casual, formal, semi formal, sampai non-formal. Tak heran jika dress bisa Rekomers kenakan untuk berbagai kesempatan, mau itu bekerja, berlibur, meeting dengan client, dan masih banyak lagi. 

Cari Tahu Macam-Macam Gaun dan Dress!
© freepik.com
4
Cari Tahu Macam-Macam Gaun dan Dress!

Pilihan Variasi Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Last but not least, beda dress dan gaun yang harus Anda pelajari lebih dalam adalah macam-macam variasi produknya. Secara garis besar, dress memiliki banyak pilihan variasi produk ketimbang gaun. Daripada penasaran, mending simak tabel di bawah ini!

  • Jenis-Jenis Gaun

Party GownRoyal GownWedding Gown
Princess GownSabrina GownLong-Sleeved Gown
Mermaid GownSleeveless Halter GownCocktail Gown
Bell-Sleeved GownBall GownEvening Gown
  • Jenis-Jenis Dress

Strapless DressAsymmetrical DressBlazer Dress
Sheath DressHalter DressLong-Sleeved Dress
SundressMidi DressPouf Dress
Maxi DressBodycon DressCocktail Dress
Off Shoulder DressShift DressDenim Dress
Qipao DressMini DressBandage Dress
A-Line DressPinafore DressSack Dress (Sekdress)
Bardot DressKimono Dress 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Gaun dan Dress

Anda merasa kalau informasi di atas kurang detail dan butuh informasi tambahan yang lebih detail lagi? Don’t worry! Pas banget, tim Rekomin telah menemukan beberapa informasi tambahan seputar perbedaan gaun dan dress yang tentunya lebih detail dan mendalam. Read it now!

Apa yang dimaksud dengan royal dress?

Pengertian royal dress itu sendiri adalah salah satu jenis gaun yang panjangnya bisa menyapu lantai dan terkadang bisa menjuntai jauh ke belakang. Di beberapa tahun silam, hanya para Ratu saja yang boleh memakai royal dress. Namun, saat ini semua orang boleh memakai royal dress untuk menghadiri berbagai acara super formal atau sangat resmi.

Apa arti dari istilah gown?

Pada dasarnya, nama lain gaun adalah gown. Hal tersebut bisa terjadi karena bahasa Indonesia gown adalah gaun. Mulai sekarang, Rekomers tidak boleh bingung lagi ketika menemukan istilah atau penyebutan gown ketika berbelanja di offline maupun online store.

Apa itu basic dress?

Secara umum, basic dress merupakan salah satu jenis fashion item yang paling banyak disukai dan dimiliki oleh wanita. Basic dress memiliki beberapa ciri khas seperti bentuk atau modelnya yang cenderung simple dan warnanya netral. Itulah mengapa dress ini termasuk ke dalam must have item karena dress ini cocok untuk berbagai jenis acara, mau itu pesta ulang tahun, hang out, dan lain-lain.

Bedanya tunik dan dress itu apa?

Menurut Ni Nyoman Rahayu T (2015), tunik merupakan baju berukuran longgar yang awalnya dibawa oleh Kerajaan Yunani ketika menguasai Romawi. Seiring dengan berjalannya waktu, bangsa Romawi mulai menggunakan tunik sebagai pakaian sehari-hari dan semua orang dari berbagai jenis kelas sosial bisa memakainya. Di masa sekarang ini, tunik masih tetap eksis dan booming.

Sementara itu, dress adalah pakaian atau busana terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan yang menyatu. Jadi, dress tidak dilengkapi dengan pembatas antara bagian atas dan bawah. Saat ini, Anda bisa menemukan banyak sekali pilihan dress yang beragam, entah itu dari segi model, desain, dan juga bahan yang berbeda-beda.

Apa itu dress cocktail?

Singkatnya, dress satu ini bisa Anda pakai untuk menghadiri acara formal sampai semi formal. Menariknya lagi, jenis dress satu ini mampu menciptakan kesan yang minimalis dan simple namun tetap elegant dan menawan. 

Kesimpulan: Perbedaan Gaun dan Dress

Ternyata, dress dan gaun mempunyai beberapa perbedaan yang bisa Anda lihat secara kasat mata. Sayangnya, perbedaan tersebut tidak Anda hiraukan karena hanya berfokus untuk memakai produknya saja. Oleh karena itulah tim Rekomin merangkum artikel satu ini untuk Rekomers sekalian secara cuma-cuma.

Siapa bilang kalau tim Rekomin hanya menyediakan informasi saja? Buktinya tim Rekomin juga menyediakan beberapa rekomendasi gaun dan dress yang terbaru dan terkini. Rekomers tidak perlu takut ketika membeli salah satu produk rekomendasi yang telah kami sediakan karena kualitas semua produk rekomendasi sudah pasti bagus dan memuaskan. Go grab your favorite dress or gown from our recommendation!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo