Hide Menu

Simak 7 Perbedaan Frame Kacamata Mahal dan Murah Untuk Anda yang Bingung Membedakannya!

Cara Membedakan Frame Kacamata Mahal dan Murah Sebelum Membeli Kacamata Dalam Waktu Dekat!

Artikel Perbedaan Frame Kacamata Mahal dan Murah ini diposting diperbarui
21 Pembaca
Like
Perbedaan Frame Kacamata Mahal dan Murah 2024
© freepik.com/karlyukav

Memilih Frame Kacamata Mahal vs Murah, Mana yang Paling Worth It?

Memilih Frame Kacamata Mahal vs Murah, Mana yang Paling Worth It?
freepik.com/cookie-studio

“Mas, frame kacamatanya yang murah aja deh!”, apakah Anda familiar dengan kalimat seperti ini? Sebenarnya, tidak ada yang salah ketika Anda memilih frame kacamata murah atau mahal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Toh, orang lain juga tidak akan tahu perbedaannya. Terlebih, yang paling penting adalah fungsi dari kacamata itu sendiri, kan?

Meski begitu, banyak juga pengguna kacamata yang mempertanyakan alasan kenapa harus membeli kacamata branded atau bermerk sampai harus merogoh kocek yang mahal. Alasannya sebenarnya sederhana, kenyamanan. Itu saja. Karena bagaimanapun, kenyamanan adalah aspek yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk membeli kacamata.

Pasalnya, frame kacamata dengan harga murah biasanya terbuat dari bahan dengan kualitas yang kurang bagus. Nah, kacamata dengan kualitas frame yang buruk acap kali menyebabkan ketidaknyamanan pada mata. Terlebih jika bahan dari frame kacamata tersebut adalah bahan yang tak layak, itu bisa membuat kulit Anda menjadi ruam sampai iritasi. 

Walau begitu, yang murah tidak selamanya buruk ya Rekomers. Ditambah lagi, kenyamanan adalah aspek subjektif yang mana setiap orang punya level kenyamananya sendiri-sendiri. Anda mungkin nyaman menggunakan kacamata A namun orang lain belum tentu, begitu juga sebaliknya.

Apakah Rekomers ingin tahu apa beda frame kacamata mahal dan murah? Sebenarnya, ada banyak frame kacamata yang bisa Anda temukan dengan harga yang mahal ataupun murah. Untuk Anda yang masih bingung simak penjelasan artikel ini yang membahas tentang perbedaan frame kacamata mahal dan murah. So, stay tune!

Sebelum Beli Kacamata, Pilihlah Frame yang Sesuai dengan Warna Kulit Anda

Sebelum Beli Kacamata, Pilihlah Frame yang Sesuai dengan Warna Kulit Anda
freepik.com/rawpixel-com

Tidak hanya memilih frame kacamata dengan harga mahal ataupun murah yang harus Anda perhatikan. Namun, Anda juga harus memperhatikan warna frame yang sesuai dengan warna kulit Anda. Jadi, apa warna kulit Rekomers? Simak penjelasnnya di sini ya!

  • Warna Kulit Netral

Warna kulit netral merupakan warna kulit yang tidak terlalu pucat. Jika Anda memiliki warna kulit netral, maka Anda akan selalu terlihat bagus dengan menggunakan bingkai kacamata dengan warna apapun. Termasuk dengan mengunakan warna frame seperti putih, abu-abu, atau hitam

  • Warna Kulit Hangat (Warm)

Jenis warna kulit warm cenderung memiliki sentuhan warna kuning, peach dan emas contohnya adalah warna kulit sawo matang. Tone kulit ini memiliki urat hijau atau biru kehijauan. Anda bisa menggunakan frame warna merah, kuning, dan jingga.

  • Warna Kulit Dingin

Warna kulit dingin memiliki ciri dengan rona merah muda atau merah kebiruan. Jenis kulit ini cenderung mudah memerah. Orang dengan tone kulit dingin bisa menggunakan nuansa warna-warna sejuk seperti biru, perak, dan hijau.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

A. Ulinnuha
Editor
Content Writer

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Perbedaan Frame Kacamata Mahal dan Murah - Terbaru 2024

Akhirnya, Rekomers sampai di section yang paling penting. Di section ini, tim Rekomin akan memberikan informasi tentang perbedaan frame kacamata dengan harga yang mahal dan murah. Apakah Rekomers sudah siap untuk menyimak cara membedakan keduanya? Kalau sudah, let’s go!

1
Design dan Kualitas Bahan yang Digunakan

Gagang yang Kokoh dan Kuat

Design dan Kualitas Bahan yang Digunakan

2
Tampilan dan Estetika

Penampilan Lebih Fashionable

Tampilan dan Estetika

3
Tingkat Kenyamanan

Tampil Keren dan Nyaman Tanpa Gangguan

Tingkat Kenyamanan

4
Kualitas Lensa Kacamata

Pengihatan Jelas Dengan Lensa Terbaik

Kualitas Lensa Kacamata

5
Daya Tahan dan Umur Pakai

Lebih Tahan Lama

Daya Tahan dan Umur Pakai

6
Harga Yang Ditawarkan

Gaya Fashionable Sesuai Budget

Harga Yang Ditawarkan

7
Garansi Produk

Menjamin Kualitas Produk

Garansi Produk

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gagang yang Kokoh dan Kuat
© freepik.com/yod67
1
Gagang yang Kokoh dan Kuat

Design dan Kualitas Bahan yang Digunakan

Rekomendasi kami

Design dan kualitas bahan akan menjadi salah satu perbedaan utama antara bingkai kacamata mahal dan murah. Bingkai kacamata dengan harga yang mahal biasanya menggunakan bahan dengan kualitas yang lebih bagus atau premium, seperti bahan titanium atau bahan stainless steel, yang akan memberikan kesan eksklusif dan tahan lama.

Sedangkan, bingkai kacamata murah pada umumnya terbuat dari bahan plastik atau bahan logam biasa yang mungkin tidak akan sekuat dan seawet frame kacamata dengan harga mahal.

Penampilan Lebih Fashionable
© freepik.com/halayalex
2
Penampilan Lebih Fashionable

Tampilan dan Estetika

Kebanyakan kacamata mahal menawarkan penampilan yang lebih elegan dan menarik secara visual. Oleh karena itu, frame kacamata mahal memiliki design yang lebih modern dan terinspirasi dari fashion yang sedang hits saat ini.

Sebaliknya, frame kacamata dengan harga murah umumnya memiliki tampilan yang sederhana dan standard dengan pilihan warna dan model yang cukup terbatas juga.

Tampil Keren dan Nyaman Tanpa Gangguan
© freepik.com/kamranaydinov
3
Tampil Keren dan Nyaman Tanpa Gangguan

Tingkat Kenyamanan

Rekomendasi kami

Perbedaan selanjutnya yaitu tingkat kenyamanan pada frame. Umumnya, bingkai kacamata yang mahal memiliki fitting yang lebih baik dan memiliki lapisan anti-refleksi atau tahan gores sehingga membuatnya lebih nyaman saat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Di sisi lainnya, frame kacamata murah mungkin akan kurang cocok dengan beberapa bentuk wajah karena tidak dilengkapi dengan lapisan khusus. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat Anda memakainya dalam waktu yang lama.

Pengihatan Jelas Dengan Lensa Terbaik
© freepik.com/topntp26
4
Pengihatan Jelas Dengan Lensa Terbaik

Kualitas Lensa Kacamata

Rekomendasi kami

Tidak hanya frame, perbedaan antara kacamata mahal dan murah juga terletak pada kualitas lensa. Umumnya, kacamata mahal menggunakan lensa dengan kualitas yang tinggi, seperti polikarbonat, polycore, atau Trivex. Lensa tersebut memiliki ketahanan pecah dan dapat menyerap UV yang lebih baik.

Sedangkan, kacamata murah mungkin saja menggunakan bahan lensa yang murah, seperti plastik biasa yang tipis. Dalam hal ini, sudah pasti bahwa lensa di frame kacamata murah tidak akan sekuat lensa pada frame kacamata tebal dan bahkan tidak memiliki perlindungan UV yang memadai.

Rekomers dapat memilih lensa kacamata berdasarkan kebutuhan dan kondisi mata plus atau minus (Alda Nurul Izzah, 2021). Kebutuhan kacamata dapat berdasarkan faktor tertentu, seperti faktor kebutuhan untuk melihat dengan jelas ataupun faktor pelengkap gaya untuk pria dan wanita yang ingin tampil lebih kece.

Lebih Tahan Lama
© freepik.com
5
Lebih Tahan Lama

Daya Tahan dan Umur Pakai

Bingkai kacamata mahal biasanya lebih tahan lama dan memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan bingkai kacamata murah. Bahan untuk membuat frame kacamata mahal biasanya adalah bahan berkualitas tinggi yang tahan terhadap benturan atau penggunaan kacamata sehari-hari yang insentif

Lebih bagusnya lagi, frame kacamata mahal juga sangat awet dan dapat Anda gunakan selama bertahun-tahun. Pun, kualitasnya juga akan selalu bagus meskipun kacamata tersebut sudah lama atau lawas. Sedangkan, frame kacamata murah mungkin akan lebih cepat rusak atau lecet seiring dengan penggunaan yang berkelanjutan.

Gaya Fashionable Sesuai Budget
© freepik.com/balashmirzabey
6
Gaya Fashionable Sesuai Budget

Harga Yang Ditawarkan

Rekomendasi kami

Perbedaan biaya juga menjadi faktor yang paling mencolok diantara bingkai kacamata mahal dan murah. Pasalnya, frame kacamata mahal memiliki biaya yang sudah pasti jauh lebih tinggi dibandingkan frame yang murah.

Biasanya, harga yang lebih tinggi sudah pasti mencerminkan kualitas bahan, design, serta keunggulan-keunggulan lainnya yang dimiliki oleh frame tersebut. Meski begitu, keputusan untuk memilih frame kacamata tidak hanya ditentukan oleh harga, melainkan juga kebutuhan, gaya hidup, dan preferensi pribadi sebagaimana pengguna kacamata.

Menjamin Kualitas Produk
© freepik.com/rawpixel-com
7
Menjamin Kualitas Produk

Garansi Produk

Perbedaan yang terakhir yaitu garansi produk. Bingkai kacamata mahal biasanya menawarkan garansi produk yang lebih lama dan juga menawarkan perbaikan atau penggantian frame jika terjadi kerusakan. Sedangkan, bingkai kacamata murah biasanya tidak menawarkan perbaikan produk dan tidak semua frame dengan harga murah mendapatkan garansi.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Frame Kacamata Mahal dan Murah

Rekomers sudah mengerti tentang perbedaan frame kacamata mahal dan murah? Jika iya, tidak perlu menunggu lama lagi, tim Rekomin akan menjawab semua pertanyaan selalu Rekomers tanyakan. Yuk, baca sekarang juga!

Kenapa harga frame kacamata di optik mahal?

Frame kacamata di optik menjadi mahal karena optik tersebut harus membayar overhead cost di setiap produk kacamata yang dijual. Contohnya saja, jika Anda membeli frame kacamata besi pria dengan lensa bening di Optik Internasional, maka harganya kemungkinan akan lebih mahal daripada ketika Anda membeli frame kacamata seperti ini di pasaran.

Apakah kacamata mahal selalu lebih baik daripada kacamata murah?

Gak juga kok. Kacamata yang baik merupakan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dilihat dari segi fungsional dan estetika. Jadi bukan berarti kacamata yang dijual dengan harga yang murah itu tidak bagus dan memberikan efek penampilan anda menjadi tidak menarik, ya!

Apa benar kacamata mahal lebih tahan lama?

Faktanya, frame kacamata dengan harga yang mahal memiliki kualitas bahan yang lebih baik, sehingga bingkai kacamata tersebut akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan frame kacamata dengan harga murah. Namun penggunaan kacamata mahal harus lebih yang hati-hati.

Kesimpulan: Perbedaan Frame Kacamata Mahal dan Murah

Setelah Rekomers membaca artikel di atas, tim Rekomin akan membuat kesimpulan mengenai perbedaan frame kacamata mahal dan murah. Frame kacamata mahal memiliki design yang lebih menarik, kualitas bahan frame pun terbaik, serta lebih tahan lama daripada frame kacamata dengan harga murah.

Walau begtu, itu juga bukan berarti frame kacamata murah tidak bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Frame kacamata murah bisa Anda masukkan dalam pertimbangan dari segi budget. Rekomers dapat memilih frame dan lensa sesuai dengan kebutuhan penglihatan. Tim Rekomin menyarankan untuk bijak dan jangan ragu dalam memilih frame terbaik.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo