Hide Menu

Zaman Sekarang, Masih Ada yang Gak Tahu Perbedaan Blouse dan Kemeja? Catat 5 Perbedaannya!

Di Artikel Ini, Temukan Perbedaan Blouse dan Kemeja biar Anda Gak Bingung Ketika Membeli Salah Satu Produknya. Let's Go!

Artikel Perbedaan Blouse dan Kemeja ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Blouse dan Kemeja 2024
© freepik.com

Mengenal Kemeja dan Blouse, Andalah Para Wanita

Mengenal Kemeja dan Blouse, Andalah Para Wanita
freepik.com

Pasti Rekomers sudah tidak asing lagi dengan fashion item berikut ini, yakni kemeja dan blouse. Bagaimana tidak? Faktanya, kemeja dan blouse merupakan pilihan terbaik untuk Rekomers yang ingin tampil simple, rapi, dan nyaman tapi masih tetap elegant serta stylish.

Selain itu, Rekomers tentunya sudah paham betul kalau kemeja dan blouse adalah dua fashion item yang sangatlah berbeda. Pada dasarnya, kemeja merupakan salah satu jenis atasan yang dapat dikenakan oleh semua gender, entah itu pria ataupun wanita.

Hal ini dikarenakan kemeja termasuk fashion item yang sifatnya unisex dan juga gender-neutral. Seiring berjalannya waktu, Rekomers akan menemukan berbagai macam kemeja, mulai dari kemeja untuk wanita sampai pria. 

Sementara itu, blouse adalah salah satu jenis busana atau baju wanita yang cukup populer dan lagi trend saat ini. Pasalnya, blouse sangat mudah Anda mix and match dengan outfit lain, mau itu rok, celana jeans, sneaker, dan lain-lain.

Tak heran jika brand fashion berlomba-lomba mengeluarkan berbagai jenis blouse atau blus wanita yang unik, cantik, dan stylish. Meski telah mengetahui pengertian kemeja dan blouse wanita, tim Rekomin tetap menghimbau Anda untuk menyimak artikel satu ini hingga akhir.

Tim Rekomin telah menyiapkan informasi dan fakta menarik mengenai perbedaan blouse dan kemeja yang pastinya bermanfaat untuk Anda. Cus, segera baca artikel ini dan cari tahu perbedaannya!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Blouse dan Kemeja - Terbaru 2024

Setelah mengetahui maksud dari apa itu baju blouse dan kemeja, kali ini tim Rekomin akan menjabarkan informasi beserta poin penting terkait perbedaan blouse dan kemeja. Jangan sia-siakan kesempatan jika Anda ingin tahu penjabaran lengkap seputar perbedaan kemeja dan blouse!

1
Potongan atau Cutting Tiap Produk

Nama Beda Sudah Pasti Potongan Beda Pula

Potongan atau Cutting Tiap Produk

2
Desain atau Model Setiap Produk

Blouse dan Kemeja Mempunyai Desain yang Berbeda

Desain atau Model Setiap Produk

3
Macam-Macam Variasi Tiap Produk

Sebutkan Jenis Kemeja dan Blouse Favorit Anda!

Macam-Macam Variasi Tiap Produk

4
Kegunaan Masing-Masing Produk

Kemeja dan Blouse Itu Apa Fungsinya?

Kegunaan Masing-Masing Produk

5
Perbedaan Bahan atau Material

Blouse dan Kemeja Terbuat dari Bahan Apa Saja?

Perbedaan Bahan atau Material

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Nama Beda Sudah Pasti Potongan Beda Pula
© freepik.com
1
Nama Beda Sudah Pasti Potongan Beda Pula

Potongan atau Cutting Tiap Produk

Rekomendasi kami

Pertama-tama, tim Rekomin akan membahas mengenai potongan atau cutting kemeja dan blouse. Seperti yang kita ketahui, kemeja dan blouse mempunyai cutting yang sangat berbeda jika dilihat secara kasat mata.

Hal ini bisa terjadi karena kemeja memiliki potongan yang lebih lurus, maskulin, dan mengikuti bentuk badan. Pada bagian kerah, potongannya cenderung lebih sempit dengan detail minimalis.

Sementara cutting blouse lebih feminin dan flowy sehingga memberikan kesan nyaman ketika dipakai. Selain itu, bagian kerah terlihat lebih lebar. Terkadang, ada beberapa brand fashion yang menambahkan beberapa aksesoris dan tali pinggang untuk mempermanis tampilan blouse.

Blouse dan Kemeja Mempunyai Desain yang Berbeda
© freepik.com
2
Blouse dan Kemeja Mempunyai Desain yang Berbeda

Desain atau Model Setiap Produk

Rekomendasi kami

Next, beda kemeja dan blouse terletak di desain atau model tiap produk. Faktanya, blouse didesain seapik mungkin biar bisa menampilkan kesan feminin dan elegant bagi setiap orang yang memakainya.

Bahkan, desain bagian kerah blouse dibuat sefeminin mungkin, contohnya kerah v neck, crew neck, ribbon tie collar, peterpan collar, dan lain-lain. Selain itu, blouse mempunyai berbagai macam pilihan warna dan pola yang lebih luas ketimbang kemeja.

Anda akan mendapati blouse pola bunga, polka-dot, dan motif feminim lainnya. Tak jarang ada sebagian jenis blouse yang tidak mempunyai kancing satu pun. Kalaupun ada, biasanya kancing pada blouse gak full dari bagian atas sampai bagian bawah.

Sedangkan desain kemeja mengacu ke arah simple dan nyaman tapi tetap stylish dan trendy. Sayangnya, desain kemeja tidak mengandung unsur feminin. Rekomers akan menemukan model kerah kemeja yang cenderung basic, seperti pointy collar, kerah peterpan atau kerah mandarin.

Ciri khas kemeja yang lain adalah kantong di bagian dada kanan, kiri atau bahkan keduanya. Tapi, ada juga jenis kemeja yang tidak mempunyai kantong. Selain itu, kemeja mempunyai kancing yang full dari bagian atas hingga bawah. Satu lagi, semua jenis kemeja cenderung memakai warna netral dan pola yang lebih sederhana. 

Sebutkan Jenis Kemeja dan Blouse Favorit Anda!
© freepik.com
3
Sebutkan Jenis Kemeja dan Blouse Favorit Anda!

Macam-Macam Variasi Tiap Produk

Rekomendasi kami

Secara garis besar, pilihan variasi blouse lebih banyak ketimbang kemeja. Mengapa demikian? Untuk membuktikan pernyataan tersebut, Anda bisa simak tabel di bawah yang memuat informasi seputar macam-macam blouse dan kemeja. Cus, perhatikan dengan saksama!

  • Macam-Macam Kemeja

Lumberjack ShirtKemeja BatikKemeja AsimetrisKemeja Polo
Striped ShirtKemeja OversizedKemeja LinenTropical Shirt
Oxford ShirtZinc ShirtKemeja SilkKemeja Flap Pocket
Kemeja TwillLong-Sleeved ShirtKemeja PrintKemeja Lengan Puff
Kemeja SatinCamp ShirtKemeja RayonDenim Shirt
Flannel ShirtTunic ShirtRuffle Shirt 
  • Macam-Macam Blouse

Brokat BlouseMiddy BlouseKnit BlouseTunik Blouse
Blouse Double BreastedCross Over BlouseCrinkle BlouseMicro Blouse
One-Shoulder BlouseBlouse LipitPeplum BlouseKimono Blouse
Draped BlouseRuffle BlouseBlouse BalonCold Shoulder Blouse
Cut-Out BlouseOversized BlouseEmpire BlouseCorset Blouse
Blouse DolmanPlisket BlouseWrap BlousePleats Blouse
Crop BlouseBatwing BlouseBlouse BatikSleeveless Blouse
Hidden Button-Down BlouseSabrina BlouseSurplice BlouseAsymmetric Blouse
Halterneck BlouseBlousonBettina BlousePeasant Blouse
Kemeja dan Blouse Itu Apa Fungsinya?
© freepik.com
4
Kemeja dan Blouse Itu Apa Fungsinya?

Kegunaan Masing-Masing Produk

Rekomendasi kami

Kalau dilihat dari cara pemakaiannya, kemeja mampu memberikan kesan yang lebih santai, rapi, formal, dan elegant namun tetap stylish. Rekomers bisa padukan kemeja dengan fashion item apa saja, mau itu celana jeans, rok, sneakers, heels, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kemeja juga bisa Anda jadikan sebagai outer dress atau kaos polos. Benar-benar definisi penolong di saat kehabisan ide atau inspirasi outfit. Berbeda dengan kemeja, blouse dapat menghasilkan penampilan yang lebih feminin sekaligus versatile.

Sebenarnya, tidak ada batasan ketika mix and match blouse. Pasalnya, blouse bisa Anda mix and match dengan outfit apa pun, entah itu rok, chinos, flat shoes, celana jeans, dan lain-lain. Kalau dirasa terlalu simple, Anda bisa tambahkan aksesoris.

Keduanya bisa dikenakan untuk berbagai jenis acara, mau itu formal, semi formal, ataupun non formal. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda prefer salah satu produk sebagai pilihan outfit sehari-hari. Namanya juga mau tampil trendy, stylish, dan juga perfect setiap saat di segala macam kondisi.

Blouse dan Kemeja Terbuat dari Bahan Apa Saja?
© freepik.com
5
Blouse dan Kemeja Terbuat dari Bahan Apa Saja?

Perbedaan Bahan atau Material

Rekomendasi kami

Perbedaan kemeja dan blouse yang terakhir adalah bahan atau material untuk membuat masing-masing produk. Umumnya, blouse terbuat dari bahan atau material yang cenderung lebih lembut dan ringan, misalnya linen, rayon, denim, sutra, katun, jersey, brokat, satin, organza atau chiffon. 

Sebaliknya, kemeja malah terbuat dari bahan atau material yang lebih kaku sekaligus tebal, contohnya katun, corduroy, oxford, linen, denim, chambray, flannel, drill atau acrylic. Seiring berjalannya waktu, Rekomers akan menemukan beberapa brand fashion yang menjual kemeja dengan bahan atau material yang tipis dan juga adem. 

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Blouse dan Kemeja

Jika Rekomers merasa kurang puas dengan informasi di atas, Anda bisa memerhatikan section ini lebih lanjut yang berisi informasi tambahan terkait perbedaan blouse dan kemeja. Semua informasi tambahan yang ada di section ini sudah pasti bermanfaat dan berguna untuk Anda ke depannya. Baca sekarang juga!

Kemeja identik dengan apa?

Siapa sangka jika kemeja selalu identik dengan acara formal atau resmi. Namun, akhir-akhir ini ada sebagian orang yang mulai memakai kemeja untuk berbagai jenis acara kecuali formal, entah itu jalan-jalan, date bareng kekasih, dan masih banyak lagi. 

Kemeja formal itu seperti apa?

Arti dari kemeja formal adalah salah satu jenis kemeja yang mempunyai bagian kerah berstruktur, terbuat dari bahan atau material tipis, dan potongannya lebih pas di tubuh Anda. Bukan cuma itu saja, kebanyakan kemeja formal memiliki kancing di bagian depan, mulai dari atas hingga bawah kemeja. 

Apa blouse termasuk baju formal?

Tentu saja. Bukan tanpa sebab, blouse nyatanya bisa menjadi alternatif lain apabila Anda kehabisan outfit formal untuk bekerja, menghadiri rapat, ketemu dengan client, dan acara formal lainnya. 

Apakah hem dan kemeja itu produk yang sama?

Secara garis besar, hem dan kemeja adalah dua produk yang sama. Terkadang, kebanyakan orang sering menyebut kemeja dengan istilah hem, begitu pula sebaliknya. Namun, yang membedakan hem dan kemeja terletak di cara pemakaiannya. Pasalnya, kemeja lebih dikhususkan untuk acara formal. Sedangkan, hem lebih ditujukan untuk acara non formal.

Apa perbedaan blouse dan baju kurung?

Singkatnya, blouse merupakan salah satu jenis pakaian wanita yang bersiluet longgar dan panjangnya bisa mencapai area pinggul. Pada bagian kerah hingga lengan blouse mempunyai desain yang sangat beragam. Menariknya lagi, ada juga blouse yang dihias dengan kancing atau bordiran yang cantik. 

Sedangkan baju kurung adalah pakaian tradisional asal Melayu yang khusus untuk wanita atau cewe. Pakaian tradisional satu ini panjangnya bisa mencapai lutut sehingga mampu menutup bagian bokong. Biasanya, desain baju kurung terkesan plain karena tidak mempunyai kerah, kancing, apalagi bordiran.

Kesimpulan: Perbedaan Blouse dan Kemeja

Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada kebiasaan dan budaya sehingga tiap jenis pakaian mempunyai ciri khas masing-masing, termasuk kemeja dan blouse (Wardhatul Umma, 2016:1). Tak heran keduanya memiliki ciri khas yang berbeda meskipun panjang kedua produk sama-sama seperut atau di atas perut.

Tidak hanya menyediakan informasi seputar perbedaan kemeja dan juga blouse, tim Rekomin juga menyediakan rekomendasi kemeja dan blouse yang terkini sekaligus terbaru. Jadi, tidak perlu repot-repot mencari blouse atau kemeja di e-commerce karena semua produk yang telah kami sediakan sudah pasti memuaskan. Yuk, beli sekarang!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo