Hide Menu

Yakin Anda Gak Kepo Macam-Macam Dress Wanita? Cus, Cari Tahu 6 Jenis Lengkapnya!

Di Artikel Ini, Anda akan Menemukan Macam-Macam Dress Wanita yang Cantik dan Elegant. Yuk, Simak Penjelasan Selengkapnya!

Artikel Macam-Macam Dress Wanita ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Macam-Macam Dress Wanita 2024
© freepik.com/freepic-diller

Mengapa Para Perempuan Suka Pakai Dress?

Mengapa Para Perempuan Suka Pakai Dress?
freepik.com/halayalex

By the way, siapa nih yang suka banget pakai dress ketika bepergian ataupun aktivitas sehari-hari? Faktanya, ada sebagian wanita yang lebih suka dress ketimbang fashion item lainnya. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru karena memang sejak dulu dress sudah diminati oleh para kaum hawa.

Gak heran, mengapa dress menjadi salah satu fashion item yang paling digandrungi oleh sebagian besar wanita hingga detik ini. Seiring berjalannya waktu, Rekomers bisa mempelajari macam-macam dress wanita yang dijual oleh beberapa brand fashion.

Sebelum mengetahui hal tersebut, tim Rekomin ingin mengajak Anda untuk mengetahui beberapa alasan mengapa perempuan lebih suka pakai dress, seperti:

  • Bisa Anda mix and match dengan fashion item lainnya
  • Meskipun sederhana atau simple, Anda masih bisa tampil stylish
  • Cocok dipakai untuk musim panas maupun musim hujan
  • Bisa dipakai untuk berbagai macam acara, mulai dari formal hingga non formal

Setelah tahu alasan mengapa perempuan lebih suka pakai dress, Rekomers sekalian dihimbau untuk menyimak artikel ini hingga akhir. Nantinya, Anda akan menemukan informasi menarik terkait macam-macam dress wanita dan penjelasannya. Tanpa babibubebo, simak keseruan artikel satu ini!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Macam-Macam Dress Wanita - Terbaru 2024

Jika Rekomers sekalian ingin tahu macam-macam dress wanita yang lebih lengkap, Anda bisa memerhatikan section satu ini dengan benar supaya tidak ketinggalan informasi penting. Cus, scroll artikel ini!

1
Jenis Dress yang Menonjolkan Bentuk Tubuh

Temukan Jenis-Jenis Dress dengan Model Terkini!

Jenis Dress yang Menonjolkan Bentuk Tubuh

2
Jenis Dress Tanpa Lengan atau Sleeveless

Dipenuhi dengan Dress-Dress yang Bagus dan Cantik

Jenis Dress Tanpa Lengan atau Sleeveless

3
Jenis Dress untuk Kegiatan Sehari-hari

Contoh Gambar Dress Sehari-hari Ada di Atas!

Jenis Dress untuk Kegiatan Sehari-hari

4
Jenis Dress yang Casual tapi Tetap Stylish

Bisa Anda Pakai Buat Menghadiri Acara Semi Formal

Jenis Dress yang Casual tapi Tetap Stylish

5
Jenis Dress untuk Acara Formal

Cocok Buat Dresscode Acara Formal atau Resmi

Jenis Dress untuk Acara Formal

6
Jenis Dress Favorit Banyak Perempuan

Siapa Tahu Ada Dress Kesukaan Anda?

Jenis Dress Favorit Banyak Perempuan

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Temukan Jenis-Jenis Dress dengan Model Terkini!
© freepik.com
1
Temukan Jenis-Jenis Dress dengan Model Terkini!

Jenis Dress yang Menonjolkan Bentuk Tubuh

Rekomendasi kami

First things first, tim Rekomin akan memperkenalkan macam-macam dress yang bisa menonjolkan lekuk serta bentuk tubuh Anda. Daripada kepo, mending baca penjelasan di bawah ini sekarang juga!

  • Sheath Dress

Pada dasarnya, sheath dress atau sering disebut dengan istilah sack dress adalah gaun terusan wanita yang mempunyai siluet yang pas di badan. Siapa sangka jika sheath dress merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang sedang mencari dress ketat. Bukan tanpa sebab, sheath dress mampu menonjolkan keindahan bentuk tubuh Anda. 

  • Bodycon Dress

Selain sheath dress, Rekomers juga bisa pakai bodycon dress guna menonjolkan keindahan bentuk tubuh Anda. Pasalnya, bodycon dress termasuk salah satu jenis dress yang didesain membentuk tubuh para pemakainya. Dress satu ini biasanya terbuat dari bahan katun, rayon, jersey, sampai organza. 

  • Drop Waist Dress

Selanjutnya, ada drop waist dress yang merupakan jenis dress dengan garis yang berada di bawah pinggul atau panggul. Jenis dress satu ini cocok banget buat Rekomers yang ingin memperlihatkan lekuk tubuh Anda yang sexy tapi tetap elegant dan juga cantik. 

  • Sundress

Terakhir, ada sundress yang termasuk salah satu jenis dress yang identik dengan musim panas. Maka, jangan heran jika dress satu ini terbuat dari bahan atau material yang ringan sekaligus menyerap keringat. Rekomers bisa pakai dress satu ini saat cuaca panas atau saat bepergian ke pantai.

Dipenuhi dengan Dress-Dress yang Bagus dan Cantik
© freepik.com/senivpetro
2
Dipenuhi dengan Dress-Dress yang Bagus dan Cantik

Jenis Dress Tanpa Lengan atau Sleeveless

Rekomendasi kami

Setelah mengetahui jenis-jenis dress yang menonjolkan bentuk tubuh, rasa-rasanya gak lengkap kalau Anda belum mengenal macam-macam dress tanpa lengan atau sleeveless. Akan tetapi, Rekomers tidak perlu mencari informasi tersebut ke artikel lain, cukup simak penuturan di bawah ini saja. Cus!

  • Blouson Dress

Rekomers tidak akan menyangka kalau blouson dress memiliki model atau bentuk yang hampir sama seperti blouse yang biasanya Anda kenakan. Bedanya, dress satu ini dilengkapi dengan rok. Selain itu, di bagian tengah blouson dress terdapat aksen karet yang bisa membuat dress ini tampak seperti 2 pakaian yang menyatu. 

  • Trapeze Dress

Faktanya, jenis dress satu ini memiliki desain yang unik dengan bentuk yang sempit serta memeluk tubuh para pemakainya pada bagian bahu dan juga dada. Sedangkan, desain bagian bawah dress dibuat seperti bentuk trapesium. Menarik sekali, bukan?

  • Tent Dress

Sama seperti namanya, dress satu ini mempunyai siluet segitiga yang bentuknya menyerupai tenda, yakni menyempit di bagian bahu, lalu melonggar hingga bagian bawah panggul. Tidak hanya itu saja, dress satu ini tidak memiliki lingkar pinggang. 

  • Shift Dress

Jenis dress satu ini cenderung mempunyai potongan atau cutting yang lurus tanpa menonjolkan lekuk tubuh pemakainya. Cocok banget buat Rekomers dengan bentuk badan yang kurus atau gemuk karena dress satu ini mampu menyamarkan lekuk tubuh Anda. 

  • A-Line Dress

Seperti yang tersirat pada namanya, a-line dress merupakan jenis dress yang bentuknya cukup unik sebab bentuknya menyerupai huruf “A”. Jadi, bisa dikatakan bahwa dress satu ini mempunyai potongan yang sempit di bagian pinggang dan melebar ke bagian bawah. Dress satu ini cocok buat perempuan yang ingin memberi highlight bagian pinggang yang ramping. 

  • Yoke Dress

Berikutnya, ada yoke dress yang memiliki potongan berbentuk persegi panjang di area sekitar leher dan juga bahu. Bukan cuma itu saja, yoke dress juga mempunyai potongan di area sekitar pinggul dengan tujuan untuk membuat pakaian terasa lebih longgar. 

  • High Waist Dress

Untuk Rekomers yang ingin menonjolkan bagian pinggang yang ramping, Anda bisa pakai high waist dress. Bukan tanpa alasan, jenis dress satu ini mempunyai potongan garis yang berada di atas pinggang atau tepat di bagian pinggang. Kalau Anda butuh contoh high waist dress, Rekomers bisa tonton series “Bridgerton”. 

  • Shirtwaist Dress

Bagi Rekomers penyuka kemeja dan dress, Anda bisa pakai dress inovasi terbaru satu ini, yaitu shirtwaist dress. Faktanya, shirtwaist dress atau lebih sering dikenal dengan sebutan kemeja-gaun merupakan salah satu jenis gaun yang bentuknya mirip banget seperti kemeja. Tapi, bedanya shirtwaist dress lebih panjang ketimbang kemeja biasa. 

  • Low Waist Dress

Berbeda dengan drop waist dress, low waist dress terbagi menjadi dua model, yakni potongan garis di bagian atas dan bawah dress. Umumnya, low waist dress memiliki model atau bentuk yang longgar sehingga cocok dipakai untuk acara non formal yang cenderung lebih santai. 

  • Asymmetrical Dress

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menemukan berbagai macam dress dengan bentuk dan potongan yang unik, salah satunya asymmetrical dress. Secara umum, asymmetrical dress adalah gaun yang mempunyai desain asimetris karena panjang bagian kanan dan kiri dress tidak sama. 

Contoh Gambar Dress Sehari-hari Ada di Atas!
© freepik.com
3
Contoh Gambar Dress Sehari-hari Ada di Atas!

Jenis Dress untuk Kegiatan Sehari-hari

Rekomendasi kami

Berikutnya, tim Rekomin menganjurkan Anda untuk menyimak penuturan di bawah yang berisi informasi beserta fakta menarik mengenai jenis-jenis dress wanita untuk kegiatan sehari-hari. Tanpa perlu basa-basi lagi, perhatikan penuturan di bawah!

  • Midi Dress

Pengertian midi dress itu sendiri adalah jenis dress yang panjangnya bisa mencapai bagian bawah lutut. Bahkan, ada beberapa midi dress yang panjangnya bisa menyentuh bagian betis kaki. Dress satu ini bisa Anda pakai untuk menghadiri acara formal, semi formal, maupun non formal. Anda tinggal kombinasikan midi dress dengan boots, wedges, heels, flat shoes atau sneakers.

  • Long-sleeved Dress

Faktanya, dress satu ini lebih cocok dikenakan oleh Rekomers yang ingin cover bagian lengan. Bukan cuma itu saja, dress ini juga mampu melindungi Anda dari hawa dingin yang menusuk. Kalau Anda kurang suka long-sleeved dress yang terlalu simple, Anda bisa tambahkan outerwear apapun. 

  • Denim Dress

Siapa sih yang bisa menolak pesona denim dress? Bagaimana tidak, dress satu ini bisa Anda pakai untuk kegiatan sehari-hari karena terbuat dari bahan denim yang nyaman. Eits, jangan salah! Rekomers masih bisa tampil modis dan stylish meskipun hanya memakai denim dress. 

  • Off Shoulder Dress

Bagi Rekomers yang ingin menonjolkan bagian bahu atau pundak, tim Rekomin merekomendasikan Anda untuk memakai off shoulder atau sabrina dress. Menariknya lagi, dress satu ini dapat memberikan kesan yang girly, feminim, cantik, dan juga elegant. 

  • Blazer Dress

Sesuai dengan namanya, blazer dress memiliki model atau bentuk yang menyerupai blazer pada umumnya. Akan tetapi, blazer dress panjangnya mencapai bagian bawah lutut sehingga Rekomers tidak perlu memakai celana atau rok ketika menggunakan dress satu ini. Jenis dress satu ini cocok untuk acara formal atau bekerja. 

  • Kimono Dress

Terinpirasi dari baju kimono yang berasal dari Jepang membuat dress satu ini mempunyai model atau bentuk yang sama persis dengan baju kimono. Dress satu ini identik dengan tali di bagian pinggul sehingga dapat menghasilkan kesan yang simple sekaligus elegant. 

  • Pinafore Dress

Siapa yang suka sekali dengan outfit vintage? Pas banget karena tim Rekomin telah menyediakan satu jenis dress yang harus Anda coba, yaitu pinafore dress. Dress satu ini mempunyai bentuk atau model yang unik karena menyerupai celemek. Jika Anda ingin pakai dress satu ini, baiknya tambahkan inner atau dalaman, mau itu t-shirt, turtleneck atau kemeja. 

  • Polo Dress

Tak jauh berbeda dengan polo shirt, dress ini juga dilengkapi dengan kerah dan plaket yang mempunyai 2 atau 3 buah kancing. Kebanyakan polo dress yang tersedia di luar sana panjangnya hanya sampai selutut. 

Bisa Anda Pakai Buat Menghadiri Acara Semi Formal
© freepik.com
4
Bisa Anda Pakai Buat Menghadiri Acara Semi Formal

Jenis Dress yang Casual tapi Tetap Stylish

Rekomendasi kami

Tibalah saatnya untuk mengetahui jenis-jenis dress yang casual tapi tetap stylish dan juga modis ketika Anda kenakan. Siapa tahu ada salah satu jenis dress yang memikat hati Anda, ‘kan? Berikut ini adalah beberapa jenis dress yang casual tapi tetap stylish!

  • Jumper Dress

Jumper dress atau lebih sering dikenal dengan istilah overall dress adalah salah satu jenis dress yang terkesan simple dan cocok untuk Anda pakai sehari-hari. Rekomers hanya perlu menambahkan inner atau dalaman saja, entah itu turtleneck, t-shirt, kemeja atau blouse. 

  • Draped Dress

Draped dress termasuk jenis dress yang terbuat dari beberapa layer kain. Selain itu, jenis dress satu ini mempunyai desain yang mengembang pada bagian bawah dress. Menariknya lagi, dress ini bisa Anda temukan ketika menghadiri acara pesta yang cenderung resmi.

  • Coat Dress

Sesuai namanya, coat dress merupakan jenis gaun yang bentuk atau modelnya hampir menyerupai mantel atau coat. Tentu saja dress satu ini dilengkapi dengan kerah dan juga kancing depan, sama seperti coat atau mantel yang sering Anda jumpai. Umumnya, dress satu ini lebih cocok dikenakan saat musim gugur atau musim semi.

  • Tunik

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tunik karena dress satu ini sering dikenakan oleh perempuan yang berhijab. Bukan tanpa sebab, dress satu ini mempunyai panjang yang bisa menutup bagian dada, bahu, punggung, bokong, sampai paha atau betis. 

  • Wrap Over Dress

Terakhir, ada wrap over dress yang mempunyai desain unik karena melilit satu sisi ke sisi lainnya. Biasanya, dress satu ini dilengkapi dengan pita atau tali yang bisa Anda ikat di bagian samping atau belakang dress. Tak heran, jika dress satu ini tengah digandrungi oleh sebagian wanita.

Cocok Buat Dresscode Acara Formal atau Resmi
© freepik.com/halayalex
5
Cocok Buat Dresscode Acara Formal atau Resmi

Jenis Dress untuk Acara Formal

Rekomendasi kami

Pada kesempatan kali ini, tim Rekomin ingin sharing informasi seputar macam-macam dress untuk acara formal atau resmi. Hal ini bertujuan agar Rekomers tidak salah kostum ketika menghadiri suatu acara. Penasaran? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

  • Mini Dress

Selain midi dress, ada juga mini dress yang panjangnya hanya sampai di atas lutut. Cocok banget buat Rekomers yang punya badan mungil karena dress ini mampu menonjolkan bagian kaki agar terlihat lebih ramping, jenjang, elegan, dan juga cantik.

  • Princess Dress

Dilihat dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu seperti apa bentuknya karena dress satu ini terinspirasi dari para princess di dunia nyata atau kartun. Kalau Rekomers tertarik mengenakan dress ini untuk acara resmi atau formal, dijamin semua orang akan terpukau akan penampilan Anda.

  • Sleeveless Dress

Faktanya, sleeveless dress adalah nama lain dari gaun tanpa lengan. Dress satu ini biasanya dikenakan saat musim panas atau ketika berlibur ke pantai. Rekomers juga bisa pakai dress satu ini untuk menghadiri acara formal atau resmi. Tinggal tambahkan blazer atau jas, dan sampirkan di bahu Anda.

  • Fit & Flare Dress

Anda tidak akan menyangka jika fit & flare dress mempunyai model atau bentuk yang hampir sama dengan a-line dress. Bedanya, penjang dress satu ini lebih pendek ketimbang a-line dress. Pas banget buat Rekomers yang ingin memamerkan kaki jenjang dan juga ramping. 

  • Floor Length Dress

Jika Anda kurang tertarik dengan princess dress, Rekomers bisa pakai dress satu ini, siapa lagi kalau bukan floor length dress. Pasalnya, dress satu ini panjangnya bisa melebihi mata kaki bahkan sampai menyentuh lantai. Percaya deh, penampilan Anda akan terlihat semakin mewah.

  • Maxi Dress

Berlawanan dengan mini dress dan midi dress, maxi dress adalah salah satu jenis gaun yang panjangnya bisa mencapai area pergelangan kaki Anda. Maxi dress bisa menjadi pilihan terbaik untuk Rekomers yang kurang suka dress terlalu pendek atau panjangnya nanggung. Anda bisa padukan dress satu dengan wedges atau high heels. 

  • Little Black Dress

Rekomers pasti sudah bisa menebak bentuk atau model dress satu ini setelah melihat namanya. Bagaimana tidak, dress satu ini merupakan salah satu jenis gaun pendek berwarna hitam dengan desain yang simple. Meskipun desainnya cenderung simple, nyatanya dress satu ini sudah cukup membantu Anda untuk tampil elegant dan juga berkelas.

  • Cocktail Dress

Cukup dengan melihat namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak kegunaan jenis dress yang satu ini, bukan? Menariknya lagi, gaun satu ini mampu menciptakan kesan simple dan minimalis namun tetap stylish sekaligus modis. 

  • Evening Gowns

Tim Rekomin telah menyediakan opsi lain jika Anda kurang berminat menggunakan princess dress atau floor length dress, yakni evening gowns. Biasanya, panjang dress satu ini bisa sampai menyapu lantai. Itulah mengapa nama dress satu ini evening dress sebab khusus untuk acara formal yang bersifat resmi di malam hari.  

  • Qipao Dress

Siapa di sini yang termasuk big fan dress cantik ala Tiongkok? Pas banget nih, kebetulan tim Rekomin telah menemukan satu rekomendasi dress yang harus Anda coba, yaitu qipao dress. Siapa sangka jika dress ini bisa membuat penampilan Anda jadi terlihat anggun dan menawan.

  • Empire Waist Dress

Model dress satu ini sangatlah menarik sebab bentuknya mirip dengan gaun atau dress ala kerajaan, namun tidak semewah ballgown. Empire waist dress memiliki desain yang simple dengan bagian neckline yang sedikit menurun di bagian dada. Dress ini juga dilengkapi dengan pita di bagian pinggang guna memberi highlight lekuk tubuh. 

  • Mermaid Dress

Mermaid dress mempunyai bentuk atau model yang terinspirasi dari putri duyung. Bagian atas dress ini sampai lutut memiliki bentuk yang ketat. Tapi, bagian bawah lutut bentuknya melebar sampai ujung kaki. Sayangnya, dress satu ini kurang cocok dipakai oleh sebagian orang. 

Siapa Tahu Ada Dress Kesukaan Anda?
© freepik.com
6
Siapa Tahu Ada Dress Kesukaan Anda?

Jenis Dress Favorit Banyak Perempuan

Rekomendasi kami

Last but not least, sudah waktunya Rekomers tahu macam-macam dress yang menjadi kesukaan sebagian perempuan. Tunggu apa lagi? Scroll artikel ini dan perhatikan penuturan di bawah ini!

  • Full Skirt Dress

Faktanya, full skirt dress memiliki tampilan atau look yang cenderung simple dengan desain bagian bawah dress yang lebar dan mengembang. Walaupun demikian, dress satu ini masih bisa menghasilkan penampilan yang eye catching dan stylish. 

  • Strapless Dress

Dilihat dari namanya saja, Rekomers pasti sudah tahu bentuk atau model dress satu ini. Sesuai dengan namanya, dress ini tidak dilengkapi dengan tali di bagian bahu melainkan penyangga yang bisa membuat dress tidak mudah turun bila dipakai.

  • Baby Doll Dress

Jenis dress satu ini berupa mini dress tanpa lengan atau sleeveless yang panjangnya tidak sampai lutut. Dress satu ini pas banget buat Rekomers yang ingin tampil lebih feminim dan juga elegan. 

  • Halter Dress

Kalau dilihat secara kasat mata, halter dress memiliki bentuk yang sama persis dengan sleeveless dress. Pasalnya, halter dress dan sleeveless dress sama-sama tidak mempunyai potongan lengan. Namun, yang membedakan keduanya adalah kerah melingkar yang menutup bagian dada. 

Tanya Jawab Seputar Macam-Macam Dress Wanita

Masa sih Anda gak kepo dengan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering orang-orang tanyakan terkait macam-macam dress wanita? Apabila Anda kepo dengan hal tersebut, Rekomers bisa menyimak section satu ini lebih lanjut. Go, go, go!

Dress terbuka namanya apa?

Mungkin yang Rekomers maksud adalah backless dress karena dress satu ini mempunyai bagian punggung yang terbuka lebar sampai ke area pinggang. Apabila Rekomers memakai dress satu ini, penampilan Anda akan terlihat lebih anggun dan seksi tapi tidak too much.

Apa perbedaan dress dan tunik?

Pada dasarnya, dress merupakan salah satu gaun terusan yang terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari mini dress, midi dress, sampai maxi dress. Sedangkan tunik adalah baju atasan wanita yang harus dipadukan dengan bawahan. Menurut Ni Nyoman Rahayu T (2015), tunik dapat dikatakan sebagai pakaian yang multifungsi karena bisa dipakai dalam berbagai kesempatan formal maupun non formal.

Apa itu basic dress?

Faktanya, basic dress merupakan fashion item yang paling banyak disukai oleh sebagian wanita. Maka, jangan heran jika fashion item satu ini menjadi salah satu produk yang harus dimiliki oleh semua perempuan. Bukan tanpa alasan, dress satu ini mempunyai desain yang simple dan warnanya netral sehingga bisa Anda mix and match dengan outfit lainnya. 

Kesimpulan: Macam-Macam Dress Wanita

Ternyata, dress wanita terbagi menjadi beberapa macam yang berbeda-beda, mulai dari segi bentuk atau model, potongan, panjang, dan lain-lain. Jika Anda membaca artikel ini sampai habis, Rekomers tidak akan clueless lagi dan jadi tahu dress mana yang menjadi kesukaan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan dress yang menarik perhatian Anda dan pikat pria pujaan hati sebelum terlambat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo