Hide Menu

Hari Gini Masih Belum Tahu Macam-Macam Dress Code? Temukan 3 Jenisnya di Sini!

Simak Penuturan Artikel Ini untuk Menemukan Macam-Macam Dress Code Acara Formal, Semi Formal, maupun Non Formal!

Artikel Macam-Macam Dress Code ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Macam-Macam Dress Code 2024
© freepik.com

Kenapa Sebuah Acara Perlu Dress Code?

Kenapa Sebuah Acara Perlu Dress Code?
freepik.com

Ada beberapa alasan mengapa sebuah acara harus menentukan dress code yang akan dikenakan oleh para tamu undangannya. Hal tersebut bertujuan agar para tamu undangan bisa menyesuaikan pakaian yang dikenakan dengan tema acara guna menciptakan nuansa yang nyaman dan sesuai keinginan penyelenggara acara. 

Bukan cuma itu saja, dengan adanya dresscode, hal tersebut mampu mencegah terjadinya salah kostum serta meningkatkan profesionalisme seseorang terhadap orang lain dan acara yang dihadirinya. Oleh karena itulah sebuah acara harus memiliki dresscode atau aturan berpakaian untuk para tamu undangannya. 

Menariknya lagi, dresscode terbagi menjadi beberapa jenis yang tentu saja tiap jenis dresscode punya ketentuan tertentu. Supaya Rekomers tidak bingung ketika mendapatkan undangan acara dengan dresscode tertentu, Anda bisa menyimak artikel ini hingga akhir. Cus, scroll artikel ini dan cari tahu macam-macam dress code!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Macam-Macam Dress Code - Terbaru 2024

Anda tidak boleh melewatkan section satu ini kalau ingin tahu macam-macam dresscode untuk berbagai macam acara, mulai dari formal, semi formal, sampai non formal. Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, cus, simak section satu ini dengan saksama!

1
Dress Code Acara Formal

Bisa Anda Gunakan untuk Menghadiri Acara Resmi

Dress Code Acara Formal

2
Dress Code Acara Semi-Formal

Temukan Fashion Item yang Cocok dan Sesuai!

Dress Code Acara Semi-Formal

3
Dress Code Acara Non-Formal

Dresscode yang Biasanya Anda Kenakan Sehari-hari

Dress Code Acara Non-Formal

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Anda Gunakan untuk Menghadiri Acara Resmi
© freepik.com
1
Bisa Anda Gunakan untuk Menghadiri Acara Resmi

Dress Code Acara Formal

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, acara formal merupakan acara yang mempunyai protokol ketat, tata tertib resmi, dan juga suasana acara yang serius. Acara formal sering kali melibatkan berbagai jenis tahap persiapan, pakaian atau seragam formal, serta aturan sosial yang harus diikuti oleh para tamu.

Berikut beberapa macam dress code acara formal yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

  • Black Tie

Black tie merupakan salah satu dresscode yang cocok Anda pakai untuk menghadiri acara formal. Hal tersebut bisa terjadi karena dress code ini mampu menampilkan kesan glamour dan juga standout.

Biasanya, para pria akan mengenakan setelan tuxedo atau jas, kemeja putih, dan dasi kupu-kupu. Sedangkan para wanita nantinya akan memakai dress hitam yang panjangnya dari bawah lutut sampai lantai.

  • White Tie

Rekomers tidak akan menyangka jika white tie merupakan salah satu jenis dresscode yang bisa Anda temukan di pesta kalangan kerajaan hingga pertunjukan opera. Menariknya lagi, dresscode satu ini biasanya memiliki konsep ultra formal yang mana Anda tidak boleh asal-asalan memilih dan memakai pakaian. 

Oleh karena itu, para pria dianjurkan untuk memakai setelan jas, dasi putih, rompi, kemeja, dan pantofel. Sedangkan para wanita diharuskan untuk mengenakan night gown yang panjang atau gaun dengan rok lebar ala putri kerajaan yang menjuntai hingga lantai.

  • Batik Classy

Seperti yang kita tahu, baju batik lebih cocok dipakai untuk menghadiri acara formal atau resmi, contohnya rapat, pernikahan, pertemuan dengan kolega bisnis, dan lain-lain. Jadi, Rekomers tidak perlu bingung lagi ketika akan menghadiri suatu acara formal karena Anda bisa pakai baju batik dengan bawahan apa saja.

  • Black Tie Optional

Ternyata, dress code black tie optional merupakan versi casual dari dresscode black tie. Rekomers bisa kenakan pakaian apa saja asalkan warna dan motifnya berwarna gelap. Untuk perempuan, Anda bisa gunakan gaun berwarna gelap dengan motif yang sedikit mencolok dan heels. Sementara para pria bisa kenakan black tie, setelan jas, celana kain, kemeja, dan loafers.

  • Creative Black Tie

Dresscode creative black tie adalah jenis dresscode bernuansa formal yang sengaja diatur biar tamu undangan bisa bebas berkreasi dengan pakaian yang mereka kenakan. Baik laki-laki maupun perempuan, semua bebas mengeksplor gaya berpakaian tanpa meninggalkan kesan formal.

Temukan Fashion Item yang Cocok dan Sesuai!
© freepik.com
2
Temukan Fashion Item yang Cocok dan Sesuai!

Dress Code Acara Semi-Formal

Rekomendasi kami

Selanjutnya, tim Rekomin akan membagikan informasi terkait dress code yang bagus untuk menghadiri acara semi formal. Sebelum itu, Rekomers dianjurkan untuk mengetahui arti dari acara semi formal terlebih dahulu.

Faktanya, acara semi formal adalah suatu acara yang memiliki tata acara yang tidak terlalu baku tapi harus tersaji secara apik dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat oleh MC. Berhubung sudah tahu apa itu acara semi formal, tim Rekomin akan menjabarkan beberapa jenis dresscode sebagai referensi.

Tanpa perlu berbasa-basi lagi, simak penuturan di bawah ini lebih lanjut!

  • Cocktail Attire

Pakaian dress code cocktail bisa dibilang cocok untuk menghadiri acara semi formal di mana seseorang tampil rapi tanpa perlu terlihat glamour. Untuk para pria, Anda bisa pakai setelan jas, celana chino, dan boots atau loafers.

Sementara para perempuan bisa kenakan dress selutut dengan warna atau motif yang menarik. Lalu, padukan dengan heels dan beberapa perhiasan minimalis untuk mempercantik look Anda. 

  • Business Formal

Faktanya, business formal adalah dresscode semi formal yang biasanya dikenakan untuk menghadiri acara makan siang kantor atau pertemuan antar rekan kerja. Untuk laki-laki, Anda bisa kombinasikan kemeja, celana chino, dan pantofel atau loafers. Sedangkan wanita, Anda bisa gunakan kombinasi blazer atau jas, kemeja, celana kain, dan heels atau flat shoes. 

  • Smart Casual

Biasanya, dresscode smart casual lebih sering dipakai saat mengadakan acara pertemuan antar rekan kerja ataupun outfit untuk pergi bekerja ke kantor. Dresscode smart casual identik dengan pakaian bebas dan santai namun tetap terkesan rapi dan profesional. Rekomers bisa pakai blazer, kemeja atau blouse, celana chino, dan flat shoes atau loafers. 

  • Business Casual

Tidak jauh beda dengan dresscode business formal, tampilan dresscode business casual lebih santai tapi tetap rapi. Maka, jangan heran jika dresscode business casual kini tengah trend di kalangan pegawai kantoran.

Untuk para pria, Anda bisa kenakan kemeja, celana bahan, dan juga loafers atau pantofel. Sementara untuk para wanita, kenakan blazer, kemeja atau turtleneck, pleats skirt, dan juga high heels. 

  • Dressy Casual

Faktanya, dresscode dressy casual hampir serupa dengan dresscode business casual. Apabila suatu acara menerapkan dresscode satu ini, kenakan pakaian bebas rapi. Contohnya celana chino, kemeja, high heels, boots, blazer, dan juga pantofel. Jangan pakai celana jeans atau celana pendek, ya!

  • Chic Style

Siapa sangka jika dresscode satu ini bisa menampilkan kesan feminin, stylish, dan juga modis pada penampilan Anda. Rekomers bisa gunakan kominasi tunik, vest, dan sneaker atau coat, kemeja, serta flat shoes. Tinggal pilih salah satu mana yang lebih cocok dengan selera Anda!

  • Vintage Style

Dalam dunia fashion, vintage adalah salah satu gaya berpakaian yang identik dengan banyak sentuhan bunga dan warna yang mencolok. Untuk menampilkan kesan vintage yang kental, Rekomers bisa kenakan pakaian dengan motif polkadot, floral atau kotak-kotak. Lalu, padukan dengan outerwear dan loafers.

  • Monochrome

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan dresscode ini karena dresscode monochrome identik dengan kombinasi pakaian yang berwarna hitam dan putih. Namun, perlu diingat kembali, kalau Rekomers tidak boleh asal-asalan mix and match kalau mau penampilan tampak lebih elegan dan anggun. Oh iya, Anda bisa pakai fashion item apapun asalkan rapi.

  • Pastel

Sama halnya dengan dresscode monochrome, Anda bisa pakai fashion item apapun asalkan rapi dan berwarna pastel. Faktanya, warna pastel ialah warna yang cerah tapi tidak memberikan efek warna yang kontras dan terkesan lebih lembut. Contoh pastel color adalah baby blue, baby pink, hijau muda, tosca, hijau mint, lavender, coklat susu atau coksu, khaki, lilac, dusty pink, dan masih banyak lagi. 

  • Denim Style

Anda tidak akan menyangka kalau dresscode denim adalah salah satu dress code yang cukup populer ketimbang dresscode acara semi formal lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena dress code denim mudah untuk mix and match. Anda tinggal pakai outfit full denim, mulai dari atasan, bawahan, dan juga outer. Soal footwear, Rekomers bisa pakai apa saja sesuai selera. 

  • Semi Casual

Untuk memperoleh look semi casual yang trendy dan modis, padukan beberapa macam fashion item. Mulai dari celana jeans, t-shirt, jaket denim, kemeja, vest, sneakers, slip on, loafer, dan juga flat shoes. Nah, Anda bisa pilih beberapa fashion item yang telah disebutkan oleh tim Rekomin. Sebenarnya, Rekomers bisa pakai fashion item apapun asalkan rapi, santai, dan juga nyaman. 

Dresscode yang Biasanya Anda Kenakan Sehari-hari
© freepik.com
3
Dresscode yang Biasanya Anda Kenakan Sehari-hari

Dress Code Acara Non-Formal

Rekomendasi kami

Sebelum mengetahui macam-macam dresscode acara non formal, tim Rekomin ingin mengajak Rekomers untuk mengetahui pengertian acara non formal terlebih dahulu. Umumnya, acara non formal merupakan sebuah acara yang bebas digelar oleh suatu individu atau kelompok dan cenderung spontan (Dr. Dra. Nina Siti SS, 2022:70).

Selain itu, acara non formal lebih mengacu pada perayaan, pertemuan, atau aktivitas yang tidak terikat dengan norma khusus serta struktur formal. Menariknya lagi, acara non formal lebih sering diwarnai oleh keterlibatan sukarela, spontanitas, dan juga suasana yang lebih santai tanpa ada rasa canggung.

Berikut beberapa dresscode yang bisa Anda gunakan ketika mengadakan sebuah acara non formal:

  • Casual

Di antara semua jenis dress code, hanya dress code casual yang menjadi dress code paling santai. Pasalnya, Anda bebas mengenakan pakaian atau busana apapun asalkan nyaman dan trendy. Contohnya t-shirt, sweater, hoodie, celana jeans, turtleneck, cardigan, jaket, celana chino, loafers, flat shoes, sandal, dan sneaker. Nah, pilihlah beberapa fashion item yang akan Anda mix and match!

  • Sporty

Untuk menampilkan kesan sporty yang kental, Rekomers bisa kenakan pakaian yang nyaman dan pastinya trendy. Misalnya varsity jacket, hoodie, celana training, jogger pants, sneakers, dan t-shirt. Sejatinya, Anda bisa pakai fashion item apapun asalkan ada kesan sporty. Selain itu, dresscode ini bisa Anda pakai untuk menghadiri acara bukber (buka bersama). 

  • Informal

Secara umum, dresscode informal ialah aturan busana yang sering dikenakan pada sebuah acara yang berkaitan dengan ulang tahun, pernikahan, dan kegiatan sosial. Untuk perempuan, Anda bisa pakai setelan rok dan blouse atau dress yang panjangnya selutut. Sedangkan para pria bisa pakai kemeja biasa atau kemeja batik. 

  • Festive

Dresscode festive ialah gaya berpakaian dengan sentuhan elegant yang cocok untuk aktivitas formal atau non formal. Misalnya acara pernikahan, arisan, party, dan lain-lain. Para wanita bisa kenakan gaun cocktail atau rok satin yang dipadukan dengan tas glitter dan heels, mau itu berwarna merah, biru, hitam, atau yang lain. Sementara laki-laki bisa pakai fashion item dengan look fresh dan fun.

  • Earth Tone

Selain dresscode warna pastel, ada juga dresscode earth tone yang mengharuskan para tamu undangan mengenakan fashion item yang warnanya identik dengan nuansa bumi. Paduan warna earth tone menampilkan kesan tenang dan elegant. Warna earth tone meliputi tan, terracotta, taupe, coklat muda atau cream, kuning tua, hijau daun, sage green, hijau lumut, dan grey blue.  

Tanya Jawab Seputar Macam-Macam Dress Code

Eits, masih ada satu section lagi yang harus Anda baca sampai habis! Di sini, Rekomers akan menemukan beberapa pertanyaan seputar macam-macam dresscode yang paling sering orang-orang tanyakan beserta jawabannya. Daripada penasaran, mending scroll artikel ini dan baca penuturannya!

Apa artinya dresscode dalam bahasa gaul?

Secara sederhana, dresscode adalah tema pakaian yang telah ditetapkan oleh sebuah acara. Sebagian orang lebih sering menyebutnya dengan istilah DC yang merupakan singkatan dari dresscode. 

Bahasa Indonesianya dress code itu apa?

Dresscode dalam bahasa Indonesia adalah aturan berbusana yang artinya peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur cara berpakaian seseorang. Sebagai informasi tambahan, dresscode dan dress code itu sama meskipun cara penulisannya berbeda. 

Apa yang dimaksud baju DC?

Maksud dari baju DC adalah baju atau pakaian dresscode yang akan Anda kenakan untuk menghadiri sebuah acara formal, semi formal ataupun non formal. Mulai sekarang, Rekomers tidak boleh bingung lagi kalau mendengar kalimat ‘baju DC’. 

Kesimpulan: Macam-Macam Dress Code

Setelah membaca artikel di atas, Rekomers sekalian jadi tahu jenis-jenis dresscode untuk acara formal, semi formal atau non formal. Nah, dengan mengetahui macam-macam dresscode, Rekomers bisa tahu cara mix and match outfit yang benar supaya tidak salah kostum.

Oh iya, untuk para perempuan yang mengenakan hijab, alangkah baiknya jika Anda menyesuaikan warna dan model hijab sesuai dresscode yang ada. Kalau butuh rekomendasi fashion item, Anda bisa membeli produk rekomendasi yang telah tim Rekomin sediakan.

Percaya deh, semua produk rekomendasi yang telah kami sediakan sudah pasti premium dan memuaskan. Jadi, Rekomers tidak akan menyesal membeli produk yang telah kami rekomendasikan. Sekiranya segitu saja, sampai jumpa di lain kesempatan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo