Hide Menu

Bosan dengan Bentuk Sepatu yang Itu-Itu Saja? Berikut 7 Daftar Jenis Sepatu Formal Wanita

Jaman Sekarang Gak Usah Lagi Bingung Cari Sepatu Wanita. Baca Artikel Ini, Maka Anda akan Mendapatkan Jawabannya!

Artikel Jenis Sepatu Formal Wanita ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Jenis Sepatu Formal Wanita 2024
© freepik.com/ArthurHidden

Penampilan Menjadi Poin Penting untuk Wanita

Penampilan Menjadi Poin Penting untuk Wanita
freepik.com/our-team

Bagi wanita, menjaga penampilan agar selalu menarik dan cantik itu sangat penting. Rekomers juga tahu ada banyak sekali cara agar penampilan menjadi lebih menarik dan menjadi pusat perhatian. Salah satunya yaitu dengan Anda menggunakan alas kaki seperti sandal atau sepatu wanita yang sesuai dan tepat.

Saat memilih sepatu wanita, maka Anda harus tahu jenis-jenis sepatu wanita, kegunaannya, bahan sepatu, ukuran sepatu, dan kapan waktu yang pas untuk menggunakan sepatu tersebut. Dengan mengetahui beberapa faktor memilih dan paham beberapa jenis sepatu wanita yang ada di pasaran, tanpa disadari Anda akan membuat penampilan jadi lebih trendy, edgy, dan fashionable.

Adapun contoh sepatu formal wanita yang paling banyak beredar di pasaran yaitu sepatu pantofel dengan warna hitam. Sepatu ini lebih cocok untuk acara formal seperti untuk bekerja karena desainnya dapat memberikan penampilan yang lebih classy. Betul?

Namun, yang masih menjadi kendala sampai saat ini yaitu ada sebagian orang yang belum tahu jenis sepatu formal wanita. Apa Rekomers juga termasuk dari sebagian orang tersebut? Jika iya, baca artikel ini sampai selesai agar Anda tahu jenis sepatu formal yang bagus dan berkualitas tinggi.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Jenis Sepatu Formal Wanita - Terbaru 2024

Rekomers sudah pasti setuju dengan penjelasan di atas. Jelas bahwa semua wanita sangat memerhatikan penampilan, termasuk alas kaki yang dipakai. Maka, berikut adalah jenis-jenis sepatu wanita terkini yang banyak diburu di pasaran.

1
Sepatu Pantofel

Akan Lebih Cocok untuk Acara Resmi

Sepatu Pantofel

2
Sepatu Loafer

Slip On untuk Gaya Formal hingga Sporty

Sepatu Loafer

3
High Heels

Memperlihatkan Bentuk Kaki yang Jenjang

High Heels

4
Flat Shoes

Cocok untuk Semua Situasi

Flat Shoes

5
Ankle Boots

Lebih Praktis untuk Semua Acara

Ankle Boots

6
Sepatu Mary Jane

Design Boleh Klasik, Looknya Tetap Menarik

Sepatu Mary Jane

7
Wedges

Pakai Ini Gak usah Khawatir Kaki Pegal

Wedges

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Akan Lebih Cocok untuk Acara Resmi
© freepik.com/mrsiraphol
1
Akan Lebih Cocok untuk Acara Resmi

Sepatu Pantofel

Rekomendasi kami

Kata pantofel berasal dari bahasa Belanda, yaitu “pantoffel” yang artinya sandal. Pantofel gampang Anda temukan di pasaran karena ia merupakan jenis sepatu formal yang banyak dimiliki oleh wanita. Sepatu pantofel memiliki design simpel dengan block heels yang bisa Anda padu padankan dengan berbagai macam outfits.

Sebagai tambahan, pantofel memiliki hak sepatu yang tidak terlalu tinggi, sehingga membuat sepatu ini nyaman dipakai untuk waktu yang lama. Anda bisa memilih pantofel dengan ornamen sederhana atau polosan untuk penampilan minimalis. Selain itu, pilih juga warna sepatu yang netral agar penampilan lebih elegan.

Jenis sepatu wanita satu ini terbuat dari kulit sintetis dan outsole yang terbuat dari bahan rubber. Sementara bagian luar sepatunya bersifat waterproof, sehingga cukup gampang untuk membersihkannya dari noda.

Slip On untuk Gaya Formal hingga Sporty
© freepik.com
2
Slip On untuk Gaya Formal hingga Sporty

Sepatu Loafer

Rekomendasi kami

Pasti Anda gak asing dengan gambar sepatu ini, ‘kan? Sebagian orang akan beranggapan bahwa sepatu loafer dengan pantofel atau slip-on itu sama. Padahal, ketiga jenis sepatu ini bukanlah sama melainkan punya perbedaan tersendiri. 

Sepatu loafer didesain tertutup dan rendah pada bagian mata kaki. Awalnya, sepatu ini adalah salah satu sepatu nasional yang berasal dari Norwegia. Seiring berjalannya waktu, sepatu ini menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Ada beberapa jenis loafer, yaitu Penny Loafer, Belgian Loafer, Tassel Loafer, Horsebit Loafer, dan Kiltie Loafer. Jenis-jenis tersebut memiliki keunggulan masing-masing yang dapat Anda sesuaikan dengan selera fashion yang dimiliki. Selain itu, loafer juga bisa digunakan oleh pria dan wanita.

Memperlihatkan Bentuk Kaki yang Jenjang
© freepik.com
3
Memperlihatkan Bentuk Kaki yang Jenjang

High Heels

Rekomendasi kami

Salah satu jenis sepatu yang gak boleh Anda lewatkan yaitu high heels. Sepatu ini terbuat dari kulit sintesis dengan design yang stylish, sehingga membuat tampilan Anda menjadi lebih elegant. Bahkan, kaki Rekomers terlihat lebih proporsional atau jenjang dan terlihat eye-catching.

Pernyataan ini selaras dengan penelitian yang dijalankan oleh Sunandar Macpal dan Fathianabilla. Keduanya menyatakan bahwa sepatu high heels bisa membuat seorang wanita jadi lebih menarik dan percaya diri (2020).

Sementara itu, outsole high heels memiliki hasil akhir yang glossy. Anda dapat menggunakan high heels untuk ke kantor atau berjalan-jalan. Sebab, siapapun yang menggunakan jenis sepatu formal wanita ini pasti akan terlihat lebih karismatik dan dapat perhatian penuh.

Cocok untuk Semua Situasi
© freepik.com
4
Cocok untuk Semua Situasi

Flat Shoes

Rekomendasi kami

Jenis selanjutnya adalah flat shoes untuk para wanita yang ingin tampil nyentrik karena memiliki bagian depan sepatu yang lancip dan ramping. Sesuai dengan namanya, arti flat shoes adalah jenis sepatu yang tidak memiliki hak.

Di sisi lain, flat shoes menjamin kenyamanan kaki saat Anda menggunakannya karena flat shoes memiliki insole yang empuk. Sepatu ini juga memiliki detail minimalis yang berfungsi sebagai aksen untuk mempercantik sepatu.

Flat shoes memiliki bentuk yang modern casual sehingga terlihat lebih fleksibel saat digunakan untuk berbagai macam kesempatan, misalnya untuk kerja, jalan-jalan atau hanya sekedar nongkrong bareng bestie.

Lebih Praktis untuk Semua Acara
© freepik.com
5
Lebih Praktis untuk Semua Acara

Ankle Boots

Rekomendasi kami

Sepatu ankle boots ini sangat populer sampai saat ini. Ankle boots terbuat dari bahan berkualitas premium dan memiliki sol berlapis yang akan membuat kaki Anda merasa sangat nyaman. Ukuran belakang sepatu atau haknya juga gak terlalu tinggi, sehingga kaki Anda tidak akan merasa terlalu pegal.

Selain itu, setiap bagian sepatu ankle boots ini dijahit secara profesional menggunakan benang yang kuat, tujuannya supaya sepatu lebih tahan lama. Sepatu boots ini juga memiliki design yang kece dan pas banget buat menemani kegiatan sehari-hari.

Design Boleh Klasik, Looknya Tetap Menarik
© freepik.com
6
Design Boleh Klasik, Looknya Tetap Menarik

Sepatu Mary Jane

Rekomendasi kami

Selanjutnya, sepatu mary jane akan menjadi pilihan yang cocok jika Anda padukan dengan atasan rok atau dress. Sepatu ini akan memberikan kesan feminin pada look Anda. Biasanya, sepatu juga menjadi pelengkap outfit untuk situasi yang formal.

Sepatu mary jane memiliki design klasik yang khas, yaitu terbuka di bagian atas dan memiliki tali atau strap yang melintang di atasnya. Tidak hanya terlihat cantik, namun sepatu ini juga bisa Anda kenakan untuk berbagai pesta bersama kerabat dan teman terdekat. 

Pakai Ini Gak usah Khawatir Kaki Pegal
© freepik.com
7
Pakai Ini Gak usah Khawatir Kaki Pegal

Wedges

Rekomendasi kami

Wedges pertama kali diciptakan oleh Salvatore Ferragamo pada tahun 1937. Sepatu ini memiliki sol yang tebal dan tinggi dengan membentuk segitiga dan bagian depan lebih rendah.

Wedges berbeda dengan high heels. Perbedaan tersebut ada pada bagian tumpuan yang mana heel hanya memiliki tumpuan pada satu bagian. Sementara wedges didesain dengan bagian hak yang full atau penuh, sehingga hak mengikuti bentuk sepatu dan menyatu dengan sol.

Sepatu wedges bisa jadi salah satu pilihan yang tepat buat Anda yang ingin terlihat lebih tinggi. Selain itu, wedges juga cocok Anda gunakan untuk segala acara formal maupun santai.

Tanya Jawab Seputar Jenis Sepatu Formal Wanita

Setelah Anda tahu jenis-jenis sepatu formal untuk wanita. Gak ada salahnya jika Anda menambah wawasan tentang sepatu formal dengan membaca beberapa pertanyaan di bawah. Yuk, cek!

Apakah flatshoes termasuk sepatu formal?

Model sepatu flat shoes bisa Anda gunakan untuk ke acara formal maupun santai. Flat shoes juga merupakan jenis sepatu yang fleksibel dengan design yang simple. Tidak sedikit guru perempuan yang memilih menggunakan flatshoes atau pantofel saat mengajar di sekolah karena memberi kenyamanan meski dipakai untuk waktu yang cukup lama.

Apakah loafers termasuk sepatu formal?

Sepatu loafers merupakan salah satu jenis sepatu yang paling sering digunakan para pria dan wanita untuk menghadiri acara formal maupun casual. Loafers termasuk jenis sepatu tanpa tali atau strap yang memiliki design rendah pada bagian mata kaki. Anda bisa menggunakannya untuk acara formal, contohnya untuk pergi ke kantor atau kondangan.

Sepatu wanita apa Saja?

Berikut beberapa macam sepatu wanita yang bisa Anda jadikan referensi, yaitu:

  1. Sepatu Sneakers
  2. Sepatu Flat Shoes
  3. Sepatu Classic Black Heels
  4. Sepatu Nude Heels
  5. Sepatu Ankle Boots
  6. Sepatu Platform
  7. Sepatu Wedges
  8. Sepatu Espadrilles
  9. Sepatu Mules
  10. Sepatu Loafers

Apakah pantofel sepatu formal?

Pantofel merupakan salah satu jenis sepatu formal wanita yang cocok jika Anda gunakan untuk menghadiri acara formal.

Apakah Pansus termasuk sepatu formal?

Sepatu pansus sering digunakan oleh para cewe-cewe kekinian untuk acara formal atau semi-formal.

Apakah sneaker bisa untuk acara formal?

Bisa, sebagian orang ada yang memilih menggunakan sneaker untuk menghadiri acara acara formal.

Apa kets termasuk sepatu formal?

Tidak, sepatu kets lebih cocok Anda gunakan untuk berjalan-jalan santai atau nongkrong.

Merek sepatu formal wanita apa saja?

Berikut ini beberapa brand sepatu formal untuk wanita yang dijual dengan harga yang tidak begitu mahal sehingga terjangkau untuk Anda beli:

  1. Coline
  2. Hush Puppies
  3. Bata
  4. Trumarco
  5. AliveLoveArts
  6. Cevany
  7. Nicolas Edison
  8. Fladeo
  9. Dr. Kevin
  10. Nappa Milano

Heels yang bagus merk apa?

High heels bermerk dengan design terbaru dan yang paling sering dicari berasal dari merk Aldo, Zara, Buccheri, Charles & Keith, Lavio, Berrybenka, dan Hush Puppies.

Kesimpulan: Jenis Sepatu Formal Wanita

Kini Rekomers sudah sampai di section terakhir. Tim Rekomin percaya bahwa Anda setuju bahwa setiap wanita harus mementingkan penampilannya, mulai dari rambut sampai alas kaki. 

Dalam dunia fashion, ada begitu banyak jenis sepatu, dari yang formal hingga non-formal. Tidak sampai situ saja, ternyata sepatu formal untuk wanita itu ada banyak jenisnya sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas. 

Sekarang, Rekomers gak usah bingung-bingung lagi untuk mencari jenis sepatu formal wanita. Anda baca saja artikel ini atau bila perlu Anda check out juga produk sepatu formal yang sudah direkomendasikan tim Rekomin. Jangan lupa untuk ngajak bestie-bestie Anda untuk membaca artikel ini, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo