Hide Menu

Ayo Simak 4 Fungsi Kacamata Photocromic, Bikin Penampilan Semakin Menarik!

Manfaat Kacamata Photocromic untuk Tampil Beda, Buat yang Tua dan Muda, Semuanya Bisa!

Artikel Fungsi Kacamata Photocromic ini diposting diperbarui
11 Pembaca
Like
Fungsi Kacamata Photocromic 2024
© freepik.com/ollyy

Apa yang Dimaksud Kacamata Photocromic?

Apa yang Dimaksud Kacamata Photocromic?
freepik.com/luis-molinero

Kacamata photocromic atau fotokromik merupakan jenis kacamata dengan lensa yang dapat berubah warna dari bening menjadi lensa warna gelap. Perubahan ini akan terjadi secara otomatis ketika lensa kacamata terkena paparan sinar matahari.

Biasanya, kacamata ini membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk berubah warna saat terkena cahaya UV di luar ruangan. Sebaliknya, ketika berada di dalam ruangan akan membutuhkan waktu 2-5 menit untuk merubah warna lensa dari gelap menjadi bening.

Kacamata photocromic memiliki cara kerja dengan melakukan polarisasi gelombang cahaya atau menghalangi gelombang cahaya tertentu menggunakan filter. Dengan begitu, mata Rekomers tidak akan secara langsung menangkap cahaya UV yang bisa berbahaya.

Sebab, jika terpapar radiasi sinar UV yang berlebihan dalam waktu tertentu dapat menyebabkan peradangan pada kornea mata. Alhasil, mata bisa menjadi merah, rasa sakit atau perih pada mata, terjadi peningkatan air mata, dan kepekaan terhadap cahaya.

Saat ini, kacamata photocromic tersedia dalam berbagai pilihan warna selain warna hitam. Warna yang muncul merupakan bahan-bahan berbeda dan perwarna photocromic yang ditambahkan pada lensa kacamata. Oleh sebab itu, perubahan warna terjadi tergantung pada tingkat paparan sinar UV yang diterima oleh kacamata.

Setelah Rekomers membaca penjelasan di atas, apakah Rekomers sudah paham? Jika sudah, gak perlu menunggu lama-lama karena tim Rekomin akan memberi tahu fungsi kacamata photocromic. Simak di sini, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Fungsi Kacamata Photocromic - Terbaru 2024

Tak terasa, sudah sampai di section utama artikel ini. Tim Rekomin akan menjelaskan fungsi yang terdapat pada kacamata photocromic. Tanpa berlama-lama, yuk, scroll artikel ini ke bawah!

 

1
Melindungi Mata dari Sinar UV

Mencegah Kerusakan pada Mata

Melindungi Mata dari Sinar UV

2
Melindungi dari Paparan Bluelight

Menangkal Radiasi Layar Digital

Melindungi dari Paparan Bluelight

3
Membantu Penglihatan Sesuai dengan Kondisi Mata

Mata Minus atau Mata Plus Bisa Tampil Gaya

Membantu Penglihatan Sesuai dengan Kondisi Mata

4
Melengkapi Gaya Hidup

Nggak Alay, Justru Satu Kacamata Bisa Bikin Gaya

Melengkapi Gaya Hidup

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mencegah Kerusakan pada Mata
© freepik.com/kamranaydinov
1
Mencegah Kerusakan pada Mata

Melindungi Mata dari Sinar UV

Rekomendasi kami

Manfaat lensa photocromic yaitu untuk membantu Anda menjaga mata dari sinar ultra violet atau infra merah. Lensa ini secara otomastis berubah menjadi warna gelap saat berada di luar ruangan dan sebaliknya. Jadi, ketika berada di dalam ruangan, lensa ini kembali menjadi lensa bening.

Lensa photochromic ini berbeda dengan jenis kacamata hitam biasa karena lensa ini bisa untuk mata plus bahkan minus. Selain itu, lensa photocromic juga aman untuk Rekomers gunakan pada malam hari.

Menangkal Radiasi Layar Digital
© freepik.com
2
Menangkal Radiasi Layar Digital

Melindungi dari Paparan Bluelight

Rekomendasi kami

Mata manusia tidak memiliki proteksi alami yang dapat menghalau sinar biru, maka dari itu ada lensa yang namanya bluecromic. Lalu, apa hubungannya lensa bluecromic dengan lensa photochromic? 

Ternyata, lensa ini adalah gabungan dari photochromic dan blueray. Lensa bluecromic mempunyai kelebihan melindungi mata dari radiasi sinar UV dan menangkal radiasi sinar biru yang terpancar dari layar digital. Biasanya, lensa bluecromic menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang sering terkena bluelight karena dengan menggunakan lensa bluecromic sinar biru tidak akan tembus ke mata Anda.

Mata Minus atau Mata Plus Bisa Tampil Gaya
© freepik.com
3
Mata Minus atau Mata Plus Bisa Tampil Gaya

Membantu Penglihatan Sesuai dengan Kondisi Mata

Rekomendasi kami

Rekomers memiliki kondisi mata minus atau plus? Yuk, merapat, sebab kondisi mata minus atau plus masih bisa bergaya, loh. Anda dapat menggunakan lensa bluray, photocromic, bifokal, progresif (progress) atau photogrey untuk kacamata Anda. 

Selain untuk mata minus atau plus, kacamata ini juga bisa untuk mata silinder (cylindris). Dengan menggunakan kacamata Anda bisa baca tulisan di sepanjang jalan lebih jelas dan dapat meningkatkan daya tarik dari penampilan para Rekomers juga, loh.

Nggak Alay, Justru Satu Kacamata Bisa Bikin Gaya
© freepik.com
4
Nggak Alay, Justru Satu Kacamata Bisa Bikin Gaya

Melengkapi Gaya Hidup

Cukup dengan menggunakan 1 kacamata, Anda bisa menggunakannya di dalam ataupun di luar ruangan. Adanya kacamata photocromic mempermudah Rekomers tanpa harus repot-repot membeli kacamata sunglasses. Sebab, kacamata photocromic bisa Anda pakai di dalam atau di luar ruangan.

Di pasaran, banyak yang menjual kacamata photocromic dengan harga yang murah tapi kualitasnya juga masih sangat oke. Dengan begitu, Rekomers akan lebih menghemat biaya, kan?

Tanya Jawab Seputar Fungsi Kacamata Photocromic

Kali ini, tim Rekomin akan membantu menjawab pertanyaan yang sering kali Rekomers tanyakan terkait lensa photochromic. Simak di sini, ya!

Apa kekurangan dari kacamata photocromic?

Ketika Rekomers memilih kacamata photocromic, jangan hanya melihat kelebihannya saja, lihat juga kekurangannya. Berikut kekurangan dari lensa photocromic.

  1. Lensa photocromic akan menjadi gelap saat terkena sinar dan dapat menghalangi kaca depan  Anda. Oleh sebab itu, kacamata ini sangat beresiko saat dikenakan untuk mengemudi.
  2. Selain itu, kacamata ini juga dipengaruhi oleh cuaca. Lensa ini akan membutuhkan waktu untuk berubah menjadi gelap saat di musim dingin.
  3. Beberapa lensa photocromic tidak terpolarisasi, sehingga bisa menyebabkan silau sinar matahari. Jadi, pastikan Rekomers menanyakan kepada dokter mengenai segala detail kacamata yang digunakan.

Apakah kacamata photocromic bisa melindungi mata dari cahaya hp?

Of course, lensa photocromic didesain untuk dapat berubah menjadi gelap saat terpapar sinar ultraviolet. Selain itu, juga dapat melindungi mata dari sinar biru, sinar matahari, dan layar digital.

Apa bedanya kacamata anti radiasi dan photocromic?

Perbedaan antara kacamata photocromic dan kacamata anti radiasi bisa dilihat dari fungsinya. Sebab, kacamata photocromic hanya memiliki fungsi untuk melindungi mata dari radiasi sinar UV. Sedangkan kacamata anti radiasi mirip dengan lensa CRMC Supersin yang melindungi mata Anda dari sinar matahari dan radiasi dari layar digital dalam waktu yang lama.

Kesimpulan: Fungsi Kacamata Photocromic

Di section akhir ini, tim Rekomin akan menyimpulkan bahwa lensa photocromic atau fotokromik dapat membantu melindungi mata dari paparan sinar matahari (Kadaryati, 2021).

Selain itu, lensa fotokromic dapat mengurangi ketidaknyamanan terhadap sorotan cahaya yang langsung ke mata, mengurangi stress akibat cahaya berlebih, dan juga berfungsi sebagai proteksi mata terhadap paparan sinar UV. Jadi, apakah Rekomers ingin membeli kacamata yang bagus dengan lensa ini atau lebih tertarik dengan kacamata panoramic? 

 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo