Hide Menu

Mau Tahu Fungsi Kacamata Blue Ray? Inilah 4 Jawabannya, Bisa Jadi Penghalang Sinar Biru!

Manfaat Kacamata Blue Ray, Si Lensa dengan Perawakan Biru yang Buat Penampilan Lebih Kece dan Fashionable

Artikel Fungsi Kacamata Blue Ray ini diposting diperbarui
0 Pembaca
Like
Fungsi Kacamata Blue Ray 2024
© freepik.com/natashoche666

Pengertian Lensa Blue Ray

Pengertian Lensa Blue Ray
freepik.com

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting untuk membantu Anda beraktivitas dan melihat beautiful world setiap harinya. Oleh karena itu, mari lindungi mata dari paparan radiasi matahari jangka panjang secara langsung yang dapat menyebabkan kerusakan retina mata.

Rekomers pasti sudah tahu bahwa menemukan kacamata yang tepat itu tidak gak mudah. Anda harus memilih frame yang Anda sukai dan juga memilih lensa yang sesuai dengan gaya hidup. Misalnya, Anda seorang pekerja yang berhubungan dengan layar digital, maka yang Anda butuhkan adalah kacamata dengan lensa blue ray. Eyeglass ini dapat melindungi mata dari sinar radiasi sinar UV.

Lensa blue ray merupakan salah satu jenis lensa yang didesain khusus untuk menangkal radiasi blue light dari handphone, laptop, komputer, televisi, dan sinar UV dari matahari. Lensa ini akan secara otomatis melindungi mata dari 2 jenis radiasi sekaligus, yaitu sinar UV dan blue light.

Radiasi blue light terjadi karena perangkat elektronik memicu sejumlah gangguan penglihatan dan kesehatan mata. Gangguan penglihatan yang terjadi karena sinar biru berupa mata merah, mata menjadi kering, dan terjadi kerusakan sel retina yang dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan gangguan mata yang cukup serius, seperti katarak.

Tak jarang, sebagian orang pun memakai kacamata blue ray sebagai solusi. Melanjutkan pembahasan ini, tim Rekomin akan memberikan penjelasan tentang fungsi kacamata blue ray dengan bahasa yang mudah dimengerti. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Blue Ray dan Bluecromic

Perbedaan Blue Ray dan Bluecromic
freepik.com/senivpetro

Sebagian orang beranggapan bahwa lensa blue ray dan bluecromic itu sama, padahal kedua lensa ini berbeda, lho. Supaya Rekomers tidak bingung, tim Rekomin akan menjelaskan perbedaan dari kedua lensa tersebut, seperti:

  • Perbedaan Fungsi

Lensa bluecromic merupakan perpaduan dari lensa photocromic dan blue ray. Lensa ini dapat digunakan di siang hari sebagai ganti kacamata hitam karena bisa berubah warna dari bening menjadi gelap. Namun, kadar gelap lensa ini tidak sama seperti sunglasses pada umunya.

Sedangkan blueray dibuat hanya untuk menghalangi sinar biru dan tidak akan merubah warna menjadi gelap saat siang hari ketika digunakan di luar ruangan. Jika bertujuan menghalagi silau dari sinar matahari, Anda membutuhkan kacamata hitam.

  • Perbedaan Warna

Perbedaan lensa blue ray dan bluecromic akan terlihat jelas saat lensa terpapar sinar UV dari matahari. Lensa bluecromic akan berubah menjadi kehitaman saat terkena sinar matahari, tapi akan tetap berwana bening saat terkena sinar biru. Sedangkan lensa blueray akan tetap berwarna bening saat terkena sinar matahari.

  • Perbedaan Menangkal Sinar Biru

Daripada lensa bluecromic, sebaiknya menggunakan lensa blueray yang sudah terbukti mampu menangkap sinar biru dengan baik. Bluelight memberikan dampak mata menjadi lelah yang biasa disebut sindrom penglihatan komputer.

Terjadinya sindrom penglihatan komputer ini berdampak pada 50% pengguna gadget dengan tanda mata kering, iritasi, dan penglihatan yang kabur. Bukan itu saja, pengguna gadget juga berisiko akan mengalami fotoksisitas.

Tingkat keparahan gejala ini tergantung pada seberapa panjang gelombang dan waktu paparan bluelight. Oleh karena itu, untuk menurunkan intensitas cahaya sekitar 94%, maka Rekomers membutuhkan bantuan lensa blueray.

  • Saat Pemakaian Siang dan Malam Hari

Lensa bluecromic atau blueray terasa nyaman jika dipakai saat malam hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Lensa bluecromic memiliki keunggulan karena akan berubah warna menjadi gelap saat di luar ruangan. Walau begitu, lensa blue ray juga memiliki keunggulan yang mampu menghalangi sinar biru secara langsung ke mata.

  • Terdapat Perbedaan Harga

Kedua lensa ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikan lensa dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Tapi, tetap harus menggunakan lensa yang sesuai dengan kesehatan mata agar mata tetap terlindungi.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Fungsi Kacamata Blue Ray - Terbaru 2024

Setelah Anda mengenal kacamata lensa blue ray, sekarangnya saatnya Rekomers mengetahui fungsi dari kacamata blue ray. Let’s go!

1
Menghalau Bluelight

Gak Ada Lagi Sakit di Mata!

Menghalau Bluelight

2
Mencegah Terjadinya Kerusakan Retina

Mata Aman dari Paparan Sinar Biru

Mencegah Terjadinya Kerusakan Retina

3
Mengurangi Ketegangan Mata

Otot Mata Lentur, Penglihatan Lebih Optimal

Mengurangi Ketegangan Mata

4
Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Mata Aman dari Gangguan Blueray

Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Ada Lagi Sakit di Mata!
© freepik.com/mrsiraphol
1
Gak Ada Lagi Sakit di Mata!

Menghalau Bluelight

Rekomendasi kami

Sesuai dengan namanya, lensa blue ray artinya kacamata dengan lensa anti blue light atau blue light shield yang dapat menghalau sebagian sinar biru dengan energi tinggi yang dipancarkan dari perangkat elektronik. Perangkat tersebut termasuk smartphone, komputer, dan TV yang mana merupakan perangkat yang sering sekali ditatap sepanjang hari.

Faktanya, terlalu lama menghadap layar digital dapat menyebabkan computer vision syndrome, yaitu 0mata lelah yang memberikan gejala pandangan kabur, mata berair, dan sakit kepala. Oleh karena itu, adanya lensa blue ray bisa menjadi salah solusi cara untuk mencegah terjadinya mata lelah.

 

Mata Aman dari Paparan Sinar Biru
© freepik.com/nensuria
2
Mata Aman dari Paparan Sinar Biru

Mencegah Terjadinya Kerusakan Retina

Rekomendasi kami

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mata yang terpapar bluelight dapat merusak sel-sel retina. Penyebab terjadinya kerusakan pada sel retina yaitu degenerasi makula. Beruntung, saat ini bluelight yang terdapat pada handphone sangatlah kecil. Beda lagi dengan produk elektronik pada zaman dulu seperti TV model lawas yang memiliki bluelight cukup tinggi.

Ada beberapa kacamata yang bisa digunakan untuk mencegah kerusakan pada retina, yaitu menggunakan kacamata pinhole. Kacamata ini memiliki design yang unik dengan bolong-bolong kecil pada bagian lensa.

Seperti yang dijelaskan pada akun di alodokter, bahwa bolongan kecil pada kacamata pinhole berfungsi untuk membantu pancaran cahaya yang masuk ke mata dan jatuh tepat pada retina sehingga dapat memperjelas penglihatan.

Otot Mata Lentur, Penglihatan Lebih Optimal
© freepik.com/newnsd18
3
Otot Mata Lentur, Penglihatan Lebih Optimal

Mengurangi Ketegangan Mata

Rekomendasi kami

Kacamata blue ray dapat melindungi mata dari paparan bluelight yang berasal dari perangkat elekronik. Menggunakan kacamata blueray dapat membuat mata menjadi lebih ringan dan nyaman ketika berhadapan langsung dengan layar digital.

Mata Aman dari Gangguan Blueray
© freepik.com/diana-grytsku
4
Mata Aman dari Gangguan Blueray

Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Rekomendasi kami

Degenerasi makula merupakan suatu kerusakan terjadi pada pusat retina yang membuat pandangan menjadi kabur atau ada bagian yang tidak terjangkau penglihatan. Umumnya, degenerasi makula berhubungan dengan penuaan, namun ada juga faktor genetik yang dapat mempengaruhinya, seperti paparan sinar UV yang berlebih, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, obesitas/kurang aktivitas, dan bahkan warna mata/iris yang terang.

Oleh sebab itu, dengan menggunakan kombinasi lensa blue ray akan membantu mengurangi risiko mata dari masalah katarak, degenerasi makula, dan peradangan pada kornea. 

Tanya Jawab Seputar Fungsi Kacamata Blue Ray

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah ada yang mengganjal di pikiran Anda tentang lensa blue ray? Santai saja, tim Rekomin telah membuat rangkuman pertanyaan dan jawaban yang berkeliaran di pikiran Anda. Cek di sini, ya!

Apa beda lensa anti radiasi dan Bluray?

Lensa anti radiasi dan lensa bluray memiliki perbedaan, yaitu lensa anti radiasi hanya untuk mencegah sinar UV. Sedangkan lensa bluray bisa mencegah sinar UV dan sinar biru.

Apakah kacamata blueray bisa mengurangi minus?

Sampai saat ini, bukti ilmiah yang kuat mendukung bahwa kaca bluray secara efektif dapat mencegah atau mengurangi mata minus itu sangat terbatas.

Apa bedanya lensa photocromic dan lensa blue ray?

Penggunaan lensa photocromic lebih cocok untuk orang yang sering menjalani aktivitas di luar ruangan karena dapat berubah dari lensa berwarna bening menjadi gelap. Menggunakan lensa photocromic juga akan terhindar dari paparan sinar UV matahari. Sedangkan lensa blue ray cocok untuk digunakan orang melakukan yang sedang belajar dan membaca dengan menggunakan handphone dan laptop.

Apakah kacamata blueray aman untuk anak?

Anak-anak saat ini merupakan generasi alfa yang mana mereka sudah menyatu dengan layar sejak kecil, baik itu TV, smart phone, laptop, atau tablet. Anak-anak bisa hampir setiap hari matanya terpapar sinar biru karena menatap layar atau screen time. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan kacamata blueray untuk melindungi mata dari bluelight.

Bagaimana cara membedakan kacamata blueray asli dan palsu?

Ada 3 cara untuk membedakan kacamata blueray yang Anda beli asli atau palsu. Berikut caranya:

  1. Lihat menggunakan sinar lampu, seperti yang dikutip oleh Khayyira Madhu Candra Wijaya (2022) bahwa lensa blueray adalah jenis kacamata yang memiliki lensa dengan lapisan bersifat anti refleksi atau anti pantul.
  2. Gunakan sinar laser. Sorotkan sinar laser pada lensa kacamata jika cahaya tersebut tembus, maka kacamata tersebut palsu.
  3. Kacamata yang asli biasanya memiliki 3 lapisan, yaitu lapisan keras, lapisan anti silau, dan lapisan logam anti air.

Kesimpulan: Fungsi Kacamata Blue Ray

Lensa blue ray merupakan salah satu jenis lensa yang didesain khusus untuk menangkal radiasi blue light dari handphone, laptop, komputer, dan layar digital lainnya, namun tidak untuk melihat gerhana secara langsung. Bluelight dapat menyebabkan gangguan pada mata berupa mata merah, mata menjadi kering, dan terjadi kerusakan sel retina yang dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan gangguan mata yang cukup serius.

Untuk menghindari masalah mata ini, Anda bisa menggunakan kacamata blue ray terutama dari produk yang tim Rekomin rekomendasikan di atas. Jika Rekomers bingung mencari barang yang bagus, bisa langsung klik link di atas untuk mendapatkan produknya. Selamat berbelanja!

 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo