Hide Menu

Yuk, Cari Tahu 7 Ciri Kacamata Rayban Asli agar Anda Tidak Terkecoh dengan yang Fake!

Artikel Ini akan Menjelaskan Ciri-Ciri Kacamata Ray-Ban Original yang Tepat, Bisa Anda Praktikkan Sendiri!

Artikel Ciri Kacamata Rayban Asli ini diposting diperbarui
12 Pembaca
Like
Ciri Kacamata Rayban Asli 2024
© freepik.com/user26769829

Sejarah Singkat Ray-Ban

Sejarah Singkat Ray-Ban
freepik.com/cookie-studio

Salah satu brand kacamata yang banyak sekali peminatnya di dunia adalah Rayban. Ray-Ban merupakan salah satu merek kacamata yang terkenal di Indonesia dan dunia. Brand Ray-Ban telah berdiri sejak tahun 1936 oleh perusahaan Bausch & Lomb atau BL yang berasal dari USA.

Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kacamata yang dapat melindungi mata pilot dari sinar matahari yang cukup berbahaya ketika terbang. Kacamata pilot pertama kali dikenal dengan “Anti-Glare” dan akhirnya berubah menjadi “Ray-Ban Aviator”.

Terjadinya perubahan nama tersebut karena design yang khas dan dipakai para pilot Angkatan Udara Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu, kacamata Ray-Ban Aviator akhirnya sangat populer dan menjadi incaran selama Perang Dunia ke II sampai perang tersebut selesai. Bahkan model ini menjadi fashion icon terpopuler di kalangan selebriti dan juga masyarakat umum.

Pada tahun 1952, Ray-Ban akhirnya meluncurkan kacamata wayfarer yang populer di kalangan kaum muda pada tahun 1960-an. Setelah itu, kacamata wayfarer menjadi salah satu kacamata yang terkenal di dunia.

Kacamata Ray-Ban sudah terkenal berkat kualitas, keandalan, dan design klasik yang tahan lama. Brand ini terus memimpin pasaran kacamata dan selalu menjadi pilihan orang-orang di seluruh dunia.

Seiring perjalanan sejarah yang cukup panjang dan memiliki pengaruh yang besar juga dalam dunia mode dan lifestyle, Ray-Ban tetap menjadi salah satu brand kacamata terkenal yang paling orang cari di dunia sampai saat ini. Nah, setelah Rekomers mengetahi sejarah singkat dari brand Ray-ban, kini saatnya tim Rekomin akan menjelaskan ciri kacamata Rayban asli. Let’s go!

Jenis-Jenis Kacamata Rayban

Jenis-Jenis Kacamata Rayban
freepik.com/timeimage

Sebelum tim Rekomers membahas lebih jauh tentang ciri-ciri kacamata Rayban original, berikut adalah beberapa jenis kacamata merk Rayban yang sangat populer sebagai bahan referensi untuk Rekomers, yaitu:

  • Ray-Ban Aviator

Jenis kacamata Rayban aviator merupakan kacamata ikonik yang pada awalnya dibuat untuk pilot Angkatan Udara Amerika Serikat. Kacamata aviator memiliki lensa yang cukup besar dengan bentuk melengkung dan frame tipis yang terbuat dari logam. Selain itu, ayban aviator menjadi populer karena desainnya yang klasik dan cocok untuk pria dan wanita. Melepas kacamata ini setelah terbang pasti iconic, kan? 

  • Ray-Ban Wayfarer

Kacamata Rayban wayfarer merupakan salah satu kacamata paling terkenal dan populer di dunia. Kacamata wayfarer memiliki bingkai yang klasik dengan sudut yang tegas dan lensa persegi. Kepopuleran kacamata Rayban wayfarer berawal pada tahun 1950-an dan 1960-an dan kembali populer pada tahun 2000-an. Saking terkenalnya, kepopulerannya melewati space dan berbagai negara. 

  • Ray-Ban Clubmaster

Rayban clubmaster merupakan jenis kacamata yang memiliki frame tipis dari logam dan kacamata yang berbentuk seperti wayfarer. Namun, kacamat clubmaster memiliki bagian atas yang lebih lebar. Clubmaster adalah kacamata yang elegan dan cocok untuk digunakan di segala acara, bahkan untuk event sport sekaligus.

  • Ray-Ban Justin

Rayban Justin memiliki desain yang hampir mirip dengan wayfarer, namun dengan design yang lebih besar dan lebih modern. Selain itu, kacamata Rayban Justin cocok untuk digunakan oleh pria dan wanita yang memiliki wajah bulat atau persegi.

  • Ray-Ban Erika

Jenis Rayban Erika memiliki design frame yang berbentuk bulat dan lensa berwarna. Kacamata Erika ini cocok untuk acara santai dan dapat dipakai oleh pria dan wanita.

  • Ray-Ban Round

Sedangkan kacamata Rayban round memiliki bentuk frame bulat dengan sudut yang tegas dan lensa yang besar. Untuk pria dan wanita yang suka dengan tampilan klasik yang juga terlihat modern bisa menggunakan kacamata Rayban round. Lebih baiknya lagi, band kacamata ini cocok untuk mereka yang punya mata dengan jarak cukup dekat. 

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Ciri Kacamata Rayban Asli - Terbaru 2024

Anda sekarang sudah tahu sejarah Ray-Ban yang akhirnya menjadi salah satu brand dengan tinggi peminat. Kini, saatnya tim Rekomin akan mengajak Rekomers untuk mengetahui ciri kacamata Rayban asli. Yuk, simak dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

1
Logo yang Terukir pada Lensa

Lihat dengan Seksama, Maka Anda Menemukan Keasliannya

Logo yang Terukir pada Lensa

2
Nomor Seri

Cek Langsung Nomor Unik di Web Resmi

Nomor Seri

3
Periksa Engsel Kacamata

Bagian yang Sepele, Justru Jarang Ditiru

Periksa Engsel Kacamata

4
Material Kacamata

Bahan Berkualitas, No Kaleng-Kaleng!

Material Kacamata

5
Ukuran Pelipis

Detail Kelipatan yang Harus Anda Ketahui

Ukuran Pelipis

6
Ukuran Lensa

Detail Lensa yang Jarang Orang Tahu

Ukuran Lensa

7
Pabrikan Kacamata

Kepemilikan Berubah, Maka Pembuatan Inisial Berubah

Pabrikan Kacamata

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lihat dengan Seksama, Maka Anda Menemukan Keasliannya
© freepik.com
1
Lihat dengan Seksama, Maka Anda Menemukan Keasliannya

Logo yang Terukir pada Lensa

Rekomendasi kami

Selalu perhatikan penggunaan logo yang terdapat pada kacamata Ray-Ban, seperti:

  • Kacamata Ray-Ban Memiliki 2 Logo

Semua kacamata merk Ray-Ban biasanya memiliki dua logo ukiran yang terdapat pada lensa. Logo Ray-Ban terletak di bagian sebelah kanan dengan warna putih. Harus Anda ingat bahwa logo ini merupakan salah satu yang sering sekali dipalsukan karena bagian ini yang paling mudah untuk ditiru. Namun, jika Anda tidak melihat logo apa pun selain logo Ray-Ban yang terdapat pada bagian lensa kanan sunglasses, maka sudah pasti kacamata tersebut palsu atau KW1.

  • Logo RB

Selanjutnya, cara yang sangat mudah sekali untuk memverifikasi keaslian kacamata hitam Ray-Ban yaitu inisial merek yang terukir pada bagian lensa kiri sunglasses yang asli. Catat, membuat ukiran logo Ray-Ban itu harus menggunakan laser, sehingga cukup menyulitkan pemalsu untuk menirunya. 

  • Ukiran yang Terdapat pada Lensa Lain

Sunglasses merk Ray-Ban memiliki lensa polarisasi, maka Anda harus mencari elemen lain untuk dapat memverifikasi keasliannya, yaitu adanya logo “Ray-Ban P”. Jangan sampai terkecoh, karena banyak tiruan yang menawarkan lensa terpolarisasi. Namun, para pemalsu tidak mungkin menyertakan logo “Ray-Ban P” karena merupakan elemen tersebut eksklusif hanya dari Ray-Ban.

  • Chromance

Elemen lain yang harus Anda cari pada kacamata hitam Ray-Ban yaitu lensa Chromance. Logo ini biasanya diukir pada bagian bawah lensa kiri dan hanya akan di temukan pada model Chromance merek Ray-Ban. Lensa ini membutuhkan perawatan khusus dengan memberikan warna yang lebih cerah dan lebih tajam, sehingga menjadikan lensa ini ideal untuk digunakan saat aktivitas luar ruangan dan olahraga.

Cek Langsung Nomor Unik di Web Resmi
© freepik.com/natashoche666
2
Cek Langsung Nomor Unik di Web Resmi

Nomor Seri

Rekomendasi kami

Biasanya, untuk kacamata hitam Ray-Ban memiliki nomor seri yang diukir tepat pada bagian atas yang terdiri dari beberapa huruf dan angka. Perlu dicatat bahwa nomor seri untuk kacamata hitam Ray-Ban yang asli itu selalu diawali dengan inisial “RB”. Jika nomor seri tersebut tidak terdapat awal “RB” maka kacamata yang Anda beli itu palsu.

Sebagai contoh, Rekomers hanya menemukan kode berupa angka seperti 32021, 3339, dan 62014 tanpa ada alfabet. Padahal, kacamata yang asli pasti punya huruf, contohnya model Caravan dengan kode model RB3136. 

Bagian yang Sepele, Justru Jarang Ditiru
© freepik.com/fabrikasimf
3
Bagian yang Sepele, Justru Jarang Ditiru

Periksa Engsel Kacamata

Rekomendasi kami

Ciri kacamata Raay-Ban yang asli dan mudah ditemukan yaitu dengan memeriksa bagian engsel kacamata. Bagian ini terbuat dari logam dan memiliki design yang spesifik, sehingga menjadikan kacamata lebih tahan lama. Namun, jika Anda menemukan cacat pada engselnya, maka kemungkinan besar itu kacamata tersebut palsu.

Bahan Berkualitas, No Kaleng-Kaleng!
© freepik.com/user11628272
4
Bahan Berkualitas, No Kaleng-Kaleng!

Material Kacamata

Kacamata Ray-Ban sudah pasti menggunakan bahan dengan kualitas yang tinggi dan durable, seperti bahan logam dan acetat. Ditambah lagi, kacamata ini memiliki hasil akhir sangat halus dan juga mendetail pada bagian frame. Jadi, jangan sampai terlewat!

  1. Bingkai tempel: kacamata Ray-Ban merupakan pilihan merek sunglasses yang terbuat dari bahan plastik yang sangat ringan dan memberikan kenyamanan saat dipakai. Paste frame biasanya cenderung lebih tahan lama dan kokoh jika dibandingkan dengan frame logam, sehingga ini ideal bagi orang-orang dengan gaya yang lebih santai dan casual.
  2. Bahan acetat: kacamata hitam yang terbuat dari bahan acetat akan terlihat lebih berat dan memiliki goresan lembut pada bagian permukaan. Goresan tersebut menjadi petunjuk bahwa bingkai kacamata telah dipoles menjadi lebih bersinar.
  3. Fiberglass: Kacamata hitam dengan bahan fiberglass biasanya memiliki serat tipis, sehingga lebih ringan dan juga tahan lama.
  • Material Lensa

Bahan lensa yang digunakan Ray-Ban yaitu kaca karena memiliki kualitas tinggi dan juga lebih tahan lama. Kaca memiliki sifat anti-gores dan juga anti-embun. Untuk mengetahui kualitas kaca, maka perhatikan apakah terdapat goresan, retakan atau cacat lainnya pada lensa kacamata.

Jika, bahan frame dan lensa sudah sesuai, tapi Anda masih menemukan frame yang miring atau cacat, maka bisa dipastikan bahwa kacamata tersebut palsu.

Detail Kelipatan yang Harus Anda Ketahui
© freepik.com
5
Detail Kelipatan yang Harus Anda Ketahui

Ukuran Pelipis

Rekomendasi kami

Selanjutnya yaitu dengan cara memeriksa ukuran pada bagian pelipis. Umumnya, ukuran pelipis Ray-Ban yang asli merupakan kelipatan 5. Maka sudah jelas, jika kacamata Ray-Ban yang Anda miliki tidak mencapai kelipatan 5, benar adanya kacamata tersebut palsu.

Detail Lensa yang Jarang Orang Tahu
© freepik.com/alexander132
6
Detail Lensa yang Jarang Orang Tahu

Ukuran Lensa

Rekomendasi kami

Cara lain untuk dapat memverifikasi keaslian kacamata hitam Ray-Ban yaitu dengan cara membandingkan ukuran lensa dengan model aslinya. Hal yang harus Anda perhatikan yaitu ukuran lensa sunglasses.

Produk yang asli biasanya sangat spesifik dan sesuai dengan ukuran aslinya. Lalu, bagaimana jika tidak sesuai? Sudah pasti sunglasses tersebut palsu.

Kepemilikan Berubah, Maka Pembuatan Inisial Berubah
© freepik.com
7
Kepemilikan Berubah, Maka Pembuatan Inisial Berubah

Pabrikan Kacamata

Produsen dan pemilik brand Ray-Ban yang pertama adalah Bausch dan Lomb. Namun saat ini sudah berubah kepemilikan menjadi Luxottica Group yang lokasinya berpusat di Milan, Italia pada tahun 1999.

Jika kacamata yang Anda beli memiliki nomor seri RB-XXXX dan diikuti dengan nama B&L, sudah bisa dipastikan bahwa kacamata yang berada di kotak tersebut Model RB dan tidak mungkin dikeluarkan oleh Bausch dan Lomb.

Karena perubahan kepemilikan, sekarang produk dari merek ini dibuat di Italy dan Cina. Maka, jangan heran produk ini sekarang sudah bukan buatan Amerika lagi. 

Tanya Jawab Seputar Ciri Kacamata Rayban Asli

Tim Rekomin sudah mengajak Anda untuk mengetahui ciri kacamata Rayban asli. Sekarang, sudah saatnya tim Rekomin akan membantu memecahkan rasa penasaran Anda melalui sesi tanya jawab. Simak selengkapnya di bawah ini!

Berapa harga kacamata Ray-Ban?

Kacamata Ray-Ban asli biasanya mulai dari harga sekitar $100 hingga lebih dari $500 atau sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 8 juta. Harga tersebut tergantung pada model, tipe lensa, bahan bingkai, dan tempat Anda membelinya.

Kacamata Ray-Ban yang dijual di pasar Asia berasal dari mana?

Beberapa kacamata riben untuk pasar Asia biasanya made in China. Meski kacamata brand ini tersebar di penjuru dunia, Anda tetap harus memerhatikan keaslian kacamata tersebut.

Mengapa Ray-Ban begitu mahal?

Alasan kacamata Ray-Ban lebih mahal dibandingkan merek lain yaitu karena kacamata ini dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Brand ini memiliki reputasi yang kuat sebagai merek yang fashionable dan trendi. Di tambah lagi, perusahaan yang berinvestasi untuk pemasaran dan periklanan yang akhirnya membuat harga kacamata Ray-Ban ini naik.

Apakah ada yang menjual kacamata Ray-Ban second?

Sebagain orang yang memiliki kacamata Ray-Ban dengan design lawas biasanya akan menjual kacamata dengan harga yang murah. Tapi, jangan sampai Anda terkecoh dengan harganya yang murah. Anda harus tetap mengecek keaslian dari kacamata tersebut.

Apakah Ray-Ban menyediakan kacamata dengan hasil yang glossy?

Jawabannya iya, kacamata Ray-Ban juga menyediakan frame kacamata dengan bahan plastik dengan hasil akhirnya doff.

Kesimpulan: Ciri Kacamata Rayban Asli

Perjalanan panjang Ray-Ban akhirnya menjadikan brand satu ini yang selalu menjadi incaran dan paling banyak peminatnya. Brand ini memiliki 6 jenis kacamata yang harus Anda miliki yang bisa Anda sesuaikan dengan bentuk muka. Jika salah memilih jenis kacamata akan membuat penampilan jadi gak kece dan juga akan bikin mata Anda menjadi tidak nyaman (Yuanita Novitasari, 2019).

Rekomers sudah tahu bagaimana ciri kacamata Rayban asli. Berarti Anda sudah siap untuk memiliki kacamata ini, kan? Atau Anda masih bingung bagaimana cara membelinya? Tenang-tenang, tim Rekom telah menyiapkan link yang siap Anda kunjungi dan check out langsung jika suka! Jadi, happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo