Hide Menu

Yuk, Cari Tahu 5 Ciri Frame Kacamata yang Bagus untuk Penampilan Anda, untuk Semua Wajah!

Jangan Sampai Salah Pilih Bentuk Kacamata untuk Pria dan Wanita, dengan Hijab atau Tidak. Cek Selengkapnya di Sini!

Artikel Ciri Frame Kacamata yang Bagus ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Ciri Frame Kacamata yang Bagus 2024
© freepik.com/igishevamaria

Sepenting Apa Peran Frame Kacamata?

Sepenting Apa Peran Frame Kacamata?
freepik.com/wayhomestudio

Anda menggunakan kacamata untuk aktivitas sehari hari? jika iya, Anda bukan hanya memerhatikan lensanya saja tapi juga bingkai kacamatanya. Frame atau bingkai juga merupakan salah satu bagian dari kacamata. Selain lensa kacamata, frame juga menjadi elemen penting pada kacamata.

Mengapa frame kacamata menjadi bagian penting dari kacamata? Anda bisa melihatnya dari segi fungsi bingkai kacamata itu sendiri, yaitu sebagai tempat menopang atau menaruh lensa kacamata agar kacamata semakin nyaman saat digunakan. Apalagi ketika Anda memakai kacamata untuk jangka waktu yang lama, Anda harus memilih bingkai kacamata terbaik dan tidak boleh Rekomers abaikan.

Di sisi lain, bingkai kacamata juga memiliki peran penting untuk penampilan Anda, lho. Design, warna, dan material bingkai kacamata yang pas mampu membantu Anda dalam segi penampilan secara keseluruhan. Dijamin, penampilan Anda akan berubah saat menggunakan kacamata dengan frame tertentu.

Ada beberapa ciri yang menandakan frame kacamata tersebut bagus atau tidak. Namun, bagus atau tidaknya frame tersebut juga tidak hanya dilihat dari bentuk dan warnanya saja, melainkan juga dari bahan yang awet dan tahan lama. Gak perlu basa-basi yang terlalu panjang, tim Rekomin akan memberitahukan ciri frame kacamata yang bagus. Let’s go!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Ciri Frame Kacamata yang Bagus - Terbaru 2024

Pada kesempatan kali ini, tim Rekomers akan mengenalkan ciri-ciri frame kacamata yang bagus untuk pria dan wanita. Yuk, scroll artikel ini ke bawah!

1
Bisa Menopang Lensa dengan Baik

Lensa Tebal atau Tipis Tetap Nyaman Dipakai

Bisa Menopang Lensa dengan Baik

2
Material Bingkai Kacamata yang Awet

Gagang yang Kuat, Kokoh, dan Tahan Lama

Material Bingkai Kacamata yang Awet

3
Sesuai dengan Bentuk Wajah

Frame Sesuai Tampilan Lebih Kece

Sesuai dengan Bentuk Wajah

4
Sesuai dengan Warna Kulit

Penampilan dengan Kesan Harmonis, Eye Catching, dan Keren

Sesuai dengan Warna Kulit

5
Ukuran Frame yang Tepat

Nyaman Dipakai untuk Waktu yang Lama

Ukuran Frame yang Tepat

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lensa Tebal atau Tipis Tetap Nyaman Dipakai
© freepik.com
1
Lensa Tebal atau Tipis Tetap Nyaman Dipakai

Bisa Menopang Lensa dengan Baik

Rekomendasi kami

Ciri pertama yaitu frame dapat menopang lensa kacamata dengan baik. Jika Anda memiliki mata minus atau plus yang sudah tinggi, pada umumnya Anda akan membutuhkan lensa tebal yang mengharuskan Anda memilih frame kacamata yang kuat dan kokoh.

Menyesuaikan kekuatan frame kacamata dengan tebelnya lensa menjadi hal penting. Semakin kuat frame kacamata, maka semakin awet kacamata yang Anda gunakan. Jadi, kacamata Rekomers bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Gagang yang Kuat, Kokoh, dan Tahan Lama
© freepik.com
2
Gagang yang Kuat, Kokoh, dan Tahan Lama

Material Bingkai Kacamata yang Awet

Rekomendasi kami

Selanjutnya, frame kacamata yang bagus harus memiliki bahan yang kuat, kokoh, dan tahan banting. Berikut beberapa jenis material frame yang bisa Anda pilih.

  1. Bahan plastik, kayu atau campuran atar logam tau plastik dengan karet.
  2. Bahan flexo, berbahan dasar logam yang ringan dan fleksibel.
  3. Bahan nylon, bahan ini cukup kuat namun tetap ringan
  4. Bahan titanium, bahan ini kuat, tahan lama, dan sudah teruji ringan.
  5. Bahan alumunium, bersifat lembut dan lemah dengan sejumlah kecil silikon dan tambahan besi membuat sifatnya jadi keras dan kuat.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Faktanya, sebagian orang memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Jika Rekomers salah satu dari yang memiliki alergi, Anda bisa memilih bahan titanium karena bahan ini minim akan reaksi alergi.

Frame Sesuai Tampilan Lebih Kece
© freepik.com
3
Frame Sesuai Tampilan Lebih Kece

Sesuai dengan Bentuk Wajah

Rekomendasi kami

Ciri ini juga gak kalah penting lho, jadi jangan sampai terlewat. Seperti yang dikutip dari penelitian oleh Basiron Akbar Khusaini, bahwa memilih frame yang terbaik harus sesuai dengan bentuk wajah seseorang, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan bentuk wajah (2022).

Sesuai dengan contoh gambar di atas, setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda, seperti:

  • Wajah oval, bisa menggunakan frame kacamata yang tebal dan besar.
  • Wajah persegi, cocok menggunakan frame kacamata yang bulat dan tipis.
  • Wajah bulat, bisa menggunakan frame kacamata kotak karena memiliki sudut dan bersisi.
  • Wajah segitiga, lebih cocok menggunakan kacamata dengan bingkai yang sedikit lebaran dari tulang pipi supaya proporsi wajah lebih seimbang.
  • Wajah hati akan lebih cocok menggunakan model kacamata dengan bingkai yang cenderung bulat dan bisa juga dengan frame yang tebal.
  • Wajah lonjong, bisa memilih bentuk kacamata dengan lensa selebar tulang pipi supaya tampilan wajah menjadi semakin proporsional. 

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih frame yang sesuai baik yang bening atau berwarna dengan bentuk muka supaya penampilan menjadi lebih trendy dan menarik. Jangan sampai Anda memilih frame yang malah terlihat tidak cocok dan membuat penampilan Anda menjadi aneh.

Penampilan dengan Kesan Harmonis, Eye Catching, dan Keren
© freepik.com/asier-relampagoestudio
4
Penampilan dengan Kesan Harmonis, Eye Catching, dan Keren

Sesuai dengan Warna Kulit

Rekomendasi kami

Selanjutnya, ciri yang gak kalah penting untuk punya bingkai kacamata bagus yaitu warna frame yang pas dengan warna kulit. Sudah jelas dan pasti bahwa setiap orang juga memiliki warna kulit yang berbeda, seperti warna kulit gelap, sebaiknya hindari warna frame yang terlalu gelap atau terlalu terang. Lebih baik pilih warna emas, krem, dan coklat.

Sedangkan warna kulit yang cenderung putih bisa menggunakan frame dengan warna perak, hitam, bitu, dan merah. Jadi, jangan sampai salah pilih warna ya, guys! 

Nyaman Dipakai untuk Waktu yang Lama
© freepik.com
5
Nyaman Dipakai untuk Waktu yang Lama

Ukuran Frame yang Tepat

Selain dari bentuk wajah material bingkai, ukuran juga menjadi penentu untuk kecocokan kacamata saat digunakan. Beberapa bentuk wajah harus menggunakan kacamata dengan ukuran yang pas atau lebih besar supaya proporsi wajah tetap seimbang. Anda bisa mengukur dengan 2 cara, yaitu:

  • Lebar Kacamata

Lebar kacamata bisa didapatkan dengan menjumlahkan angka pada keterangan lebar dua lensa dan bridge kacamata. Jika bingkai terlalu sempit, maka akan menekan bagian atas telinga. Tekanan yang terjadi di dua titik tersebut akan menimbulkan rasa nyeri dari belakang mata sampai bagian atas telinga, sehingga menimbulkan sakit kepala.

  • Panjang Tangkai Kacamata

Biasanya, bagian ukuran tertulis pada keterangan panjang. Keterangan ini gak kalah penting dan juga harus diperhatikan. Jika ukuran panjang terlalu pendek, dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian belakang telinga. Rasa sakit ini bisa membuat sakit kepala sehingga kacamata tersebut tidak nyaman digunakan.

Intinya, ciri frame kacamata yang bagus itu pas di wajah. Tidak kebesaran dan kekecilan. Jadi, Anda pun nyaman memakainya. 

Tanya Jawab Seputar Ciri Frame Kacamata yang Bagus

Setelah membaca penjelasan di atas, pastinya ada satu dua informasi yang membuat Rekomers bingung. Oleh karena itu, tetap di laman ini dan temukan jawabannya. Simak beberapa pertanyaan yang sudah tim Rekomin rangkum sebagai berikut!

Frame kacamata yang bagus merk apa?

Merk yang menyediakan frame kacamata dengan kualitas bagus, yaitu Calvin Klein, Oakley, Channel, Guess, Rayban, Emporio Armani, Dolce & Gabbana, Gucci, Levi’s.

Frame kacamata yang bagus untuk hidung pesek?

Orang yang memiliki hidup pesek bisa memilih kacamata dengan bingkai jembatan kacamata yang rendah dan menempel lebih rendah di wajah. Sebaiknya, hindari bahan bingkai yang membuatnya terlihat tebal. Pilih bahan bingkai kacamata yang tahan lama namun ringan.

Apakah frame kacamata yang bagus itu mahal?

Tidak juga, banyak sekali pihihan frame kacamata keluaran terbaru dengan kualitas dan design yang menarik dengan harga terjangkau, bahkan tergolong murah.

Kesimpulan: Ciri Frame Kacamata yang Bagus

Frame kacamata memiliki peran yang cukup penting. Pasalnya, frame merupakan tempat menopang atau menaruh lensa agar kacamata semakin nyaman saat Anda gunakan. Selain itu, Anda juga harus memilih bahan frame yang cocok dan tidak membuat Anda alergi.

Meski Anda menggunakan jilbab dan menjadikan pipi terlihat tembem, Anda tetap bisa mengikuti trend bingkai kacamata terkini yang dapat membuat penampilan menjadi eye-catching, fashionable, dan everlasting.

Jadi, gimana dengan penjelasan dari tim Rekomin di atas? Apakah Anda sudah memutuskan untuk membeli frame kacamata yang bagus dan cocok? Jika sudah, kini waktunya Rekomers menentukan frame kacamata yang bagus. Happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo