Hide Menu

Apa Aja Ciri-Ciri Kacamata Minus? Ini 4 Karakteristik yang Membuat Penglihatan Lebih Jelas

Berikut Ciri-Ciri yang Kacamata Minus yang Harus Anda Ketahui agar Tidak Salah Pilih, Lengkap!

Artikel Ciri-Ciri Kacamata Minus ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Ciri-Ciri Kacamata Minus 2024
© freepik.com/natashoche666

Sekilas Tentang Kacamata Minus

Sekilas Tentang Kacamata Minus
freepik.com/hryshchyshen

Dapat melihat pemandangan dan orang-orang tersayang merupakan anugerah terindah. Namun, bagi bagian orang yang memiliki gangguan penglihatan membuatnya mengalami kesulitan untuk melihat dengan jarak pandang tertentu dan membutuhkan alat bantu penglihatan.

Penyebab kekurangan ini pun bermacam-macam, bisa jadi karena terlalu sering menatap layar dan sebab lain. Kacamata merupakan salah satu alat bantu yang digunakan untuk mengatasi mata minus, plus, dan silinder. Anda mengalami kesulitan membaca atau sering memicingkan mata saat membaca tulisan kecil? Bisa jadi Anda mengalami mata minus.

Apa Anda tahu apa itu mata minus? Mata minus atau rabun jauh atau miopi merupakan suatu konsisi mata yang tidak mampu melihat suatu objek dengan jelas pada jarak pandang yang jauh. Jika, Anda merasakan hal tersebut maka ada kemungkinan terkena mata minus. Ini dapat terjadi pada semua orang, tidak hanya orang dewasa berumur 25 tahun saja.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menggunakan kacamata minus. Saat ini sudah banyak pilihan kacamata yang tersedia bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan. Agar memudahkan Anda untuk memilihnya, ada beberapa yang harus diperhatikan, seperti jenis lensa, frame kacamata, dan juga lapisan pada lensa.

Sebelum membeli, Anda harus tahu karakteristik dari kacamata jenis ini. Kira-kira, apa saja ciri-ciri kacamata minus? Tim Rekomin akan menjelaskan di artikel kali ini. Baca sampai selesai, ya!

Perbedaan Kacamata Minus, Plus, dan Silinder

Perbedaan Kacamata Minus, Plus, dan Silinder
freepik.com/balashmirzabey

Sebelum lanjut ke ciri-ciri yang dimiliki kacamata minus. Sebaiknya, Anda harus bisa membedakan kacamata minus, plus, dan juga silinder. Berikut penjelasannya:

  • Kacamata Minus

Kacamata minus yang asli memiliki lensa yang menggerakan bayangan ke arah yang sama pada lensa. Contoh, ketika Anda memindahkan lensa ke kanan, ke atas, ke kiri atau bahkan ke bawah, maka gambar akan terus mengikuti.

  • Kacamata Plus

Sedangkan kacamata plus memiliki lensa yang mampu memindahkan bayangan ke arah berlawanan dengan lensa. Sebagai contohnya, saat Anda menggeser lensa ke arah atas, bawah, kanan, ataupun kiri, maka bayangan tersebut akan bergerak secara belawanan.

  • Kacamata Silinder

Sementara kacamata silinder mempunyai lensa sfero-silindris yang dapat menyebabkan gerakan menggunting pada rotasi. Contohnya, ketika Anda memutar lensa di sekitar pusat optik mata, maka gambar salib akan tampak seperti gunting. Di sini, meridia memiliki prinsip yang ditentukan dengan menandai orientasi garis silang tegak lurus.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Ciri-Ciri Kacamata Minus - Terbaru 2024

Setelah Anda selangkah lebih dekat dalam mengenal kacamata minus. Kini, saatnya tim Rekomin akan mengajak Anda untuk mengetahui ciri-ciri dari kacamata minus. Lalu, bagaimana cara mengetahui ciri dari kacamata minus? Cek selengkapnya di bawah, ya!

1
Memiliki Lensa yang Berbentuk Cekung

Cekungan yang Membantu Memperjelas Penglihatan

Memiliki Lensa yang Berbentuk Cekung

2
Lensa dengan Bagian Tebal Tipis

Beberapa Bagian Lensa Memiliki Keunikan

Lensa dengan Bagian Tebal Tipis

3
Bahan Kacamata

Bahan Berkulitas MenjadiKan Kacamata Terbaik

Bahan Kacamata

4
Adanya Lensa Photocromic

Lindungi Mata dari Sinar UV dan Bluelight

Adanya Lensa Photocromic

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cekungan yang Membantu Memperjelas Penglihatan
© freepik.com/netrun78
1
Cekungan yang Membantu Memperjelas Penglihatan

Memiliki Lensa yang Berbentuk Cekung

Rekomendasi kami

Kacamata minus memiliki ciri lensa yang cekung, bukan cembung atau datar seperti lensa yang digunakan untuk kacamata biasa. Kacamata ini memiliki cahaya divergen dan juga sistem ulasan yang membuat objek dapat terlihat dengan jelas. Jadi, Anda bisa melihat hal di depan Anda sesuai dengan yang asli tanpa ada efek blur sama sekali. 

Beberapa Bagian Lensa Memiliki Keunikan
© freepik.com
2
Beberapa Bagian Lensa Memiliki Keunikan

Lensa dengan Bagian Tebal Tipis

Rekomendasi kami

Ciri kacamata minus lainnya memiliki lensa dengan bagian tengah yang tipis dan bagian tepi yang tebal. Mengapa disebut lensa kacamata minus? Karena lensa ini dapat mengurangi daya fokus pada mata.

Lensa ini memiliki kekuatan yang dapat disesuaikan dengan berapa banyak minus yang dimiliki oleh mata penderita. Selain itu, lensa ini mampu memindahkan fokus yang pada awalnya berada di titik depan retina kini berpindah ke belakang. Dengan begitu, bayangan akan jatuh langsung pada permukaan retina.

Bahan Berkulitas MenjadiKan Kacamata Terbaik
© freepik.com
3
Bahan Berkulitas MenjadiKan Kacamata Terbaik

Bahan Kacamata

Rekomendasi kami

Ciri-ciri kacamata minus dapat Anda lihat dari bahan yang digunakan. Kacamata minus memiliki lapisan anti pantul yang bisa mengurangi ketegangan pada mata karena terjadi pantulan sinar yang dapat mengganggu. Coating ini hanya dimiliki kacamata minus.

Coating yang terdapat pada kacamata minus berfungsi untuk menghilangkan pantulan yang mengganggu pada lensa, sehingga membuatnya tampak lebih tipis dan lebih menarik. Jadi, coating yang dapat menghilangkan refleksi ini juga meningkatkan penglihatan dan kenyamanan.

 

Lindungi Mata dari Sinar UV dan Bluelight
© freepik.com/ilixe
4
Lindungi Mata dari Sinar UV dan Bluelight

Adanya Lensa Photocromic

Rekomendasi kami

Anda mungkin berpikir bahwa satu lensa ke yang lain tidak ada bedanya. Nyatanya, untuk membuat kacamata minus akan lebih baik jika menggunakan lensa photocromic.

Pasalnya, lensa ini memiliki fungsi yang dapat melindungi mata dari radiasi sinar biru dan sinar UV, sehingga memperjelas penglihatan Anda walaupun sedang berada di bawah sinar matahari yang terik. Bagi pemilik mata minus, lensa ini jelas merupakan pertolongan yang sangat besar.

Jangan salah, lensa photocromic memiliki sifat lain, yaitu dapat berubah warna karena memiliki lapisan pada lensa (Faridah, 2018). Selain itu, lensa kacamata minus fotokromik juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan dari masalah penglihatan, yaitu lensa tunggal, lensa progresif, lensa bifokal, dan juga lensa warna bening.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri Kacamata Minus

Setelah penjelasan yang cukup panjang, section kali ini, tim Rekomin akan membantu menjawab pertanyaan yang berkutat di pikiran Anda tentang ciri-ciri kacamata minus. Cek selengkapnya di sini!

Apakah pakai kacamata bisa menyembuhkan minus?

Sayangnya, kacamata minus hanya sebagai alat bantu sehingga tidak bisa mengurangi mata minus. Gangguan mata minus bisa hilang hanya dengan menjalani operasi refraksi. Setelah melakukan operasi, maka penderita dapat sembuh dan mampu melihat objek dengan jelas kembali tanpa menggunakan alat bantu.

Kacamata minus itu seperti apa?

Kacamata minus menggunakan lensa yang berbentuk cekung yang memiliki bagian tengah tipis dan bagian tepi yang tebal. Kacamata ini digunakan untuk mengatasi rabun jauh atau mata minus.

Apa manfaat menggunakan kacamata minus?

Manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan kacamata ini adalah bisa melihat objek dengan lebih jelas tanpa memercingkan mata. 

Apa efek menggunakan kacamata minus?

Anda bisa melihat dengan lebih jelas. Namun, jika Anda menggunakan kacamata dengan ukuran minus yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan sakit kepala sebelah dan penglihatan menjadi buram. Maka, pastikan minusnya sudah sesuai, ya!

Kenapa saat pertama kali memakai kacamata minus pusing?

Gejala pusing yang Anda alami itu terjadi karena otot-otot kecil yang ada di dalam mata yang secara tiba-tiba harus ikut menyesuaikan dengan penglihatan barunya. Oleh karena itu, Anda akan mengalami pusing.

Hal apa saja yang menyebabkan mata minus?

Mata minus bisa terjadi karena faktor usia, kebiasaan membaca di cahaya redup, hingga terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Kacamata Minus

Kacamata merupakan salah satu alat bantu untuk mengatasi gangguan penglihatan seperti mata minus, plus, dan juga silinder. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak juga pilihan kacamata yang bisa jadi membuat Anda bingung.

Menurut tim Rekomin, sebaiknya Rekomers memerhatikan beberapa aspek sebelum memilih kacamata minus terbaik untuk mata Anda, seperti jenis lensa, frame kacamata yang cocok dan juga lapisan lensa. Jika tidak ada, maka Anda perlu memberikan tambahan coating pada lensa minus.

Setelah Anda memilih kacamata minus terbaik, itu tandanya Anda harus merawatnya juga dengan baik agar tidak terbentur, tergores, jatuh, atau bahkan patah. Jadi, Anda lebih suka pilih lensa biasa atau lensa photochromic untuk sehari-hari?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo