Hide Menu

Mau Beli Celana tapi Gak Tahu Beda Celana Chino vs Jeans? Ini 4 Beda yang Harus Anda Tahu!

Artikel Ini Menjelaskan Seputar Beda Celana Chino dan Jeans yang Jarang Orang Tahu, Simak biar Gak Ketinggalan Informasinya!

Artikel Celana Chino vs Jeans ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Celana Chino vs Jeans 2024
© freepik.com

Sejarah Celana Chino dan Jeans

Sejarah Celana Chino dan Jeans
freepik.com

Dunia fashion saat ini sudah semakin berkembang dan membuat banyak orang merubah selera dalam berpakaian. Semakin berkembangnya dunia fashion, semakin banyak pula jenis celana yang muncul termasuk celana chino dan jeans. Beberapa brand yang mengeluarkan celana jeans chino yaitu Crocodile, Dickies, Erigo, Malmo, dan Levi’s.

Tidak hanya berbeda nama, ternyata celana chino dan jeans ini memiliki kisah sejarah masing-masing, lho. Berikut penjelasan masing-masing:

  • Celana Chino

Celana chino berasal dari bahasa Spanyol yang artinya Cina karena bahannya berasal dari Cina dengan ciri khas kain Cina. Celana ini sempat populer para Perang Dunia ke-II. Saat itu, banyak sekali pabrik-pabrik kapas di Carolina Utara, Amerika Serikat yang membuat celana chino untuk para prajurit. Tujuannya agar para prajurit tidak kesulitan saat perang dan tetap nyaman menggunakan celana ini.

Pada tahun 1950, permintaan celana chino mulai banyak dan masyarakat biasa Amerika pun banyak yang menggunakan celana chino. Semakin berkembangnya dunia fashion menjadikan celana ini tersebar di seluruh dunia dan semakin hits dan ngetrend sampai saat ini.

  • Celana Jeans

Celana jeans sudah muncul lebih dahulu, tepatnya pada tahun 1800-an. Celana jeans klasik yang masih sangat populer sampai saat ini dipatenkan oleh seorang penjahit dan pemilik rumah kain grosir di San Fransisco yang bernama Jacob Davis dan Levi Strauss pada tahun 1873.

Saat itu, celana ini hanya dipakai oleh para koboi. Pada tahun 1922, Davis dan Strauss mulai mengembangkan celana jeans dengan menambahkan loop sabuk. Sekitar tahun 1954, Davis dan Strauss baru menambahkan ritsleting yang membuat celana ini semakin banyak dipakai oleh para tentara Perang Dunia ke-I.

Pada akhir 1970, celana jeans mulai merambah dunia fashion di kalangan kelas atas. Namun, saat ini celana jeans semakin populer dan celana ini pun bisa dimiliki oleh segala kalangan.

Walaupun celana chino dan jeans memiliki latar sejarah yang berbeda, tapi keduanya tetap menjadi celana yang paling banyak diminati. Hal inilah yang membuat sebagian orang beranggapan bahwa celana chino dan jeans itu sama.

Faktanya, jeans dan chino itu memiliki perbedaan dari beberapa hal. Sudah tahu belum faktor yang membedakan keduanya? Penasaran dengan perbedaan celana chino vs jeans? Baca dan simak baik-baik artikel ini sampai selesai agar tahu jawabannya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Celana Chino vs Jeans - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian pada tahun 2021 oleh M. Ilhamsyah Akbar dan Mutiara Madhia Putri, keduanya menyatakan bahwa perkembangan fashion di Indonesia sangat pesat sehingga membuat celana chino semakin populer.

Namun, gak hanya celana cino saja yang populer, celana jeans juga, lho. Apa Rekomers sudah siap untuk mengetahui perbedaan celana chino dan jeans? Jika sudah, yuk, simak baik-baik beberapa point di bawah ini!

1
Bahan Celana

Sudah Terlihat Jelas dari Penggunaan Bahan

Bahan Celana

2
Tekstur

Coba Diraba, Lembut atau Kasar?

Tekstur

3
Warna Celana

Perbedaan Warna yang Signifikan

Warna Celana

4
Penggunaan Celana

Sesuaikan OOTD dan Acaranya, Ya!

Penggunaan Celana

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sudah Terlihat Jelas dari Penggunaan Bahan
© freepik.com
1
Sudah Terlihat Jelas dari Penggunaan Bahan

Bahan Celana

Rekomendasi kami

Hal pertama untuk mengetahui perbedaan antara celana chino dan jeans adalah bahan bakunya. Celana chino biasanya terbuat dari bahan cotton twill yang mirip dengan katun Jepang dengan kualitas terbaik. Bahan katun twill memiliki ciri khas bobot yang ringan, lebih adem, dan warna yang tidak mencolok.

Sedangkan celana jeans terbuat dari bahan serat tenun katun berwarna biru. Warna ini sering muncul karena benang lusi yang diberi warna dan benang pakan tetap dengan warna putih.

Coba Diraba, Lembut atau Kasar?
© freepik.com
2
Coba Diraba, Lembut atau Kasar?

Tekstur

Rekomendasi kami

Celana chino memiliki detail bahan yang lembut, lentur, dan mudah untuk dilipat. Sebab, bahan chino sudah dicampur dengan bahan spandex atau poliester sehingga Anda akan lebih mudah memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda.

Sementara celana jeans memiliki bobot lebih berat, tebal, sedikit kasar, tidak mudah robek, dan tahan lama. Namun, bahan jeans ini kaku dan sulit untuk dilipat. Meski begitu, chino dan jeans memiliki persamaan yaitu tahan lama, kuat, dan nyaman digunakan.

Perbedaan Warna yang Signifikan
© freepik.com
3
Perbedaan Warna yang Signifikan

Warna Celana

Rekomendasi kami

Perbedaan antara celana chino dan jeans yang ketiga terdapat pada segi warna. Celana chino biasanya berwarna khaki, cream, mocca, army, hitam, dan warna lain yang memberikan kesan tampilan lebih bersih. Sedangkan celana jeans hanya menawarkan warna yang dominan biru, denim, dan gelap.

Sesuaikan OOTD dan Acaranya, Ya!
© freepik.com
4
Sesuaikan OOTD dan Acaranya, Ya!

Penggunaan Celana

Rekomendasi kami

Kebanyakan celana chino dipakai untuk menghadiri acara formal dan casual. Sebab, celana chino memiliki garis trim dan potongan slim fit. Potongan ini memberi kesan kaki Anda menjadi lebih panjang.

Sedangkan celana jeans cocok untuk Anda gunakan ke acara santai seperti jalan-jalan atau hanya sekedar nongkrong. Jelas ‘kan perbedaan dari kegunaan dua celana ini? 

Tanya Jawab Seputar Celana Chino vs Jeans

Rekomers sudah tahu sejarah dan perbedaan celana chino vs jeans. Tapi, rasanya kurang lengkap kalau Rekomers melewatkan section yang berisi rangkuman pertanyaan yang sering muncul ini. Yuk, baca rangkumannya di bawah!

Apakah celana chino termasuk celana formal?

Celana chino merupakan salah satu celana formal yang dibuat dengan menggunakan bahan katun yang stretch. Jika sedang mencari rekomendasi, Anda bisa menggunakan celana chino dari merk Erigo untuk membuat kaki Anda terkesan proporsional. 

Apakah boleh interview memakai celana chino?

Anda bisa menggunakan celana chino saat interview. Sebab, celana ini termasuk dalam produk celana formal.

Apakah celana jeans termasuk pakaian formal?

Celana jeans bukan termasuk dalam celana formal, ya. Jenis ini lebih cocok untuk acara santai. 

Bolehkah melamar kerja pakai celana jeans?

Jangan gunakan celana jeans saat Anda melamar kerja. Pasalnya, celana jeans bukan celana formal, jadi kurang bagus aja kalau Anda pakai jeans. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan celana chino atau celana bahan saat melamar kerja.

Apakah celana chino termasuk jeans?

Jawabannya tidak. Sebab, celana chino berbahan dasar katun twill dengan bobot yang ringan dan lebih adem daripada celana jean. 

Apa istimewanya celana chino?

Celana chino memiliki tampilan yang lebih ramping dan menawarkan lebih banyak variasi warna jika Anda bandingkan dengan jenis celana lain.

Apa itu celana chinos?

Celana chino merupakan salah satu celana laki-laki yang terbuat dari bahan katun karet dengan potongan seperti pensil. Celana ini memiliki dua jenis model, yaitu panjang dan pendek.

Kesimpulan: Celana Chino vs Jeans

Demikian pembahasan seputar celana chino vs jeans mulai dari sejarah sampai faktor perbedaan kedua celana tersebut. Untuk mengetahui perbedaan celana chino dan jeans bisa Anda teliti melalui 4 faktor, yaitu dari bahan, tekstur, warna, dan penggunaan celana tersebut.

Apakah Rekomers sudah menentukan pilihan mau beli yang mana antara celana jeans apa chino? Kalau sudah, Anda bisa pilih salah satu merek dan produk yang direkomendasikan tim Rekomers di atas, lho.

Caranya gampang, tinggal klik link, pilih ukuran celana, terus check out deh. Produk celana di atas dijual dengan harga yang gak terlalu murah dan gak terlalu mahal. Terjangkau, namun tetap berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo