Hide Menu

Bingung Pilih Size Celana? Ikuti 5 Cara Ukur Lingkar Pinggang Celana, Pasti Gak Kedodoran!

Sekarang Anda Gak Perlu Bingung Pilih Ukuran Celana Karena Artikel Ini Akan Memberikan Solusinya. Simak Baik-Baik, Ya!

Artikel Cara Ukur Lingkar Pinggang Celana ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Ukur Lingkar Pinggang Celana 2024
© freepik.com/camomileleyla

Peran Celana yang Gak Lekang OIeh Waktu

Peran Celana yang Gak Lekang OIeh Waktu
freepik.com

Celana panjang adalah pakaian bagian bawah yang banyak dipakai oleh masyarakat, dan peran celana tidak akan lekang oleh waktu. Banyak pria dan wanita lebih memilih menggunakan celana panjang untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebab, celana mempermudah dalam bergerak dengan bebas dan juga nyaman. Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, Anda harus memiliki celana dengan ukuran yang tepat dan pas di tubuh Anda. Biasanya, standar label ukuran celana menjadi ajuan saat memilih ukuran.

Sayangnya, setiap brand celana memiliki perbedaan dalam ukuran lingkar pinggang dan perbedaannya bisa sampai 4 cm, lho.  Lumayan ‘kan selisihnya? Gak hanya lingkar pinggang yang ukurannya berbeda, tapi lingkar paha, lingkar pinggul, dan panjang celana juga berbeda. Inilah yang menyebabkan banyak konsumen salah dalam memilih ukuran celana.

Apa Anda pernah mencoba mengukur lingkar pinggang? Cara mengukur lingkar pinggang ini sama seperti proses pengukuran front rise. Sudah tahu belum cara ukur lingkar pinggang celana? Kalau belum, Anda gak perlu risau. Tim Rekomin sudah merangkum cara yang tepat untuk mengukur lingkar pinggang. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Ukur Lingkar Pinggang Celana - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Faizun Nafisah et al pada tahun 2021, faktor kenyamanan dalam berbusana itu berdasarkan ukuran yang tepat, tidak longgar dan tidak juga sesak. Maka, untuk mendapatkan tingkat kenyamanan pada sebuah celana, bagian lingkar pinggang harus pas pada garis pinggang.

Selain itu, ukuran lingkaran pinggang juga tidak boleh menggelembung. Sebaiknya simak baik-baik penjelasan di bawah ini supaya Rekomers gak bingung cara ukur lingkar pinggang celana. Let’s go!

1
Pertimbangkan Posisi Lingkar Pinggang

Pakai 3 Opsi untuk Pertimbangannya

Pertimbangkan Posisi Lingkar Pinggang

2
Gunakan Pita Pengukur

Alat Ukur yang Multifungsi

Gunakan Pita Pengukur

3
Menggunakan Tali atau Benang

Gak Ada Meteran? Pakai Ini Aja, yang Penting Warnanya Cerah!

Menggunakan Tali atau Benang

4
Ukur Lingkaran Pinggang dengan Benar

Jangan Terlalu Ketat atau Longgar, Ya!

Ukur Lingkaran Pinggang dengan Benar

5
Konversikan Ukuran Celana

Bulatkan Bilangan Hasil Ukuran Menjadi Genap

Konversikan Ukuran Celana

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pakai 3 Opsi untuk Pertimbangannya
© freepik.com
1
Pakai 3 Opsi untuk Pertimbangannya

Pertimbangkan Posisi Lingkar Pinggang

Rekomendasi kami

Untuk measurement guide lingkaran pinggang celana pertama yakni Anda harus memastikan lingkar pinggang berada pada ketinggian atau tempat Anda biasanya memakai celana. Hal ini yang akan menentukan seberapa besar atau kecilnya ukuran lingkaran pinggang agar ukuran celana sesuai.

Anda bisa mempertimbangkan panduan menghitung lingkaran pinggang dengan 3 opsi, yaitu:

  1. Low rise, perhitungan lingkaran pinggang bertumpu pada tulang pinggul.
  2. Mid rise, lingkar pinggang terhitung di antara pusar dan pinggul.
  3. High rise, pertimbangan lingkaran pinggang yang bersandar di atas pusar atau pada garis pinggang alami.
Alat Ukur yang Multifungsi
© freepik.com
2
Alat Ukur yang Multifungsi

Gunakan Pita Pengukur

Rekomendasi kami

Anda membutuhkan pita pengukur yang biasa dipakai penjahit sebagai cara mengukur lingkar pinggang celana. Jika sudah punya, perhatikan cara mengukur lingkar pinggang dengan pita pengukur atau meteran di bawah ini.

  1. Gunakan baju dengan bahan yang tipis.
  2. Letakkan dan lilitkan pita meteran pada area pinggang.
  3. Pengukuran dilakukan di area antara tulang rusuk dan pusar. Pengukuran lingkar pinggang gak boleh terlalu tinggi ataupun rendah.
  4. Saat proses pengukuran, Anda tidak perlu menahan nafas. Tetap bersikap dan nafas seperti biasanya.
  5. Saat melilitkan pita meteran, jangan terlalu ketat atau terlalu longgar.

Cara ini juga biasanya dipakai untuk mengetahui ukuran lingkar pinggul atau panggul (hip). Meteran ini juga bisa Anda gunakan untuk mengukur lingkar ketiak, trouser length, ukuran pesak atau pisak, dan lingkaran paha.

Gak Ada Meteran? Pakai Ini Aja, yang Penting Warnanya Cerah!
© freepik.com
3
Gak Ada Meteran? Pakai Ini Aja, yang Penting Warnanya Cerah!

Menggunakan Tali atau Benang

Rekomendasi kami

Jika Anda tidak punya pita meter, Anda bisa menggunakan tali atau benang. Simak caranya di bawah ini.

  1. Siapkan benang atau tali dengan warna cerah.
  2. Lilitkan di sekitar pinggang.
  3. Gunakan telunjuk dan ibu jari untuk memegang alat ukur.
  4. Tandai benang atau tali menggunakan spidol sebagai titik akhir pengukuran.
  5. Ukur panjang benang atau tali tadi menggunakan penggaris.
Jangan Terlalu Ketat atau Longgar, Ya!
© freepik.com
4
Jangan Terlalu Ketat atau Longgar, Ya!

Ukur Lingkaran Pinggang dengan Benar

Rekomendasi kami

Cara mengukur celana lingkar pinggang dengan hasil yang tepat adalah Anda harus mengukurnya dengan benar. Saat mengukur lingkar pinggang, jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar. Anda bisa menyelipkan satu atau dua jari di antara pinggang dan pita ukur.

Selain itu, saat proses pengukuran Anda harus tetap bersikap biasa dan tidak menahan nafas. Kalau Anda menahan nafas justru akan merubah ukuran lingkaran pinggang.

Bulatkan Bilangan Hasil Ukuran Menjadi Genap
© freepik.com
5
Bulatkan Bilangan Hasil Ukuran Menjadi Genap

Konversikan Ukuran Celana

Rekomendasi kami

Biasanya, cara mengukur lebar pinggang celana menggunakan satuan centimeter (cm) atau inch. Setelah Anda melakukan proses pengukuran, bulatkan hasil ukur ke nomor genap berikutnya.

Contohnya, ukuran lebaran waist Anda 31 inch, bulatkan menjadi 32 inch. Begitu pula jika hasilnya 33 inch, maka hasil pembulatan jadi 34 inch.

Tanya Jawab Seputar Cara Ukur Lingkar Pinggang Celana

Jika dilihat secara cepat, cara mengukur lingkar pinggang itu mudah. Dengan catatan Anda sudah punya alat yang dibutuhkan. Maka dari itu, tim Rekomin memberi produk rekomendasi untuk mempermudah proses pengukuran Anda.

Jadi, apakah Anda sudah paham cara mengukur yang benar? Sebelum menutup artikel ini, sebaiknya Rekomers membaca section tanya jawab seputar cara ukur lingkar pinggang celana yang sudah tim Rekomin rangkum di bawah ini. Yuk, baca!

Celana ukuran 32 lingkar pinggang berapa?

Jika ukuran celana 32, berarti ukuran lingkaran pinggangnya adalah 81 cm.

Size 30 LPnya berapa?

Jika ukuran celana jeans Anda 30, maka lingkar pinggangnya yaitu 75 cm.

Celana size 27 lingkar pinggang berapa?

Lingkar pinggang untuk celana size 27 adalah 72 cm dan panjang celananya 92 cm.

Lingkar pinggang 100 cm size berapa?

Jika ukuran lingkar pinggang 100 cm, Anda harus menggunakan celana dengan ukuran 37 dan panjang celana 104 cm.

XL itu ukuran berapa?

XL artinya extra large dan ukuran ini ada di satu ukuran di atas ukuran L. Pria yang menggunakan ukuran XL memiliki ukuran tubuh 92 sampai 100 cm dan untuk wanita memiliki ukuran tubuh 75 sampai 81 cm.

Size M berarti ukuran berapa?

Size M tepat berada satu di atas ukuran S. Biasanya, laki-laki dengan ukuran tubuh 76-84 cm dan perempuan dengan ukuran tubuh 63-39 cm menggunakan ukuran M.

Size 160 untuk anak umur berapa?

Size 160 biasanya dipakai oleh anak umur 8 sampai 11 tahun. Sedangkan size 170 seringkali dipakai anak umur di atas 14 tahun.

Kesimpulan: Cara Ukur Lingkar Pinggang Celana

Demikian pembahasan tentang 5 cara ukur lingkar pinggang celana dengan hasil yang pas. 5 cara tersebut harus mempertimbangkan posisi lingkar pinggang, gunakan pita pengukur, menggunakan tali atau benang, ukur lingkar pinggang dengan benar, dan konversikan ukuran celana.

Mudah, ‘kan? Rekomers bisa mencoba cara ukur lingkar pinggang sendiri di rumah, lho. Namun, sebelum mencoba cara ini, pastikan Anda sudah tahu posisi lingkar pinggang dan pastikan juga alat ukurnya sudah siap.

Setelah semua sudah siap dan sudah mengukur lingkar pinggang, Anda bisa langsung beli celana yang sesuai dengan lingkar pinggang. Gampang, ‘kan? Akhir kata, tim Rekomin harap semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo