Hide Menu

Mau Cuci Denim tapi Gak Tahu Caranya? Tenang, Ikuti Saja 5 Langkah Cara Seawash Denim Ini!

Apa Benar Cara Ini Bisa Digunakan? Yuk, Baca Artikel Ini Biar Gak Ragu Lagi Melakukan Cara Unik Mencuci Celana Denim!

Artikel Cara Seawash Denim ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Seawash Denim 2024
© freepik.com

Sea Wash Itu Apa Sih?

Sea Wash Itu Apa Sih?
freepik.com

Apa Anda tahu cara mencuci celana jeans berbahan denim? Faktanya, ada banyak teknik yang diterapkan untuk mencuci celana jeans. Namun, ada satu teknik mencuci yang membuat efek fading celana jeans Anda lebih kontras, yaitu teknik sea wash.

Metode tersebut merupakan salah satu cara mencuci celana jeans berbahan denim menggunakan air laut dan pasir pantai. Cara sea wash ini dapat menghasilkan fading yang lebih natural. Sebagian orang melakukan cara cuci ini setelah 6 bulan penggunaan tanpa dicuci.

Tapi, air laut ‘kan ada kandungan garamnya? Bagaimana kalau merusak celana? Gak usah khawatir, kandungan garam yang terdapat pada air laut tidak akan merusak bahan dan tekstur celana jeans Anda. Merasa ragu kalau cara ini efektif? 

Supaya Anda gak ragu lagi untuk melakukan teknik sea wash, tim Rekomin akan membagikan cara seawash denim yang benar. Daripada penasaran, lebih baik Anda baca artikel ini sampai selesai dan temukan jawabannya. Simak sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Seawash Denim - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Jakaria Ahamed et al, (2021) saat mencuci celana jeans berbahan denim dengan cara yang berbeda akan merubah sifat bahan tersebut termasuk pada warna yang memudar, kekuatan, dan ketahanannya.

Oleh karena itu, Rekomers harus mencoba cara seawash denim yang benar agar celana tetap bagus dan gak rusak.  Bagaimana caranya yang benar? Simak langkah-langkah di bawah ini!

1
Rendam Celana dengan Air Laut

Harus Basah Seluruhnya, Ya!

Rendam Celana dengan Air Laut

2
Gosok Celana dengan Pasir Pantai

Pastikan Semuanya Sudah Tertutup Pasir!

Gosok Celana dengan Pasir Pantai

3
Bilas Celana dengan Air Laut

Bilas sampai Semua Pasir Terlepas dari Celana

Bilas Celana dengan Air Laut

4
Cuci Ulang Celana Jeans

Menghilangkan Bau dan Sisa Pasir

Cuci Ulang Celana Jeans

5
Jemur Celana

Utamakan Menjemur di Tempat yang Teduh

Jemur Celana

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Harus Basah Seluruhnya, Ya!
© freepik.com
1
Harus Basah Seluruhnya, Ya!

Rendam Celana dengan Air Laut

Rekomendasi kami

Langkah pertama untuk cuci jeans dengan air laut yaitu Anda harus merendam celana dengan air laut. Cara merendamnya harus bersamaan dengan diri Anda sendiri.

Kenakan celana seperti biasa, setelah itu Anda bisa masuk ke air laut dan merendamnya sekitar 5 menit. Ketika proses ini berlangsung, pastikan celana jeans yang Anda kenakan sudah basah seluruhnya, ya!

Pastikan Semuanya Sudah Tertutup Pasir!
© freepik.com
2
Pastikan Semuanya Sudah Tertutup Pasir!

Gosok Celana dengan Pasir Pantai

Rekomendasi kami

Jika cara pertama telah selesai, gosok jeans pada area fades seperti wishkers, combs, dan lainnya dengan pasir pantai. Fades atau fading adalah istilah yang menggambarkan proses perubahan warna celana denim di bagian tertentu karena proses pemakaian yang sudah lama.

Anda bisa menggunakan pasir pantai yang halus, karena jika pakai pasir yang kasar celana beresiko rapuh atau cepat rusak akan semakin besar. Caranya:

  1. Lumuri celana jeans dengan pasir pantai.
  2. Pastikan semua bagian jeans yang terlipat sudah tertutup oleh pasir.
  3. Gosok celana secara perlahan agar hasil fades tetap natural.

Tim Rekomin sarankan untuk tidak menggosok bagian hardware jeans seperti button, rivet, leather patch, dan bagian lainnya. Sebab pasir pantai dapat merusak bagian hardware jeans.

Bilas sampai Semua Pasir Terlepas dari Celana
© freepik.com
3
Bilas sampai Semua Pasir Terlepas dari Celana

Bilas Celana dengan Air Laut

Rekomendasi kami

Setelah menggosoknya dengan pasir pantai, rendam kembali celana dengan air laut. Lalu, bilas celana jeans dengan air laut sampai pasir benar-benar hilang dari celana. Pastikan bahwa sudah tidak ada pasir yang menempel di celana, ya!

Menghilangkan Bau dan Sisa Pasir
© freepik.com
4
Menghilangkan Bau dan Sisa Pasir

Cuci Ulang Celana Jeans

Rekomendasi kami

Setelah celana sudah dibilas dengan air laut, cucilah celana Anda dengan sabun dan air bersih. Namun, sebelum itu, Anda harus membersihkan sisa-sisa pasir yang terdapat pada saku celana dengan air bersih. Jika sudah bersih, Anda bisa mulai mencucinya dengan sabun.

Simak langkah-langah mencuci celana jeans yang benar agar tidak pudar di bawah ini.

  1. Pertama, pisahkan celana jeans dengan pakaian lain supaya tidak kelunturan warna dari pakaian lain dan sebaliknya.
  2. Balik celana jeans dengan posisi bagian dalam ada di luar dan sebaliknya.
  3. Setelah itu, rendam celana dengan air dingin yang sudah dicampur dengan deterjen selama 30 menit.
  4. Setting mesin cuci dengan suhu panas 30 derajat dengan putaran rendah.

Proses pencucian ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada celana jeans berbahan denim. Jadi, jika masih ada bau amis yang tertinggal, Rekomers bisa mencuci celana ini lebih lama agar bersih secara keseluruhan. 

Utamakan Menjemur di Tempat yang Teduh
© freepik.com
5
Utamakan Menjemur di Tempat yang Teduh

Jemur Celana

Rekomendasi kami

Saat menjemur celana jeans, Anda bisa menggantungnya di jemuran baju. Usahakan untuk menjemurnya di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

Atau jika Anda ingin menjemurnya di bawah sinar matahari bisa dangan cara menjemurnya terlebih dahulu di tempat teduh sampai setengah kering. Setelah itu, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Anda boleh menjemur celana jeans di bawah sinar matahari langsung hanya sebentar saja, misalnya jemur bagian depan celana 30 menit dan bagian belakang celananya juga 30 menit. Setelah itu, kembalikan lagi celana jeans ke tempat jemuran yang teduh.

Tanya Jawab Seputar Cara Seawash Denim

Tim Rekomin sudah menyiapkan beberapa pertanyaan terkait cara sea wash denim yang benar. Baca daftarnya di bawah ini agar wawasan Rekomers bertambah! 

Apa itu celana jeans selvedge?

Biasanya, orang Indonesia suka salah dalam pengejaan atau penyebutan selvedge menjadi salvage. Nama ini berasal dari kata self-edge yang artinya membentuk tepi atau ujung secara mandiri. Selvedge denim merupakan jenis bahan denim berkualitas tinggi yang dibuat dengan mesin tenun kain kuno dengan hasil unik dan memiliki nilai artistik yang tinggi. Selvedge denim berfungsi untuk mengatasi bahan denim biasa dengan tepi kain yang terurai berantakan dan tidak rapi. 

Seawash denim untuk apa?

Sea wash denim merupakan teknik mencuci celana jeans berbahan denim dengan air laut.

Kenapa celana denim jarang dicuci?

Celana denim yang terlalu sering dicuci bisa bikin warnanya lebih cepat pudar.

Apakah celana denim boleh dijemur?

Jawabannya boleh. Tapi, Anda harus membalik celana dengan posisi bagaian dalam ada di luar dan sebaliknya saat menjemur celana ini.

Kesimpulan: Cara Seawash Denim

Demikian pembahasan tentang cara seawash denim. Untuk mencuci dengan metode ini, Anda harus melakukan 5 langkah yaitu merendamnya dengan air laut, gosok menggunakan pasir pantai, rendam kembali dengan air laut, cuci dengan air bersih, dan jemur celana jeans.

Cara mencuci di atas bisa Anda lakukan untuk semua jenis celana jeans bahan denim dari semua brand termasuk Levi’s, Nudie Jeans, Diesel, dan Wrangler. Celana jeans akan lebih tahan lama jika Anda merawatnya dengan cara yang benar juga. Jadi, rawatlah dengan baik agar tetap awet. 

Tim Rekomin juga ingin merekomendasikan produk terbaik. Oleh sebab itu, Anda bisa melihat beberapa produk celana jeans yang datang dari merk terkenal di atas. Jika tertarik, Rekomers juga bisa membeli lewat link yang sudah tim Rekomin siapkan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo