Hide Menu

5 Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Handbody Ini Bisa Kinclong dan Awet, Gimana Caranya?

Artikel Ini Memberikan Tips Menarik untuk Merawat Sepatu Kulit Hanya Pakai Handbody, Hasilnya Memuaskan!

Artikel Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Handbody ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Handbody 2024
© freepik.com

Emang Body Lotion Bisa Bikin Sepatu Kinclong?

Emang Body Lotion Bisa Bikin Sepatu Kinclong?
freepik.com

Anda tahu kulit asli terbuat dari apa? Kulit asli terbuat dari kulit hewan seperti sapi dan kerbau. Material kulit asli memiliki ciri yang khas dan berbeda dari kulit sintetis. Salah satu contoh brand sepatu yang menggunakan bahan baku kulit asli tanpa tambahan bahan palsu yaitu Jim Joker.

Menurut Anda, cara merawat sepatu kulit itu susah atau gampang? Sebagian orang ada yang bilang mudah dan ada juga yang bilang susah. Hal ini terjadi karena hanya sebagian orang yang tahu dan mengerti cara merawat sepatu kulit.

Padahal merawat sepatu kulit itu termasuk gampang, asalkan Anda tahu cara keperawatannya yang benar. Misalnya, sepatu wanita jenis pantofel berwarna hitam terkena noda, maka Anda harus segera membersihkan kotoran tersebut agar tidak berkerak dan merusak kualitas sepatu.

Anda harus tahu bahwa sepatu kulit itu sangat sensitif. Meski sensitif, tapi merawat sepatu ini gak semahal dengan Anda membeli sepatu kulit asli yang baru. Anda bisa merawatnya hanya dengan satu produk yang biasa Anda gunakan sehari-hari, lho. Tahu gak apa? Yap, produk itu adalah handbody.

Mungkin sebagian orang masih ada yang belum tahu bahwa handbody bisa dipakai untuk sepatu kulit. Faktanya, handbody atau body lotion mampu menjaga kelembaban sepatu kulit dan bisa membuatnya mengkilap.

Sementara itu, bagaimana cara merawat sepatu kulit dengan handbody yang benar? Penasarankah? Jika iya, gak usah buang-buang waktu lagi. Baca artikel ini sampai habis dan dapatkan jawabannya sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Handbody - Terbaru 2024

Menurut penelitian Widari et al, bahan pokok untuk pembuatan sepatu yang paling sering digunakan adalah kulit asli, kanvas, dan sintetis (2013). Namun, jika ingin sepatu bisa bertahan lama, maka sepatu dengan kulit aslilah yang bisa dipakai dalam jangka panjang.

Meskipun sepatu kulit asli bisa Anda pakai dalam jangka waktu yang lama, bukan berarti Anda tidak harus merawatnya. Sebaliknya, perawatan itu wajib supaya sepatu kulit lebih awet dan tetap kinclong. Coba Anda simak penjelasan cara merawat dengan handbody di bawah ini

1
Siapkan Bahan dan Alat

Siapkan Dulu Semua yang Dibutuhkan

Siapkan Bahan dan Alat

2
Bersihkan Sepatu

Jangan Lupa Hilangkan Dulu Debunya!

Bersihkan Sepatu

3
Pemilihan Handbody

Mau Mengkilap Saja atau Melembabkan Juga?

Pemilihan Handbody

4
Aplikasikan Handbody

Gosok Perlahan sampai Hasil yang Diinginkan Muncul

Aplikasikan Handbody

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Siapkan Dulu Semua yang Dibutuhkan
© freepik.com
1
Siapkan Dulu Semua yang Dibutuhkan

Siapkan Bahan dan Alat

Rekomendasi kami

Merawat sepatu memang butuh kesabaran dan metode yang tepat. Maka dari itu, sebelum Anda membersihkan sepatu, ada baiknya untuk mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Daftarnya sebagai berikut:

  1. Kain atau handuk bersih dengan tekstur lembut
  2. Spons dan soft brush
  3. Handbody lotion
Jangan Lupa Hilangkan Dulu Debunya!
© freepik.com
2
Jangan Lupa Hilangkan Dulu Debunya!

Bersihkan Sepatu

Rekomendasi kami

Jika semua alat dan bahan sudah disiapkan, Anda bisa membersihkan sepatu kulit asli dengan mencucinya terlebih dahulu. Namun, perlu Anda tahu cara mencuci sepatu kulit asli berbeda dengan sepatu bahan lainnya.

Pasalnya, sepatu kulit asli memiliki pori-pori yang dapat menyerap air dan susah untuk dikeringkan. Maka dari itu, cobalah untuk membersihkan sepatu kulit hanya dengan soft brush. Tujuan menggunakan alat ini adalah agar debu dan kotoran terlepas dari sepatu.

Mau Mengkilap Saja atau Melembabkan Juga?
© freepik.com
3
Mau Mengkilap Saja atau Melembabkan Juga?

Pemilihan Handbody

Rekomendasi kami

Cara merawat sepatu leather dengan handbody yang harus Anda perhatikan adalah memilih tipe lotion yang sesuai. Pilih handbody dengan tipe emulsifying cream atau oil cream. Kedua tipe lotion tersebut memiliki perbedaan fungsi untuk sepatu kulit Anda, seperti:

  • Emulsifying Cream

Jika Anda memilih handbody yang bisa melembabkan dan melindungi sepatu, maka gunakan handbody tipe emulsifying cream. Handbody ini terbuat dari campuran dari air, minyak, dan lilin yang berfungsi menjaga kualitas sepatu tetap mengkilap dengan alami.

  • Oil Cream

Handbody selanjutnya yaitu tipe oil cream yang terbuat dari 2 bahan saja, yakni minyak dan lilin. Hasil dari campuran 2 bahan ini membuat sepatu lebih memancarkan kilau dan memberikan efek mengkilap pada sepatu Anda.

Perlu Anda ingat bahwa handbody oil cream dibuat dengan bahan dasar minyak, sehingga bisa merusak sirkulasi udara sepatu. Namun, hal ini tidak akan Anda temukan pada handbody tipe emulsifying cream karena bahan utamanya dari air.

Gosok Perlahan sampai Hasil yang Diinginkan Muncul
© freepik.com
4
Gosok Perlahan sampai Hasil yang Diinginkan Muncul

Aplikasikan Handbody

Rekomendasi kami

Alat dan bahan sudah siap, sepatu juga sudah dibersihkan sebelumnya. Kini, saatnya Anda aplikasikan handbody ke sepatu, caranya sama seperti Anda mengaplikasikan semir. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Oleskan handbody pada kain microfiber.
  2. Gosok sepatu secara perlahan dan lembut sampai mengkilap.
  3. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa lotion dengan sponge.
  4. Lalu, jemur sepatu dengan diangin-anginkan saja sampai kering.

Apabila menurut Anda hasilnya belum maksimal, maka ulangi cara ini sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Handbody

Sebelum Anda mengakhiri artikel ini, ada baiknya Anda luangkan waktu untuk membaca rangkuman pertanyaan dan jawaban seputar keperawatan sepatu kulit di bawah ini. Yuk, cek!

Langkah-langkah merawat sepatu kulit?

Merawat sepatu kulit tidak boleh asal-asalan karena bisa merusak sepatu. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat sepatu kulit.

  1. Selalu membersihkan sepatu setelah digunakan.
  2. Jangan pakai sepatu kulit saat cuaca sedang hujan.
  3. Gunakan semir atau handbody agar sepatu kinclong.
  4. Gunakan kantong sepatu saat menyimpannya.
  5. Simpan di tempat yang kering.

Membersihkan sepatu kulit dengan apa ya?

Untuk membersihkan sepatu kulit, Anda bisa menggunakan kain dengan tekstur yang lembut. Apabila terdapat noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, bersihkan dengan sabun. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan air karena sepatu kulit gampang menyerap air dan susah untuk dikeringkan.

Bolehkah sepatu kulit kena air?

Akan lebih baik tidak. Pasalnya, sepatu berbahan kulit tidak perlu dicuci menggunakan air karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada permukaan sepatu.

Bagaimana cara membersihkan sepatu kulit?

Anda hanya perlu menggunakan lap lembut dan sikat yang lembut untuk membersihkan sepatu kulit. Tujuannya agar lap dan sikat tersebut tidak merusak permukaan sepatu kulit kesayangan Anda.

Bagaimana cara merawat sepatu yang baik?

Anda bisa menyimpan sepatu di tempat yang sejuk dan kering agar sepatu tidak gampang rusak. Selain itu, selalu pakai penyanggah sepatu agar sepatu tidak terlipat dan teksturnya tetap.

Kesimpulan: Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Handbody

Selesai sudah pembahasan seputar cara merawat sepatu kulit dengan handbody. Tim Rekomin akan mengingatkan kembali cara merawat sepatu kulit yang benar menggunakan handbody ada 4 step. Siapkan alat dan bahan, jangan lupa bersihkan dulu debunya, pilih handbody yang bisa bikin kulit sepatu tetap lembab dan bisa bikin kinclong, yang terakhir aplikasikan handbody ke sepatu kulit.

Tips dari tim Rekomin cukup mudah untuk Anda coba di rumah, bukan? Jika Rekomers terkendala dengan bahan dan alat, Anda bisa klik link produk yang sudah tim Rekomin sediakan di atas. Gak usah buang-buang waktu, check out produk di atas dan coba tips perawatan yang benar pada sepatu kulit Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Rekomers!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo