Hide Menu

Sebelum Mencuci, Simak 5 Cara Menghilangkan Noda Putih di Celana Hitam Ini dengan Mudah!

Celana Karate Hitam Anda Tekena Noda? Baca Artikel ini, Maka Anda akan Mendapatkan Cara untuk Menghilangkan Nodanya!

Artikel Cara Menghilangkan Noda Putih di Celana Hitam ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Noda Putih di Celana Hitam 2024
© freepik.com

Apa Sih Penyebab Noda Putih Menempel di Pakaian?

Apa Sih Penyebab Noda Putih Menempel di Pakaian?
freepik.com

Sudah dijelaskan di artikel sebelumnya tentang cara membersihkan celana yang kelunturan bahwa nilai penampilan akan berkurang jika seseorang menggunakan pakaian yang terdapat bekas noda atau kelunturan. Tapi, Anda tahu gak sih apa penyebab noda tersebut bisa menempel di pakaian? Berikut beberapa penyebab noda menempel.

  • Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen

Ternyata, mencuci dengan terlalu banyak deterjen akan meninggalkan residu pada pakaian. Apalagi jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci dengan efisiensi tinggi atau HE. Mesin cuci HE menggunakan sedikit air daripada mesin cuci standar lainnya, sehingga ada residu yang tertinggal di pakaian karena Anda mengunakan deterjen dengan takaran lebih dari 2 sendok teh.

  • Terlalu Banyak Menggunakan Pelembut

Hindari menuang pelembut secara langsung pada pakaian yang masih basah karena bisa menimbulkan noda tertentu. Sebaliknya, selalu tuang pelembut sesuai dengan takarannya.

  • Deterjen Tidak Larut

Penyebab selanjutnya yaitu karena deterjen yang Anda gunakan untuk mencuci tidak larut. Agar larut, tuangkan deterjen bubuk sebelum Anda memasukkan pakaian yang akan dicuci. Namun, cara ini tidak berlaku bagi Anda yang tinggal di daerah yang airnya dingin.

Jika Anda tinggal di daerah dingin, larutkan deterjen bubuk di wadah. Setelah larut baru Anda bisa masukkan deterjen tersebut ke mesin cuci. Atau bisa juga mengganti deterjen yang bubuk dengan deterjen cair.

  • Kondisi Mesin Cuci Kotor

Penyebab lainnya yaitu karena mesin cuci kotor. Jika Anda jarang membersihkan mesin cuci, justru mineral, kotoran, dan residu deterjen bisa menempel pada pakaian.

  • Mesin Cuci Kelebihan Kapasitas

Hindari mencuci pakaian dengan mesin cuci melebihi kapasitasnya. Sebab, mesin cuci tidak akan bekerja dengan baik yang artinya kotoran tidak akan terlepas dari pakaian.

  • Mesin Cuci Tersumbat

Terakhir, mesin cuci yang Anda gunakan tersumbat. Hal ini bisa menyebabkan serat, kotoran, dan deterjen tidak larut. Sebaliknya, kejadian ini justru membuat kotoran mengendap di pakaian.

Terus gimana kalau celana sudah terlanjur kena noda? Tenang saja, tim Rekomin akan membagikan cara menghilangkan noda putih di celana hitam dengan cepat dan mudah. Penasaran? Baca artikel ini sampai selesai biar tahu caranya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Noda Putih di Celana Hitam - Terbaru 2024

Menurut penelitian oleh Shinta Neldinda dan Irdamurni (2020), keduanya menyatakan bahwa mencuci merupakan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari. Selain itu, mencuci pakaian harus dilakukan dengan urutan yang benar. Jika tidak, ini dapat merusak pakaian secara permanen seperti kelunturan dan terkena noda lainnya.

Oleh karena itu, Rekomers harus berhati-hati dalam merawat pakaian jika ingin tetap awet dan bagus terus. Yuk, simak cara menghilangkan noda putih di celana hitam di bawah ini agar pengetahuan Anda tentang mencuci bertambah. Let’s go!

1
Pasta Gigi

Pilih yang Gak Ada Kandungan Pewarnanya

Pasta Gigi

2
Cuka

Campur dengan Rasio 1:3, Bisa Menghilangkan Noda!

Cuka

3
Baking Soda

Pasta Ajaib yang Mampu Mengatasi Jamur dan Noda Membandel

Baking Soda

4
Air Hangat

Mencuci dengan Cara Cepat dan Mudah

Air Hangat

5
Air Lemon

Noda Hilang, Baju Kembali Cerah

Air Lemon

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pilih yang Gak Ada Kandungan Pewarnanya
© freepik.com
1
Pilih yang Gak Ada Kandungan Pewarnanya

Pasta Gigi

Rekomendasi kami

Faktanya, Anda bisa menghilangkan noda putih dengan menggunakan pasta gigi. Namun, usahakan untuk menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung pewarna. Caranya:

  1. Oleskan pasta gigi pada bagian celana yang ada noda putihnya dan biarkan beberapa menit.
  2. Setelah itu, gosok menggunakan sikat bulu lembut secara perlahan.
  3. Terakhir, bilas celana dengan air bersih.

Anda bisa mengulang cara di atas jika hasilnya belum maksimal. Selain untuk celama, pasta gigi juga bisa Anda gunakan untuk ngilangin noda putih di baju pada bagian ketiak karena bekas deodorant merk Rexona dan yang lainnya.

Campur dengan Rasio 1:3, Bisa Menghilangkan Noda!
© freepik.com
2
Campur dengan Rasio 1:3, Bisa Menghilangkan Noda!

Cuka

Rekomendasi kami

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas noda di celana hitam adalah menggunakan cuka. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan cuka dan air hangat dengan rasio 1:3 ke dalam wadah.
  2. Setelah itu, basahi kain atau spons dengan cairan tersebut.
  3. Gosok celana pada bagian noda secara perlahan dan biarkan beberapa menit.
  4. Bilas celana menggunakan air dingin sampai bersih.
  5. Terakhir, cuci kembali celana tersebut dengan diberi deterjen dan keringkan.
Pasta Ajaib yang Mampu Mengatasi Jamur dan Noda Membandel
© freepik.com
3
Pasta Ajaib yang Mampu Mengatasi Jamur dan Noda Membandel

Baking Soda

Rekomendasi kami

Ada noda putih di celana Anda? Coba bersihkan noda tersebut menggunakan baking soda. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Campurkan baking soda dan air, aduk sampai membentuk pasta.
  2. Oleskan pasta ajaib tersebut dan diamkan beberapa menit.
  3. Setelah itu, bilas dan cuci celana menggunakan deterjen seperti biasa.

Pasta ajaib ini bisa Anda pakai untuk menghilangkan bekas noda luntur yang membandel pada celana jeans, kerudung, dan pakaian berwarna. Selain itu, pasta ini juga berfungsi untuk menghilangkan jamur dan berkas keringat pada pakaian.

Mencuci dengan Cara Cepat dan Mudah
© freepik.com
4
Mencuci dengan Cara Cepat dan Mudah

Air Hangat

Rekomendasi kami

Cara membersihkan noda di celana jeans hitam yang terkena noda makanan dengan menggunakan air hangat adalah sebagai berikut. 

  1. Siapkan wadah yang berisi air hangat dan sikat berbulu lembut.
  2. Gosok celana dengan sikat secara perlahan sampai bersih.
  3. Setelah itu, keringkan celana.

Mencuci pakaian dengan air hangat tidak akan merusak kain dari pakaian tersebut. Cara ini menjadi salah satu metode paling cepat dan mudah untuk vanishing bintik atau kotoran. Selain itu, air hangat gak akan bikin pakaian Anda yang berwarna kuning, hitam ataupun merah menjadi pudar.

Noda Hilang, Baju Kembali Cerah
© freepik.com
5
Noda Hilang, Baju Kembali Cerah

Air Lemon

Bahan alami yang bisa menghilangkan noda selanjutnya yaitu air lemon. Simak cara membersihkan noda dengan lemon di bawah ini.

  1. Campurkan air lemon dengan air hangat dengan perbandingan yang sama, misal 2:2.
  2. Rendam celana yang terkena noda selama beberapa menit.
  3. Kemudian, gosok bagian celana yang terkena noda menggunakan sikat sampai noda tersebut pudar.
  4. Bilas celana dengan air bersih dan cuci menggunakan deterjen.

Lebih baiknya lagi, cairan air lemon ini dapat mengembalikan kecerahan pakaian Anda. Jadi, jangan ragu untuk mempraktikkan cara ini, ya! 

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Noda Putih di Celana Hitam

Rekomers sudah tau cara menghilangkan noda putih di celana hitam. Kini, saatnya Anda meluangkan waktu untuk membaca pertanyaan dan jawaban yang sering muncul di bawah ini.

Apakah garam bisa menghilangkan noda luntur?

Bisa. Jika Anda ingin membersihkan noda luntur bisa menambahkan garam saat proses pencucian. Garam bisa mencegah warna pakaian baru luntur dan mengenai pakaian lainnya.

Apakah pemutih bisa menghilangkan noda tinta pulpen?

Anda tidak bisa menggunakan pemutih seperti Bayclin dan sitrun untuk membersihkan noda tinta pulpen. Bukannya noda tinta hilang, malah bikin warna pakaian menjadi luntur.

Kenapa baju bisa ada bercak putih?

Hal ini terjadi karena penggunaan deterjen yang terlalu banyak, mesin cuci yang kotor, menggunakan pelembut terlalu banyak, dan proses pengeringan tidak tepat.

Kenapa keringat menempel di baju?

Ini terjadi karena senyawa alumunium deodoran bereaksi dengan garam dalam keringat.

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Noda Putih di Celana Hitam

Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan noda putih di celana. Intinya, ada 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian, yaitu pasta gigi, cuka, baking soda, air hangat, dan air lemon.

Selalu ingat penyebab yang bisa bikin noda putih menempel di pakaian agar Rekomers bisa menghindari hal ini. Namun jika memang sudah kejadian, semoga tips dan trik yang tim Rekomin sampaikan bermanfaat. Jadi, Anda lebih suka pakai bahan yang mana untuk menghilangkan noda? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo