Hide Menu

Gak Sengaja Mencoret Baju dengan Nail Gel? Coba 5 Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju!

Anda Sudah Nyerah dan Frustasi Karena Noda Kutek di Baju? Berikut Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju yang Dijamin Manjur!

Artikel Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju 2024
© freepik.com

Siapa Sih yang Tidak Suka Mengecat Kuku?

Siapa Sih yang Tidak Suka Mengecat Kuku?
freepik.com

Semua perempuan pasti tidak asing lagi dengan produk satu ini, tidak lain dan tidak bukan cat kuku atau kutek. Bagaimana tidak? Produk satu ini nyatanya menjadi produk favorit semua perempuan karena dapat mempercantik tampilan kuku.

Tak heran jika saat ini ada banyak sekali merk kecantikan yang berbondong-bondong mengeluarkan cat kuku terbaik, mulai dari merk Brasov, Miniso, Revlon, Implora, dan lain-lain. Bukan cuma cat kuku saja yang saat ini tengah digandrungi oleh semua perempuan, nail art juga.

Itulah mengapa sebagian wanita gemar sekali ke nail salon karena mau buat nail art yang cantik dan unik. Bagi para nail art dan cat kuku lovers, pasti sudah tak heran lagi kalau baju Anda tiba-tiba ada noda kutek.

Hal tersebut bisa terjadi karena Anda gak sengaja menyentuh baju dengan kutek yang belum kering. Namanya juga cewek. Lantas, apa yang harus Rekomers lakukan jika kejadian tersebut terjadi pada Anda?

Kalau Rekomers belum tahu cara menangani masalah tersebut, Anda bisa menyimak artikel satu ini lebih lanjut karena berisi cara menghilangkan noda kutek di baju yang dijamin ampuh dan manjur. So, stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju - Terbaru 2024

Semua perempuan pasti pernah mengalami kejadian satu ini, yakni baju tercoret cat kuku atau kutek. Apabila Rekomers mengalami kejadian ini, Anda tidak perlu risau sebab artikel satu ini bisa dijadikan sebagai acuan karena berisi cara menghilangkan noda kutek di baju. Go, go, go!

1
Siapkan Alat dan Bahan

Langkah Pertama yang Tidak Boleh Terlewat!

Siapkan Alat dan Bahan

2
Lakukan Tes di Bagian Jahitan Baju

Amati Pakaian Anda, Apakah Berubah Warna?

Lakukan Tes di Bagian Jahitan Baju

3
Oleskan Aseton Secara Perlahan

Oleskan Perlahan Saja, Tidak Perlu Terburu-Buru

Oleskan Aseton Secara Perlahan

4
Hapus Sisa Kutek dengan Alkohol

Anda Bisa Pakai Alkohol atau Pelarut Pembersih Kering

Hapus Sisa Kutek dengan Alkohol

5
Cuci Baju Anda dengan Detergen

Anda Boleh Gunakan Deterjen Cair atau Bubuk

Cuci Baju Anda dengan Detergen

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langkah Pertama yang Tidak Boleh Terlewat!
© freepik.com
1
Langkah Pertama yang Tidak Boleh Terlewat!

Siapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan dibutuhkan ketika membersihkan noda cat kuku di baju. Hal tersebut bertujuan agar Rekomers bisa mengikuti step by step yang ada dengan benar.

Kalau Anda tidak menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, hal tersebut akan membuang-buang waktu. Berikut alat dan bahan yang akan Anda perlukan:

  • Aseton atau nail remover
  • Detergen
  • Handuk kering
  • Alkohol atau pelarut pembersih kering
  • Kapas atau tisu kering
Amati Pakaian Anda, Apakah Berubah Warna?
© freepik.com
2
Amati Pakaian Anda, Apakah Berubah Warna?

Lakukan Tes di Bagian Jahitan Baju

Sebelum memulai step menghapus bekas nail polish di baju, ada baiknya untuk mengetes baju yang terkena tumpahan cat kuku terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan pakaian yang terkena cat kuku tidak mengalami perubahan warna atau luntur.

Pasalnya, ada beberapa jenis kain yang bisa rusak jika terkena cairan aseton. Pastikan baju yang Anda miliki tidak terbuat dari kain yang mengandung triasetat, asetat, dan juga modacrylic.

Meski pakaian bebas dari kandungan triasetat, asetat, dan modacrylic, jangan langsung mengaplikasikan aseton. Teteskan sedikit cairan aseton ke bagian baju yang agak tersembunyi, contohnya kerah. Kalau baju tidak mengalami perubahan warna, lanjutkan ke step berikutnya.

Oleskan Perlahan Saja, Tidak Perlu Terburu-Buru
© freepik.com
3
Oleskan Perlahan Saja, Tidak Perlu Terburu-Buru

Oleskan Aseton Secara Perlahan

Cara menghilangkan kutek di baju selanjutnya adalah mengoleskan aseton ke bagian baju yang terkena cat kuku. Sebelum mengoleskan cairan aseton, hadapkan baju yang terkena kutek ke arah bawah dan taruh beberapa tisu atau handuk kering. Pastikan baju yang terkena kutek harus menempel dengan tisu atau handuk kering. 

Sehabis itu, bersihkan area baju yang terkena kutek dengan aseton secara perlahan. Caranya mudah sekali, basahi kapas atau tisu kering dengan cairan aseton, lalu tempelkan ke bagian belakang baju yang terkena noda kutek. Kemudian, bilas baju yang terkena noda cat kuku dengan air bersih.

Jika sudah, tempelkan bagian baju yang terkena bekas kutek menghadap handuk atau beberapa lembar tisu yang sudah Anda sediakan. Lakukan step satu ini secara berulang kali supaya cairan kutek berpindah ke kapas atau tisu yang Anda gunakan biar baju Anda terbebas dari cairan cat kuku yang membandel.

Anda Bisa Pakai Alkohol atau Pelarut Pembersih Kering
© freepik.com
4
Anda Bisa Pakai Alkohol atau Pelarut Pembersih Kering

Hapus Sisa Kutek dengan Alkohol

Apabila di baju Anda masih ada sisa kutek, Rekomers bisa mengoleskan alkohol atau pelarut pembersih kering. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat sisa-sisa kutek yang masih menempel di pakaian.  Caranya mudah sekali.

Tuangkan sedikit cairan alkohol atau pelarut pembersih kering ke kapas, lalu tempelkan ke bagian baju yang masih ada sisa kutek. Jika baju yang ketumpahan kutek itu warnanya putih, sebaiknya oleskan beberapa tetes hidrogen peroksida setelah alkohol atau pelarut pembersih kering.

Bukan tanpa alasan, cairan hidrogen peroksida dipercaya mampu mencegah terjadinya perubahan warna pada baju atau luntur serta memutihkan warna baju tanpa merusaknya.

Anda Boleh Gunakan Deterjen Cair atau Bubuk
© freepik.com
5
Anda Boleh Gunakan Deterjen Cair atau Bubuk

Cuci Baju Anda dengan Detergen

Setelah noda cat kuku benar-benar hilang tak tersisa, Anda bisa lanjut ke step berikutnya, yaitu mencuci baju yang terkena noda cat kuku dengan deterjen. Rekomers bisa mencucinya dengan tangan atau menggunakan mesin cuci, Anda bisa memilih salah satunya. 

Sebelum itu, ada baiknya untuk mengoleskan produk penghilang noda pada bagian baju yang baru saja Anda bersihkan menggunakan aseton dan alkohol atau pelarut pembersih kering. Baru deh Rekomers bisa mencucinya seperti biasa. Dengan demikian, noda kutek akan hilang seketika. 

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju

Jangan ke mana-mana dulu! Pasalnya, ada satu section lagi yang harus Anda perhatikan dengan saksama. Rugi banget kalau tidak Anda perhatikan sebab section satu ini berisi informasi menarik tambahan seputar cara menghilangkan noda kutek di baju. Baca selengkapnya!

Apakah pasta gigi bisa menghilangkan kutek?

Siapa sangka jika pasta gigi bisa Anda pakai untuk menghilangkan kutek atau cat kuku. Pasalnya, pasta gigi mempunyai kandungan etil asetat yang mana kandungan tersebut merupakan senyawa kimia dan bisa Anda temukan pada produk penghilang kutek.

Bukan cuma itu saja, pasta gigi juga bisa Rekomers gunakan untuk menghilangkan noda pena atau pulpen di baju. Hal tersebut bisa terjadi karena pasta gigi bersifat abrasif sehingga mampu mengatasi noda tinta. 

Minyak kayu putih apa bisa ngilangin kutek?

Tentu saja bisa. Rekomers hanya perlu meneteskan minyak kayu putih ke kapas bersih secukupnya saja, lalu sapukan ke permukaan kuku sembari digosok secara perlahan. Selain dipakai untuk membersihkan kutek, minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda spidol permanen atau bolpoin gel di baju.

Apakah bisa menghapus kutek dengan baby oil?

Selain aseton atau nail remover, Rekomers juga bisa pakai baby oil untuk menghapus cat kuku atau kutek, terlebih lagi untuk para muslimah. Pasalnya, seorang muslim yang menggunakan kutek harus membersihkan atau menghapusnya terlebih dahulu sebelum melakukan ibadah (Siti Hajar N, 2023:1).

Adakah cara menghilangkan noda semir rambut di baju?

Pastinya ada, dong. Perhatikan tabel yang memuat beberapa cara menghilangkan noda semir rambut di baju berikut!

Pilihan CaraStep by Step
Deterjen Cair
  • Teteskan deterjen pada bagian baju yang terkena noda cat rambut
  • Gosok bagian baju tersebut dengan sikat yang halus
  • Selepas itu, bilas bagian baju tersebut sampai bersih
Cuka Alami
  • Masukkan 945 ml air dan 1/4 cangkir cuka putih ke dalam wadah atau mangkuk
  • Rendam baju ke dalam larutan cuka selama 30 menit
  • Kemudian, cuci pakaian tersebut seperti biasa
Sabun Cuci Piring
  • Campur satu liter air, 1/2 sdt sabun cuci piring, dan 1 sdm amonia ke dalam wadah
  • Lalu, rendam pakaian Anda dan biarkan selama 30 menit
  • Setelah 15 menit, gosok bagian yang terkena noda sampai bersih dan cuci dengan deterjen seperti biasa
Pemutih
  • Tambahkan air dingin dan pemutih oksigen secukupnya saja ke dalam wadah yang sudah disiapkan
  • Selepas itu, rendam baju Anda ke dalam larutan tersebut kira-kira 8 jam atau semalaman
  • Selanjutnya, cuci pakaian Anda seperti biasa

Sebagai informasi tambahan, cara-cara diatas juga bisa Anda aplikasikan ke celana dan kerudung yang terkena noda cat tembok akrilik, pilox, pernis kayu atau pewarna makanan.

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Noda Kutek di Baju

Mulai sekarang, Rekomers tidak akan kebingungan lagi jika pakaian tiba-tiba dipenuhi dengan noda kutek. Ternyata, cara menghilangkan noda kutek di baju sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Bahkan, alat dan bahan yang dibutuhkan bisa Rekomers dapatkan di toko terdekat atau e-commerce apa pun. Kalau Anda gak mau repot mencari produknya, Rekomers bisa beli produk yang telah kami sediakan. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo