Hide Menu

Apakah Anda Belum Tahu Cara Menghilangkan Cat di Sepatu? Ikuti 4 Cara Ampuh Ini!

Panduan Cara Menghilangkan Bintik Cat Baik Pilox atau Acrylic di Sepatu untuk Berbagai Warna, dari yang Kuning dan Biru Jadi Putih

Artikel Cara Menghilangkan Cat di Sepatu ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Cat di Sepatu 2024
© freepik.com/zirconicusso

Hati-Hati Saat Membersihkan Sepatu yang Terkena Cat

Hati-Hati Saat Membersihkan Sepatu yang Terkena Cat
freepik.com

Tidak menutup kemungkinan saat sedang melukis, mengecat furniture atau mengerjakan suatu proyek seni, sepatu yang Anda pakai terkena cipratan cat. Untuk menghilangkan cat dari sepatu terbilang cukup rumit, tapi masih bisa asal Anda tahu caranya.

Menghilangkan cat bisa saja mudah atau susah, tergantung jenis cat dan juga bahan sepatu. Namun, Rekomers gak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk menghilangkan noda cat di sepatu kesayangan Anda.

Jika Anda memiliki sepatu kulit seperti sepatu pantofel dan terkena cat, Anda bisa menggunakan kain yang lembab dan diberi sedikit alkohol untuk menghilangkannya. Sedangkan, sepatu sneakers yang terbuat dari bahan kanvas (canvas), plastik atau karet bisa menghilangkan cat dengan cara menggunakan air hangat yang ditambahkan deterjen dan soda kue bahan makanan.

Jangan lupa setelah menghilangkan cat, Anda bisa menyeka sepatu dengan kain baju bekas basah dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Harus selalu Anda ingat, apapun jenis sepatu kesayangan Anda, tetap berhati-hati saat menghilangkan garis cat, entah itu cat tembok atau cat kayu. Karena jika Anda menggosok terlalu keras, perlakuan ini dapat merusak sepatu.

Namun, jika noda yang terdapat di sepatu Anda sulit untuk dihilangkan atau membandel, itu berarti Anda membutuhkan larutan pembersih yang jauh lebih kuat. Lalu, bagaimana cara mencuci sepatu suede yang terkena jenis cat lain? Sabar, kali ini tim Rekomin akan menjelaskan cara menghilangkan cat di sepatu Anda. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Menghilangkan Cat di Sepatu - Terbaru 2024

Anda memiliki sepatu dengan bahan beludru yang terkena car? Section kali ini, tim Rekomin akan membahas cara menghilangkan noda cat untuk semua jenis bahan sepatu. Simak dan jangan sampai ada yang terlewat satu nomor pun, ya!

1
Cara Menghilangkan Cat Akrilik atau Cat Lateks

Menghapus Noda Pakai Sedikit Alkohol, Hempas Semua Sisa Cat

Cara Menghilangkan Cat Akrilik atau Cat Lateks

2
Cara Menghilangkan Cat Minyak atau Cat Semprot

Sulit Dihilangkan, Namun dengan Cara yang Tepat Jadi Mudah

Cara Menghilangkan Cat Minyak atau Cat Semprot

3
Cara Membersihkan Sepatu Suede yang Terkena Cat

Sulit Sih, tapi Pakai Cara Ini Jadi Gampang!

Cara Membersihkan Sepatu Suede yang Terkena Cat

4
Cara Menghilangkan Cat Kimia

Diamkan dan Gosok Terpentin, Bye Noda Cat!

Cara Menghilangkan Cat Kimia

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Menghapus Noda Pakai Sedikit Alkohol, Hempas Semua Sisa Cat
© freepik.com/nataliaderiabina
1
Menghapus Noda Pakai Sedikit Alkohol, Hempas Semua Sisa Cat

Cara Menghilangkan Cat Akrilik atau Cat Lateks

Rekomendasi kami

Gak perlu takut dan khawatir jika sepatu putuh berbahan kanvas Anda kotor terkena cat akrilik. Anda bisa mengatasinya dengan menyiapkan bahan-bahan berikut ini :

  1. Kain basah
  2. Deterjen ringan atau sabun cuci piring
  3. Kuas kursus
  4. Pisau tumpul
  5. Botol semprot berisi air hangat atau alkohol (opsional)
  6. Penghapus cat kuku atau aseton (opsional)

Adapun cara menghilangkan cat akrilik di sepatu adalah sebagai berikut:

  • Step 1

Jika cat masih basah, bersihkan noda cat dengan cara perlahan dengan menggunakan kain bersih. Ketika Anda sedang membersihkannya harus berhati-hati agar noda cat tersebut tidak menyebar ke bagian lainnya.

Selain itu, jangan menggosok noda cat dengan tekanan yang berlebih karena akan masuk ke bagian dalam kain. JIka cat yang tumpah cukup banyak, Anda bisa mengambil sisa cat menggunakan sendok, lalu bersihkan sisa catnya.

  • Step 2

Siapkan campuran air hangat dan sabun pencuci piring. Basahi spons atau kain basah, lalu celupkan ke dalam campuran air sabun tersebut. Jangan menggosok sepatu dengan terlalu keras, karena bisa merusak bahan sepatu. Cukup gosok dengan lembut pada bagian noda cat. Namun, jika nodanya membandel, Anda bisa mengoleskan nail remover pada kain dan gosok secara perlahan.

  • Step 3

Anda bisa mengikis cat dengan menggunakan pisau yang tumpul. Setelah itu, bersihkan sepatu menggunakan larutan deterjen dan biarkan sepatu mengering.

  • Step 4

Setelah semua noda cat hilang, Anda dapat membersihkan sepatu secara menyeluruh dengan air bersih dan keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan. Pastikan sepatu sudah kering sebelum dipakai kembali.

Jika Anda pakai sepatu yang masih basah akan membuat kaki menjadi bau sikil (bahasa Jawa kaki) seperti bawang dan juga bau apek. Nah, jika masih ada sisa cat yang menempel, Anda bisa menambahkan beberapa tetes cat kuku, lalu seka bagian tersebut menggunakan kain yang lembut.

Sulit Dihilangkan, Namun dengan Cara yang Tepat Jadi Mudah
© freepik.com/nataliaderiabina
2
Sulit Dihilangkan, Namun dengan Cara yang Tepat Jadi Mudah

Cara Menghilangkan Cat Minyak atau Cat Semprot

Rekomendasi kami

Jangan panik kalau sepatu Anda terkena cat minyak atau pilox setelah mengecat aspal sebab ada cara menghilangkan pilox di sepatu yang ampuh. Cukup siapkan beberapa bahan seperti:

  1. Sikat kasar
  2. Sarung tangan karet
  3. Pengencer cat
  4. Pisau tumpul
  5. Handuk bekas atau handuk kertas
  6. Bola kapas
  7. Minyak tusam
  8. Deterjen
  9. Air panas

Begini caranya menghapus bekas cat di sepatu:

  • Step 1

Sikat sisa cat yang sudah mengering sampai terlihat lapisan atas menggunakan sikat dengan bulu kasar.

  • Step 2

Selanjutnya, pakai sarung tangan dan berikan setetes pengencer cat pada tisu, lalu bersihkan sisa noda cat. Ketika Anda menggunakan pengencer cat, lebih baik kerjakan di luar ruangan karena pengencer cat ini sangat mudah terbakar.

  • Step 3

Anda bisa mengikis noda menggunakan pisau yang tumpul. Hati-hati saat mengikis cat minyak karena cat jenis ini cukup sulit untuk dihilangkan jika Anda bandingkan dengan jenis cat lainnya. Apabila Anda sudah membersihkan sebagian besar noda cat pada sepatu, gunakan air panas untuk membersihkan sisa-sisa cat.

  • Step 4

Apabila masih ada noda cat, Anda bisa menggunakan terpentin atau mineral spirit yang diletakkan di atas tisu atau kapas. Diamkan terpentin selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Jika noda cat sudah hilang, bersihkan menggunakan handuk kering untuk menghilangkan sisa-sisa dari terpentin.

  • Step 5

Jika dirasa masih ada sisa noda Anda, bisa mencampurkan air hangat dan deterjen. Lalu, basahi kain dengan cairan pembersih dan bersihkan sisa noda cat pada sepatu Anda.

  • Step 6

Setelah Anda membersihkan cat dan sudah benar-benar hilang, cuci sepatu dengan menggunakan air dingin dan jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sulit Sih, tapi Pakai Cara Ini Jadi Gampang!
© freepik.com/goffkein
3
Sulit Sih, tapi Pakai Cara Ini Jadi Gampang!

Cara Membersihkan Sepatu Suede yang Terkena Cat

Rekomendasi kami

Suede merupakan salah satu bahan yang lebih halus jika dibandingkan dengan bahan kulit atau kanvas. Gimana jika sepatu suede terkena cat? Untuk dapat menghilangkan noda cat pada sepatu suede memang agak sulit. Tapi, Anda gak perlu bingung, cukup siapkan beberapa perlengkapan, seperti:

  1. Kuas suede
  2. Penghapus pensil
  3. Kain bersih
  4. Sabun cuci piring
  5. Pengikir kuku

Ikuti step-step di bawah ini:

  1. Siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan.
  2. Gunakan kain bersih untuk menghilangkan cat pada sepatu.
  3. Siapkan air hangat dan tambahkan sabun cuci piring secukupnya, lalu aduk dengan kuat sampai menghasilkan gelembung dan busa.
  4. Kemudian, oleskan gelembung dan busa pada area yang terkena cat dan gosok secara perlahan menggunakan kain lembut.
  5. Seka area tersebut menggunakan kain kering untuk menghilangkan semua cat. Anda bisa mengulangi langkah ini sebanyak mungkin yang diperlukan, namun pastikan bagian suede tidak basah dengan air.
  6. Periksa setiap butiran suede, lalu jalankan penghapus pensil dengan mengikuti arah butiran.
  7. Setelah itu, Anda dapat gosok secara perlahan area tersebut dengan sikat suede untuk menghilangkan cat yang sudah kering.
  8. Anda juga bisa menggunakan kikir kuku untuk menggosok area yang terkena cat dengan lembut dan perlahan sampai sisa-sisa noda cat hilang.
  9. Langkah terakhir, gunakan sikat khusus suede untuk menyikat area yang terkena noda agar tidak kembali ke tempatnya.
Diamkan dan Gosok Terpentin, Bye Noda Cat!
© freepik.com/dmitrytph
4
Diamkan dan Gosok Terpentin, Bye Noda Cat!

Cara Menghilangkan Cat Kimia

Rekomendasi kami

Anda memiliki sepatu kulit yang terkena cat kimia? Siapkan beberapa pelengkapan dan ikuti setiap langkah-langkah di bawah ini, ya!

  1. Kain bersih atau handuk kertas
  2. Bola kapas
  3. Spiritus
  4. Mineral spirit atau terpentin (untuk noda berbahan dasar minyak)
  5. Kondisioner kulit

Berikut cara cepat yang harus Anda ikuti:

  1. Saat membersihkan cat basah, Anda bisa gunakan kain bersih atau handuk kertas untuk menyeka area yang terkena cat dengan lembut. Jangan menggosok cat karena dapat menyebarkan cat ke bagian sepatu lainnya.

  2. Lalu, celupkan kapas ke dalam alkohol dan oleskan pada area yang terkena noda sampai catnya hilang.

  3. Anda dapat bersihin cat yang lepas dengan kain bersih hingga hilang. Jika noda cat masih ada, anda bisa mengulangi langkah ini sampai noda benar-benar hilang.

  4. Terakhir, jika semua cat sudah bersih dan hilang, Anda bisa mengaplikasikan kondisioner kulit untuk mengembalikan kelembapan dan kekenyalan alami pada bahan kulit sepatu. Setelah itu, gunakan kain lembut dan bersih untuk mengelap sepatu hingga mengkilat.

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Cat di Sepatu

Anda sudah membaca semua step-step di atas? Mudah, bukan? Anda dapat melakukan cara tersebut untuk membersihkan cat yang membandel pada sepatu. Nah, sebelum masuk ke section terakhir, ada baiknya Rekomers baca pertanyaan di bawah terkait membersihkan cat pada sepatu. Yuk, cek!

Untuk menghilangkan cat pakai apa?

Anda bisa menghilangkan cat  menggunakan:

  1. Cairan Pengencer Cat
  2. Minyak Tanah
  3. Alkohol
  4. Cuka, Garam, dan Amonia
  5. Bensin
  6. Lakban
  7. Sabun Cuci Piring
  8. Hand Sanitizer
  9. Hairspray

Apakah alkohol akan menghilangkan cat dari sepatu?

Alkohol bisa menghilangkan cat dari sepatu yang berbahan kanvas. Akan tetapi, jumlah alkohol yang digunakan itu tergantung dari seberapa banyak cat yang menempel pada sepatu Anda. Jika Anda ingin mendapatkan produk alkohol, belilah di apotek atau minimarket terdekat seperti Indomaret.

Bagaimana cara menghilangkan cat kering yang ada pada sepatu?

Anda bisa menggunakan terpentin atau mineral spirit. Ketika Anda menggunakan terpentin, usahakan di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan akses ventilasi yang cukup, karena terpentin mudah terbakar.

Apakah nail remover bisa menghilangkan cat dari sepatu?

Nail remover bisa Anda gunakan untuk menghilanglkan cat pada sepatu. Karena nail remover ini memiliki bahan dasar aseton yang artinya bahan pembersih yang paling efektif untuk menghilangkan cat dan melarutkan bekas cat yang ada pada sepatu Anda. Untuk mendapatkan nail remover, Anda bisa mendapatkannya di toko kecantikan atau minimarket.

Bisakah handsanitizer menghilangkan cat kering?

Iya, hand sanitizer dapat menghilangkan cat yang sudah mengering pada sepatu Anda. Tapi, lebih baik lagi jika Anda menggunakan produk yang mengandung alkohol karena akan lebih efektif dari pada menggunakan hand sanitizer pada umumnya.

Bagaimana cara menghilangkan bau cat pada sepatu?

Seperti yang Anda ketahui bahwa cat itu memiliki bau yang tidak enak. Mungkin saja setelah Anda membersihkan sepatu dari noda cat tapi masih ada bau yang gak enak. Penyebab bau tersebut berasal dari cat tersebut. Anda dapat menghilangkan baunya dengan menggunakan teh hitam, bedak bayi, garam, minyak esensial atau bubuk kopi. Caranya cukup Anda taburkan saja pada bagian dalam sepatu.

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Cat di Sepatu

Untuk menghilangkan cat pada sepatu bisa saja jadi rumit, tapi akan mudah dan cepat jika menggunakan bahan dengan tips yang tepat. Jika Anda mengikuti langkah-langkah cara menghilangkan cat di sepatu di atas untuk setiap jenis sepatu dengan bahan bludru atau sepatu futsal dari merek apapun seperti Skechers, Compass atau Adidas dan jenis cat apapun, maka Anda dapat mengembalikan sepatu ke kondisi semula.

Tim Rekomin berharap agar tips dan teknik di atas bisa membantu Anda untuk menghilangkan noda cat pada sepatu tanpa merusaknya. Harus Anda ingat bahawa mencuci sepatu juga membutuhkan keterampilan dan setelah mencucinya jangan lupa untuk selalu menjemurnya di tempat yang teduh karena meski hujan, sepatu akan tetap aman dan tetap bisa kering (Intan Budi et al, 2021).

Apakah Rekomers tertarik dengan gambar produk dan ingin membeli produk di atas? Jika iya, pilih salah satu produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan klik link yang tertera. Setelah itu, gunakan produk tersebut secara maksimal untuk membersihkan noda cat yang membandel pada sepatu Anda. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo