Hide Menu

Siapa yang Bajunya Dipenuhi Bulu Halus? Cus, Coba 5 Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam!

Bulu atau Serat Kain di Baju Bisa Bikin Gak Pede, Lho. Atasi dengan Mempraktikan 5 Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam!

Artikel Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam 2024
© freepik.com/user15285612

Penyebab Munculnya Bulu Halus di Baju

Penyebab Munculnya Bulu Halus di Baju
freepik.com

Before starting our discussion, tim Rekomin akan membagikan penyebab munculnya bulu halus dan serat kain pada baju yang Anda miliki. Tujuannya agar Anda berhati-hati lagi ketika mencuci, menjemur, dan menyimpan baju. Simak penjelasan di bawah dengan saksama, ya!

  • Siapa sangka jika kualitas serat kain pada baju bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bulu halus atau serat kain. Jika kualitas serat kain pada baju dinilai kurang, hal ini akan memunculkan tekstur seperti bulu yang warnanya lebih terang.
  • Bulu halus pada pakaian juga bisa muncul karena adanya gesekan dengan busana atau pakaian yang lain, contohnya sweater rajut.
  • Apabila salah menjemur baju, takutnya baju Anda akan dipenuhi dengan bulu halus. Oleh karena itu, Rekomers tidak boleh asal-asalan ketika menjemur baju. Sebaiknya, jemur baju di ruang terbuka dengan memanfaatkan angin. 
  • Alangkah baiknya jika Anda menyimpan baju di tempat yang bebas debu karena debu merupakan salah satu penyebab munculnya bulu halus di baju. 
  • Jikalau Rekomers mencuci baju dengan asal-asalan, pakaian yang Anda miliki akan dipenuhi dengan bulu halus. Hal ini dikarenakan tiap jenis kain punya cara mencuci yang berbeda-beda. Itulah mengapa Anda tidak boleh mencuci semua baju secara bersamaan dan harus memisahkannya terlebih dahulu.

Lantas, adakah cara menghilangkan bulu halus dan serat kain yang terlanjur muncul di baju? Tentu saja ada! Rekomers tidak perlu risau karena tim Rekomin siap membantu Anda dengan menyediakan tips dan trik terbaik mengenai cara menghilangkan bulu di baju hitam. Anda sudah gak sabar buat tahu tips dan triknya? Cus, scroll artikel ini tanpa pikir panjang!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam - Terbaru 2024

Sebagian masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, prefer memelihara kucing sebagai hewan piaraan (M Muttaqin, 2023:5). Tak heran jika sebagian masyarakat Indonesia mengalami permasalahan baju atau pakaian sering dipenuhi oleh bulu kucing.

Akan tetapi, Rekomers sekalian tidak perlu risau karena tim Rekomin telah menyediakan tips dan trik terbaik mengenai cara menghilangkan bulu di baju hitam. Contohnya bulu kucing, serat kain, benang halus, dan masih banyak lagi. Yuk, baca penuturan selengkapnya!

1
Gunakan Rol Penggulung Bulu

Kalau Tidak Tahu Bentuknya, Lihat Gambar di Atas!

Gunakan Rol Penggulung Bulu

2
Pakai Perekat Lakban atau Selotip

Anda Bisa Pakai Lakban atau Selotip Jenis Apapun

Pakai Perekat Lakban atau Selotip

3
Bersihkan dengan Pisau Cukur

Pastikan Pisau Cukur yang Dipakai Masih Tajam

Bersihkan dengan Pisau Cukur

4
Pakai Pembersih Serat Elektronik

Alat Pembersih Bulu yang Lagi Trend Saat Ini

Pakai Pembersih Serat Elektronik

5
Sapu Semua Bulu dengan Sikat Lembut

Jangan Pakai Sikat yang Bulu-bulunya Kasar!

Sapu Semua Bulu dengan Sikat Lembut

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kalau Tidak Tahu Bentuknya, Lihat Gambar di Atas!
© freepik.com
1
Kalau Tidak Tahu Bentuknya, Lihat Gambar di Atas!

Gunakan Rol Penggulung Bulu

Rekomendasi kami

First things first, cara menghilangkan bulu di celana jeans dan baju yang bisa Rekomers coba di rumah adalah menggunakan rol penggulung bulu. Cara pemakaiannya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka lapisan rol yang berbentuk kertas. Lalu, usapkan produknya secara perlahan pada baju yang dipenuhi dengan bulu halus dan serat kain. 

Anda bisa menemukan produk satu ini di semua e-commerce, mau itu Shopee, Tokopedia, Lazada, BliBli, dan lain sebagainya. Kalau butuh rekomendasi rol penggulung bulu, Anda bisa membeli produk rekomendasi yang telah disediakan oleh tim Rekomin. Tenang saja, semua produk rekomendasi di atas sudah pasti terpercaya. 

Anda Bisa Pakai Lakban atau Selotip Jenis Apapun
© freepik.com
2
Anda Bisa Pakai Lakban atau Selotip Jenis Apapun

Pakai Perekat Lakban atau Selotip

Rekomendasi kami

Next, cara membersihkan bulu di baju, jaket, kerudung, dan fashion item lainnya adalah menggunakan lakban atau selotip. Semua orang pasti punya produk satu ini.

Siapa sangka jika produk yang hanya dipakai untuk merekatkan barang ternyata bisa menghilangkan bulu halus, contohnya bulu kucing atau sisa benang yang menempel di pakaian.  Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu menarik lakban dan tempatkan ke bagian yang dipenuhi dengan bulu-bulu halus.

Kemudian, tarik lakban dengan cepat supaya bulu halus yang menempel bisa keangkat semua. Percaya deh, pakaian Anda akan terbebas dari bulu halus. Namun sayangnya, metode satu ini kurang efektif jika Rekomers pakai untuk membersihkan serat kain yang keluar-keluar dari pakaian atau busana formal. 

Pastikan Pisau Cukur yang Dipakai Masih Tajam
© freepik.com
3
Pastikan Pisau Cukur yang Dipakai Masih Tajam

Bersihkan dengan Pisau Cukur

Rekomendasi kami

Alternatif lain yang bisa Anda pakai buat ngilangin bulu halus dan serat kain membandel adalah memakai pisau cukur. Pastikan pisau cukur yang akan Rekomers pakai dalam keadaan yang bersih dan masih tajam supaya hasil pembersihan bulu halus dan serat kain jadi lebih maksimal.

Tapi, perlu diingat kembali Anda harus berhati-hati saat memakai pisau cukur biar tidak merobek pakaian, sayang banget kalau sampai robek. Oleh sebab itulah Anda tidak perlu tergesa-gesa ketika mengusapkan pisau cukur di atas pakaian yang dipenuhi bulu halus dan serat kain.

Alat Pembersih Bulu yang Lagi Trend Saat Ini
© freepik.com
4
Alat Pembersih Bulu yang Lagi Trend Saat Ini

Pakai Pembersih Serat Elektronik

Rekomendasi kami

Siapa di sini yang masih bingung memikirkan cara menghilangkan bulu halus dan serat kain yang brudul? Mulai sekarang, Rekomers tidak akan kebingungan lagi memikirkan cara menghilangkan bulu dan serat kain yang brudul karena ada alat lint remover atau trimmer.

Kalau Rekomers punya budget lebih, Anda bisa pakai alat satu ini. Rekomers tidak perlu khawatir ketika mengenakan alat satu ini karena cara pemakaiannya gampang banget.

Sebelum menggunakannya, isilah alat ini dengan baterai terlebih dulu. Selanjutnya, tekan tombol ON dan usapkan alat ini ke permukaan baju yang dipenuhi dengan serat kain serta bulu halus. Rekomers gak bakal nyesel kalau pakai alat ini karena bisa membuat serat kain kembali bagus dan halus. 

Jangan Pakai Sikat yang Bulu-bulunya Kasar!
© freepik.com
5
Jangan Pakai Sikat yang Bulu-bulunya Kasar!

Sapu Semua Bulu dengan Sikat Lembut

Rekomendasi kami

Buat Rekomers yang kebingungan mencari cara mengatasi bulu halus dan serat kain yang membandel di pakaian, Anda bisa gunakan tips yang satu ini, yaitu menggunakan sikat lembut. Alangkah baiknya sikat yang Anda gunakan memiliki bulu yang halus, contohnya sikat untuk baju bayi.

Bukan tanpa sebab, sikat untuk baju bayi biasanya mempunyai bulu yang halus dan lembut. Rekomers hanya perlu mengusap-usapkan sikat lembut pada baju yang dipenuhi dengan bulu halus dan serat kain yang menumpuk.

Pastikan Anda melakukannya secara perlahan biar serat kain pakaian yang Anda miliki tidak bertambah rusak. Oh iya, tim Rekomin juga telah menyiapkan rekomendasi sikat lembut yang bisa Rekomers beli di atas.

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam

Kalau Rekomers masih merasa kurang dengan informasi di atas, Anda bisa menyimak section yang berisi informasi tambahan seputar cara menghilangkan bulu di baju hitam. Let’s find out!

Bagaimana cara mencuci hoodie agar tidak berbulu?

Simak tips dan trik yang berisi informasi mengenai cara mencuci hoodie agar tidak cepat berbulu!

  1. Sebelum mencuci hoodie, pastikan untuk memisahkan hoodie dari pakaian yang lain.
  2. Balik hoodie agar bagian dalamnya yang berbulu lebih mudah dijangkau oleh deterjen dan air.
  3. Masukkan hoodie ke dalam tas pencuci. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi hoodie dari gesekan karena bisa menyebabkan bulu-bulu jadi terlepas.
  4. Ketika mencuci hoodie, pilih siklus mesin cuci yang lembut, contohnya delikat atau halus.
  5. Ada baiknya jika Anda mencuci hoodie dengan air dingin. Pasalnya, air panas dapat merusak serat pakaian.
  6. Gunakan sedikit deterjen sesuai petunjuk yang ada. Kalau Anda pakai terlalu banyak deterjen, hal tersebut dapat membuat residu jadi menempel di hoodie.
  7. Jangan gunakan pelembut pakaian saat mencuci hoodie!
  8. Hindari penggunaan mesin pengering ketika mengeringkan hoodie! Ada baiknya keringkan hoodie di luar ruangan biarkan hoodie kering secara alami.
  9. Setelah hoodie kering, Rekomers bisa sapukan sikat khusus yang halus guna menghilangkan bulu halus dan serat kain.
  10. Terakhir, simpan hoodie dengan baik. Jangan gantung hoodie di tempat yang terpapar debu atau benda-benda yang bisa menyebabkan bulu menempel di hoodie!

Agar pakaian tidak mudah berbulu apa yang harus dilakukan?

Berikut beberapa tips dan trik yang harus Anda lakukan supaya pakaian yang Rekomers miliki terbebas dari bulu halus dan serat pakaian:

  • Ketika membeli pakaian, pastikan pakaian yang akan Anda beli terbuat dari material dengan serat kain yang rapat. 
  • Jangan merendam pakaian lebih dari 1 jam karena bisa membuat pakaian yang Anda miliki jadi cepat berbulu serta warna asli dari pakaian jadi cepat luntur atau pudar. 
  • Cuci beberapa jenis pakaian dengan tangan tanpa sikat cuci baju. Hindari pemakaian mesin cuci karena bisa membuat serat pakaian Anda berubah jadi renggang dan timbul benang halus!
  • Sebenarnya, tidak apa-apa jika mencuci pakaian dengan mesin cuci tapi pastikan sisi dalam pakaian Anda balik terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar sisi luar pakaian tidak cepat berbulu. 
  • Alangkah baiknya simpan pakaian Anda dengan cara dilipat biar pakaian tetap rapi serta menjaga siluet dan tekstur pakaian agar tidak berubah terlalu cepat.

Gimana cara menghilangkan noda di baju?

Perhatikan penjelasan di bawah ini dan temukan cara menghilangkan noda di baju!

  • Anda bisa pakai cara alami, yakni mengoleskan air perasan jeruk nipis secara merata tepat di permukaan baju yang terkena cat. 
  • Rendam baju yang luntur di dalam larutan baking soda selama 20 menit sampai nodanya menghilang. Kemudian, cuci dengan deterjen hingga bersih dari noda membandel.
  • Cara mengembalikan baju putih yang luntur adalah menggunakan cairan pemutih tanpa klorin, contohnya Vanish, Bayclin, Proclin atau Sitrun. Rendam baju Anda ke dalam larutan pemutih dan biarkan selama 1-2 jam. Selepas itu, cuci seperti biasa dengan deterjen. 
  • Rekomers bisa gunakan larutan aseton untuk menghilangkan bercak tinta di pakaian. Oleskan larutan aseton perlahan dan tunggu selama 30 menit. Lalu, cuci dengan deterjen seperti biasa. 
  • Jika pakaian terkena bekas tumpahan cat, kasih garam ke permukaan baju yang terkena cat atau tinta. Selanjutnya, tunggu selama 10-15 menit, lalu cuci dengan deterjen sampai bersih. 

Sebagai informasi tambahan, tips di atas tidak hanya berlaku untuk baju berwarna putih saja tapi juga bisa menghilangkan noda di baju yang warnanya kuning, merah, dan warna baju lainnya. 

Bagaimana cara menghilangkan bulu kucing di baju?

Temukan beberapa cara menghilangkan bulu kucing yang ada di baju!

  • Sebelum mencuci baju yang ada bulu kucingnya, pastikan mesin cuci yang akan Anda gunakan dalam keadaan bersih. Jangan cuci baju tersebut di mesin cuci yang kotor!
  • Rekomers bisa gunakan bola pengering untuk menghilangkan bulu kucing yang menempel di pakaian.
  • Cuci baju yang ada bulu kucingnya dengan cuka. Faktanya, cuka bisa menghilangkan bulu kucing yang membandel di permukaan baju. Anda bisa tambahkan 1/2 cangkir cuka ke dalam mesin cuci. 
  • Jika baju yang sudah Anda cuci masih ada bulu kucingnya, Rekomers bisa gunakan roller lint untuk membersihkan sisa-sisanya.

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Bulu di Baju Hitam

Arti dari pembahasan ini sebenarnya simple karena tim Rekomin hanya ingin membagikan informasi penting yang pastinya bermanfaat untuk Rekomers ke depannya. Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir kalau tiba-tiba baju yang Rekomers miliki terdapat benang halus, serat kain brudul, dan bulu kucing yang menumpuk. Kunjungi saja artikel satu ini, dan atasi masalah tersebut dengan efektif. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo