Hide Menu

Ketahui 5 Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi agar Tak Salah Pilih Lensa yang Asli!

Intip Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi Berikut Ini, Bisa Selesai Tak Sampai Sehari!

Artikel Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi ini diposting diperbarui
42 Pembaca
Like
Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi 2024
© freepik.com/karlyukav

Kacamata Anti Radiasi itu Apa Sih?

Kacamata Anti Radiasi itu Apa Sih?
freepik.com/8photo

Selain kacamata anti gores, Rekomers pasti pernah kan mendengar tentang kacamata anti radiasi? Apa sih arti dari anti radiasi? 

Sesuai namanya, kacamata anti radiasi adalah kacamata khusus yang berguna untuk melindungi mata dari paparan sinar radiasi. Sinar radiasi tersebut meliputi layar komputer, sinar matahari, layar smartphone, dan masih banyak lagi.

Masing-masing sinar radiasi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mata jika terkena secara langsung tanpa adanya perantara. Selain itu, radiasi juga merupakan energi yang terdiri dari gelombang atau partikel yang berkekuatan tinggi. Sehingga, Anda patut mawas diri dan menjaga agar tidak terpapar secara langsung.

Oleh karena itu, hadirlah kacamata anti radiasi untuk menangani semua masalah yang ada. Namun, apakah Anda sudah memilikinya? Jika Anda belum memiliki dan memiliki keinginan untuk membeli, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai cara mengecek kacamata anti radiasi. Sebab, di era ini banyak sekali yang masih menjual barang palsu di pasaran. Nah, agar Anda tidak salah pilih, simak seluruh informasinya hanya di sini.

Mengenakan Kacamata Anti Radiasi, Apa Saja Manfaatnya?

Mengenakan Kacamata Anti Radiasi, Apa Saja Manfaatnya?
freepik.com

Setelah menjelaskan mengenai pengertian dari kacamata anti radiasi, tim Rekomin akan mulai membahas manfaat menggunakan kacamata anti radiasi. Berikut adalah penjelasannya.

  • Mencegah Mata Kering atau Iritasi 

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika terlalu lama menatap layar gadget, mata jadi jarang berkedip. Alhasil, pelumas dari mata pun tidak bekerja secara optimal sehingga membuat mata menjadi terasa kering. Namun sekarang, Anda tidak perlu khawatir. Dengan adanya lensa anti radiasi akan membantu menyaring blue light sehingga mata pun akan berkedip dengan normal.

  • Memblokir Sinar-Sinar Berbahaya

Kadek S. dan Adrianus I. (2021) menyatakan bahwa jika mata terpapar secara langsung oleh sinar UV, maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada mata. Seperti halnya kerusakan retina pada mata. Tak hanya itu, Rekomers juga bisa mengalami gangguan lain seperti luka bakar pada kornea dan penyakit mata lain yang berbahaya. Oleh karena itu, gunakan kacamata tidak hanya sebagai fashion semata, melainkan juga untuk kebutuhan dan kesehatan mata.

  • Mengurangi Resiko Mata Lelah

Selain untuk mencegah mata kering dan memblokir sinar yang berbahaya, lensa anti radiasi juga bermanfaat untuk mencegah mata lelah. Kondisi ini biasa terjadi ketika melihat paparan cahaya dari perangkat elektronik yang terlalu menyilaukan. Hal itulah yang menjadi faktor utama mata mudah lelah. Gejalanya berupa mata mudah berair, terasa perih, pandangan kabur, dan sensitif terhadap cahaya. 

  • Menyegarkan Penglihatan

Ketika menggunakan kacamata anti radiasi, terdapat elemen di dalam lensa yang memiliki tugas khusus untuk menghalau sinar UV atau blue ray. Nah, itulah yang membuat penglihatan menjadi lebih segar, jelas, dan fokus.

  • Mencegah Mata Tegang

Seperti halnya mata lelah, mata tegang juga memiliki ciri yang sama. Seperti mata terasa gatal, perih, memerah, kering, dan mengalami kedutan setiap beberapa menit sekali. Untuk mencegah hal itu, segera gunakan produk kacamata anti radiasi yang memiliki kemampuan terbaik dalam pemantulan cahaya.

Apa Saja Jenis-Jenis Kacamata Anti Radiasi?

Apa Saja Jenis-Jenis Kacamata Anti Radiasi?
freepik.com

Selain manfaat yang beragam, jenis kacamata anti radiasi juga beragam macamnya. Mulai dari jenis yang mampu mengurangi silau cahaya, menghalau radiasi komputer, hingga menangkal sinar UV. Yuk, ketahui semua perbedaan dan apa saja fungsi kacamata tersebut di bawah ini!

  • Polarized

Kacamata dengan jenis polarized adalah berbentuk lens polaroid atau sejenis lensa kacamata hitam yang mengurangi silau cahaya. Layaknya kacamata hitam pada umumnya, kacamata ini sangat membantu Anda untuk melihat lebih nyaman dalam situasi terik atau cerah.

Faktanya, kacamata ini berguna untuk mengurangi efek glare dari sinar matahari. Namun, bisa juga dipakai buat mereduksi efek cahaya lampu kendaraan dan sinar lainnya. Jika Anda memiliki planning untuk liburan ke pantai dalam waktu dekat, jangan lupa untuk bawa dan pakai kacamata jenis ini, ya!

  • Blueray

Berbeda dengan kacamata jenis polarized, kacamata bluray bertugas khusus untuk melindungi mata dari sinar biru atau blue light. Sinar biru tersebut meliputi layar ponsel, layar komputer, layar tablet, dan layar laptop. Fyi, Lensa ini tidak akan berubah warna meski terkena sinar matahari.

  • Bluecromic

Lensa jenis ini merupakan perpaduan yang sempurna dari lensa photocromic dan lensa blueray. Sesuai penjelasan tersebut, maka blue chromic memiliki gabungan kegunaan dari dua kacamata tersebut. Jika menggunakan kacamata ini, maka mata Anda akan terlindungi dari sinar matahari juga menahan dari sinar biru pada gadget.

  • Photochromic

Stylist dan fashionable merupakan sebutan yang cocok untuk jenis lensa ini. Baik berbentuk bulat, kotak, persegi, dan lainnya, kacamata dengan lensa ini tetap terlihat keren, menarik, dan modern. Mengapa? Sebab, lensa ini akan berubah warna yang mulanya bening menjadi gelap saat terkena paparan sinar matahari.

Saat Rekomers masuk ke dalam ruangan, lensanya akan berubah seperti semula dalam waktu sekejap. Kacamata ini khusus didesain untuk menangkal sinar UV dan mudah beradaptasi dengan perubahan cahaya.

A.F Fauziyah
Writer
Content Writer

Pribadi yang punya banyak mimpi yang belum terjadi. Seorang yang ingin membahagiakan banyak orang. Haha klise tapi nyata. Bismillah untuk segala sesuatunya.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi - Terbaru 2024

Memutuskan membeli kacamata anti radiasi secara online memanglah bukan suatu keputusan yang mudah. Anda perlu untuk melihat spesifikasinya, agar tidak mudah tertipu kualitas barangnya. Akan tetapi, ketika sudah terlanjur membeli namun tidak mengetahui keaslian dari kacamata tersebut, maka Anda telah berada di tempat yang tepat. Mengapa? Karena di halaman artikel ini, tim Rekomin membahas cara mengetahui lensa kacamata anti radiasi dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah. Telurusi dengan seksama, ya!

1
Periksa Cahaya yang Memantul dari Lensa Kacamata

Lensa Warna Biru Merupakan Kacamata Anti Radiasi?

Periksa Cahaya yang Memantul dari Lensa Kacamata

2
Arahkan Kacamata ke Arah Langit

Lensa Anti Radiasi Mengubah Langit Menjadi Hangat

Arahkan Kacamata ke Arah Langit

3
Melihat Background Putih Menggunakan Kacamata

Terdapat Pigmen Khusus di Kacamata Anti Radiasi

Melihat Background Putih Menggunakan Kacamata

4
Tes dengan Sinar Laser

Lensa Anti Radiasi Tidak Dapat Ditembus oleh Sinar Laser

Tes dengan Sinar Laser

5
Lihat Layar HP Menggunakan Kacamata

Perpaduan Sempurna Fitur Night Mode dan Kacamata Anti Radiasi

Lihat Layar HP Menggunakan Kacamata

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lensa Warna Biru Merupakan Kacamata Anti Radiasi?
© freepik.com
1
Lensa Warna Biru Merupakan Kacamata Anti Radiasi?

Periksa Cahaya yang Memantul dari Lensa Kacamata

Rekomendasi kami

Umumnya, ciri dari kacamata anti radiasi terdiri dari dua logam yang dapat menahan sinar biru atau blue light. Warna biru tersebut berguna untuk menghalau sinar-sinar berbahaya yang langsung masuk ke mata, seperti sinar UV, radiasi dari komputer, gadget, dan banyak lagi.

Namun, ketika Anda ragu apakah kacamata yang Anda gunakan merupakan kacamata anti radiasi yang asli atau palsu, maka Anda bisa mencoba untuk mengeceknya dengan cara yang mudah. Berikut ini penjelasan singkatnya.

  1. Siapkan lampu atau sumber cahaya dengan sinar yang menyala terang.
  2. Dekatkan kacamata ke sumber cahaya tersebut.
  3. Amati dan periksa warna apa yang memantul dari lensa tersebut.

Nah, dengan tiga step di atas, Anda sudah bisa langsung mengetahui faktanya. Jika Rekomers melihat warna biru pada lensa kacamata, maka bisa dipastikan kacamata tersebut adalah kacamata anti radiasi. Namun, jika tidak terdapat warna biru, maka tidak termasuk dalam kacamata anti radiasi. Biasanya, lensa ini mampu menahan sinar di persentase 60% hingga 100%. Akan tetapi, hal ini tergantung dari jenis atau material logam yang dipakai.

Lensa Anti Radiasi Mengubah Langit Menjadi Hangat
© freepik.com/lookstudio
2
Lensa Anti Radiasi Mengubah Langit Menjadi Hangat

Arahkan Kacamata ke Arah Langit

Rekomendasi kami

Jika cara yang pertama membutuhkan lampu sebagai media, maka berbeda dengan cara kedua ini. Kali ini, Rekomers hanya perlu menggunakan kacamata lalu menghadap ke arah langit. Gunanya adalah untuk mengecek apakah kacamata Anda mampu memiliki sifat UV protection atau tidak.

Nah, apabila dengan cara ini Anda melihat langit dengan warna biru terlihat sedikit kekuningan, maka lensa tersebut merupakan kacamata anti radiasi. Namun jika kacamata Anda merupakan anti radiasi dengan jenis photocromic, maka akan menghasilkan warna langit yang sedikit gelap.

Mengapa? Sebab, lensa jenis ini mampu mengubah warna lensa menjadi gelap berwarna abu-abu hingga hitam. Dengan demikian, Anda tidak merasa silau sama sekali karena langit terlihat begitu hangat. 

Terdapat Pigmen Khusus di Kacamata Anti Radiasi
© freepik.com
3
Terdapat Pigmen Khusus di Kacamata Anti Radiasi

Melihat Background Putih Menggunakan Kacamata

Rekomendasi kami

Cara mengecek kacamata anti radiasi selanjutnya adalah dengan melihat barang yang berwarna putih. Apabila menggunakan kacamata anti radiasi, maka warna putih tersebut akan terlihat menjadi sedikit kekuningan. Hal ini dikarenakan lensa anti radiasi memiliki kemampuan menghalangi cahaya biru.

Nah, apakah Rekomers ingin mencoba menggunakan cara ini? Jika iya, simak tahap-tahap berikut ini, ya!

  1. Gunakan kacamata anti radiasi Anda.
  2. Siapkan background dengan warna putih (monitor komputer, tembok, atau selembar kertas).
  3. Dekatkan kacamata Anda ke background tersebut.
  4. Lihatlah melalui lensa untuk memeriksa apakah background berubah menjadi warna kuning.

Catatan:

  • Warna putih berubah menjadi kuning disebabkan karena adanya pigmen khusus pada lensa yang didesain untuk menyerap cahaya biru yang melewatinya.
  • Jika lensa masih tetap jernih dan warna latar belakang tidak berubah warna, maka lensa hanya memiliki lapisan anti-reflektif yang menyaring sekitar 5 hingga 20% cahaya biru.
Lensa Anti Radiasi Tidak Dapat Ditembus oleh Sinar Laser
© freepik.com/frimages
4
Lensa Anti Radiasi Tidak Dapat Ditembus oleh Sinar Laser

Tes dengan Sinar Laser

Rekomendasi kami

Dari cara-cara yang telah tim Rekomin sebutkan di atas, apakah Rekomers sudah memilih opsi terbaik? Jika belum, tenang saja. Tim Rekomin masih memiliki opsi lainnya.

Pada cara ke-4 ini, Anda akan membutuhkan laser pen untuk mengecek keaslian kacamata anti radiasi yang akan atau sudah Anda beli. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa segera membeli di marketplace atau toko optik. Tenang saja, tim Rekomin pastikan harga laser pen ini cukup terjangkau.

Caranya adalah sorotkan laser pen ke lensa kacamata Anda. Kemudian, perhatikan apakah warna biru dari laser tersebut mampu menembus lensa atau tidak. Apabila tembus, maka kacamata anti radiasi Rekomers adalah palsu. Sebaliknya, apabila warna biru tidak menembus, maka lensa tersebut asli. Selain kacamata, Anda juga bisa mengaplikasikan laser pen ini untuk mengecek kaca helm Anda.

Perpaduan Sempurna Fitur Night Mode dan Kacamata Anti Radiasi
© freepik.com/katemangostar
5
Perpaduan Sempurna Fitur Night Mode dan Kacamata Anti Radiasi

Lihat Layar HP Menggunakan Kacamata

Bukankah di zaman sekarang penggunaan HP merupakan kebutuhan primer bagi semua orang? Dengan seringnya menggunakan teknologi ini, tak jarang Rekomers akan mengalami mata kering atau iritasi. Nah, untuk mencegah hal ini, Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi. 

Dengan menggunakan kacamata anti radiasi lalu melihat HP dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa meminimalisir cahaya biru yang masuk ke mata. Selain itu, adanya lensa ini akan membuat layar menjadi berwarna sedikit gelap atau warnanya tampak kekuningan.

Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki lensa kacamata anti radiasi, Anda bisa mengaktifkan fitur night mode pada HP untuk mengurangi sinar yang terlalu terang. Namun, hasilnya tidak akan begitu maksimal. Lain halnya jika Anda sudah mengaktifkan fitur night mode dan menggunakan kacamata anti blue ray. Keduanya merupakan perpaduan yang sempurna!

Tanya Jawab Seputar Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi

Biasanya, setelah membaca banyak penjelasan, maka akan muncul pertanyaan di benak Anda. Yuk, simak bersama question and answer di bawah ini!

Bagaimana cara membedakan kacamata anti radiasi asli dan palsu?

Keduanya memiliki perbedaan cukup jelas. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan cara seperti: memeriksa cahaya yang memantul dari lensa kacamata, mengecek dengan laser pointer, mengarahkan kacamata ke langit, dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa melihat dari lapisan lensa kacamata. Kacamata anti radiasi yang asli memiliki 3 lapisan atau komponen utama, yaitu lapisan anti silau, lapisan logam anti air, dan lapisan keras.

Apakah lensa photochromic sudah termasuk anti radiasi?

Yup, lensa photocromic juga memiliki lapisan pelindung anti radiasi. Selain bekerja optimal di bawah sinar UV, lensa ini juga berguna untuk menghalau blue ray atau sinar biru komputer dan layar HP.

Apa efek dari kacamata anti radiasi?

Selain manfaat, penggunaan kacamata anti radiasi juga memiliki efek samping. Namun, ini tidak akan membahayakan siapapun yang mengenakannya. Efeknya membuat penglihatan tampak menguning, menurunkan daya scotopic mata, mengubah persepsi pada warna, dan menimbulkan rasa pusing.

Apakah kacamata anti radiasi bisa digunakan setiap hari?

Tentu saja, Rekomers! Kacamata ini bisa menjadi pelindung yang aman ketika Anda terlalu lama melihat HP atau mengoperasikan komputer selama lebih dari 6 jam. Selain itu, bagi Anda penderita kelainan mata minus, plus, atau silinder, baiknya lengkapi dengan lensa anti radiasi agar mata tetap sehat dan terjaga.

Apa yang dimaksud dengan lensa CRMC supersin?

Lensa ini memiliki fungsi yang sama seperti lensa photocromic, yaitu memiliki fitur anti radiasi dari sinar UV sehingga bisa menyaring sinar matahari yang masuk ke dalam mata. Anda bisa menemukan kacamata jenis ini di berbagai brand kacamata apapun, seperti Lee Cooper, Optik Seis, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan: Cara Mengecek Kacamata Anti Radiasi

Hore! Rekomers sudah berada di akhir bagian dari artikel ini. Faktanya, di zaman yang serba canggih ini, telah banyak beredar kacamata anti radiasi palsu yang memiliki bentuk dan tampilan hampir mirip dengan yang asli. Sehingga, beberapa orang akan sulit untuk membedakannya.

Namun sekarang, Rekomers sudah tidak bingung lagi kan untuk membedakannya? Rekomers bisa memilih salah satu di antara banyak cara cek kacamata anti radiasi di atas. Akan lebih akurat jika Rekomers mencoba semua cara untuk mengetahui keaslian dari kacamata bagus milik Anda. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo