Hide Menu

Inilah 7 Panduan Cara Mencuci Sepatu Sneakers agar Tetap Awet, Bisa untuk Semua Warna!

Artikel Ini Membahas Cara Mencuci Sneakers Agar Noda yang Membandel Bisa Terhempas, Ingin Tahu?

Artikel Cara Mencuci Sepatu Sneakers ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Mencuci Sepatu Sneakers 2024
© freepik.com/bowonpat

Sneaker Jadi Cara Cepat Merubah Penampilan

Sneaker Jadi Cara Cepat Merubah Penampilan
freepik.com/lookstudio

Bagi sebagian orang, sepatu menjadi salah satu fashion item yang wajib karena biasanya sepatu dapat menaikkan kepercayaan diri dan nilai look Anda. Jadi, gak heran jika sebagian orang benar-benar memerhatikan berbagai faktor saat memilih sepatu. Bukan hanya tampilan yang keren dan kece saja, tapi Anda harus memilih sepatu yang cocok dan juga memberikan kenyamanan.

Rekomers tahu jenis sepatu apa yang banyak diminati? Salah satu jenis sepatu yang menjadi tren lifestyle dan menjamur di kalangan masyarakat seperti mahasiswa yaitu sneakers. Brand dengan peminat sneakers terbanyak yaitu Adidas, Compass, Emory, dan Diadora.

Sepatu sneakers merupakan salah satu sepatu yang sering digunakan. Jenis sepatu yang satu ini menjadi salah satu kunci yang sangat mudah untuk merubah penampilan menjadi lebih simpel namun tetap keren, sporty, dan classy. Sepatu sneakers juga bisa Anda gunakan untuk segala macam acara, baik yang formal maupun non-formal.

Jika Anda termasuk dari sekian banyak orang yang suka menggunakan sepatu sneakers untuk aktivitas sehari-hari, maka wajib bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara bersihkan sepatu sneakers agar tetap awet.

Pasalnya, sneakers yang Anda pakai setiap hari akan lebih cepat kotor karena terkena debu, kotoran, dan noda, termasuk cat yang susah untuk dibersihkan. Bahkan, sepatu yang Anda gunakan setiap hari jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bagi Anda yang sering menggunakan sepatu sneakers harus baca artikel ini, karena tim Rekomin akan membagikan cara mencuci sepatu sneakers yang baik dan benar agar tidak meninggalkan bintik-bintik noda dan tetap awet. Tak perlu melihat gambar metode keperawatan di buku, baca saja artikel ini sampai selesai. Yuk, simak! 

Tips Perawatan Sepatu Sneakers

Tips Perawatan Sepatu Sneakers
freepik.com/illiabondar

Seperti yang Anda ketahui, sneakers jadi salah satu jenis sepatu yang paling banyak digemari pria dan wanita. Pasalnya, sepatu ini tidak hanya memberikan kenyamanan tapi juga stylish dan serbaguna. Sepatu ini dapat Anda gunakan dalam berbagai konteks, yang artinya sepatu ini bisa dipakai untuk sehari-hari, untuk hang-out, bahkan sepatu untuk juga cocok untuk olahraga ringan.

Sebagai pemilik, Anda bisa merawatnya dengan baik agar sepatu Anda tetap awet. Berikut beberapa tips untuk merawat sepatu sneakers:

  1. Kenali jenis bahan sneaker, tujuannya agar dapat menyesuaikan cara perawatan yang tepat.
  2. Pastikan rajin membersihkan dan mencuci sneaker agar terhidar dari kotoran dan juga noda yang membandel.
  3. Hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung, karena akan menyebabkan warna sepatu memudar.
  4. Gunakan penyemprot pelindung, ini bertujuan agar sneakers terhindar dari noda dan kotoran yang menempel.
  5. Simpan di lokasi kering, sejuk, dan terhindar dari sinar matahari.
  6. Bawa sneakers ke tempat perawatan sepatu jika terjadi kerusakan yang parah.
D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara Mencuci Sepatu Sneakers - Terbaru 2024

Seperti yang Anda ketahui bahwa sepatu sneakers bukan hanya sebagai alas kaki, tapi juga sebagai penunjang penampilan jati diri seseorang (Satrio Manggala Putra, 2018). Kini, saatnya tim Rekomers akan membagikan cara membersihkan sepatu yang kotor yang benar dan awet. Jadi, Anda bisa menunjukkan jati diri yang benar kepada siapapun yang Rekomers hadapi. Check it out!

1
Siapkan Peralatan

Siap untuk Eksekusi Sepatu

Siapkan Peralatan

2
Lepaskan Tali Sepatu

Mempermudah Mencuci Bagian yang Tertutup

Lepaskan Tali Sepatu

3
Bersihkan Lebih Dahulu Bagian Outsole

Meski Injak Sana Sini, Namun Mudah Dibersihkan

Bersihkan Lebih Dahulu Bagian Outsole

4
Sikat Bagian Midsole

Sikat Memutar untuk Menghilangkan Kotoran agar Tidak Kuning

Sikat Bagian Midsole

5
Bersihkan Bagian Upper Menggunakan Medium Brush

Sikat dengan Lembut agar Menjaga Serat Sepatu

Bersihkan Bagian Upper Menggunakan Medium Brush

6
Bersihkan Insole

Bersihkan Bagian Ini agar Sepatu Gak Bau

Bersihkan Insole

7
Cara Mengeringkan Sneakers

Hindari Larangan agar Sneakers Tetap Awet

Cara Mengeringkan Sneakers

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Siap untuk Eksekusi Sepatu
© freepik.com/illiabondar
1
Siap untuk Eksekusi Sepatu

Siapkan Peralatan

Rekomendasi kami

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mempersiapkan peralatan untuk mencuci. Beberapa peralatan tersebut yaitu: 

  • Sikat

Pasti Anda sudah tahu bahwa sikat merupakan salah satu alat yang biasa dipakai untuk mencuci sepatu. Apa Rekomers tahu bahwa untuk mencuci sneakers membutuhkan beberapa jenis sikat Biasanya, untuk mencuci bagian bawah sepatu Anda dapat menggunakan sikat yang kasar.

Lalu, bagaimana dengan bagian yang lain? Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu yang tidak terlalu kasar. Untuk sikat yang tidak kasar, Anda boleh menggunakan sikat gigi bekas. Namun jika Anda merasa sikat itu penting, maka Anda bisa membeli sikat yang dibuat khusus untuk mencuci sepatu.

  • Kain Microfiber

Selain sikat, Anda juga membutuhkan kain, tapi bukan seperti kain biasanya ataupun handuk. Kain yang dibutuhkan yaitu kain dengan serat khusus seperti kain microfiber karena memiliki serat-serat kain halus yang tidak akan membuat goresan pada permukaan sepatu. Kok butuh kain lembut? Iya dong, kain ini akan digunakan saat setelah sepatu disikat menggunakan larutan pembersih.

  • Larutan Pembersih

Satu hal yang harus Anda ketahui saat mencuci sneakers lebih baik tidak menggunakan detergen bubuk, karena butiran-butiran dari detergen tersebut tidak dapat larut secara maksimal. Mungkin saja detergen tersebut dapat merusak bahan sepatu kesayangan Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk sepatu.

Selain itu, ada yang harus Anda ketahui, ini berlaku untuk semua jenis sepatu termasuk sepatu futsal. Lagian gak ada salahnya juga kok mengeluarkan uang lebih untuk sepatu sneakers kesayangan Anda agar tetap terlihat kinclong dan kembali seperti baru.

  • Air Bersih

Anda juga harus menyiapkan air bersih. Air bersih ini digunakan untuk membasuh sepatu saat sebelum dan mencuci. Selain itu, air juga dapat dijadikan sebagai pelarut dari campuran pembersih.

Mempermudah Mencuci Bagian yang Tertutup
© freepik.com/fabrikasimf
2
Mempermudah Mencuci Bagian yang Tertutup

Lepaskan Tali Sepatu

Anda sudah menyiapkan peralatan untuk mencuci sepatu sneaker. Namun, sebelum Anda mencucinya, ada baiknya jika melepas tali sepatu. Tujuannya untuk mempermudah saat mencuci bagian-bagian yang tertutup dan susah untuk dijangkau.

Jika Anda telah melepas tali sepatunya, lanjutlah dengan merendam tali sepatu ke dalam busa pembersih yang sesekali dikucek dan dibilas dengan air yang mengalir. Ini akan jadi boost untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Meski Injak Sana Sini, Namun Mudah Dibersihkan
© freepik.com/frantic
3
Meski Injak Sana Sini, Namun Mudah Dibersihkan

Bersihkan Lebih Dahulu Bagian Outsole

Rekomendasi kami

Anda tahu outsole? Outsole merupakan bagian terluar sepatu yang biasa menapak ke tanah dan juga aspal. Sudah pasti bagian ini merupakan bagian yang paling kotor dan wajib dibersikan lebih dulu.

Gimana cara membersihkan bagian outsole? Caranya Anda harus menggunakan sikat yang sudah basah, teteskan cairan pembersih, lalu sikat bagian outsole.

Jika Anda sudah menyikatnya, sekarang tinggal lap saja pake kain microfiber supaya menghilangkan sisa-sisa dari cairan pembersih. Namun jika Anda merasa masih kotor, maka bisa Anda mengulangi cara yang sama sampai semua kotoran dan debu benar-benar hilang.

Sikat Memutar untuk Menghilangkan Kotoran agar Tidak Kuning
© freepik.com/vershinin89
4
Sikat Memutar untuk Menghilangkan Kotoran agar Tidak Kuning

Sikat Bagian Midsole

Rekomendasi kami

Jika bagian outsole sudah bersih, kini saatnya membersihkan bagian midsole. Ini merupakan bagian yang terlihat jika dilihat dari sisi samping, dan ada beberapa sepatu sneakers dengan bagian midsole berwarna putih dengan garis hitam atau bahkan biru. Bagian ini menjadi salah satu yang gampang banget kotor dan akan terlihat dekil jika bagian tersebut terkena kotoran atau lumpur.

Apa cara membersihkan midsole itu membutuhkan cara khusus? Membersihkan bagian midsole sama saja dengan membersihkan outsole. Anda dapat membasahi sikat dengan air dan berikan cairan pembersih atau odol. Setelah itu, sikat dengan cara melingkar agar kotoran menghilang. Apabila sudah, Anda bisa lap bagian midsole sampai bersih.

Sikat dengan Lembut agar Menjaga Serat Sepatu
© freepik.com/illiabondar
5
Sikat dengan Lembut agar Menjaga Serat Sepatu

Bersihkan Bagian Upper Menggunakan Medium Brush

Rekomendasi kami

Upper shoers adalah bagian sepatu yang menutupi seluruh kaki Anda. Bagian upper biasanya terbuat dari bahan suede, kulit sintetis atau kanvas. Cara membersihkan bagian ini hanya memerlukan medium brush atau sikat dengan bulu yang lebih halus. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerusakan pada serat-serat sepatu.

Setelah itu, sikat dengan menambahkan cairan pembersih, lalu keringkan menggunakan kain microfiber. Jangan lupa untuk menyikat bagian tongue yang biasanya ketutup tali sepatu. Perhatikan pula bagian lipatan-lipatan sepatu karena sering menjadi sarang menumpuknya kotoran.

Bersihkan Bagian Ini agar Sepatu Gak Bau
© freepik.com/user24252071
6
Bersihkan Bagian Ini agar Sepatu Gak Bau

Bersihkan Insole

Rekomendasi kami

Anda tahu bagian insole? Insole adalah alas kaki yang terdapat pada bagian dalam sepatu. Bagian ini memang tidak terlihat, tapi tetap harus Anda bersihkan karena insole merupakan tempat terjadinya penumpukan keringat. Alhasil bagian ini akan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang berasal dari kaki.

Lebih singkatnya, insole menjadi sumber utama bau pada sepatu, sehingga bagian ini sangat perlu Anda jaga dan juga perhatikan kebersihannya. Gimana cara ngebersihinnya? Anda bisa menyikatnya dengan sikat halus, lalu keringkan dengan menggunakan kain.

 

Hindari Larangan agar Sneakers Tetap Awet
© freepik.com/frsdfqwe
7
Hindari Larangan agar Sneakers Tetap Awet

Cara Mengeringkan Sneakers

Rekomendasi kami

Setelah mengetahui cara mencuci sepatu sneakers yang benar, Anda juga harus memperhatikan cara mengeringkannya agar tetap awet. Berikut cara mengeringkannya.

  • Jangan Mengeringkan dengan Mesin Pengering

Yang harus Anda hindari saat mengeringkan sepatu sneakers yaitu jangan menggunakan mesin pengering. Mesin ini memiliki suhu panas yang dapat melelehkan beberapa bagain karet yang akan membuat sepatu Anda menyusut, ada bagian yang keriput, atau bahkan dapat merusak bentuk sepatu sneakers tersebut.

Jika Anda menginginkan sneakers cepat kering, maka Anda dapat membungkusnya dengan handuk dan letakkan di pengering dengan pengaturan suhu yang sangat rendah. Cara ini dapat membuat sneakers cepat kering dan juga mencegah terjadinya kerusakan pada sneakers.

  • Jangan Jemur Sneakers Langsung di Bawah Sinar Matahari

Jangan jemur sneakers langsung di bawah sinar matahari. Hal ini dapat membuat warna sepatu sneaker Anda cepat memudar.

  • Jangan Membiarkan Sneakers dalam Keadaan Lembab

Anda lebih senang mengeringkan sneakers di dalam ruangan? Jika iya, Anda bisa melapisi sepatu dengan koran. Namun, Anda harus mengganti koran tersebut jika sudah mulai terasa lembab. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengeringan sepatu sneakers Anda.

Tanya Jawab Seputar Cara Mencuci Sepatu Sneakers

Setelah tim Rekomin membagikan cara merawat dan cara mencuci sepatu sneakers, kini tim Rekomin siap menjawab pertanyaan dari Anda. Beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering muncul bisa Anda lihat di bawah sini, ya!

Apakah sepatu sneaker bisa dicuci?

Biasanya, untuk membuat sneakers menggunakan bahan dari kanvas dan suede. Bahan yang satu ini sangat mudah untuk dibersihkan dan cara membersihkannya pun gampang, sama seperti kain biasanya. Tim Rekomin sarankan agar Anda menggunakan air hangat dan campur dengan sabun untuk mencuci sepatu sneakers.

Bisakah mencuci sepatu sneakers di mesin cuci?

Sebelum Anda mencucinya, ada baiknya Anda memastikan bahwa sepatu dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Pasalnya, tidak semua jenis sepatu bisa Anda cuci menggunakan mesin cuci. Namun, ada beberapa sepatu yang bisa dan juga aman jika mencucinya dengan mesin yaitu sepatu kain, sneaker, dan sepatu kasual.

Kesimpulan: Cara Mencuci Sepatu Sneakers

Sepatu sneakers menjadi salah satu sepatu yang sering Anda pakai. Selain itu, sepatu ini bisa Anda gunakan untuk segala macam acara. Apakah Anda termasuk dari sebagian orang yang menggunakan sepatu sneaker untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari? Jika iya, maka Anda harus bisa merawat dan tahu cara mencuci sepatu sneakers kesayangan.

Apakah Anda kebingungan untuk mendapatkan produk untuk mencuci sepatu sneaker? Tenang saja, itu gampang, Anda gak usah bingung dan pusing mencari produk tersebut. Cukup klik link di setiap produk di atas, nanti Anda akan langsung bisa check out barang yang tersebut. Segera dapatkan produk untuk membersihkan sepatu sekarang juga dan cuci alas kaki Anda sampai bersih, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo