Hide Menu

Jangan Asal Cuci, Begini 5 Cara Mencuci Lap Kacamata yang Tepat!

Metode Tepat Cara Membersihkan Lap Kacamata yang Baik. Simak Selengkapnya di Sini!

Artikel Cara Mencuci Lap Kacamata ini diposting diperbarui
26 Pembaca
Like
Cara Mencuci Lap Kacamata 2024
© freepik.com/kamranaydinov

Apa yang Dimaksud dengan Lap Microfiber?

Apa yang Dimaksud dengan Lap Microfiber?
freepik.com/pch-vector

Ada banyak sekali jenis lap yang dijual di pasaran, salah satunya yang paling ampuh dan mampu membasmi kotoran yaitu lap microfiber. Lap microfiber atau mikrofiber merupakan kain pembersih berserat sintetis yang terbuat dari poliester, nilon, dan polyamide dengan tingkat kehalusan di bawah 1 denier dan diameter ketebalan sekitar 0,0006 mm.

Kain serbaguna ini terbuat dari teknologi microfiber. Lap microfiber biasanya terdiri dari 20% bahan nilon untuk menyerap air dan 80% bahan polyester untuk mengikat oil dan kotoran. Maka dari itu, lap microfiber ini sudah sangat populer sebagai bahan yang memiliki daya serap air cukup tinggi. Jenis kain microfiber ini sangat cocok digunakan sebagai alat pembersih dan pengering.

Lap mikrofiber menjadi pilihan utama optik untuk membersihkan dan merawat kacamata. Serat halus yang terdapat pada kain ini dapat membantu menghilangkan noda, debu, dan sidik jari tanpa meninggalkan goresan pada lensa dan gagang kacamata.

Apa perkenalan Rekomers dengan kain lap mikrofiber sudah cukup? Jika sudah, tim Rekomin akan mengajak Anda untuk mengetahui cara mencuci lap kacamata yang benar. Check it out!

Kelebihan dan Kekurangan Kain Lap Microfiber

Kelebihan dan Kekurangan Kain Lap Microfiber
freepik.com/opatsuvi

Kain microfiber memiliki keunggulan yang menjadikannya populer. Namun, selain memiliki keunggulan, kain microfiber ini juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut kelebihan dan kekurangan dari kain microfiber:

KelebihanKekurangan
Memiliki daya serap yang tinggiHarganya lebih mahal
Memiliki muatan listrik positifKurang cocok untuk digunakan di wajah
Cepat kering dan tidak mudah berjamurMudah mengering dan kaku
Lebih awet dari pada bahan lainnya  
D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mencuci Lap Kacamata - Terbaru 2024

Sudah siap mencari tahu cara mencuci lap kacamata? Jika sudah, simak selengkapnya 5 metode di bawah ini! Praktikkan juga agar kain lap Anda anti bakteri dan menghasilkan lensa kacamata yang jernih hingga terlihat bias pelangi! 

1
Kibaskan Sebelum di Cuci

Sekali Kibas, Hempas Semua Debu dan Kotoran

Kibaskan Sebelum di Cuci

2
Gunakan Air Hangat

Lebih Mudah, Tidak Merusak Lap

Gunakan Air Hangat

3
Perhatikan Penggunaan Detergen

Kain Lap Bersih, Kacamata Jernih

Perhatikan Penggunaan Detergen

4
Rendam dan Kucek

Kucek-Kucek, Hilang Semua Kotoran

Rendam dan Kucek

5
Jemur di Tempat Teduh

Kain Terkena Angin Semriwing, Pasti Cepat Kering

Jemur di Tempat Teduh

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sekali Kibas, Hempas Semua Debu dan Kotoran
© freepik.com/macrovertor
1
Sekali Kibas, Hempas Semua Debu dan Kotoran

Kibaskan Sebelum di Cuci

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengibaskan kain mikrofiber, ini bertujuan untuk merontokkan debu dan kotoran yang menempel di kain. 

Mengibaskan kain mikrofiber sebelum mencucinya dapat melepas debu dan kotoran supaya tidak menempel ke pori-pori dan tercampur di air cucian. Jika tidak Anda lakukan, maka akan membuat debu terserap lagi ke pori-pori kain mikrofiber.

Lebih Mudah, Tidak Merusak Lap
© freepik.com/stanislav71
2
Lebih Mudah, Tidak Merusak Lap

Gunakan Air Hangat

Kain mikrofiber tidak tahan terhadap air dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, mencuci kain mikrofiber cukup pakai air hangat saja. Tanpa biaya, bisa Anda buat sendiri di rumah. 

Anda bisa memastikan bahwa mencuci menggunakan air hangat tidak akan merusak struktur kain mikrofiber karena suhu air yang terlalu panas atau dingin. Menurut sebuah jurnal, kebiasaan ini menjadi salah satu cara untuk merawat kacamata agar tidak kotor, buram, dan berkurang kenyamanannya (Iis Rahmawati, 2021).

Kain Lap Bersih, Kacamata Jernih
© freepik.com
3
Kain Lap Bersih, Kacamata Jernih

Perhatikan Penggunaan Detergen

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya yaitu memperhatikan penggunaan detergen. Ingat bahwa yang Anda bersihkan adalah lap kacamata, bukan lap pel-pelan. Maka ketika hendak mencuci kain mikrofiber, selalu hindari penggunaan detergen yang mengandung zat aditif apapun seperti pewangi dan juga pelembut.

Mengapa Anda harus menghindari keduanya? Faktanya, kedua bahan tersebut bisa membuat perubahan pada kain mikrofiber menjadi tidak optimal saat Anda gunakan untuk mengambil debu dan kotoran. Lebih buruknya lagi, bisa saja kain lap kacamata Anda rusak di bagian coating. Sayang, bukan? 

Kucek-Kucek, Hilang Semua Kotoran
© freepik.com/sorapop
4
Kucek-Kucek, Hilang Semua Kotoran

Rendam dan Kucek

Rekomendasi kami

Cara mencuci kain lap mikrofiber selanjutnya adalah mengucek tekstur yang kotor. Rekomers sebaiknya tidak menggabungkan barang ini dengan jenis kain lainnya. Usahakan untuk merendam terlebih dahulu menggunakan air hangat. Merendam kain dengan air hangat dapat melepaskan sisa-sisa kotoran pada kain.

Selain itu, mencuci lap mikrofiber ada baiknya tidak menggunakan mesin cuci. Cukup dengan mengkucek kain lap ini secara perlahan, ini dapat melepaskan kotoran-kotoran yang menempel secara menyeluruh. 

Kain Terkena Angin Semriwing, Pasti Cepat Kering
© freepik.com
5
Kain Terkena Angin Semriwing, Pasti Cepat Kering

Jemur di Tempat Teduh

Rekomendasi kami

Setelah proses pencucian, Anda harus memastikan bahwa kain mikrofiber sudah benar-benar bersih dari debu dan kotoran. Terlebih lagi jika Anda mencuci kain ini tanpa menggunakan jenis detergen, yang paling khusus sekalipun.

Setelah direndam dan dicuci, kini saatnya untuk mengeringkan kain. Jangan gunakan mesin pengering atau menjemur kain langsung di bawah sinar matahari. Pengaruh dari sinar kuat bisa jadi merusak tekstur kain. 

Sebaliknya, kain mikrofiber cukup Anda angin-anginkan dalam ruangan sejuk untuk mengerikannya. Tempelkan pada pole penyangga yang berbentuk horizontal, jepret dengan jepitan, maka kain akan kering dengan sendirinya. 

Tanya Jawab Seputar Cara Mencuci Lap Kacamata

Apakah Anda masih bingung dengan step-step mencuci kain lap kacamata? Jika iya, tim Rekomin sudah merangkung question and answer yang sering muncul di pikiran orang terkait topik ini. Cek di bawah!

Apakah kain lap microfiber bisa dicuci?

Mencuci kain lap microfiber ini mirip dengan mencuci baju pada umunya. Tapi, ada hal yang membedakan, salah satunya adalah hindari mencuci kain lap microfiber dengan mesin cuci. Cukup cuci dengan tangan tanpa deterjen dan pelembut karena bisa merusak struktur microfiber itu sendiri. Usahakan mencuci dan merendam kain lap microfiber dengan menggunakan air hangat.

Apakah lap kacamata boleh dicuci?

Lap kacamata tentu bisa di cuci, karena lap kacamata berasal dari bahan microfiber. Kain lap microfiber bisa dicuci tapi harus Anda ingat agar tidak mencuci kain lap microfiber dengan mesin cuci serta tanpa deterjen dan pelembut karena bisa merusak strukturnya.

Kain lap kacamata dari bahan apa?

Lap microfiber terdiri dari 20% bahan nilon untuk menyerap air dan 80% bahan polyester untuk mengikat oli dan kotoran. Ditambah lagi, kain microfiber merupakan lap kacamata yang paling tepat dengan serat lembut sehingga aman untuk kacamata dengan bahan plastik seperti kacamata K Ion Nano. Kain microfiber ini sangat aman untuk mengelap baret pada lensa minus dan frame kacamata lawas yang sudah menguning. Hasilnya akan sangat mengkilap! 

Apa fungsi lap microfiber?

Fungsinya jelas untuk membersihkan kotoran yang menempel. Keunggulan dari bahan microfiber yang tidak bisa disamakan dengan bahan lainnya adalah kemampuan serat-serat benang untuk menyerap, bukan hanya untuk mendorong atau memindahkan kotoran.

Apakah kain microfiber perlu disetrika?

Tentu tidak, menyetrika kain mikrofiber Anda hanya akan merusak struktur kain sintetis. Jadi, setelah kering, Anda cukup melipat dan menaruhnya di kotak penyimpanan khusus.

Kesimpulan: Cara Mencuci Lap Kacamata

Sekarang Rekomers sudah tahukan cara mencuci kain lap kacamata? Semua cara di atas mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan begitu, kain lap kacamata Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Tetap lakukan cara ini dengan rutin agar Anda bisa merawat kacamata dengan baik sehingga tahan lama dan awet. Jadi, tunggu apa lagi? Mari siapkan bahan, dan segera cuci lap kacamata Anda tanpa biaya sepeser pun! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo