Hide Menu

Denim Lovers Wajib Banget Ikuti 5 Cara Mencuci Denim agar Fading Kontras, Efektif!

Gak Perlu Bingung Cari Cara Cuci Celana Denim biar Cepet Fading Karena Semua Caranya Dijelaskan di Artikel Ini

Artikel Cara Mencuci Denim agar Fading ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Mencuci Denim agar Fading 2024
© freepik.com

Fading Denim Itu Apa Sih?

Fading Denim Itu Apa Sih?
freepik.com

Di zaman sekarang, banyak banget kaum milenial yang sering menggunakan celana berbahan denim. Seperti yang Anda tahu bahwa celana denim identik dengan fading. Apakah Anda tahu apa itu fading?

Fading denim merupakan salah satu proses perubahan yang biasa terjadi di pakaian denim dan pasti akan terjadi seiring berjalannya waktu penggunaan. Hal ini karena serat kain mengalami gesekan, abrasi, dan pemakaian yang berulang-ulang.

Ini juga yang menyebabkan hilangnya warna indigo dan warna celana akan semakin memudar. Namun, bagi pencinta denim, adanya fading di celana jeans merupakan salah satu impiannya sebab gak semua orang tahu cara menciptakan fading, cara merawatnya, dan cara salvage fading di celana.

Sebagian orang menganggap bahwa fading denim adalah estetika dan menjadi bukti seberapa lama celana itu digunakan. Sayangnya, gak semua orang tahu cara mencuci denim agar fading. Apa Anda salah satunya? Mau tahu caranya? Baca saja artikel ini karena tim Rekomin menjelaskannya, lengkap!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mencuci Denim agar Fading - Terbaru 2024

Wah, ternyata bagi sebagian orang fading itu termasuk estetika dan salah satu karakter yang gak akan bisa dipisahkan dari denim. Penasaran gimana cara mencuci denim agar fading? Simak baik-baik caranya di bawah ini.

1
Sea Wash

Hasil Fading akan Lebih Kontras

Sea Wash

2
Biji Kopi

Kandungan Zat Asam Ternyata Bikin Cepat Pudar

Biji Kopi

3
Gunakan Microwave

Tinggal Panaskan dan Tunggu hingga Fading Muncul!

Gunakan Microwave

4
Jarang Dicuci

Semakin Sering Terjadi Gesekan, Bikin Hasil Semakin Kontras

Jarang Dicuci

5
Pakai Saat Tidur

Tidur Aja Bisa Bikin Celana Jadi Fading!

Pakai Saat Tidur

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Hasil Fading akan Lebih Kontras
© freepik.com
1
Hasil Fading akan Lebih Kontras

Sea Wash

Bagi para pencinta denim, gak sempurna rasanya kalau celana gak memiliki fading dengan warna yang contrast. Lalu, bagaimana cara bikin jeans fading dengan cepat? Anda bisa membuat celana fading denim dengan cara seawash. Perhatikan caranya di bawah ini.

  1. Rendam terlebih dahulu celana jeans sekitar 5 menit.
  2. Kemudian, gosok celana jeans dengan pasir pantai secara pelahan sampai rata.
  3. Setelah itu, bilas celana dengan air laut untuk menghilangkan pasir pantai.
  4. Cuci celana dengan sabun sampai bersih untuk menghilangkan sisa pasir dan bau.
  5. Lalu, jemur celana jeans dengan cara digantung.

Mengapa harus make pasir pantai? Karena pasir pantai memiliki sifat abrasif yang bisa bikin warna celana jeans lebih cepat fade. Selain itu, pasir pantai juga bisa bikin celana denim memiliki fading lebih kontras. Cara seawash ini bisa Anda lakukan untuk semua pakaian termasuk baju dan jacket yang terbuat dari kain denim.

Kandungan Zat Asam Ternyata Bikin Cepat Pudar
© freepik.com
2
Kandungan Zat Asam Ternyata Bikin Cepat Pudar

Biji Kopi

Rekomendasi kami

Selanjutnya, cara fading denim yang cepat yaitu menggunakan biji kopi. Kenapa biji kopi? Ini karena biji kopi memiliki zat asam yang bisa bikin celana jeans lebih cepat pudar dengan cara alami. Simak caranya di bawah.

  1. Siapkan segenggam biji kopi.
  2. Selanjutnya, gosok biji kopi ke seluruh area celana jeans secara perlahan dan rata.
  3. Tuangkan air panas ke celana jeans.
  4. Setelah itu, jemur celana jeans sampai kering.

Sebenarnya, hasil akan jauh lebih bagus jika Anda menggunakan biji kopi yang berwarna hijau. Tapi, kalau memang tidak ada Rekomers bisa pakai biji kopi yang sudah matang saja. Praktis, bukan? 

Tinggal Panaskan dan Tunggu hingga Fading Muncul!
© freepik.com
3
Tinggal Panaskan dan Tunggu hingga Fading Muncul!

Gunakan Microwave

Rekomendasi kami

Siapa sangka jika perabotan dapur berguna untuk fading celana? Jika Anda ingin celana Levi’s berbahan raw denim cepat pudar, maka Anda bisa menggunakan microwave. Bahan celana Levi’s itu memiliki kandungan kimia indigo yang terdiri dari hidrogen, nitrogen, karbon, dan oksigen.

Dengan memanaskannya menggunakan microwave, maka semua kandungan itu akan pecah sehingga menghasilkan fading yang sempurna. Proses pemanasan menggunakan microwave juga mudah, Anda hanya membutuhkan waktu 45 detik sampai 1 menit dengan suhu yang tinggi untuk memanaskan celana.

Semakin Sering Terjadi Gesekan, Bikin Hasil Semakin Kontras
© freepik.com
4
Semakin Sering Terjadi Gesekan, Bikin Hasil Semakin Kontras

Jarang Dicuci

Rekomendasi kami

Untuk bisa mendapatkan hasil fading yang maksimal, maka Anda tidak boleh sering-sering mencucinya dengan deterjen. Sebagian orang beranggapan bahwa untuk bikin fading yaitu dengan cara tidak dicuci selama kurang lebih enam bulan.

Selain itu, celana jeans harus lebih sering di pakai karena gesekan pada celana jeans itulah yang bikin semakin kontras. Kalo gak dicuci selama berbulan-bulan bukannya kotor ya? Kalau Anda merasa kotor, cukup rendam celana pakai air bersih saja.

Tidur Aja Bisa Bikin Celana Jadi Fading!
© freepik.com
5
Tidur Aja Bisa Bikin Celana Jadi Fading!

Pakai Saat Tidur

Terakhir, cara bikin celana jeans memiliki kerutan dan cepat pudar, maka Anda harus menggunakan celana jeans saat tidur. Sebab, cara ini akan menciptakan efek dyed di celana jeans. Jika Anda memilih menggunakan cara ini, sebaiknya jangan terlalu ketat dan terlalu sering.

Menurut hasil penelitian oleh Dwi Wanito Ambarsari, pada tahun 2022, ia menyatakan bahwa menggunakan celana yang ketat tidak baik untuk kesehatan, terutama pada wanita. Beberapa masalah yang timbul seperti sindrom kompartemen, kerusakan saraf, masalah sendi, sakit punggung, bahkan siklus haid. Oleh karena itu, Anda cukup menggunakannya sesekali saja demi kesehatan.

Tanya Jawab Seputar Cara Mencuci Denim agar Fading

Sebelum menutup artikel ini, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk membaca rangkuman pertanyaan serta jawaban yang sering muncul di bawah. Yuk, simak!

Apakah denim yang sudah dicuci bisa fading?

Celana jeans yang berbahan demin bisa Anda cuci secara berkala, tujuannya agar menghasilkan fade yang kontras dan bagus.

Bagaimana cara mencuci celana denim?

Supaya celana denim tetap awet, Anda harus memperhatikan cara mencuci dan merawatnya. Berikut beberapa cara merawat celana denim:

  • Cuci dengan air dingin
  • Jangan pake mesin cuci
  • Jangan sikat atau amplas celana jeans
  • Hindari menjemur celana secara langsung apalagi di bawah sinar matahari
  • Jangan terlalu sering mencuci celana denim

Kenapa celana denim ga dicuci?

Sebenarnya bukan gak dicuci, tapi lebih baik jarang mencucinya agar warna denim dan kandungan kanji pada denim gak luntur. Karena jika luntur, celana denim akan lemas dan tidak kaku lagi.

Berapa lama waktu merendam celana jeans?

Anda cukup merendam celana jeans selama 10 sampai 15 menit saja saat proses pencucian berlangsung.

Apakah semua jenis denim bisa fading?

Bisa. Namun, tidak semua jenis denim bisa secara cepat menghasilkan fading. Salah satu merk terbaik yang bisa cepat fading adalah produk dari The Unbranded Brand.

Kesimpulan: Cara Mencuci Denim agar Fading

Demikianlah pembahasan tentang cara mencuci denim agar fading. Ada 5 cara untuk bikin celana jeans polos memiliki fading, yaitu dengan sea wash, biji kopi, menggunakan microwave, jarang dicuci, dan cara terakhir adalah celana bisa Anda pakai saat tidur.

Tim Rekomin ingatkan kembali untuk cara yang terakhir yaitu jangan terlalu sering menggunakan celana denim saat tidur karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Di sisi lain, apabila Rekomers terkendala karena gak punya alat atau bahan, tim Rekomin merekomendasikan produk terbaru yang sudah disertai dengan link.

Anda hanya perlu memilih produk mana yang dibutuhkan, lalu check out. Gampang, ‘kan? Selain itu, jangan lupa untuk membagikan cara artikel ini ke bestie-bestie Anda supaya hasil fading celana jadi kontras dan maksimal. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo