Hide Menu

Simak 5 Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya, Frame dan Lensa Aman Tanpa Goresan!

Ikuti Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya dengan Benar, Cek Selengkapnya di Sini!

Artikel Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya ini diposting diperbarui
11 Pembaca
Like
Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya 2024
© freepik.com/mego-studio

Apa sih Kotak Kacamata Itu?

Apa sih Kotak Kacamata Itu?
freepik,.com

Kacamata merupakan barang yang cukup penting bagi orang yang memiliki masalah pada mata atau kemampuan mata yang sudah berkurang. Rekomers tahu gak bahwa sebagian orang masih bingung lho buat menaruh kacamata ketika ingin dilepas?

Biasanya, kebingungan ini terjadi saat Anda takut kalau sampai kacamatanya tertinggal, jatuh, atau bahkan terinjak. Bagi Rekomers yang memiliki kacamata minus, normal, atau plus harus tahu cara merawat dan menyimpan kacamata tersebut agar tetap awet dan tahan lama selama pemakaian.

Rekomers tahu kotak kacamata? Kotak kacamata merupakan kotak yang digunakan sebagai penutup dan untuk melindungi kacamata. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa kacamata Anda akan rusak jika menyimpannya secara sembarangan. Oleh karena itu, ketika Anda memiliki kacamata, maka Anda juga harus memiliki wadah atau kotak kacamata yang kokoh dan mudah untuk dibawa ke mana saja. Sehingga, kacamata selalu dalam keadaan aman di dalamnya.

Kebanyakan bagian dalam kotak kacamata terbuat dari busa lembut yang memberikan permukaan lunak pada frame kaca dan menjaga kaca agar tetap aman. Meskipun kotak kacamata itu terjatuh, kacamata tetap terlindungi dari goresan dan kerusakan karena ada busa lembut yang melindunginya.

Setelah membaca penjelasan di atas, Rekomers sudah mengerti bagaimana pentingnya kotak kacamata untuk menjaga kacamata kesanyangan Anda? Jika sudah, tim Rekomin akan menjelaskan cara menaruh kacamata di kotaknya dengan posisi yang benar. Let’s go!

Jenis-Jenis Kotak Kacamata

Jenis-Jenis Kotak Kacamata
freepik.com/originalmockup

Sebelum ke pembahasan utama, tim Rekomin ingin memberitahu jenis-jenis kotak kacamata. Kotak kacamata memiliki bentuk yang khas, yaitu kotak. Kotak kacamata memiliki kualitas dan bahan yang berbeda-beda.

Seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya teknologi dan inovasi baru, saat ini perlengkapan case kacamata juga ikut mengalami perubahan. Berikut jenis case kacamata yang paling sering digunakan.

  • Case Kacamata Plastik

Bahan plastik merupakan bahan dasar yang sering sekali digunakan. Plastik hadir dengan beberapa properti terbaik dan juga semakin ringan. Kotak plastik memiliki keunggulan, dengan begitu kotak ini bisa mencapai design dan kualitas terbaik. Desain dan bentuk yang menarik dari case kacamata ini dengan harga yang lebih murah. 

  • Case Kacamata Kulit

Case kacamata berbahan kulit ini merupakan tanda profesionalisme. Kebanyakan yang memiliki case kacamata ini yaitu orang kantoran. Meski dijual dengan harga yang mahal, namun leather glass case tetap menjadi pilihan dan memiliki peminat yang cukup tinggi.

Leather glass case hadir dengan perfeksionisme yang terlihat melalui desain jahitan yang terdapat pada casing. Case dengan bahan kulit memiliki keunggulan yang lebih rendah untuk keamanan kacamata Anda, namun jenis ini memiliki tampilan premium yang menyerupai identitas profesional pemiliknya.

  • Kotak Kaca Keras

Untuk kotak kacamata kali ini menjadi pilihan pertama untuk keamanan kacamata yang jauh lebih baik. Kotak ini dibuat dari bahan plastik yang keras dengan dimensi ruf dan tuf. Dengan menggunakan kotak ini, kacamata akan mendapatkan keamanan yang lebih dan terbaik karena di bagian dalam kotak ini terdapat busa halus yang mampu menahan kacamata dengan erat. 

  • Kantong Kacamata

Saat ini lagi hits-hitsnya menggunakan kantong kacamata, lho. Kantong kacamata ini terbuat dari bahan plastik dan kain. Sebagian orang memilih kantong ini untuk menyelamatkan kacamata dari debu dan goresan, maka tidak masuk akal jika mengatakan bahwa kantong ini merupakan wadah pelindung untuk kacamata Anda.

Bahkan, kantong ini pun tidak bisa menyelamatkan kacamata dari kerusakan. Kantong kacamata ini jauh lebih ringan dan juga lebih murah dibandingkan yang lainnya. Terus, gimana bisa mengharapkan keamanan untuk kacamata hanya dengan menggunakan kantong kacamata?

  • Kotak Ristleting

Kotak kacamata ristleting ini merupakan kotak yang terbuat dari bahan plastik yang keras dan dengan bentuk kotak. Ini merupakan kotak kacamata terbaik dengan tampilan yang menarik dan aman untuk kacamata.

Resleting case sudah dilengkapi dengan restleting yang memudahkan untuk dibuka atau ditutup. Selain itu, case ini dibandrol dengan harga yang mahal namun sepadan dengan kualitas premium bahan dan keamanannya. Resleting case ini biasanya memiliki banyak pilihan warna yang mencolok dan menarik.

Cara Merawat Kacamata

Cara Merawat Kacamata
freepik.com/8photo

Cara merawat kacamata bisa dibilang susah-susah gampang, karena jika salah bisa meninggalkan goresan pada lensa. Tim Rekomin akan membagikan cara membersihkan kacamata yang mudah dan benar. Jadi, simak penjelasnnya di bawah, ya!

  1. Cuci menggunakan air hangat untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
  2. Selalu gunakan cairan pembersih khusus lensa dan bingkai.
  3. Selalu lap dengan menggunakan kain microfiber, jangan gunakan tisu, baju, atau benda kasar lainnya.
  4. Hindari sentuhan secara langsung terhadap lensa, karena tangan bisa membuat minyak dan kotoran di jari menempel pada lensa.
  5. Simpan kacamata di tempat yang aman, seperti kantong kacamata atau kotak kacamata.

Jika Rekomers mengikuti cara merawat kacamata di atas, ini bisa membuat kacamata akan lebih tahan lama dan bekerja secara optimal tanpa adanya minyak, debu atau bahkan goresan.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya - Terbaru 2024

Saat ini, Rekomers sudah sampai di section utama. Di bagian ini tim Rekomin akan membahas cara menaruh kacamata di kotaknya supaya tidak tergores, tidak kotor, tidak berjamur, dan juga agar frame kacamata tidak sampai terkelupas. Yuk, simak dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

1
Melepas Kacamata

Gunakan Kedua Tangan atau Akan Merubah Bentuk Gagang

Melepas Kacamata

2
Bersihkan Lensa dan Frame

Bebas Debu, Penglihatan Jadi Lebih Bersih dan Fokus

Bersihkan Lensa dan Frame

3
Masukkan ke Dalam Kotak

Jadi Aman, Jauh dari Goresan

Masukkan ke Dalam Kotak

4
Pakai Coating untuk Melindungi Lensa

Lensa Tetap Cantik dan Tidak Ada Kerusakan

Pakai Coating untuk Melindungi Lensa

5
Simpan Kotak di Tempat Yang Aman

Mau Kacamata Awet dan Tahan Lama, Kan?

Simpan Kotak di Tempat Yang Aman

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gunakan Kedua Tangan atau Akan Merubah Bentuk Gagang
© freepik.com
1
Gunakan Kedua Tangan atau Akan Merubah Bentuk Gagang

Melepas Kacamata

Pertama-tama, selalu pastikan Anda menggunakan kedua tangan saat ingin melepas kacamata dari wajah Anda. Pasalnya, melepas kacamata menggunakan satu tangan akan membuat sekrup dan engsel kacamata mengendur.

Kebiasaan yang buruk ini bisa mengakibatkan tangkai kacamata tersebut menjadi lebar atau bahkan bingkai kacamata bisa menjadi miring dan tidak sejajar. Ingin punya yang bagus tapi malah buntung. Sayang, bukan? 

Bebas Debu, Penglihatan Jadi Lebih Bersih dan Fokus
© freepik.com/stanislav71
2
Bebas Debu, Penglihatan Jadi Lebih Bersih dan Fokus

Bersihkan Lensa dan Frame

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Anda harus membersihkan kacamata dengan dicuci menggunakan lens cleaner khusus yang disemprotkan untuk membersihkan lensa dan gagang. Cairan tersebut dapat membantu Anda untuk menghilangkan kotoran, debu, dan kuman yang menempel pada lensa dan frame.

Agar tetap terlihat jenih, fokus, dan bersih, maka hindari toilet paper, serbet atau ujung baju untuk mengelap lensa dan frame. Anda bisa menggunakan kain microfiber untuk mengelap. J

ika Anda asal menggunakan lap untuk membersihkan ini bisa mengakibatkan lensa menjadi buram, menguning, baret atau bahkan berjamur. Jadi, jangan salah membersihkan frame dan lensa, ya!

Jadi Aman, Jauh dari Goresan
© freepik.com/prostooleh
3
Jadi Aman, Jauh dari Goresan

Masukkan ke Dalam Kotak

Rekomendasi kami

Jangan asal memasukkan kacamata ke dalam kotaknya, ya! Selalu gunakan hardcase atau tempat khusus untuk menyimpan kacamata agar tetap aman. Selain itu, jangan simpan kacamata di tempat yang panas atau terkena sinar mata hari secara langsung.

Setelah lensa dan frame dibersihkan Anda bisa letakkan kacamata ke dalam kotak dengan posisi lensa yang menghadap ke atas. Jangan sesekali merubah posisi lensa menjadi di bawah. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada lensa dan tangkai menjadi cekung atau bahkan patah pada bagian sambungan atau jembatan.

Lensa Tetap Cantik dan Tidak Ada Kerusakan
© freepik.com/aleruana
4
Lensa Tetap Cantik dan Tidak Ada Kerusakan

Pakai Coating untuk Melindungi Lensa

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Anda harus menggunakan pelindung lensa. Lens coating merupakan lapisan yang berada di atas lensa kacamata yang dapat melindungi lensa dari kerusakan dan goresan. Lens coating juga bisa membantu untuk mengurangi kotoran dan debu yang menempel pada lensa.

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan kacamata, sebaiknya simpan kacamata Anda dalam kantong atau kotak kacamata. Dengan begitu, aksi ini bisa mencegah kacamata terkena benturan atau baret yang dapat menyebabkan kerusakan pada kacamata Anda ketika sedang tidak digunakan.

Mau Kacamata Awet dan Tahan Lama, Kan?
© freepik.com
5
Mau Kacamata Awet dan Tahan Lama, Kan?

Simpan Kotak di Tempat Yang Aman

Setelah Anda membersihkan dan menyimpan kacamata di dalam kotak, Anda bisa menyimpan kotak kacamata di rak yang aman atau mungkin Anda juga bisa membawanya ke mana saja dengan menggantungkannya pada tali tas. Jadi, aman dan Anda tidak harus memikirkan kacamata tersebut tergores, jatuh ataupun tertinggal.

Ingatlah untuk selalu pilih kotak kacamata dengan kualitas yang bagus, kuat, dan tidak mudah peyot, ya! Kalau salah memilih, yang ada akan membuat kacamata Anda menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. 

Tanya Jawab Seputar Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya

Mudah bukan cara menaruh kacamata di kotaknya? Oke gak perlu nunggu lama-lama di section terakhir, tim Rekomin akan menjawab pertanyaan dari keraguan para Rekomers tentang topik ini. Cek di bawah, ya!

Mengapa kotak kacamata sangat diperlukan?

Kacamata merupakan bagian yang sangat penting bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam melihat. Kotak kacamata merupakan sebuah wadah pengaman dalam bentuk kotak atau kantong yang bisa membantu mengurangi kemungkinan kacamata hilang atau pecah.

Berapa harga kotak kacamata di optik?

Biasanya, optik akan memberikan kotak kacamata secara gratis yang sudah include dengan kacamata yang Anda beli. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kotak kacamata tersebut.

Kesimpulan: Cara Menaruh Kacamata di Kotaknya

Kotak kacamata itu sangat penting dan kotak kacamata terbuat dari busa yang lembut yang memberikan permukaan yang sangat lunak pada frame kaca agar menjaga kaca agar tetap aman. Oleh karena itu, kacamata membutuhkan perawatan khusus, entah saat dipakai atau tidak, baik secara penggunaan ataupun penyimpanan (Wahjoe Handini, 2021).

Pilihlah kacamata dengan warna yang terang supaya lebih mudah untuk menemukannya ketika Anda mencarinya di dalam tas. Tak perlu sering ganti kacamata asal Anda praktik cara menaruh kacamata di kotaknya dari tim Rekomin. Lakukan sekarang agar kacamata Anda tetep aman, awet, dan tahan lama!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo