Hide Menu

Simak 5 Cara Memperbaiki Karet Sepatu yang Mati, Barang Lama Jadi Berguna Lagi!

Berikut Ini Adalah Cara Cepat dan Mudah untuk Menangani Outsole Sepatu yang Kaku agar Kembali Lentur

Artikel Cara Memperbaiki Karet Sepatu yang Mati ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Memperbaiki Karet Sepatu yang Mati 2024
© freepik.com

Tampil Pede dengan Sepatu Kesayangan

Tampil Pede dengan Sepatu Kesayangan
freepik.com

Sepatu merupakan salah satu yang dapat membuat Anda tampil lebih percaya diri. Biasanya, sepatu yang membuat Anda pede akan dijadikan sebagai sepatu kesayangan. Betul? Sebagian besar orang pasti memiliki sepatu kesayangan sehingga terus menggunakan sepatu tersebut.

Meskipun kondisi sepatu tersebut jebol, bagian outsole yang hampir lepas, dan outsole yang sudah tidak berdecit atau aus tetap bisa jadi kesayangan. Padahal keadaan sepatu yang seperti ini bisa membuat kaki Anda cedera, keseleo, bahkan nyeri di pergelangan kaki hingga punggung.

Jadi, kapan Anda ganti sepatu kesayangan dengan sepatu baru dengan kualitas terbaik? Umumnya, Anda bisa mengganti sepatu tersebut saat sol sepatu sudah menipis dan licin, ukuran yang mengecil, dan sepatu karet yang melonggar. Ditambah jika muncul rasa sakit dan nyeri pada kaki atau punggung.

Pastinya Anda tidak ingin melukai kaki Anda karena sepatu yang sudah tak layak pakai. Namun jika Anda gak tega untuk menggantinya, cobalah memperbaiki outsole sepatu tersebut. Penasaran gimana caranya? Tim Rekomin telah membuat rangkuman cara memperbaiki karet sepatu yang mati. Untuk lebih lengkapnya, cek artikel ini sampai bawah, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Memperbaiki Karet Sepatu yang Mati - Terbaru 2024

Menurut penelitian Badrut Tamam, outsole adalah bagian terbawah sepatu yang secara langsung menyentuh tanah dan keramik. Outsole memiliki fungsi utama menahan beban berat pemakainya dalam melakukan aktivitas. Oleh karena itu, outsole wajib banget memiliki sifat fleksibel, kuat, anti slip, dan memiliki ketebalan tertentu (2018).

Bahan karet terbuat dari getah pohon yang diolah sedemikian rupa untuk dijadikan sol sepatu, ban, dan eraser. Jika Anda memiliki sepatu dengan bagian karet outsole sudah keras atau mati, sebaiknya Anda simak baik-baik cara memperbaiki karet sepatu yang mati di bawah ini. Let’s go!

1
Gunakan Pelunak Karet

Lentur Seperti Dot Bayi

Gunakan Pelunak Karet

2
Gunakan Air Panas

Ala-Ala Merendam Pakaian

Gunakan Air Panas

3
Gunakan Minyak Zaitun

Benda Cair Bisa Bikin Sepatu Kembali Lentur Seperti Baru

Gunakan Minyak Zaitun

4
Gunakan Cuka

Tidak Hanya untuk Menghilangkan Bau, Bisa Melunakkan Karet Mati Pula

Gunakan Cuka

5
Sering-seringlah Pakai Sepatu

Kalau Suka, Lebih Baik Dipake Terus!

Sering-seringlah Pakai Sepatu

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lentur Seperti Dot Bayi
© freepik.com
1
Lentur Seperti Dot Bayi

Gunakan Pelunak Karet

Rekomendasi kami

Seperti yang Anda tahu, outsole terbuat dari bahan karet yang direkatkan pada bagian atas sepatu menggunakan lem dan jahit agar kuat dan awet. Namun, jika sepatu jarang digunakan, ini bisa membuat outsole mengeras. Anda bisa jadi harus mengecilkan atau melunakkan karetnya untuk bisa memakai sepatu itu lagi. 

Salah satu cara melunakkan karet yang mengeras bisa menggunakan pelunak karet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Semprotkan sol karet sepatu Anda dengan semprotan silikon hingga karet terendam.
  2. Simpan karet sepatu Anda di dalam kantong plastik yang kedap udara. Gunakan kantong sampah besar untuk potongan karet berukuran besar.
  3. Diamkan selama 3 sampai 7 hari.
  4. Setelah itu, angkat sol sepatu tersebut dan tekuk untuk memeriksa kelenturannya. Apabila tingkat elastisitas sol sepatu ini sudah sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa mengeluarkannya dari kantong tersebut.
  5. Ulangi cara ini jika Anda merasa karet belum melunak sesuai keinginan Anda.

Pelunak karet ini bisa Anda aplikasikan untuk semua karet sepatu. Jadi, Anda hanya butuh satu produk untuk berbagai jenis alas kaki. 

Ala-Ala Merendam Pakaian
© freepik.com
2
Ala-Ala Merendam Pakaian

Gunakan Air Panas

Rekomendasi kami

Anda ingin menghidupkan grip sepatu basket? Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan air panas. Ikuti step-step berikut ini.

  1. Siapkan wadah dan air.
  2. Setelah itu, masak air sampai mendidih dan tuang ke dalam wadah.
  3. Masukkan karet ke dalam wadah yang berisi air panas tadi. Tujuannya untuk melunakkan sol karet yang sudah mengeras.
  4. Setelah direndam dan sudah melunak, Anda bisa mengeluarkannya menggunakan alat penjepit untuk mengeluarkan sol karet tersebut dari air panas.
  5. Jika sol belum sampai pada tingkat kelunakan yang sesuai, maka ulangi cara ini.
Benda Cair Bisa Bikin Sepatu Kembali Lentur Seperti Baru
© freepik.com
3
Benda Cair Bisa Bikin Sepatu Kembali Lentur Seperti Baru

Gunakan Minyak Zaitun

Rekomendasi kami

Anda memiliki sepatu futsal atau sepatu lari yang jarang dipake? Cara melenturkan karet sepatu futsal dan sepatu lari yang mengeras yaitu menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Bersihkan terlebih dahulu bagian karet sepatu menggunakan air.
  2. Setelah itu, oleskan baby oil atau minyak zaitun ke bagian sol sepatu secara merata.
  3. Masukkan sepatu ke dalam plastik atau wadah yang kedap udara dan diamkan selama 24 jam.
  4. Buka wadah dan periksa apakah karet sudah lebih lentur dari sebelumnya. 
Tidak Hanya untuk Menghilangkan Bau, Bisa Melunakkan Karet Mati Pula
© freepik.com
4
Tidak Hanya untuk Menghilangkan Bau, Bisa Melunakkan Karet Mati Pula

Gunakan Cuka

Rekomendasi kami

Untuk melemaskan sol karet sepatu, Anda bisa menggunakan cuka. Penasaran? Simak step-step di bawah ini!

  1. Siapkan wadah yang berisi dengan cuka murni.
  2. Rendam dam gosok outsole dengan sikat gigi secara perlahan sebab jika terlalu keras akan robek dan cuka akan melebar ke bagian sepatu lainnya.
  3. Setelah itu, rendam kembali outsole selama beberapa menit.
  4. Jika outsole masih kaku, Anda bisa mengulang cara ini sampai outsole kembali lentur.

Wah, ternyata cuka bukan hanya untuk bahan masakan saja, ya. Sebaliknya, material satu ini juga bisa melunakkan karet sepatu safety dan sepatu pantofel.

Kalau Suka, Lebih Baik Dipake Terus!
© freepik.com
5
Kalau Suka, Lebih Baik Dipake Terus!

Sering-seringlah Pakai Sepatu

Rekomendasi kami

Biasanya, cara terbaik untuk benerin sepatu karet yang sudah mengeras adalah dengan cara selalu memakai sepatu tersebut. Jika demikian, perubahan ini terjadi karena minyak alami yang dihasilkan kulit dan gerakan kaki bisa bikin gumpalan karet outsole hancur. Jadi, sepatu tetap nyaman Anda gunakan untuk berbagai aktivitas baik di dalam maupun luar ruangan. 

Tanya Jawab Seputar Cara Memperbaiki Karet Sepatu yang Mati

Sebelum Anda mengakhiri artikel ini, ada baiknya jika Anda luangkan waktu untuk membaca beberapa pertanyaan dan jawaban terkait cara melunakkan sol sepatu yang keras di bawah. Simak sekarang!

Bagaimana cara mengembalikan sandal karet yang menyusut?

Untuk mengembalikan sandal karet seperti semula bisa dengan memasukkan sandal ke dalam wadah yang berisi air panas selama 45 detik sampai 1 menit. Setelah itu, keluarkan sepatu dan langsung Anda pakai.

Kenapa karet bisa mengeras?

Karet akan mengeras atau rusak akibat reaksi kimia yang timbul dari panas, minyak, dan oksigen. Oleh karena itu, batasi karet agar tidak terkena panas, minyak, dan oksigen sebagai cara untuk menunda pengerasan pada karet.

Apakah karet lentur dan tahan air?

Sepatu dan sandal yang terbuat dari bahan karet memiliki sifat yang kuat, tidak tembus air, elastis, dan juga awet. Tapi, jika jarang digunakan bisa menyebabkan karet tersebut mati atau keras.

Kenapa karet bersifat elastis?

Jika karet Anda letakkan pada suhu rendah, maka karet tersebut akan mengkristal. Dengan meningkatnya suhu bisa membuat karet mengembang. Hal ini terjadi karena penurunan suhu yang dapat mengembalikan keadaan karet yang mengembang. Oleh sebab itu, material satu ini bisa mengembang dan mengecil dengan mudah. 

Kesimpulan: Cara Memperbaiki Karet Sepatu yang Mati

Kini selesai sudah pembahasan tentang cara memperbaiki karet sepatu yang mati. Tim Rekomin akan mengingatkan kembali 5 cara untuk mengembalikan elastisitas karet sepatu Anda. Beberapa cara tersebut yaitu menggunakan pelunak karet, menggunakan air panas, cuka, oil, dan lebih sering menggunakan sepatu tersebut.

Gimana tips yang tim Rekomin bagikan, gampang banget ‘kan? Rekomers mau mencobanya di rumah? Jika Anda tidak memiliki produk-produk di atas, Anda bisa langsung membelinya dengan klik link di atas. Semua produk tersebut berasal dari toko terpercaya di marketplace Indonesia. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo