Hide Menu

Jangan Asal Beli Kacamata! Intip Dulu 5 Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Anda!

Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Murah Meriah Mulai dari 4 Ribuan Saja

Artikel Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah ini diposting diperbarui
31 Pembaca
Like
Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah 2024
© freepik.com

Mengapa Kacamata Harus Sesuai dengan Bentuk Wajah?

Mengapa Kacamata Harus Sesuai dengan Bentuk Wajah?
freepik.com/8photo

Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri atau gelisah ketika menggunakan kacamata? Entah merasa wajah menjadi terlihat tembem, gemuk, tirus, atau sebagainya. Hal ini tidak hanya menimpa kaum wanita, namun pria juga pasti pernah merasakannya.

Padahal, kacamata merupakan pendukung utama untuk bisa membaca dengan gamblang, melihat gambar dengan jelas, dan beraktivitas tanpa gangguan. Namun tenang saja, karena Tim Rekomin telah memiliki solusi dari masalah tersebut. Anda harus mencari dan mengenakan kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Gunanya adalah untuk membuat Anda tampil lebih sempurna dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah dengan benar? Tak perlu memikirkan terlalu lama, yuk, telurusi lengkapnya di sini!

Bentuk-Bentuk Frame dan Model Kacamata

Bentuk-Bentuk Frame dan Model Kacamata
freepik.com

Anyway, tim Rekomin setuju dengan pernyataan Femmy R. dan Leonard A. (2021) yang menyatakan bahwa telah muncul begitu banyak produk kacamata yang ada di pasaran Indonesia. Desain modelnya pun cukup beragam, seperti bulat, kotak, oval, dan lain sebagainya. Namun, apa saja sih perbedaannya dan bentuk wajah apa yang cocok untuk masing-masing frame? Berikut penjelasan singkatnya.

  • Kacamata Bulat

Fyi, frame kacamata dengan bentuk bulat sering disebut dengan Lloyd Glasses. Penamaan tersebut dimula dari sosok komedian ternama di Amerika bernama Harold Lloyd yang kerap menggunakan frame kacamata berbentuk bulat.

Model kacamata ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki wajah berbentuk lonjong, persegi, ataupun segitiga. Menggunakan kacamata ini akan membantu dalam menyamarkan garis wajah Anda. Pun, akan memberi garis lengkung wajah, sehingga wajah terlihat lebih panjang. Akan tetapi, karena desainnya yang cukup eksentrik, Rekomers harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi untuk mengenakannya.

  • Kacamata Kotak

Kini, frame kotak adalah jenis yang paling populer dibandingkan dengan yang lain. Frame kekinian ini dapat memperkuat ekspresi dan mengencangkan bentuk wajah pemakainya. Sehingga, Anda akan terlihat lebih tegas namun tetap terlihat santai.

Umumnya, hampir semua bentuk wajah cocok menggunakan bentuk frame ini. Meski demikian, frame kotak akan terlihat lebih serasi saat dikenakan oleh wanita atau pria yang memiliki bentuk wajah bulat atau oval.

  • Kacamata Wellington

Faktanya, model kacamata ini hampir mirip seperti frame kotak. Hanya saja, frame ini relatif lebih lebar. Model frame ini akan harmonis untuk Anda yang memiliki bentuk wajah oval atau lonjong. Dengan kacamata ini, wajah lonjong akan tampak lebih berisi, sedangkan wajah oval akan terlihat lebih tirus.

Hingga kini, model kacamata Wellington masih populer bagi kalangan masyarakat yang berusia 40 tahunan karena desainnya terkesan klasik dan ala-ala vintage. 

  • Kacamata Cat Eye atau Mata Kucing

Tak hanya kacamata kotak yang sedang trend saat ini, model kacamata ini juga merupakan model terbaru dan terkini yang dipakai oleh anak-anak zaman now. Biasanya, tim Rekomin sering melihat Gen Z menggunakan frame ini, mulai dari warna cerah mencolok seperti putih, merah, atau bening hingga ke warna monochrome, seperti abu-abu dan hitam.

Dengan bentuk lancip ke sudut bagian atas dan melengkung di bagian bawah, ia cocok dikenakan oleh wajah bulat, oval, atau panjang. Selain itu, frame jenis ini juga merupakan rekomendasi kacamata untuk hidung pesek.

Frame ini hadir begitu berbeda dan unik dibandingkan dengan sebelumnya. Tak hanya unik, namun menampilkan look yang fashionable dan kekinian. Hal itulah yang membuat kaum hawa, baik yang memakai hijab (jilbab) atau tidak, sering mengenakan kacamata ini ketika acara-acara besar, seperti lebaran, natal, dan lain sebagainya. Nah, tunggu apalagi? Yuk, pakai kacamata ini untuk segi tampilan yang lebih trendy!

  • Kacamata Oval

Daya tarik frame ini terlihat bagus dan cocok digunakan untuk segala kalangan. Baik untuk anak-anak, orang dewasa, laki-laki, atau perempuan. Kacamata frame oval ini bisa dibilang seperti telur karena bentuknya yang bulat pipih ke arah samping.

Bentuknya yang seperti itu membuat Anda terlihat lebih muda dan lebih fresh. Tak hanya itu, frame oval ini juga mampu memancarkan kesan lembut bagi pemakainya. Kesimpulannya, kacamata oval dan bentuk wajah apapun bisa menjadi kombinasi terbaik!

A.F Fauziyah
Writer
Content Writer

Pribadi yang punya banyak mimpi yang belum terjadi. Seorang yang ingin membahagiakan banyak orang. Haha klise tapi nyata. Bismillah untuk segala sesuatunya.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah - Terbaru 2024

Setelah mengetahui penjelasan singkat di atas, sekarang tim Rekomin akan membahas bagaimana cara memilih frame kacamata sesuai bentuk wajah Rekomers. Apa saja sih opsinya? Perhatikan setiap poin dengan detail, ya!

1
Melihat ke Cermin

Mempelajari Bentuk Dasar Wajah

Melihat ke Cermin

2
Memilih Sesuai dengan Kondisi Mata

Menentukan Ukuran Plus atau Minus pada Mata

Memilih Sesuai dengan Kondisi Mata

3
Memilih Bingkai yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Bingkai Kacamata dan Bentuk Wajah Merupakan Satu Kesatuan

Memilih Bingkai yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

4
Menyesuaikan Besar Bingkai dengan Ukuran Wajah

Ukuran Bingkai Membuat Wajah Terlihat Proporsional

Menyesuaikan Besar Bingkai dengan Ukuran Wajah

5
Memerhatikan Elastisitas Gagang Kacamata

Sifatnya Fleksibel dan Tidak Mudah Patah

Memerhatikan Elastisitas Gagang Kacamata

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mempelajari Bentuk Dasar Wajah
© freepik.com/lifeforstock
1
Mempelajari Bentuk Dasar Wajah

Melihat ke Cermin

Rekomendasi kami

Langkah pertama yang Anda bisa lakukan adalah bercermin lalu menelaah bentuk wajah apa yang Anda miliki. Pada dasarnya, bentuk wajah setiap orang berbeda-beda. Namun, umumnya terdapat tujuh kategori bentuk wajah, yaitu bulat, segitiga, bentuk hati, kotak, persegi, lonjong, dan oval.

Hal ini sangat penting untuk diketahui terlebih dahulu. Mengapa? Karena jika sudah menentukan bentuk wajah, maka setelahnya bisa lebih mudah untuk menyesuaikan dengan bentuk kacamata apa yang akan dibeli. Namun, jika Anda merasa kesusahan untuk mengidentifikasinya sendiri, maka Anda bisa mencari face detector di berbagai situs internet.

Menentukan Ukuran Plus atau Minus pada Mata
© freepik.com
2
Menentukan Ukuran Plus atau Minus pada Mata

Memilih Sesuai dengan Kondisi Mata

Rekomendasi kami

Setelah bercermin dan sudah mendapat jawaban mengenai apa bentuk wajah Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apakah Anda memiliki kelainan mata minus atau plus. Untuk mengetahui ukurannya dengan tepat, Anda harus memeriksakan diri ke dokter mata atau datang ke optik.

Berbeda dengan Anda yang sudah memakai kacamata, pastikan juga selalu cek kondisi mata secara teratur karena kemungkinan ada penambahan minus dan plus setiap tahunnya. Jadi, sebelum terburu-buru untuk mengganti lensa dan malah berakhir dengan salah pilih, baiknya Anda harus benar-benar tahu kondisi diri terlebih dahulu.

Bingkai Kacamata dan Bentuk Wajah Merupakan Satu Kesatuan
© freepik.com/karlyukav
3
Bingkai Kacamata dan Bentuk Wajah Merupakan Satu Kesatuan

Memilih Bingkai yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Rekomendasi kami

Faktanya, kacamata memiliki beberapa bentuk, yaitu oval, persegi, dan bulat. Untuk kacamata dengan frame oval tidak memiliki batasan siapa yang cocok untuk mengenakannya. Namun, akan memberikan sentuhan sempurna jika dipakai oleh orang yang memiliki wajah bentuk hati (heart-shape faces) dan wajah berbentuk kotak (square face).

Di sisi lain, untuk kacamata dengan bingkai persegi gunanya untuk mempertegas fitur wajah, sehingga sangat cocok untuk dipakai orang yang memiliki wajah bulat. Sedangkan frame bentuk bulat cocok untuk wajah kotak. Gunanya adalah untuk mengurangi kesan rahang yang terlihat tegas.

Ukuran Bingkai Membuat Wajah Terlihat Proporsional
© freepik.com
4
Ukuran Bingkai Membuat Wajah Terlihat Proporsional

Menyesuaikan Besar Bingkai dengan Ukuran Wajah

Rekomendasi kami

Selain lensa, frame atau bingkai juga merupakan bagian penting dari kacamata. Sebab, frame kacamata memiliki fungsi sebagai tempat menopang lensa kacamata supaya ketika digunakan menghadirkan rasa nyaman dan tidak menyakiti telinga.

Tak hanya itu, besar kecilnya bingkai juga memengaruhi tampilan pada wajah Anda. Faktanya, kacamata dengan bingkai tebal lebih harmonis digunakan oleh orang dengan ukuran mata cenderung kecil dengan wajah yang lebar. Sebab, bingkai tersebut dapat membuat wajah lebih terlihat proporsional.

Sifatnya Fleksibel dan Tidak Mudah Patah
© freepik.com
5
Sifatnya Fleksibel dan Tidak Mudah Patah

Memerhatikan Elastisitas Gagang Kacamata

Rekomendasi kami

Inilah hal terakhir yang patut diperhatikan adalah dalam pemilihan gagang kacamata. Faktanya, wanita atau pria dengan tipe wajah lebar dan besar wajib memilih kacamata dengan gagang yang sifatnya mudah melar atau lentur.

Hal ini disebabkan karena pada bagian di antara mata dan tulang pipi memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan orang berwajah kecil atau tirus. Oleh karena itu, hindari penggunaan kacamata dengan gagang besi.

Selain itu, gagang dengan bahan elastis cukup fleksibel untuk mengikuti bentuk wajah dan tidak mudah patah. Walaupun terkadang Anda harus merogoh biaya atau harga yang cukup mahal untuk kacamata dengan gagang elastis ini. Harga ini sebanding dengan bahannya sebab tidak membuat telinga sakit dan membekas merah.

Tanya Jawab Seputar Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Adapun pertanyaan yang berkaitan dengan cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah adalah sebagai berikut: 

Muka bulat cocok frame kacamata model apa?

Seperti keterangan yang ada di atas, muka bulat akan terlihat lebih tirus dan lebih panjang jika menggunakan kacamata dengan frame kotak, cat eye, dan oval. Tim Rekomen sarankan untuk menghindari gagang kacamata yang tebal dengan warna gelap agar terlihat lebih muda. 

Kacamata cat eye cocok untuk bentuk wajah apa?

Kacamata ini biasanya memiliki bentuk frame bagian atas yang lebih tebal daripada bagian bawah yang cocok untuk wajah dengan bentuk bulat, oval, atau panjang. 

Bagaimana cara mengetahui bentuk wajah?

Langkah singkatnya adalah dengan mengukur dahi, mengukur lebar tulang pipi, mengukur garis rahang, dan mengukur panjang bawah. Setelah mendapatkan data ke-4 ukuran tersebut, Anda perlu mencatat di kertas putih atau notes, bagian mana yang terbesar. Setelah itu, cocokan dengan bentuk-bentuk wajah yang ada.

Bagaimana memilih kacamata untuk hidung pesek?

Anda yang memiliki hidung pesek bisa memilih kacamata dengan bahan yang ringan. Tak hanya itu, model kacamata yang cocok untuk hidung pesek adalah yang memiliki nosepad. Hindari bahan bingkai dengan bentuk yang tebal. Rekomendasi frame kacamata untuk hidung pesek adalah kacamata half frame yang memiliki bingkai di bagian atas saja sehingga pada area hidung akan tetap terlihat. Dengan demikian, bisa membantu untuk menonjolkan bentuk hidung supaya tidak tertutup bingkai kacamata bawah. 

Apakah kacamata terbuat dari kaca?

Beberapa tahun yang lalu, lensa kacamata hanya terbuat dari kaca. Namun saat ini, banyak lensa lain dengan bahan lebih ringan, anti pecah, dan dapat melindungi mata dari sinar UV.

Kesimpulan: Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Jadi, setelah membaca tips memilih kacamata sesuai bentuk wajah, apakah Anda sudah bisa menentukan kacamata yang sesuai untuk Anda? Manakah pilihan terbaik menurut Anda? Tim Rekomin merasa sangat bahagia jika Anda sudah tidak bingung lagi dalam memutuskannya.

Pesan tim Rekomin hanya satu yang perlu diingat, wajah itu merupakan identitas diri yang harus selalu tampil segar dan ceria. Yuk, tampil semaksimal mungkin dengan bentuk kacamata yang pas dan tonjolkan pesona diri Rekomers! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo