Hide Menu

Ternyata Gak Susah, Inilah 3 Cara Membuat Celana Denim Menjadi Kaku Seperti Pertama Beli!

Gak Usah Bingung Cari Cara Buat Bikin Celana Denim Kembali Kaku, Baca Artikel Ini sampai Selesai dan Dapatkan Jawabannya!

Artikel Cara Membuat Celana Denim Menjadi Kaku ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membuat Celana Denim Menjadi Kaku 2024
© freepik.com

Fashion Sebagai Alat Komunikasi Seseorang

Fashion Sebagai Alat Komunikasi Seseorang
freepik.com

Fashion merupakan sebuah istilah untuk style dan kebiasaan seseorang yang mengacu pada kostum dan gaya berpakaian. Mode bisa berbeda di suatu lingkungan masyarakat menurut umur, pekerjaan, kelas sosial, dan generasi dari waktu ke waktu.

Fashion gak cuma sekedar cara berpakaian dan tampil menarik dengan menggunakan aksesoris, baju, dan celana saja. Tapi, fashion juga memiliki nilai dan alat komunikasi tertentu di lingkungan sosial. Dalam dunia mode, gak hanya baju atau aksesoris aja yang bisa menunjang penampilan.

Celana juga berperan besar untuk meningkatkan penampilan Anda, lho. Rekomers bisa menggunakan celana jeans atau denim untuk bikin tampilan lebih menarik dengan tema vintage. Celana denim merupakan salah satu jenis celana yang banyak dipakai pria dan wanita. Namun, bagi para pencinta celana denim gak akan cukup hanya memiliki celana saja.

Ada impian yang diinginkan para pencinta celana denim, yaitu memiliki celana dengan fading yang kontras. Sayangnya, untuk membuat fading pada celana raw denim bukanlah perkara yang mudah. Anda membutuhkan perjuangan dan teknik khusus, tapi jangan menggunakan amplas untuk membuat fading, yang ada celana malah rusak.

Kendati demikian, cara membuat celana denim menjadi kaku cukup mudah dan gak membutuhkan teknik khusus, lho. Penasaran? Tenang, tim Rekomin akan membagikan caranya di artikel ini. Yuk, cek bersama!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membuat Celana Denim Menjadi Kaku - Terbaru 2024

Seperti yang Rekomers tahu bahwa celana denim adalah jenis celana yang banyak dimiliki pria dan wanita. Tapi, gak semuanya tahu cara membuat celana denim menjadi kaku seperti saat awal membeli. Jika ingin tahu tips dan triknya, simak poin-poin di bawah dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

1
Denim Stiffener

Formula Khusus yang Bikin Celana Kembali Kaku

Denim Stiffener

2
Tepung Maizena

Bahan Masakan yang Berubah Jadi Cairan Ajaib untuk Celana

Tepung Maizena

3
Denim Refresher

Gak Akan Merusak Celana, Kok!

Denim Refresher

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Formula Khusus yang Bikin Celana Kembali Kaku
© freepik.com
1
Formula Khusus yang Bikin Celana Kembali Kaku

Denim Stiffener

Rekomendasi kami

Anda gak suka celana jeans yang lemas? Coba kakukan celana jeans dengan denim stiffener. Bagi para pecinta celana denim, produk ini merupakan salah satu formula khusus yang bisa bikin celana menjadi kaku dan lebih menarik.

Jika sudah punya produknya, segera ikuti step-step di bawah ini.

  1. Langkah pertama, balik celana jeans dengan bagian dalam berada di luar.
  2. Sebelum menggunakan denim stiffener, sebaiknya kocok terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, teteskan denim stiffener pada bagian yang Anda ingin kakukan.
  4. Ratakan denim stiffener dengan kuas atau sikat lembut.
  5. Jemur celana sampai kering.

Bagian yang biasanya sering dikeraskan atau dikakukan kembali yaitu bagian paha, lutut, dan belakang lutut. Jadi, Anda bisa fokus pada bagian tersebut untuk membuat celana menjadi kaku. 

Bahan Masakan yang Berubah Jadi Cairan Ajaib untuk Celana
© freepik.com
2
Bahan Masakan yang Berubah Jadi Cairan Ajaib untuk Celana

Tepung Maizena

Rekomendasi kami

Untuk membuat celana denim kaku kembali, Anda bisa menggunakan cairan starch yang terbuat dari tepung maizena. Salah satu bahan masakan ini ternyata bisa dijadikan sebagai cairan ajaib untuk bikin celana jadi kaku lagi.

Pernahkah Anda membuat cairan pengkaku dari tepung maizena? Jika belum, simak langkah-langkah membuat cairan pengkaku celana sendiri di bawah ini.

  1. Siapkan botol semprot, air, dan tepung maizena.
  2. Lalu, masukkan 1 sendok makan tepung maizena dan seperempat air ke dalam botol.
  3. Aduk sampai tepung larut dan tercampur rata.

Anda sudah memiliki cairan starch. Kini, ikuti langkah-langkah untuk mengkakukan celana denim dengan tepung maizena di bawah ini.

  1. Cuci celana jeans seperti biasa dan keringkan.
  2. Semprotkan cairan maizena ke bagian luar dan dalam celana jeans secara merata.
  3. Kemudian, setrika celana jeans seperti biasa.

Cara yang mudah ini gak hanya untuk mengatasi celana Levi’s yang sudah mulai lemas saja, tapi juga bisa Anda coba pada jaket denim. Satu cairan yang gampang dibuat berguna untuk semua pakaian dalam bahan yang sama. Sangat serbaguna, bukan? 

Gak Akan Merusak Celana, Kok!
© freepik.com
3
Gak Akan Merusak Celana, Kok!

Denim Refresher

Rekomendasi kami

Denim refresher memiliki fungsi untuk menghilangkan bau pada denim, menghilangkan dan mencegah jamur, membunuh semua bakteri yang menyebabkan gatal, menunda pencucian celana denim, serta mengembalikan serat kanji pada denim sebagai pengkaku.

Namun, apa Anda tahu bagaimana cara menggunakan refresher ini? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Semprot denim refresher pada bagian luar dan dalam celana.
  2. Kemudian, jemur celana sampai kering.

Anda gak perlu khawatir celana menjadi luntur saat menggunakan denim refresher karena ini aman dan gak bikin indigo di celana denim luntur. Selain itu, denim refresher juga bisa menjaga warna celana atau jacket berbahan denim tetap contrast, lho. Berguna banget, ‘kan? 

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Celana Denim Menjadi Kaku

Sebelum Rekomers menutup artikel ini, sebaiknya Anda tidak melewatkan section tanya jawab. Tim Rekomin sudah merangkum pertanyaan dan jawaban yang sering kali muncul. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Apakah denim yang sudah dicuci bisa fading?

Bisa, celana jeans yang dicuci secara berkala masih bisa menghasilkan fade yang bagus.

Kenapa celana denim ga dicuci?

Hal ini bisa menyebabkan warna denim akan lebih cepat luntur.

Apakah celana denim boleh dijemur?

Boleh, hanya saja Anda harus menjemurnya dengan baik dan benar. Jika salah dalam proses pengeringan, serat-serat kain celana denim bisa jadi kendor dan saat Anda pake celana tersebut akan terasa longgar.

Apa itu fading pada celana jeans?

Fading akan terlihat seperti kerutan yang hampir sobek pada celana jeans. Adanya fading pada celana denim itu karena serat-serat dari kain katun mengalami abrasi, gesekan, dan pemakaian berulang-ulang.

Bagaimana cara bikin jeans fading?

Ada 3 tipe bentuk fading pada raw denim, yaitu honeycomb, whisker, dan stack (Gian Satya Rahadi, 2018). Untuk bikin fading di celana denim, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti tidur menggunakan celana jeans, jangan terlalu sering dicuci, gosokkan jeans dengan kopi, panaskan celana jeans atau Anda bisa seawash celana denim. 

Apakah semua jenis jeans bisa difading?

Bisa, namun setiap jeans berbahan denim memiliki jangka waktu yang berbeda-beda untuk membuat fading. Ada yang butuh proses lama, dan ada juga yang prosesnya sangat cepat seperti celana denim dari The Unbranded Brand.

Kesimpulan: Cara Membuat Celana Denim Menjadi Kaku

Demikian pembahasan tentang cara membuat celana denim menjadi kaku. Tim Rekomin ingatkan kembali bahwa ada 3 cara untuk bikin celana denim kembali kaku, yaitu menggunakan denim stiffener, menggunakan tepung maizena atau Anda juga bisa menggunakan denim refresher.

Semua tips yang tim Rekomin bagikan di atas terbilang cukup mudah untuk para Rekomers coba di rumah. Tapi, gimana kalau gak punya salah satu produk di atas? Tenang, gak usah panik karena tim Rekomin juga udah menyediakan link produknya di atas.

Oh ya, Anda juga gak usah takut kalau produk di atas kualitasnya kurang bagus. Sebab, semua produk di atas berasal dari toko-toko terpercaya di e-commers dengan kualitas terbaik pastinya. Jadi, tunggu apa lagi? Check out produknya sekarang dan bikin celana denim kembali kaku!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo