Hide Menu

Sepatu Anda Kotor? Yuk, Ikuti 4 Cara Membersihkan Sepatu Kulit Sintetis dengan Benar!

Artikel Ini Membagikan Cara Mencuci Sepatu Kulit Sintetis dengan Mudah agar Tetap Awet

Artikel Cara Membersihkan Sepatu Kulit Sintetis ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Sepatu Kulit Sintetis 2024
© freepik.com

Keistimewaan Sepatu dari Bahan Kulit Sintetis

Keistimewaan Sepatu dari Bahan Kulit Sintetis
freepik.com

Anda punya sepatu berbahan kulit sintetis? Anda tahu gak kulit sintetis itu apa? Kulit sintetis atau faux leather atau kulit palsu merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sepatu dengan hasil yang mirip seperti sepatu kulit asli. Contoh sepatu yang terbuat dari bahan kulit sintetis seperti sepatu pantofel dan boots. 

Kulit sintetis ini terbuat dari microfiber, polyurethane (PU), dan polyvinyl chloride (PVC). Kulit ini memiliki karakteristik yang istimewa, yaitu memiliki aroma yang khas, tekstur yang lebih lembut, lebih awet, dan butuh keperawatan yang spesial menggunakan sabun kulit.

Biasanya, kulit sintetis memiliki bobot yang ringan, lebih fleksibel, gampang untuk diwarnai dengan berbagai warna, dan jika dipegang akan terasa terlalu halus seperti Anda menyentuh plastik. Ditambah lagi, kulit jenis ini jauh lebih mudah untuk diregangkan.

Sepatu dengan bahan kulit sintetis banyak dipakai kalangan muda untuk menemani aktivitas sehari-hari. Hal ini menyebabkan sepatu lebih cepat lecet dan kotor. Jai, tahukah Anda bagaimana cara membersihkan sepatu kulit sintetis? Jika belum, simak artikel ini sampai selesai agar Anda tahu caranya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Membersihkan Sepatu Kulit Sintetis - Terbaru 2024

Dikutip dari hasil penelitian Soepranoto pada tahun 1988, kulit sintetis yang digunakan untuk bagian atas sepatu mirip dengan kulit asli. Hanya saja, sepatu kulit sintetis memiliki lapisan yang terlihat dan nyata.

Selain itu, Soepranoto juga menjelaskan bahwa sepatu ini lebih gampang untuk dibersihkan, fleksibel, awet, dan harganya pun lebih murah. Nah, agar sepatu kulit sintetis ini tetap awet dan bagus, Anda harus tahu cara mencuci sepatu kulit sintetis. Simak penjelasannya di bawah ini. Let’s go!

1
Gunakan Sikat

Pakai yang Lembut agar Gak Tambah Lecet

Gunakan Sikat

2
Gunakan Lap

Serat Mampu Mengangkat Kotoran

Gunakan Lap

3
Cuci dengan Sabun Sepatu

Cara Cucinya Beda dari Sepatu Biasanya

Cuci dengan Sabun Sepatu

4
Gunakan Semir Sepatu

Manfaatkan Semir yang Padat

Gunakan Semir Sepatu

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pakai yang Lembut agar Gak Tambah Lecet
© freepik.com
1
Pakai yang Lembut agar Gak Tambah Lecet

Gunakan Sikat

Rekomendasi kami

Saat Anda hendak membersihkan sepatu kulit sintetis, tim Rekomin sarankan untuk menggunakan sikat dengan tekstur yang lembut. Utamakan pula untuk tidak menyikat sepatu terlalu keras karena kulit sepatu bisa pecah dan rusak.

Serat Mampu Mengangkat Kotoran
© freepik.com
2
Serat Mampu Mengangkat Kotoran

Gunakan Lap

Rekomendasi kami

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan lap, maka pilihlah lap microfiber. Pasalnya, kain ini memiliki serat sintetis yang terbuat dari polyester, nilon, dan polyamide.

Selain itu, serat yang kain microfiber punya bisa langsung mengikat kotoran dan minyak sampai bersih. Bisa juga menghilangkan noda di sepatu kulit sintetis dengan lap yang sudah diberi baby oil. Otomatis sepatu pun terlihat seperti baru. 

Cara Cucinya Beda dari Sepatu Biasanya
© freepik.com
3
Cara Cucinya Beda dari Sepatu Biasanya

Cuci dengan Sabun Sepatu

Rekomendasi kami

Punya sepatu kulit sintetis berwarna putih? Jika iya, bersihkan saja sepatu tersebut menggunakan semir! Tapi, gimana kalau sepatu pantofel putih ada bintik hitam dan sebagian sudah menguning? Anda bisa menggunakan campuran air dan cleaner sepatu.

Cara nyuci warna sepatu ini gak seperti mencuci sepatu biasanya. Jadi, simak cara bersihin yang benar di bawah ini.

  1. Siapkan air, cleaner sepatu, dan kain atau lap bersih berwarna putih.
  2. Campurkan air dan cleaner ke dalam wadah.
  3. Setelah itu, basahi kain atau lap dengan cairan tersebut.
  4. Lalu, gosok area yang lecet pakai lap secara lembut.
  5. Jika sudah, biarkan sepatu tersebut mengering.
Manfaatkan Semir yang Padat
© freepik.com
4
Manfaatkan Semir yang Padat

Gunakan Semir Sepatu

Rekomendasi kami

Cara membersihkan sepatu bahan kulit sintetis selanjutnya yaitu menggunakan semir sepatu. Caranya juga lebih mudah, simak di bawah ini.

  1. Oleskan semir pada sepatu menggunakan kain atau sikat lembut.
  2. Gosok dengan gerakan memutar dan beri sedikit pijatan.
  3. Setelah itu, biarkan semir tersebut mengering. Ingat, untuk mengeringkan sepatu kulit tidak perlu terkena sinar matahari secara langsung karena dapat merusak tekstur.

Semir sepatu dapat membantu Anda untuk merawat sepatu menjadi lebih awet dan membuat semua goresan pada sepatu tersamarkan. Tips dari tim Rekomin, lebih baik jangan menggunakan semir semprot karena leather akan menjadi cepat rusak. Sebaliknya, gunakan yang padat lebih direkomendasikan. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Sepatu Kulit Sintetis

Sebelum ke section terakhir, sebaiknya Anda tidak melewatkan section ini karena berisi rangkuman beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering muncul tentang cara membersihkan sepatu kulit sintetis. Yuk, cek!

Bagaimana cara merawat sepatu kulit sintetis?

Cara merawat sepatu kulit sintetis terbilang cukup mudah. Anda bisa membersihkannya secara teratur, jangan dicuci dengan air, jangan terkena sinar matahari secara langsung, gunakan pelembab khusus, simpan di tempat aman, dan jangan sampai terkena bahan kimia.

Apakah sepatu kulit sintetis bisa mengelupas?

Sepatu berbahan kulit sintetis merupakan salah satu sepatu yang diminati banyak orang karena menciptakan look yang smart dan casual. Namun, sepatu ini gampang pecah atau terkelupas.

Bagaimana cara membersihkan sepatu kulit?

Anda bisa membersihkan sepatu kulit menggunakan kain lap berbahan katun. Tambahkan sabun apabila terdapat kotoran di sepatu tersebut.

Berapa lama ketahanan kulit sintetis?

Sepatu yang terbuat dari bahan kulit sintetis bisa bertahan selama 2 atau 3 tahun. Ini tergantung dari cara Anda merawat dan menggunakan sepatu tersebut.

Apa itu kulit sintetis pada sepatu?

Bahan kulit sintetis untuk membuat sepatu yaitu salah satu bahan yang terbuat dari microfiber, poliuretan (PU), dan polivinil klorida (PVC). Sepatu dengan kulit sintetis ini jika dilihat sekilas akan terlihat sama seperti sepatu kulit asli.

Apakah bahan kulit sintetis tahan air?

Benar, bahan ini memiliki karakter tahan air tapi tidak tahan api.

Kulit sintetis namanya apa?

Kulit sintetis atau faux leather adalah salah satu bahan sintetis yang terbuat dari serat plastik yang dilapisi dengan polyurethane atau PVC. Tujuannya untuk menciptakan tekstur dan warna yang beragam.

Kesimpulan: Cara Membersihkan Sepatu Kulit Sintetis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sepatu kulit sintetis sekilas mirip dengan kulit asli. Hanya saja, kulit sintetis ini terbuat dari microfiber, PU, dan PVC dengan karakter kulit yang khas. Sepatu kulit sintetis lebih fleksibel, awet, gampang direnggangkan, gampang dibersihkan, dan harganya juga murah.

Namun, jika Anda tidak memberikan perawatan terbaik akan membuatnya cepat rusak. Tim Rekomin akan mengingatkan kembali cara membersihkannya dengan 4 cara, menggunakan sikat, pakai lap, shoe cleaner, dan semir sepatu. Cara ini berlaku untuk semua jenis sepatu pria dan wanita, termasuk sepatu boots dan pantofel.

Anda tertarik dengan gambar produk di atas dan mau segera membelinya? Klik aja link produk yang tersedia. Jadi, apakah Rekomers siap merawat sepatu kulit secara maksimal agar tetap awet? Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo