Hide Menu

Jangan Digosok! Ikuti 5 Cara Membersihkan Kacamata yang Buram Berikut Ini, Pasti Ampuh!

Langkah-Langkah Terbaik untuk Membersihkan Kacamata Buram Tanpa Harus ke Optik

Artikel Cara Membersihkan Kacamata yang Buram ini diposting diperbarui
71 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Kacamata yang Buram 2024
© freepik.com

Seberapa Penting Sih Membersihkan Lensa Kacamata?

Seberapa Penting Sih Membersihkan Lensa Kacamata?
freepik.com

Menggunakan kacamata merupakan hal yang primer bagi orang yang menderita kelainan mata, seperti silinder, minus, atau plus. Seringnya penggunaan kacamata, membuat pengguna menjadi lalai untuk membersihkannya dari debu. 

Padahal, membersihkan lensa kacamata merupakan hal pokok yang wajib untuk dilakukan secara rutin. Mengapa? Penggunaan kacamata yang kotor memang tidak menyebabkan hal fatal seperti iritasi, namun hal ini dapat mengganggu penglihatan Rekomers. Tak hanya itu, jika tak kunjung merawat kebersihan lensanya, maka dapat memperburuk kondisi fisik kacamata itu sendiri. 

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, apakah Anda tetap tidak memiliki hasrat untuk membersihkan kacamata yang Anda miliki? Tentu saja tidak, bukan? Baiklah kalau begitu, tim Rekomin akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara membersihkan kacamata yang buram dalam waktu yang singkat. Stay tune terus, ya!   ‎

Apa Saja Penyebab Kacamata Buram?

Apa Saja Penyebab Kacamata Buram?
freepik.com

Kacamata merupakan sebuah alat bantu penglihatan agar bisa melihat dengan lebih jelas. Selain itu, menurut Yuanita Novitasari (2019) menyatakan bahwa penggunaan kacamata yang bersih dari debu, akan bisa menghasilkan banyak manfaat. Seperti perasaan segar, sehat, tidak terganggu, dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan leluasa.

Namun, jika Anda memaksakan untuk menggunakan kacamata yang buram, dampaknya bisa seperti mata menjadi tegang dan kepala menjadi pusing. Biasanya, lensa buram dipicu oleh berbagai macam hal, seperti:

  • Goresan atau baret pada lensa 
  • Tumbuhnya jamur
  • Lensa yang menguning
  • Adanya debu atau kotoran
  • Dipakai untuk berolahraga renang, lari, dan lainnya

Nah, sekarang Rekomers sudah tahu ‘kan penyebabnya apa saja? Setelah mengetahui penyebabnya, tim Rekomin juga akan memberi tahu bagaimana cara membersihkan lensa kacamata agar mengkilap dengan super easy. Inilah saat yang tepat untuk Anda merawat lensa kacamata yang lawas dan usang, menjadi bersih dan kinclong seperti baru lagi.

A.F Fauziyah
Writer
Content Writer

Pribadi yang punya banyak mimpi yang belum terjadi. Seorang yang ingin membahagiakan banyak orang. Haha klise tapi nyata. Bismillah untuk segala sesuatunya.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membersihkan Kacamata yang Buram - Terbaru 2024

Sebelum membahas ke inti artikel ini, tim Rekomin ingin menanyakan suatu hal. Apakah Anda masih membersihkan lensa kacamata dengan menghembuskan napas lalu mengelapnya dengan tisu? Atau dengan menggosokkan lensa kacamata ke permukaan baju yang sedang dikenakan?

Baiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk tersebut dalam waktu dekat, ya! Lantas, bagaimana sih cara yang dianjurkan untuk membuat kacamata menjadi tidak buram lagi? Berikut penjelasannya:

1
Memastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

Pilih Cuci Tangan atau Gunakan Hand Sanitizer

Memastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

2
Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara yang Efisien dan Praktis

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

3
Mengeringkan Kacamata dengan Kain Khusus

Kain Microfiber adalah Jawabannya

Mengeringkan Kacamata dengan Kain Khusus

4
Letakkan di Kotak atau Wadah Khusus Kacamata

Pentingnya Penyimpanan di Tempat Tertutup

Letakkan di Kotak atau Wadah Khusus Kacamata

5
Mengoles Lensa Kacamata dengan Pasta Gigi

Ampuh Usir Debu dengan Sekali Oles

Mengoles Lensa Kacamata dengan Pasta Gigi

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pilih Cuci Tangan atau Gunakan Hand Sanitizer
© freepik.com/rawpixel
1
Pilih Cuci Tangan atau Gunakan Hand Sanitizer

Memastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

Rekomendasi kami

First of all, Anda harus memastikan tangan dalam keadaan bersih dan terhindar dari kuman atau debu. Apa yang harus dilakukan? Anda bisa mencuci tangan terlebih dahulu. Namun, jika Anda merasa malas untuk mencuci tangan, pilih opsi penggunaan hand sanitizer saja.

Setelah itu, tunggu tangan Anda kering atau segera lap menggunakan tisu. Tentu, hal ini bertujuan agar minyak, keringat, virus, atau kotoran yang menempel di tangan tidak berpindah ke kacamata.

Cara yang Efisien dan Praktis
© freepik.com
2
Cara yang Efisien dan Praktis

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Rekomendasi kami

Memberikan cairan khusus merupakan salah satu cara untuk membersihkan kacamata yang buram dengan efisien dan praktis. Kandungan yang ada dalam cairan ini, diformulasikan khusus untuk menghilangkan noda kotoran tanpa merusak lensa. 

Ditambah lagi, cara ini merupakan opsi yang cukup mudah hanya dengan menyemprotkan cairan ke kedua lensa. Kemudian, pastikan untuk mengelap dengan menggunakan kain yang lembut dan halus. Baiknya, Anda melakukan ini dengan gerakan dari dalam ke luar tanpa menekan lensa kacamata. Pada akhirnya, hal ini dapat diterapkan beberapa kali hingga kacamata bersih. 

Kain Microfiber adalah Jawabannya
© freepik.com
3
Kain Microfiber adalah Jawabannya

Mengeringkan Kacamata dengan Kain Khusus

Rekomendasi kami

Cara yang ketiga adalah Anda bisa segera mengelap bekas dari semprotan cair tersebut dengan menggunakan kain yang halus. Kain tersebut bernama mircofiber. Kain ini cukup terkenal tidak hanya untuk membersihkan kacamata baca atau kacamata hitam saja, namun juga bisa untuk membersihkan layar HP, jam tangan, kaca spion, helm, dan lainnya. Tak hanya serbaguna, namun kain dengan bahan lembut ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain itu, terdapat hal penting yang harus diingat, ya, Rekomers. Anda harus menghindari penggunaan kain tekstil dan tisu karena bahannya yang kasar sehingga cenderung merusak lensa kacamata. Tenang saja, jika Rekomers tidak memiliki kain microfiber, maka bisa menggunakan kain katun sebagai alternatifnya. Mudah sekali, bukan?

Pentingnya Penyimpanan di Tempat Tertutup
© freepik.com
4
Pentingnya Penyimpanan di Tempat Tertutup

Letakkan di Kotak atau Wadah Khusus Kacamata

Rekomendasi kami

Karena terlalu sering dipakai, biasanya pengguna kacamata sering meletakkan kacamata dengan sembrono. Entah diletakkan di meja, di atas rak, atau di tempat terbuka lainnya. Padahal, peletakan di tempat terbuka tersebut bisa membuat kacamata terkena debu atau kotoran. 

Mulai sekarang, cobalah untuk meletakkannya di kotak kacamata yang telah tersedia. Tetapi, jika tidak memiliki kotak khusus, maka Anda bisa meletakkan kacamata di tempat yang tertutup lainnya. Asalkan permukaannya datar.

Pastikan juga agar lensa kacamata tetap menghadap ke atas sehingga tidak bersentuhan dengan alas tempat meletakkanya yang rentan membuatnya tergores. Nah, dengan begitu, kacamata tidak cepat kotor, buram, atau bahkan berjamur.

Ampuh Usir Debu dengan Sekali Oles
© freepik.com/user18526052
5
Ampuh Usir Debu dengan Sekali Oles

Mengoles Lensa Kacamata dengan Pasta Gigi

Tak hanya untuk membersihkan gigi yang kotor, namun juga bisa berguna untuk membersihkan kacamata yang buram. Yup, itulah kehebatan produk pasta gigi. Seperti yang Anda tahu, odol atau pasta gigi merupakan salah satu kebutuhan di kamar mandi yang mendasar. Jadi, semua Rekomers pasti punya produk ini kan di rumah?

Pasta gigi ini bisa Anda jadikan opsi lain, jika Anda tidak memiliki cairan khusus pembersih kacamata. Namun, bagaimana cara pengaplikasiannya?

Caranya, oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan lensa yang kotor atau buram. Kemudian, gosoklah menggunakan jari atau kain lap dengan gerakan yang mengikuti arah jarum jam. Gosok hingga lensa tidak memiliki noda sama sekali. Nah, setelah itu tunggu beberapa detik, lalu bilas kacamata menggunakan air hangat. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Kacamata yang Buram

Sebelum memasuki kesimpulan, tim Rekomin telah meringkas beberapa question and answer yang paling sering muncul di pikiran Rekomers. Apa saja? Simak selengkapnya di sini, ya!

Apakah minyak kayu putih bisa membersihkan lensa kacamata?

Jawabannya adalah bisa. Memang benar, minyak kayu putih bisa bermanfaat untuk membersihkan kacamata dan mencegah pengembunan. Caranya cukup mudah, Anda bisa membalurkan minyak kayu putih ke permukaan lensa, lalu usap menggunakan kain dengan bahan yang lembut.

Apakah lensa kacamata boleh dicuci dengan sabun cuci piring?

Tak hanya minyak kayu putih, sabun cuci piring pun bisa menjadi opsi selanjutnya. Namun, usahakan untuk membilasnya dengan air hangat dan menambahkan larutan sabun cuci piring cair yang memiliki pH netral. Tujuannya adalah agar tidak membuat lensa kacamata jadi berbusa.

Pakai apa untuk membersihkan kacamata?

Seperti yang telah tertera di atas, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus, mengelap menggunakan kain microfiber, menggunakan odol atau pasta gigi, dan beberapa opsi lainnya. Yang terpenting adalah selalu membersihkannya rutin tanpa harus menunggu kotor atau buram. Fyi, untuk mendapatkan barang-barang tersebut, Anda bisa mencarinya di optik, online store atau offline store.

Kacamata yang terbaik terbuat dari bahan apa?

Umumnya, terdapat 3 jenis kacamata dengan bahan terbaik, yaitu kacamata berbahan plastik, kayu, dan metal. Jika Rekomers ingin menggunakan kacamata dengan warna-warna pelangi, maka kacamata plastik cocok untuk Anda. Kacamata ini sangat cocok digunakan ketika Anda main atau berpergian dengan teman-teman ke area outdoor. Sedangkan, kelebihan kacamata metal adalah anti karat dan mudah dibentuk. Bagian terakhir adalah kacamata kayu dengan look yang modern dan stylist, namun dijual dengan biaya yang cukup mahal. Jadi, Rekomers pilih yang mana?

Apa kegunaan darikacamata ion nano?

Usut punya usut, kacamata ion nano adalah salah satu kacamata dengan kecanggihan yang luar biasa. Kacamata ini memiliki kemampuan untuk memancarkan gelombang ion yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Terutama jika Anda menggunakannya selama 8 jam sehari. Jika Anda penderita plus, minus, silinder, iritasi, glaukoma, hingga katarak, kacamata ini cocok untuk Anda.

Kesimpulan: Cara Membersihkan Kacamata yang Buram

Tim Rekomin sudah menyampaikan semua tips dan trik untuk membersihkan kacamata Rekomers. Semua cara di atas, bisa Anda lakukan setiap pagi sebelum beraktivitas. Sehingga, Anda bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa ada gangguan apapun.

Selain itu, terdapat satu hal yang harus Rekomers ingat. Bersihkan lensa dengan penuh hati-hati. Sebab, jika terlalu keras Rekomers bisa menggores bagian lensa, mematahkan bantalan hidung, atau membuat gagang bengkok. Wah, jangan sampai hal itu terjadi, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo