Hide Menu

Belum Banyak yang Tahu, Ini 5 Cara Membersihkan Kacamata yang Berjamur, Anti Ngawur!

Tips dan Trik Jitu Membersihkan Kacamata Berjamur dengan Praktis dan Ekonomis

Artikel Cara Membersihkan Kacamata yang Berjamur ini diposting diperbarui
52 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Kacamata yang Berjamur 2024
© freepik.com

Selain Buram dan Tergores, Munculnya Jamur juga Jadi Masalah bagi Pengguna Kacamata. Benarkah?

Selain Buram dan Tergores, Munculnya Jamur juga Jadi Masalah bagi Pengguna Kacamata. Benarkah?
freepik.com/KamranAydinov

Faktanya, kacamata merupakan alat yang berguna untuk membantu bagi orang yang menderita rabun dekat, silinder, atau rabun jauh. Orang-orang yang memiliki kelainan penyakit mata, pasti cenderung untuk terus-menerus menggunakan kacamata setiap hari. Nah, seringnya penggunaan kacamata tersebut membuat beberapa orang lalai akan pentingnya kebersihan kacamata.

Jika tidak peduli dengan hal itu, maka banyak dampak negatif yang bisa Rekomers rasakan. Mulai dari lensa yang menguning, tumbuh jamur, hingga tidak sama seperti dulu kala. Tentu, ini akan memengaruhi aktivitas Rekomers juga. 

Nah, untuk menyelesaikan masalah tersebut, tim Rekomin akan menjabarkan solusi mengenai cara membersihkan kacamata yang berjamur dengan ampuh dan dijamin manjur. Yuk, pelajari semua list dengan seksama!

Mengapa Kacamata Bisa Berjamur?

Mengapa Kacamata Bisa Berjamur?
freepik.com

Yup, munculnya jamur pada lensa kacamata memang bisa terjadi. Kemunculan ini bisa berupa bintik-bintik berwarna putih yang menyebar di sekitar kacamata. Menurut Yuanita Novitasari (2019), ia mengatakan bahwa kacamata yang berjamur dapat menghalangi cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, efek lainnya adalah adanya tabir yang menutupi pandangan, membuat mata menjadi perih, dan lain-lain.

Umumnya, pemicu dari tumbuhnya jamur adalah kacamata jarang sekali untuk dibersihkan. Selain itu, tak jarang ada beberapa kaum yang sedang berolahraga renang namun menggunakan kacamata, sehingga terdapat sisa-sisa air di permukaannya.

Hal tersebut menyebabkan kacamata menjadi basah atau lembab. Tak hanya itu, penyimpanan di tempat yang kotor bisa menyebabkan munculnya kerak hingga tumbuh menjadi jamur. Ups, benar-benar menjijikkan, bukan? 

A.F Fauziyah
Writer
Content Writer

Pribadi yang punya banyak mimpi yang belum terjadi. Seorang yang ingin membahagiakan banyak orang. Haha klise tapi nyata. Bismillah untuk segala sesuatunya.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membersihkan Kacamata yang Berjamur - Terbaru 2024

Terdapat beberapa faktor yang dapat merusak lensa pada kacamata, mulai dari goresan, baret, jamur yang menempel di lensa hingga kesalahan dalam perawatan. Idealnya, Anda bisa melakukan penggantian lensa setiap 2 tahun sekali di toko optik agar terlihat baru seperti semula.

Namun, jika Anda merasa terbebani dengan biaya yang akan dikeluarkan, maka tak perlu melakukan hal itu. Sebab, usia kacamata Anda dapat lebih bertahan lama setelah melakukan salah satu atau semua opsi berikut ini.

1
Gunakan Pembersih Kacamata Anti Jamur

Manfaat Beragam, Harga Murah, dan Mudah Dibawa Kemanapun

Gunakan Pembersih Kacamata Anti Jamur

2
Gunakan Pasta Gigi atau Odol

Membantu Jamur dan Kotoran Hilang

Gunakan Pasta Gigi atau Odol

3
Gunakan Sabun Cuci Piring

Sabun dengan pH Netral adalah yang Terbaik

Gunakan Sabun Cuci Piring

4
Bersihkan Lensa Kacamata dengan Air Mengalir

Air Mampu Menghilangkan Jamur dan Kotoran

Bersihkan Lensa Kacamata dengan Air Mengalir

5
Lap dengan Kain Lembut

Serat Halus pada Kain Mampu Menjaga Kualitas Kacamata

Lap dengan Kain Lembut

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Manfaat Beragam, Harga Murah, dan Mudah Dibawa Kemanapun
© freepik.com
1
Manfaat Beragam, Harga Murah, dan Mudah Dibawa Kemanapun

Gunakan Pembersih Kacamata Anti Jamur

Rekomendasi kami

Di toko online seperti Shopee dan Tokopedia, ada banyak sekali pilihan produk cairan pembersih untuk membersihkan kacamata berjamur. Cairan pembersih tersebut menawarkan banyak keuntungan. Apa saja? Selain harga yang sangat terjangkau, manfaatnya juga beragam. Salah satunya adalah membuat lensa kacamata menjadi lebih bersih dan mengkilap.

Tak hanya itu, jika kacamata mengembun, maka bisa diatasi dengan menyemprotkan cairan ini. Juga, kacamata yang menguning dan lawas bisa terlihat seperti baru lagi. Satu hal lagi, Anda bisa membawa cairan ini ke mana saja di dalam tas Anda karena botol kemasannya yang kecil dan aman. Benar-benar cocok untuk kaum anti ribet!

Membantu Jamur dan Kotoran Hilang
© freepik.com/drazenzigic
2
Membantu Jamur dan Kotoran Hilang

Gunakan Pasta Gigi atau Odol

Rekomendasi kami

Odol merupakan opsi termudah untuk membersihkan kacamata karena pasti ada di kamar mandi rumah Anda. Namun, apakah ini kali pertama Rekomers mendengar bahwa odol berguna untuk membersihkan kacamata?

Nyatanya, produk ini tidak hanya bisa membersihkan kacamata, namun Anda juga bisa mengoleskannya ke benda lain seperti jendela, kaca, aquarium, cermin, ataupun kaca helm. Faktanya, pasta gigi dapat menghempaskan jamur dan kotoran yang membandel.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan odol ke permukaan kaca yang terkena jamur, lalu tunggu sampai mengering. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air sambil dibersihkan secara perlahan.

Meski demikian, tidak semua odol memiliki kemampuan untuk mengusir jamur. Odol yang paling mempan ialah yang mengandung butiran lembut di dalamnya. Mungkin, Anda bisa memilih opsi ini sebagai salah satu cara membersihkan kacamata yang berjamur.

Sabun dengan pH Netral adalah yang Terbaik
© freepik.com/master1305
3
Sabun dengan pH Netral adalah yang Terbaik

Gunakan Sabun Cuci Piring

Rekomendasi kami

Kabar gembira bagi seluruh pengguna kacamata, terutama ibu-ibu. Kini, menghilangkan jamur di kacamata bisa menggunakan sabun cuci piring. Caranya dengan mengambil sedikit sabun di ujung jari Rekomers, lalu menggosokkannya ke kacamata secara perlahan dan gerakan yang teratur. Bersihkan pada setiap bagian kacamata, termasuk lensa dan frame.

Sayangnya, tidak semua sabun cuci bagus untuk merawat dan membersihkan kacamata. Anda harus memilih sabun dengan kadar detergen nya yang minim atau memiliki pH rendah. Jika berkebalikan, maka bisa membuat kacamata semakin buram. Nah, mulai sekarang, pastikan agar memilih sabun yang tidak mengandung bahan kimia atau chemical berlebih, ya!

Air Mampu Menghilangkan Jamur dan Kotoran
© freepik.com
4
Air Mampu Menghilangkan Jamur dan Kotoran

Bersihkan Lensa Kacamata dengan Air Mengalir

Setelah menyemprotkan cairan atau mengoleskan pasta gigi, Anda bisa segera membilasnya dengan air yang mengalir dari keran. Guna dari membilas kacamata dengan air mengalir adalah dapat membantu menghilangkan jamur, debu, dan kotoran halus atau sebagai double cleansing untuk permukaan lensa. 

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan air hangat. Namun, hindari penggunaan air panas sebab dapat merusak beberapa lapisan lensa kacamata. 

Serat Halus pada Kain Mampu Menjaga Kualitas Kacamata
© freepik.com
5
Serat Halus pada Kain Mampu Menjaga Kualitas Kacamata

Lap dengan Kain Lembut

Rekomendasi kami

Setelah menyemprotkan cairan, mengoles kacamata dengan odol, atau mencuci lensa menggunakan sabun cuci piring, Rekomers bisa mengeringkan kacamata menggunakan lap serat mikro atau microfiber.

Kain ini tidak seperti kain yang lain. Serat-seratnya yang begitu lembut dan halus, sehingga menjaga lensa kacamata agar tidak tergores. Selain itu, produk ini dapat dengan mudah menepis adanya jamur yang tumbuh memenuhi lensa kacamata. Baik pada kacamata plastik, metal, atau kayu.

Mulailah dengan membalut kedua sisi lensa menggunakan lap serat mikro yang bersih. Kemudian, lakukan gerakan memutar dan ulangi untuk lensa yang lain. Jangan lupa untuk mengelap bantalan hidung, bingkai, dan gagang telinga. Pastikan pula untuk selalu pakai lap yang bersih, ya!

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Kacamata yang Berjamur

Tim Rekomin akan menumpas tuntas apa saja pertanyaan yang sering Anda tanyakan. Selama jawaban itu bisa menghilangkan rasa penasaran Rekomers, maka tim Rekomin akan merasa sangat senang. Berikut adalah uraian lengkapnya.

Benarkah bakteri bisa hidup di sekitar lensa kacamata?

Benar, semua kacamata baca baik minus, plus, atau kacamata hitam mampu menampung bakteri, jamur, dan bahan iritan lainnya. Namun, membersihkannya secara rutin dapat menghilangkan bakteri. Selain itu, hindari membersihkan kacamata dengan menggunakan barang apapun yang berada di dekat Anda. Entah itu ujung baju, tisu, atau sapu tangan. Juga, ketika Anda melepas kacamata, baiknya segera letakkan di wadah kacamata agar tidak menunjang tumbuhnya jamur atau kotoran apapun.

Apakah kacamata bisa dibersihkan dengan air?

Tentu saja, bisa. Air bisa menjadi media untuk menghilangkan jamur atau debu pada lensa. Namun, hasilnya tidak akan maksimal seperti membersihkan menggunakan semprotan pembersih khusus lensa.

Apakah minyak kayu putih bisa membersihkan lensa kacamata yang berjamur?

Tak hanya pasta gigi, Anda juga bisa membersihkan lensa kacamata menggunakan barang yang sering dijumpai di rumah, yaitu minyak kayu putih. Minyak kayu putih memiliki sifat yang mudah menguap dan tidak meninggalkan noda. Sehingga, jamur bisa mudah terhempaskan hanya dengan sekali tetes. 

Apakah kacamata boleh dibersihkan dengan tisu?

Sejatinya, membersihkan lensa kacamata tidak boleh menggunakan tisu atau kain sembarangan. Sebab, itu bisa mengurangi kejernihan pada lensa. Perlu diingat bahwa, ketika menggunakan lap dengan bahan yang kasar, lensa kacamata bisa tergores atau lecet.

Bagaimana cara menghilangkan jamur di kacamata?

Anda bisa memilih dari berbagai macam opsi, mulai dari memberikan semprotan cair ke kacamata, mencuci menggunakan sabun cuci piring, mengoleskan sedikit odol, hingga mengelap dengan kain lembut. Semua hal tersebut, bisa Anda lakukan hanya dengan di rumah saja. 

Kesimpulan: Cara Membersihkan Kacamata yang Berjamur

Akhirnya, semua telah dibahas dan berakhir pada bagian kesimpulan. Pada bagian ini, Rekomers perlu segera menentukan cara apa yang akan diambil. Semua cara tersebut bisa membuat jamur dan bekasnya yang terdapat di kacamata pergi dan tidak akan kembali lagi. Asalkan, perawatan rutin selalu dilakukan.

Namun, jika Anda merasa kesusahan untuk mencari barang-barang di atas, maka Anda bisa mencoba mengunjungi link produk yang telah tim Rekomin siapkan. Cukup mudah, bukan? Semoga artikel ini membantu! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo