Hide Menu

Bingung Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu? Ikuti 6 Cara Ini agar Tidak Terkecoh!

Berikut Ini Adalah Cara untuk Membedakan Sepatu dari Bahan Kulit Asli atau Kulit Sintetis yang Harus Anda Tahu!

Artikel Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu 2024
© freepik.com

Perbedaan Kulit Asli dan Sintetis. Mana yang Lebih Bagus?

Perbedaan Kulit Asli dan Sintetis. Mana yang Lebih Bagus?
freepik.com

Memproduksi sepatu sudah pasti membutuhkan bahan dengan kualitas yang terbaik. Ada beberapa jenis bahan untuk memproduksi sepatu, seperti kulit asli dan kulit sintetis. Apa Anda tahu bahwa kedua bahan tersebut berbeda? Berikut penjelasannya.

  • Bahan Kulit Asli

Kulit asli atau genuine leather berasal dari kulit hewan seperti sapi, kijang, kerbau, domba, ular, buaya, horse atau hewan lainnya. Kebanyakan kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan untuk bahan baku membuat safety shoes karena kulit original, sudah terbukti kuat dan tahan lama. 

Pada kulit asli terdapat beberapa bagian, yaitu kulit full grain, kulit top grain, kulit split, dan lain-lain. Ini hanya bisa Anda dapatkan pada kulit asli dengan kualitas terbaik.

Kulit asli memiliki kekurangan seperti adanya pori-pori, kerutan, dan pola grain yang merupakan salah satu bagian dari tampilan alami yang dimilikinya. Namun, kulit asli memberikan rasa lembut saat disentuh jika Anda bandingkan dengan kulit palsu.

  • Bahan Kulit Sintetis

Biasanya, kulit sintetis ini disebut juga kulit palsu atau kulit buatan. Dengan adanya bahan yang satu ini menjadikan seseorang untuk terlihat dan terasa seperti menggunakan kulit asli. Bahan kulit sintetis ini terbuat dari polyurethane (PU), microfiber, dan polyvinyl chloride (PVC).

Kulit palsu ini sering digunakan untuk membuat sepatu, tas, dompet, gelang, strap tali kalep dan lainnya. Pasalnya, bahan ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan bahan kulit asli.

Bahan kulit sintetis terlihat konsisten dan seragam jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan ini tidak memiliki variasi dan terlihat tidak alami. Selain itu, bahan ini juga tidak memiliki bau yang khas seperti kulit asli, tapi lebih bau ke bahan kimia yang akan hilang seiring berjalannya waktu.

Kulit sintetis juga tidak memiliki daya tahan yang sama seperti kulit asli. Justru bahan ini cenderung lebih gampang aus dan sobek. Di sisi lain, kulit sintetis memiliki fitur water-resistant dan harganya pun lebih murah. Sehingga, bahan kulit sintetis populer untuk membuat sepatu safety kualitas rendah.

Sebagian orang masih ada yang terkecoh dengan kulit asli dan kulit sintetis, yang artinya mereka belum tahu atau belum bisa membedakan keduanya. Kalau gak bisa membedakan keduanya, Anda bisa jadi sasaran empuk penjual nakal.

Oleh karena itu, kali ini, tim Rekomin akan membagikan tips dan trik cara membedakan sepatu kulit asli dan palsu. Penasaran? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu - Terbaru 2024

Bahan pokok yang digunakan untuk membuat sepatu di antaranya yaitu kulit asli dan kulit sintetis (Widari et al, 2013). Jika Anda melihat keduanya sepintas, sudah pasti kedua sepatu tersebut akan terlihat sama. Padahal sebenarnya berbeda, lho. 

Apakah Rekomers mau tahu cara membedakan kulit asli dan imitasi? Jika iya, berikut adalah 6 cara membedakan kulit asli dan sintetis. Yuk, cek bersama-sama!

1
Cek Label

Cek Ada Keterangan Kulitnya atau Tidak

Cek Label

2
Cek Pori-Pori Bahan

Coba untuk Merabanya dan Rasakan Teksturnya!

Cek Pori-Pori Bahan

3
Cek Kerutan Kulit

Sudah Anda Tarik atau Tekan? Apakah Meninggalkan Bekas?

Cek Kerutan Kulit

4
Aroma Sepatu

Coba Endus dan Kenali Baunya

Aroma Sepatu

5
Daya Tahan

Buktikan Sendiri Ketahanannya di Rumah!

Daya Tahan

6
Cek Harga

Mahal atau Murah Tergantung Kualitas Bahan, Ya!

Cek Harga

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cek Ada Keterangan Kulitnya atau Tidak
© freepik.com
1
Cek Ada Keterangan Kulitnya atau Tidak

Cek Label

Rekomendasi kami

Coba Anda lihat label pada sepatu kulit yang sudah Anda beli. Apakah pada label tersebut ada tulisan genuine leather atau syntetic leather? Biasanya, sepatu berbahan kulit asli terdapat beberapa tulisan yang menunjukan keasliannya. Tulisan tersebut seperti real leather, top/full grain leather, atau made with animal product.

Sedangkan kulit sintetis akan menunjukkan bahan sepatu dengan tulisan manmade material. Maka dari itu, Anda harus tahu istilah bahan kulit untuk produk alas kaki untuk tahu perbedaannya. 

Coba untuk Merabanya dan Rasakan Teksturnya!
© freepik.com
2
Coba untuk Merabanya dan Rasakan Teksturnya!

Cek Pori-Pori Bahan

Rekomendasi kami

Sepatu yang terbuat dari kulit asli memiliki tekstur yang kasar dan memiliki pori-pori tak beraturan. Hal ini menjadikan kulit asli memiliki tekstur yang terlihat alami.

Di sisi lain, sepatu kulit palsu memiliki pori-pori yang beraturan, rapi, dan halus. Kulit sintetis memiliki tekstur seperti bahan buatan pabrik.

Sudah Anda Tarik atau Tekan? Apakah Meninggalkan Bekas?
© freepik.com
3
Sudah Anda Tarik atau Tekan? Apakah Meninggalkan Bekas?

Cek Kerutan Kulit

Rekomendasi kami

Bahan kulit asli memiliki kerutan atau keriput yang alami. Hal ini menjadikan sepatu kulit terlihat berbeda dari yang lainnya. Coba Anda tekan atau tarik bahan kulit asli, maka Anda akan melihat perubahan pada bahan tersebut. Selain itu, kulit asli memiliki serat kulit yang tidak rapi.

Sementara itu, proses pemotongan kulit palsu menggunakan mesin pemotong sehingga hasilnya lebih rapi. Kulit palsu juga tidak memiliki permukaan yang menandakan bahwa bahan ini buatan.

Coba Endus dan Kenali Baunya
© freepik.com
4
Coba Endus dan Kenali Baunya

Aroma Sepatu

Rekomendasi kami

Umumnya, sepatu berbahan kulit asli memiliki aroma yang menyengat. Ketika Anda menggunakan sepatu berbahan kulit asli, maka akan terasa sedikit bau yang kurang sedap.

Sedangkan sepatu yang terbuat dari bahan sintetis cenderung tidak memiliki bau meski sedang Anda gunakan. Maka, sebelum Anda membelinya, coba cium aroma yang dikeluarkan oleh sepatu tersebut. Apakah baunya menyengat atau tidak?

Buktikan Sendiri Ketahanannya di Rumah!
© freepik.com
5
Buktikan Sendiri Ketahanannya di Rumah!

Daya Tahan

Rekomendasi kami

Sepatu berbahan kulit asli itu memiliki keistimewaan, lho. Bahan kulit asli sangat sulit untuk dibakar. Meski terbakar, sepatu ini hanya akan berubah warna saja menjadi abu-abu tanpa meninggalkan sobekan atau apapun.

Sedangkan kulit palsu cenderung lebih gampang meleleh saat dibakar. Walaupun Anda mengetes kulit palsu dengan api yang kecil, tapi respon kulit palsu ini sangat cepat.

Mahal atau Murah Tergantung Kualitas Bahan, Ya!
© freepik.com
6
Mahal atau Murah Tergantung Kualitas Bahan, Ya!

Cek Harga

Rekomendasi kami

Nah, cara terakhir untuk membuktikan sepatu kulit yang Anda miliki itu asli atau palsu adalah dengan melihat harganya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sepatu yang terbuat dari kulit asli itu harganya lebih tinggi. Hal ini karena kulit asli memiliki kualitas terbaik dan gak abal-abal. Oleh karena itu, wajar saja sepatu kulit asli dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

Di sisi lain, sepatu kulit palsu cenderung dijual dengan harga murah. Pasalnya, sepatu berbahan kulit palsu ini sangatlah gampang untuk didapatkan. Jadi, tak butuh banyak uang untuk dapat membeli sepatu kulit sintetis. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu

Gimana? Untuk mengetahui ciri-ciri bahan kulit asli dan palsu itu gampang, ‘kan? Nah, sekarang coba luangkan waktu Anda untuk membaca pertanyaan tentang beda kulit asli dan palsu di bawah. Berikut daftar yang harus Anda tahu. 

Bagaimana cara membedakan antara kulit asli dan imitasi?

Perbedaan kulit asli dan imitasi itu terlihat dari aromanya. Kulit asli memiliki aroma yang khas, tergantung bahan yang dipakai untuk menyamak. Sedangkan kulit imitasi memiliki aroma yang lebih ke plastik atau perekat dari bahan kimia yang menusuk.

Apa bedanya kulit sintetis dan kulit asli?

Kulit asli memiliki tekstur yang terkadang kasar atau halus, tergantung dari kualitasnya dan jenis kulit hewan apa yang digunakan. Bedanya dengan kulit sintetis memiliki tekstur yang sangat halus seperti Anda sedang memegang plastik. Kulit sintetis ini juga lebih gampang melar jika diregangkan.

Apakah sepatu kulit asli bisa mengelupas?

Bisa. Penyebab sepatu kulit asli mengelupas itu karena terjadi kesalahan dalam penyimpanan, tergores sesuatu, atau bisa saja diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Apakah kulit asli bisa menyerap air?

Jika Anda memiliki tas, jaket, sandal atau sepatu dari bahan kulit asli dan terkena air, maka bahan tersebut akan menyerap airnya. Hal ini karena kulit asli memiliki pori-pori yang bisa menyerap air. Berbeda dengan kulit palsu tidak akan menyerap air saat permukaannya terkena air.

Bagaimana cara mengetahui warna kulit asli?

Untuk mengetahui warna dari bahan kulit asli, Anda bisa melihatnya pada kulit bagian tubuh. Beberapa kulit bagian tubuh seperti dada, perut, punggung atau bagian tubuh lainnya tidak terpapar sinar matahari. Pasalnya, kulit yang tidak terpapar sinar matahari merupakan warna kulit Asli.

Faux leather apakah awet?

Faux leather biasanya menjadi bahan untuk membuat pakaian tas, dompet, jaket, sofa, kursi, dan perabotan rumah lainnnya. Biasanya, faux leather dengan bahan PVC mampu bertahan sampai seumur hidup.

Kesimpulan: Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Palsu

Nah, itu dia cara membedakan sepatu kulit asli dan palsu yang harus Anda ketahui. Kendati kulit asli terbaik, tidak sedikit sepatu bermerek seperti Florsheim Imperial, Kickers, dan Levis menggunakan campuran bahan kulit asli dan palsu untuk membuat sepatu.

Jika Anda ingin membeli sepatu kulit dengan kualitas terbaik dan memiliki ketahanan yang baik, Anda bisa memilih sepatu yang terbuat dari kulit asli. Tapi, gak ada salahnya juga Anda membeli sepatu berbahan kulit palsu karena harganya yang lebih terjangkau dan sangat mudah untuk Anda dapatkan.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan mau beli sepatu dengan bahan kulit asli atau palsu? Segera tentukan pilihan sepatu Anda dengan melihat gambar produk rekomendasi di atas. Semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo