Hide Menu

Pecinta Sepatu Kulit Harus Tahu 4 Cara Membedakan Sepatu Jim Joker Asli dan Palsu Ini!

Artikel Berikut Membahas Sepatu Jim Joker Asli vs Palsu yang Wajib Anda Ketahui agar Tidak Ditipu Penjual Nakal!

Artikel Cara Membedakan Sepatu Jim Joker Asli dan Palsu ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Membedakan Sepatu Jim Joker Asli dan Palsu 2024
© freepik.com

Mengenal Brand Lokal Jim Joker Lebih Dekat

Mengenal Brand Lokal Jim Joker Lebih Dekat
freepik.com

Anda, terutama para pria pasti gak asing dong dengan nama Jim Joker? Ya, sepatu kulit Jim Joker menjadi incaran di kalangan para laki-laki di Indonesia. Jim Joker merupakan salah satu brand yang mempelopori sepatu kulit lokal sejak tahun 1980-an. Bahkan, Jim Joker sangat eksis selama empat dekade.

Walaupun brand lokal ini namanya sudah besar, tapi sebagian orang tidak mengetahui sejarah berdirinya sang perusahaan sepatu. Jim Joker awalnya bermula dari sebuah pabrik sepatu tradisional. Pabrik sepatu ini dijalankan oleh Sutrisno Suwargo sebagai bisnis kecil yang berbasis rumahan yang berada di Lebak Arum, Surabaya, Jawa Timur.

Seiring dengan perkembangan usaha sepatu ini, pemilik Jim Joker mulai melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia. Pada tahun 1990-an, produk Jim Joker mulai tersebar dan terkenal sebagai merk sepatu kulit di Indonesia.

Dalam pembuatannya, Jim Joker selalu menggunakan kulit sebagai bahan utama. Pasalnya, bahan kulit yang sering digunakan selalu apik dan bisa menyesuaikan kebutuhan serta kebiasaan pemiliknya.

Pada tahun 2022, Jim Joker menerima penghargaan Top Brand Award yang masuk dalam kategori boots kulit. Jim Joker mampu bersanding dengan brand-brand international seperti Crocodile dan Playboy Footwear.

Empat dekade bukan waktu yang sebentar untuk dapat mempertahankan eksistensi Jim Joker. Ditambah, Jim Joker mendedikasikan produknya untuk para pria modern, profesional, berwawasan, dan berjiwa petualang.

Jadi, apa Anda tertarik dengan produk sepatu kulit Jim Joker? Jika iya, maka tidak ada salahnya mempelajari cara membedakan sepatu Jim Joker asli dan palsu sebelum membelinya. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Membedakan Sepatu Jim Joker Asli dan Palsu - Terbaru 2024

Anda sudah membaca sejarah dari Jim Joker yang ternyata merupakan brand lokal asal Indonesia. Namun meski lokal, ternyata banyak pemalsu yang menawarkan Jim Joker dengan istilah grade ori, import standard authentic, dan standar original.

Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, artikel ini akan membantu Anda. Gak perlu lama-lama, tim Rekomin akan menjelaskan perbedaan sepatu Jim Joker asli dan palsu di bawah. Berikut penjelasannya.

1
Kotak Sepatu

Lihat dari Packaging yang Berkualitas

Kotak Sepatu

2
Bahan Sepatu

Tekstur dan Pori-Pori yang Tidak Beraturan

Bahan Sepatu

3
Cek Jahitan Sepatu

Rapi dan Sangat Detail

Cek Jahitan Sepatu

4
Harga Sepatu

Sebanding dengan Kualitas Sepatu

Harga Sepatu

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lihat dari Packaging yang Berkualitas
© freepik.com
1
Lihat dari Packaging yang Berkualitas

Kotak Sepatu

Rekomendasi kami

Kotak sepatu Jim Joker original selalu dilengkapi dengan label yang berisi jenis sepatu, warna, dan ukuran sepatu. Selain itu, pada label terdapat barcode yang terdiri dari huruf dan nomor acak.

Kualitas label yang dimiliki Jim Joker terbilang premium quality karena dicetak dengan jelas dan rapi. Ditambah lagi, kotak sepatu brand Jim Joker cukup tebal dan kokoh.

Berbeda dengan kotak sepatu Jim Joker fake yang memiliki label cetakan kurang rapi dan gampang hilang. Untuk kotaknya sendiri juga terbilang tipis dan tidak sekuat yang aslinya.

Tekstur dan Pori-Pori yang Tidak Beraturan
© freepik.com
2
Tekstur dan Pori-Pori yang Tidak Beraturan

Bahan Sepatu

Rekomendasi kami

Sudah tim Rekomin jelaskan di atas bahwa Jim Joker menggunakan bahan kulit asli untuk membuat semua jenis sepatu. Artinya, Jim Joker tidak akan menggunakan jenis bahan lain selain genuine leather. Jenis kulit yang brand Jim Joker pakai berasal dari kulit hewan, seperti sapi, kerbau, atau lembu. Pasalnya, kulit asli memiliki tekstur dan karakter yang khas.

Meskipun Anda membeli sepatu ini secara online, Anda tetap bisa mengecek keasliannya dari gambar. Warna atau polanya tetap akan terlihat alami dan teksturnya terlihat kasar dengan pori-pori yang tidak beraturan. Biasanya, sepatu Jim Joker yang asli walaupun hanya Anda lihat dari gambar, itu akan terlihat real.

Sedangkan Jim Joker KW biasanya menggunakan bahan kulit sintetis yang kualitasnya terbilang rendah. Meski sekilas terlihat mirip, tapi bahan dari sepatu palsu tersebut jauh berbeda dengan yang asli.

Rapi dan Sangat Detail
© freepik.com
3
Rapi dan Sangat Detail

Cek Jahitan Sepatu

Rekomendasi kami

Ciri sepatu Jim Joker asli yang ketiga memiliki jahitan rapi dan detail. Saat pembuatan sandal atau sepatu, brand ini memerhatikan ketelitian. Tujuannya agar semua bagian termasuk yang kecil atau tersembunyi mendapatkan jahitan yang sama rapinya dengan bagian luar.

Sedangkan Jim Joker palsu jahitannya berantakan dan mungkin ada beberapa bagian yang benang jahitnya gak pas. Coba Anda cek bagian dalamnya, apakah terjahit rapi sama seperti Jim Joker yang asli?

Sebanding dengan Kualitas Sepatu
© freepik.com
4
Sebanding dengan Kualitas Sepatu

Harga Sepatu

Rekomendasi kami

Seperti yang Anda tahu, kulit asli dibanderol dengan harga yang mahal di pasaran. Harga sepatu Jim Joker asli sebanding dengan daya tahan dan kenyamanan sepatu yang mewah dan tidak akan tergantikan. Walaupun sepatu yang asli mahal, jika perawatannya benar, sepatu ini akan jauh lebih awet.

Ini sudah jelas berbeda dengan sepatu Jim Joker palsu yang hanya menggunakan kulit sintetis. Pasalnya, sepatu palsu ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau di pasaran dan pemakaiannya pun harus lebih hati-hati karena mudah rusak.

Tanya Jawab Seputar Cara Membedakan Sepatu Jim Joker Asli dan Palsu

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering orang-orang tanyakan antara sepatu Jim Joker asli dan palsu. Silakan baca biar makin paham.

Sepatu Jim Joker dari kulit apa?

Jim Joker selalu selalu menggunakan bahan kulit terbaik dari sapi untuk membuat sepatu suede.

Jim Joker terbuat dari bahan apa?

Sepatu Jim Joker terbuat dari nubuck leather yang tebal dengan hasil akhir yang halus dan classy.

Jim Joker asli buatan mana?

Di awal artikel ini sudah menjelaskan bahwa Jim Joker merupakan brand asli Indonesia. Jadi, jika Anda mendapatkan sepatu Jim Joker made in China atau made in Vietnam, patut Anda curigai keasliannya.

Jenis sepatu apa yang dibuat Jim Joker?

Jim Joker mengeluarkan beberapa jenis sepatu, yaitu sepatu casual, sepatu formal, sneakers, dan boots. Jim Joker tidak membuat sepatu bola atau sepatu futsal.

Kesimpulan: Cara Membedakan Sepatu Jim Joker Asli dan Palsu

Intinya, ada 4 point untuk membedakan sepatu Jim Joker yang asli dan palsu, yaitu box, bahan, jahitan, dan juga harga. Tips di atas juga bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian dari sepatu branded lainnya. Seperti Converse, Reebok, Airwalk, Nike series Air Jordan, Compass, Kodachi, Motix America, dan Loggo.

Bahkan, sebuah peneletian oleh Widari et al mengatakan bahwa bahan baku yang dipakai untuk membuat sepatu adalah kulit asli (genuine leather), kain (fabric), karet, dan plastik sintetis. Kulit merupakan satu-satunya material yang dapat Anda pakai dalam jangka pemakaian yang cukup lama (2013).

Jim Joker lebih memilih bahan kulit asli daripada bahan lainnya. Pasalnya, bahan dari kulit asli ini sudah terbukti ketahanannya. Tapi, bukan berarti sepatu dari bahan selain kulit asli tidak bagus, ya! Jika tertarik, Anda bisa mendapatkan sepatu Jim Joker di department store seperti Matahari, Ramayana, atau toko online pilihan. Selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo