Hide Menu

Bingung Cara Membaca Resep Kacamata? Simak 6 Istilah Penting di Artikel Ini!

Kenali Singkatan Resep Kacamata dan Jangan Sampai Salah Cara Baca Resep Kacamata. Cek di Sini!

Artikel Cara Membaca Resep Kacamata ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Membaca Resep Kacamata 2024
© freepik.com/yuriarcurspeopleimages

Pengertian Resep Kacamata

Pengertian Resep Kacamata
freepik.com/user33769719

Setiap orang pasti pernah merasakan ada yang aneh pada penglihatan, seperti pandangan yang menjadi buram atau kurang bisa melihat dengan jarak yang jauh. Jika tanda tersebut sudah mulai terasa, sebaiknya Anda cek mata segera untuk mendapatkan resep kacamata dari dokter setelah melakukan tes pada mata dan segera membeli kacamata di optik.

Sebelum dokter mata membuatkan resep, pastinya akan melakukan pemeriksaan pada mata, apakah mata Anda mengalami rabun jauh, rabun dekat, atau mengalami astigmatisme. Setelah mengetahui masalah apa yang terdapat pada mata Anda, maka akan dibuatkan resep.

Resep kacamata merupakan panduan atau petunjuk dari dokter untuk membuat lensa yang sesuai dengan kebutuhan mata Anda agar dapat melihat dengan jelas. Kebanyakan resep untuk mata dari dokter berupa singkatan seperti OD, OS, SPH, dan CYL.

Sebelum Anda membeli kacamata, sebaiknya periksakan dulu ke dokter. Nah, apakah Rekomers tahu bagaimana cara membaca resep kacamata tersebut? Apakah Anda tahu kepanjangan dari singkatan yang terdapat pada resep? Jika tidak, tim Rekomin akan menjelaskan di artikel ini. Yuk, simak!

Pengertian OD , OS, dan OU

Pengertian OD , OS, dan OU
freepik.com

Sebelum membaca resep kacamata, sebaiknya Rekomers mempelajari pengertian dari singkatan OD dan OS. Berikut penjelasannya: 

  • OD atau Oculus Dexster merupakan istilah yang berasal dari bahasa Latin untuk mata kanan. Ini sama saja dengan R atau Right.
  • OS atau Ocultus Sinistra juga merupakan istilah yang berasal dari bahasa Latin yang artinya mata kiri atau L (left).
  • Resep kacamata juga berisi kolom dengan label OU atau Oculus Uterque yang memiliki arti kedua mata. 

Rekomers sudah tahu mana resep untuk mata kanan dan kiri, kini Anda sudah siap untuk lanjut ke kolom tabel resep lainnya. Di kolom resep, Anda juga akan menemukan tulisan SPH, CYL, AXIS, ADD, dan PRISM pada kolom. Apa arti singkatan itu? Baca terus artikel ini sampai bawah, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Membaca Resep Kacamata - Terbaru 2024

Sebelum Anda mengerti cara membaca resep kacamata dari dokter, ada baiknya mengerti terlebih dahulu arti dari singkatan resep tersebut. Berikut penjelasannya!

1
SPH

Artinya Jumlah Lensa yang Dibutuhkan

SPH

2
CYL

Artinya Jumlah Kekuatan Lensa untuk Mata Silinder

CYL

3
AXIS

Orientasi dari Silinder

AXIS

4
ADD

Kekuatan Pembesar yang Ditambahkan

ADD

5
PRISM

Menyelaraskan Mata untuk Penglihatan Tetap Lurus

PRISM

6
PD

Jarak antara Pupil Kanan dan Pupil Kiri

PD

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Artinya Jumlah Lensa yang Dibutuhkan
© freepik.com/xb100
1
Artinya Jumlah Lensa yang Dibutuhkan

SPH

Rekomendasi kami

SPH merupakan singkatan yang berasal dari kata sphere, spheris, atau spherical. SPH menunjukkan berapa jumlah lensa yang dibutuhkan oleh mata. Selain itu, SPH sendiri memiliki 2 lensa kacamata, yaitu lensa minus taupun lensa plus.

Angka yang tertera dalam kolom SPH memiliki tanda minus (-) yang artinya rabun jauh atau miopia dan tanda plus (+) yang berarti mata mengalami rabun dekat atau hipermetropia. Semakin besar angka yang terdapat pada kolom SPH, maka ukuran lensa juga akan tambah tebal.

Artinya Jumlah Kekuatan Lensa untuk Mata Silinder
© freepik.com/EyeEm
2
Artinya Jumlah Kekuatan Lensa untuk Mata Silinder

CYL

Rekomendasi kami

CYL merupakan singkatan yang berasal dari kata cylinder atau cylindrical. Kolom CYL ini akan membuktikan mata tersebut silinder atau tidak bersamaan dengan jumlah kekuatan lensa untuk mata silinder.

Jika tidak terdapat angka pada kolom ini, itu artinya Anda tidak mempunyai masalah silinder. Bisa juga silinder pada mata masih sangat sedikit sehingga tidak perlu menggunakan kacamata dengan lensa silinder.

Sedangkan jika kolom CYL ini terisi angka dengan tanda minus (-) artinya ada kekuatan lensa untuk mata silinder rabun jauh. Namun, jika tanda tersebut plus (+), maka resep ini untuk mata silinder rabun dekat.

Orientasi dari Silinder
© freepik.com
3
Orientasi dari Silinder

AXIS

Rekomendasi kami

Axis atau AX merupakan orientasi dari silinder yang menunjukan angka dari 0 sampai dengan 180 derajat. Nilai axis biasanya dituliskan dengan awalan huruf “x”. Contohnya: x150 yang berarti hasil dari sudut kemiringan untuk lensa silinder adalah 150 derajat untuk mengoreksi mata silinder.

Kekuatan Pembesar yang Ditambahkan
© freepik.com
4
Kekuatan Pembesar yang Ditambahkan

ADD

Rekomendasi kami

ADD atau addition pada resep kacamata dapat diartikan sebagai kekuatan pembesar yang dapat ditambahkan di bagian bawah lensa multifokal untuk mengoreksi mata rabun tua (presbiopi) atau kebutuhan baca.

Angka yang dituliskan dalam kolom ADD selalu dalam kekuatan plus, meskipun tanda plus (+) tidak dituliskan pada kolom tersebut. Angka untuk ADD berkisar antara +0,75 dioptri sampai dengan +3 D, dan biasanya setiap mata memiliki kekuatan yang sama.

Menyelaraskan Mata untuk Penglihatan Tetap Lurus
© freepik.com
5
Menyelaraskan Mata untuk Penglihatan Tetap Lurus

PRISM

Prism atau Prisma menunjukan jumlah koreksi yang mungkin saja diperlukan sebagian orang untuk menyelasarkan mata sehingga penglihatan dapat terlihat lurus. Kolom PRISM biasanya dituliskan dalam pecahan atau desimal dan diikuti dengan arah prisma. Ada empat singkatan untuk arah prism, yaitu:

  • BU atau base up menunjukkan arah atas
  • BD atau base down menunjukkan arah bawah
  • BI atau base in menunjuk ke arah hidung
  • BO atau base out menunjuk ke arah telinga
Jarak antara Pupil Kanan dan Pupil Kiri
© freepik.com
6
Jarak antara Pupil Kanan dan Pupil Kiri

PD

Kepanjangan dari PD yaitu pupillary distance atau pupil distance. PD merupakan jarak antara kedua pupil mata bagian kanan dan bagian mata sebelah kiri yang diukur dalam satuan milimeter (mm). 

Tanya Jawab Seputar Cara Membaca Resep Kacamata

Nah, sekarang Rekomers sudah pasti tahu cara membaca resep kacamata. Namun sebelum Anda meninggalkan halaman ini, tim Rekomin telah mendaftar pertanyaan terkait topik resep kacamata. Apa saja? Simak di bawah!

Apa arti SPH dan CYL pada mata?

SPH adalah salah satu istilah untuk mengukur kekuatan lensa, sedangkan CYL adalah kekuatan untuk mengukur silindris pada mata. 

Apa arti R dan L pada kacamata?

R dan L merupakan kepanjangan dari Right (mata kanan) dan Left (mata kanan). Singkatan ini biasanya berguna untuk membaca OS. 

Apa arti OD dan OS pada resep kacamata?

OD merupakan singkatan untuk mata kanan, sedangkan OS untuk mata kiri. 

Apa itu CYL dan Axis?

CYL merupakan salah satu singkatan rumus untuk mengetahui silinder atau tidak. Sedangkan, AXIS merupakan orientasi dari silinder. Ada baiknya Anda membaca lebih lengkapnya di atas, ya!

Apa itu visus?

Visus merupakan ketajaman penglihatan. Pemeriksaan visus adalah pemeriksaan untuk melihat ketajaman penglihatan seseorang (Freelyn Ch. P. Tamboto, 2015). Adanya pemeriksaan visus bertujuan untuk menilai sejauh mana seseorang dapat melihat objek dengan jelas dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Kesimpulan: Cara Membaca Resep Kacamata

Resep kacamata merupakan panduan atau petunjuk dari dokter untuk membuat lensa yang sesuai dengan kebutuhan mata Anda agar dapat melihat dengan jelas. Kebanyakan resep untuk mata dari dokter berupa singkatan seperti OD, OS, SPH, dan CYL.

Apakah Rekomers sudah memahami setiap singkatan melalui penjelasan di atas? Tim Rekomin berharap agar Anda tidak salah lagi dalam membaca resep dokter. Pastinya, selalu gunakan kacamata yang sesuai resep kacamata dari dokter berikan kepada Anda untuk menghindari kerusakan mata yang lebih parah.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo