Hide Menu

Jangan Dipotong! Ikuti 6 Cara Melipat Celana Jeans yang Kepanjangan biar Terlihat Modis!

Jangan Buru-Buru Potong Celana Bagian yang Sisa Karena Artikel Ini Membagikan Cara Melipat Celana yang Kepanjangan

Artikel Cara Melipat Celana Jeans yang Kepanjangan ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Melipat Celana Jeans yang Kepanjangan 2024
© freepik.com

Teknik Cuffing Itu Apa Sih?

Teknik Cuffing Itu Apa Sih?
freepik.com

Jeans menjadi salah satu fashion item yang pesonanya gak akan pernah bisa memudar dari zaman ke zaman. Semakin berkembangnya zaman justru bikin celana ini semakin diminati. Celana jeans yang muncu saat ini sudah semakin berkembang mulai dari model, design, warna, dan bahan yang dipakai.

Jeans juga dianggap sebagai salah satu fashion item favorit baik pria maupun wanita tanpa batas usia. Namun, masalah yang biasanya muncul saat Anda membeli atau memakai celana jeans yaitu ukuran panjang celana yang gak sesuai. Kebanyakan paling sering mendapati celana yang kepanjangan.

Untuk mengatasi masalah celana yang kepanjangan, Anda bisa melakukan cuffing pada celana jeans. Apa itu cuffing? Cuff atau cuffing adalah salah satu cara untuk memendekkan celana yang kepanjangan tanpa harus memotong celana.

Teknik cuffing ini bisa Anda custom dengan ukuran pendeknya celana sesuai dengan keinginan. Cuffing gak hanya untuk memanipulasi dari panjangnya celana, tapi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan efek-efek unik yang terlihat bagus dan menarik.

Supaya Anda gak bingung gimana cara melipat celana jeans yang kepanjangan dengan teknik cuffing, sebaiknya Anda baca artikel ini. Sebab, tim Rekomin sudah menyiapkan teknik-teknik cuffing yang lengkap. Check them out!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Melipat Celana Jeans yang Kepanjangan - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Muhammad Apriliyanto et al pada tahun 2020 menyatakan bahwa melipat pakaian dengan rapi menjadi salah satu kegiatan terapis. Kegiatan ini termasuk melipat celana panjang atau celana pendek.

Namun, untuk cara melipat celana jeans yang kepanjangan memang agak tricky. Penasaran bagaimana metode yang tepat? Yuk, simak baik-baik semua caranya di bawah ini. Let’s go!

1
Wide-Cuff

Teknik Gulung yang Hanya Butuh Satu Lipatan

Wide-Cuff

2
Skinny Roll

Cocok Buat Anda yang Gak Suka Lipatan Tebal

Skinny Roll

3
Single Roll

Teknik Lipatan yang Cukup Sederhana

Single Roll

4
Double-Cuff

Pastikan Lipatan Rapi dan Simetris

Double-Cuff

5
Roll-It-up Cuff

Hasil Lipatan yang Berantakan Menjadi Ciri Khasnya

Roll-It-up Cuff

6
Faux Cuff

Teknik Ini Gak Sama Kayak Double Cuff

Faux Cuff

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Teknik Gulung yang Hanya Butuh Satu Lipatan
© freepik.com
1
Teknik Gulung yang Hanya Butuh Satu Lipatan

Wide-Cuff

Rekomendasi kami

Wide-cuff adalah teknik gulung celana yang lebar. Teknik gulung ini lebih cocok untuk model celana jeans wide-leg. Cara membuat lipatan ini juga gampang. Anda hanya perlu membuat satu lipatan atau gulungan pada bagian ujung celana sekitar 5 cm atau lebih juga boleh.

Cocok Buat Anda yang Gak Suka Lipatan Tebal
© freepik.com
2
Cocok Buat Anda yang Gak Suka Lipatan Tebal

Skinny Roll

Rekomendasi kami

Cara melipat celana jeans kepanjangan selanjutnya yaitu dengan teknik skinny roll. Teknik ini cocok untuk celana Levi’s lighter-weight denim dan memiliki lipatan yang kecil serta lebih ringkas. Selain itu, teknik skinny roll bisa bikin tampilan Anda keren. 

Model cuffed jeans cocok banget buat Anda yang gak suka model lipatan yang tebal. Untuk membuat lipatan dengan teknik skinny roll, Anda hanya perlu melipat ujung celana sebanyak dua kali dengan ukuran sekitar setengah inci. 

Teknik Lipatan yang Cukup Sederhana
© freepik.com
3
Teknik Lipatan yang Cukup Sederhana

Single Roll

Rekomendasi kami

Cara melipat celana kepanjangan berikutnya yaitu dengan teknik single roll. Teknik ini merupakan model lipatan pada leg-open yang bisa Anda temui di semua jenis celana. Single-roll menjadi model lipatan yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun.

Model lipatan single roll ini akan lebih cocok untuk celana jeans yang memiliki potongan slim straight yang bisa Anda padukan dengan sepatu sneakers. Yuk, ikuti caranya di bawah ini.

  1. Buat lipatan sekitar 3 cm pada ujung celana dengan arah lipatan ke luar.
  2. Cukup lipat satu kali saja dan sejajarkan celana bagian kanan dan kiri.

Model lipatan single roll cukup sederhana, tapi lipatan ini memberikan kesan penampilan Anda lebih rapi. Jadi, apakah Rekomers akan mempraktikkannya? 

Pastikan Lipatan Rapi dan Simetris
© freepik.com
4
Pastikan Lipatan Rapi dan Simetris

Double-Cuff

Rekomendasi kami

Cara melipat jeans kepanjangan dengan teknik double cuff hampir sama dengan single roll. Model double cuff lebih menutup bagian leg opening dan chainstitch hem jeans dengan efek bulky.

Teknik lipatan ini cocok untuk celana jeans yang memiliki potongan slim straight dan bisa bikin penampilan Anda jadi luar biasa. Ikuti cara melipat celana yang kepanjangan dengan teknik double cuff di bawah ini.

  1. Buat lipatan pada ujung celana sekitar 3 cm ke arah luar sebanyak dua kali.
  2. Rapikan lipatan sampai rapi dan terlihat simetris.
Hasil Lipatan yang Berantakan Menjadi Ciri Khasnya
© freepik.com
5
Hasil Lipatan yang Berantakan Menjadi Ciri Khasnya

Roll-It-up Cuff

Rekomendasi kami

Selanjutnya, cara memendekkan tanpa harus dipotong di tukang jahit yaitu dengan teknik lipat roll-it-up cuff. Teknik lipatan ini lebih cocok untuk jenis celana boyfriend jeans. Penasaran dengan tekniknya? Ikuti saja step-step di bawah ini.

  1. Buat lipatan pada ujung celana.
  2. Setelah itu, gulung celana beberapa kali sesuai dengan selera Anda.
  3. Jangan rapikan gulungan celana, dan selesai!

Mengapa gak perlu dirapikan? Ternyata “tidak rapi” adalah ciri khas jenis lipatan ini. Menurut beberapa orang, justru lipatan yang berantakan bikin tampilan Anda lebih keren, lho!

Teknik Ini Gak Sama Kayak Double Cuff
© freepik.com
6
Teknik Ini Gak Sama Kayak Double Cuff

Faux Cuff

Rekomendasi kami

Cara terakhir untuk melipat celana yang kepanjangan adalah faux cuff. Model cuffing ini terlihat mirip dengan double cuff, tapi caranya tidak segampang dan sesimple double cuff. Model lipatan ini lebih cocok untuk celana dengan potongan slim-straight dan slim-fit cut.

Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Buat lipatan pertama seperti single cuff.
  2. Setelah itu, lipat lipatan pertama untuk membuat lipatan kedua.
  3. Kemudian, rapikan lipatan celana.

Kok sama kaya double cuff? Jika Anda berpikir demikian, jawabannya salah. Karena sebenarnya faux cuff tidak memperlihatkan bagian chainstitch hemming atau leg openning seperti double cuff. Jadi, tidak sama, ya! 

Tanya Jawab Seputar Cara Melipat Celana Jeans yang Kepanjangan

Sebelum Anda lanjut ke section terakhir yaitu kesimpulan, alangkah baiknya jika Anda luangkan waktu untuk membaca section tanya jawab yang sudah tim Rekomin siapkan di bawah ini. Yuk, cek!

Langkah awal yang benar dalam melipat celana panjang adalah?

Untuk melipat celana panjang, Anda harus melipat bagian pinggang ke arah depan celana. Kemudian, lipat celana panjang menjadi dua bagian dan gulung celana dari bawah sampai ke ikat pinggang.

Sebutkan tiga langkah melipat baju?

Untuk melipat baju, langkah pertama yaitu Anda harus membentangkan baju di permukaan yang datar. Langkah kedua, lipat sisi kanan dan kiri pakaian, lalu lipat baju menjadi dua bagian.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik melipat?

Melipat merupakan salah satu teknik kerajinan yang dibuat di atas kertas untuk dapat menghasilkan mainan, hiasan, dan kreasi lainnya.

Kesimpulan: Cara Melipat Celana Jeans yang Kepanjangan

Itu tadi pembahasan tentang cara melipat celana jeans yang kepanjangan. Ada 6 model cuffing yang tim Rekomin rekomendasikan untuk Anda di atas, dari wide cuff, skinny roll, single roll, double cuff, roll it up cuff, dan faux cuff.

Rekomers tertarik dengan model cuffing yang mana? Gak usah ragu, semua model cuffing di atas cocok untuk semua gender dan bisa bikin penampilan Anda jadi jauh lebih modis, keren, dan juga elegan. Yuk, segera coba semua model cuffing di atas dan tampil lebih menawan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo