Hide Menu

Simak 5 Cara Melihat Ukuran Celana yang Gak Banyak Orang Tahu biar Gak Salah Beli Lagi

Untuk Mengetahui Ukuran Celana yang Tepat Bisa dari Label, Lingkar Pinggang, Pinggul, Panjang Celana, dan Pesak

Artikel Cara Melihat Ukuran Celana ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Melihat Ukuran Celana 2024
© freepik.com

Fashion Sebagai Ekspresi dan Identitas Diri Seseorang

Fashion Sebagai Ekspresi dan Identitas Diri Seseorang
freepik.com

Saat ini, perkembangan dalam dunia fashion sudah semakin pesat dan semakin maju. Fashion merupakan salah satu bagian yang gak bisa Anda lepaskan dari penampilan dan gaya sehari-hari.  Fashion menjadi etalase tentang diri seseorang yang dipandang orang lain.

Gaya berpakaian pun menjadi bahan untuk menilai penampilan seseorang. Selain itu, fashion menjadi salah satu wadah bagi seseorang untuk mengekspresikan diri. Gak hanya itu, fashion juga merupakan salah satu cara seseorang untuk menunjukkan identitas dirinya di lingkungan sosial.

Salah satu pakaian yang bisa mengekspresikan diri seseorang yaitu celana. Entah itu celana panjang atau celana pendek, seseorang bisa tampil percaya diri dan keren jika menggunakan celana yang sesuai termasuk dari ukuran celana dan panjang celana.

Namun, tidak semua orang tahu cara mengetahui ukuran celana yang benar. Inilah yang bikin banyak orang salah saat membeli celana. Kesalahan tersebut bisa jadi dari salah ukuran panjang celana, pinggang yang terlalu longgar atau bagian pinggul terlalu sempit.

Anda gak mau ‘kan pakai celana yang kebesaran atau kekecilan? Calm, tim Rekomin akan membagikan cara melihat ukuran celana. Cara ini bisa menjadi salah satu solusi dan jalan keluar agar tidak lagi salah saat membeli celana. Udah penasaran? Baca artikel ini sampai bawah, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Melihat Ukuran Celana - Terbaru 2024

Sekarang Rekomers sudah tahu fashion memiliki peran penting bagi seseorang untuk menunjukkan identitas dan mengekspresikan diri di lingkungan sosial. Tapi, penampilan itu bisa menjadi bumerang jika Anda salah dalam menggunakan pakaian termasuk ukuran celana yang kurang tepat.

Oleh karena itu, tim Rekomin merangkum cara melihat ukuran celana yang mudah dan tepat guna untuk Anda. Jika ingin tahu, simak poin-poin di bawah ini dengan seksama. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

1
Label Ukuran Celana

Terdapat Informasi Ukuran Pinggang dan Panjang Celana

Label Ukuran Celana

2
Ukuran Panjang Celana

Kalau Panjangnya Gak Sesuai Bikin Tampilan Gak Proporsional

Ukuran Panjang Celana

3
Ukuran Lingkar Pinggang

Jangan Terlalu Longgar dan Terlalu Sempit

Ukuran Lingkar Pinggang

4
Ukuran Lingkar Pinggul

Ini Merupakan Bagian Tubuh Paling Luas

Ukuran Lingkar Pinggul

5
Ukuran Lingkaran Pesak

Diukur Mulai dari Batas Pinggang Belakang

Ukuran Lingkaran Pesak

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Terdapat Informasi Ukuran Pinggang dan Panjang Celana
© freepik.com
1
Terdapat Informasi Ukuran Pinggang dan Panjang Celana

Label Ukuran Celana

Rekomendasi kami

Cara mengetahui ukuran celana yang pertama yakni dengan melihat tabel ukuran celana. Biasanya, tabel tersebut bisa Anda temukan di dekat pinggang. Label ini akan memberi tahu Anda ukuran pinggang dan panjang celana tersebut.

Label ukuran ada yang pakai nomor dan ada juga yang pakai huruf. Contoh ukuran yang menggunakan huruf seperti M, L, XL, XXL, dan lain-lain. Sementara yang menggunakan nomor seperti 27, 28, 29, 30, 31, 32, 33, dan 34. Jadi, pastikan Anda memilih size yang pas dan sesuai.

Kalau Panjangnya Gak Sesuai Bikin Tampilan Gak Proporsional
© freepik.com
2
Kalau Panjangnya Gak Sesuai Bikin Tampilan Gak Proporsional

Ukuran Panjang Celana

Rekomendasi kami

Selanjutnya, cara menentukan ukuran celana bawahan yaitu dengan mengukur panjang celana atau biasa disebut inseam. Pastikan celana yang Anda pilih memiliki ukuran panjang yang sesuai dengan tinggi badan.

Sebab, kalau Anda sampai salah dalam menentukan ukuran panjang celana justru bikin Anda terlihat tidak proporsional. Untuk mengetahui panjang celana, Anda bisa mengukurnya mulai dari bagian ikat pinggang sampai ke ujung celana.

Jangan Terlalu Longgar dan Terlalu Sempit
© freepik.com
3
Jangan Terlalu Longgar dan Terlalu Sempit

Ukuran Lingkar Pinggang

Rekomendasi kami

Cara tahu ukuran celana bisa Anda lihat dari lingkaran pinggang atau waist. Ukuran lingkar pinggang merupakan ukuran yang sangat penting saat memilih celana. Biasanya, lingkaran pinggang ini menggunakan satuan inch atau centimeter (cm) seperti mengukur front rise. Pastikan Anda sudah memilih celana yang pas di pinggang.

Nah, cara untuk mengukur lingkar pinggang yaitu dari bagian pinggang atau di atas ikat pinggang celana dengan pita meteran yang mengelilingi daerah pinggang. Pengukuran lingkar pinggang ini bertujuan untuk memastikan bahwa celana tersebut pas di pinggang, yang artinya celana tidak longgar dan tidak sempit.

Contoh size chart lingkar pinggang untuk celana pria standar EU, US, dan UK adalah sebagai berikut:

Lingkar Pinggang (cm)EUUS/UKHuruf
68/723626XS
72/763828S
76/804030M
80/844232M
84/884434M/L
Ini Merupakan Bagian Tubuh Paling Luas
© freepik.com
4
Ini Merupakan Bagian Tubuh Paling Luas

Ukuran Lingkar Pinggul

Rekomendasi kami

Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran pinggul atau hip. Ukuran pinggul juga memiliki peran penting untuk mendapatkan celana jeans, celana chino, celana panjang atau untuk mendapatkan rok yang pas. Mengapa ukuran pinggul sama pentingnya seperti ukuran lingkar pinggang?

Faktanya, pinggul merupakan bagian tubuh yang paling luas. Untuk mengukur lingkaran pinggang bisa dengan pita meteran yang mengelilingi bagian pinggul. Biasanya, ukuran pinggul berada pada 2,5 cm tepat di bawah resleting.

Namun, menurut hasil penelitian oleh Reni Sukmaria Sembiring pada tahun 2020, ia menyatakan bahwa untuk mengukur lingkar pinggul celana pria harus menambahkan 4 sampai 10 cm. Hal ini tergantung dengan model celana yang diinginkan pemakai.

Diukur Mulai dari Batas Pinggang Belakang
© freepik.com
5
Diukur Mulai dari Batas Pinggang Belakang

Ukuran Lingkaran Pesak

Rekomendasi kami

Setelah Anda mengetahui ukuran lingkaran pinggang dan pinggul, Anda juga harus memperhatikan lingkaran pesak atau yang biasa disebut pisak. Apa Anda tahu pesak itu apa? Pesak merupakan salah satu bagian yang melebar pada celana.

Awalnya, pesak celana bisa Anda temui di celana wanita seperti di celana rok. Tapi, saat ini Anda juga bisa menemukannya di celana pria. Untuk mengukur lingkar pesak, Anda harus mulai dari batas pinggang belakang yang melewati selangkangan menuju batas pinggang bagian depan.

Tanya Jawab Seputar Cara Melihat Ukuran Celana

Sebelum Anda menutup artikel ini, alangkah baiknya jika meluangkan waktu untuk membaca pertanyaan dan jawaban tentang cara melihat ukuran celana di bawah. Berikut daftarnya: 

Size 27 untuk BB berapa?

Ukuran celana nomor 27 bisa digunakan untuk Anda yang memiliki berat badan 40 sampai 45 kg.

Celana size 32 untuk berat badan berapa?

Ukuran celana nomor 32 bisa dipakai oleh wanita dengan berat badan 66-70 kg.

Celana L itu ukuran berapa?

Celana ukuran L memiliki lingkar pinggang 86-97 cm dan panjang celana sekitar 86-91 cm.

Size M untuk BB berapa?

Jika Anda memiliki tinggi badan 156-165 cm dengan berat badan 56-65 kg, maka Anda bisa menggunakan ukuran M.

Ukuran L untuk anak usia berapa?

Ukuran L biasanya dipakai oleh anak umur 7-8 tahun.

Size 160 untuk anak umur berapa?

Anak umur 8-11 tahun bisa menggunakan size 160. Sedangkan anak yang umurnya di atas 14 tahun menggunakan size 170.

Kesimpulan: Cara Melihat Ukuran Celana

Demikian pembahasan tentang cara melihat ukuran celana. Tim Rekomin ingatkan kembali 5 cara melihat ukuran celana yaitu dari label ukuran celana, ukuran panjang celana, ukuran lingkaran pinggang, ukuran lingkaran pinggul, dan ukuran pesak. Semua cara ini bisa Anda aplikasikan untuk semua celana pria dan wanita.

Sebagai uji coba, hitunglah ukuran celana Anda yang benar. Setelah itu, belilah salah satu produk di atas. Caranya gampang, tinggal pilih produk, klik link, sesuaikan ukuran, dan check out. Pastikan sudah benar agar uang Anda tidak sia-sia. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo