Hide Menu

Temukan 6 Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku, Gak Afdal Kalau Anda Belum Tahu!

Punya Leather Jacket dan Tas Kulit tapi Bahannya Berubah Jadi Kaku? Simak Artikel ini dan Ketahui Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku!

Artikel Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku 2024
© freepik.com

Apa Penyebab Bahan Kulit Berubah Menjadi Kaku?

Apa Penyebab Bahan Kulit Berubah Menjadi Kaku?
freepik.com

Siapa di sini yang gemar sekali mengoleksi fashion item berbahan kulit atau leather? Pasti Rekomers pernah mengalami kejadian satu ini, yakni bahan kulit yang tiba-tiba berubah menjadi kaku. Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya, apa penyebab bahan kulit berubah menjadi kaku?

Jika Anda ingin tahu apa penyebabnya, simak penuturan di bawah ini!

  • Produk berbahan kulit atau leather tidak disimpan dengan benar. 
  • Selalu menempatkan pakaian berbahan kulit di mesin pengering. 
  • Produk berbahan kulit atau leather sering terpapar udara kering dan panas berlebih. 
  • Anda jarang membersihkan produk berbahan kulit sehingga debu dan kotoran jadi menumpuk.
  • Produk berbahan kulit sering terkontaminasi keringat dan minyak berlebih yang berasal dari tubuh Anda.
  • Seiring bertambahnya usia, struktur kimia bahan kulit akan berubah secara perlahan.

Tapi, Anda tidak perlu takut karena tim Rekomin bersedia membantu Anda dengan senang hati. Jika Rekomers ingin tahu cara penanganan yang tepat, Anda bisa menyimak artikel satu ini dengan saksama. Yuk, ikuti keseruan artikel satu ini dan cari tahu cara melemaskan bahan kulit yang kaku!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku - Terbaru 2024

Menurut Willy Yudha W, bahan kulit adalah bahan yang fleksibel dan tahan lama karena terbuat dari proses penyamakan kulit hewan, contohnya kulit sapi (2017). Namun, ada kalanya bahan kulit bisa berubah jadi kaku jika tidak dirawat dengan baik.

Rekomers tidak perlu khawatir jika mengalami kejadian satu ini sebab tim Rekomin telah menyediakan cara melemaskan bahan kulit yang kaku. Yuk, simak penuturannya!

1
Vaseline Petroleum Jelly

Produknya Bisa Anda Temukan di Mana Saja

Vaseline Petroleum Jelly

2
Lotion Khusus Bahan Kulit

Jangan Salah Beli Produknya, Ya!

Lotion Khusus Bahan Kulit

3
Minyak Alami

Temukan Macam-Macam Minyak Alami!

Minyak Alami

4
Uap Air Hangat

Cara yang Paling Mudah dan Super Praktis

Uap Air Hangat

5
Conditioner Rambut

Salah Satu Cara Terbaru yang Efektif

Conditioner Rambut

6
Pengering Rambut atau Hairdryer

Pasti Anda Punya Alat Ini, Bukan?

Pengering Rambut atau Hairdryer

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Produknya Bisa Anda Temukan di Mana Saja
© freepik.com
1
Produknya Bisa Anda Temukan di Mana Saja

Vaseline Petroleum Jelly

Rekomendasi kami

First things first, cara melemaskan jaket kulit yang kaku biar jadi lemas adalah mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly ke seluruh permukaan jaket kulit. Sebelum mengaplikasikan Vaseline Petroleum Jelly, pastikan seluruh permukaan jaket kulit sudah diolesi oleh alkohol.

Rekomers bisa menuangkan alkohol ke kapas, tisu atau kain secukupnya, lalu sapukan ke seluruh bagian jaket kulit secara perlahan dan berulang kali. Langkah satu ini bertujuan untuk membuka pori-pori jaket kulit supaya bisa menyerap produk yang akan dioleskan selanjutnya.

Baru deh, Anda bisa mulai mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly ke seluruh permukaan jaket kulit pakai tangan atau cotton bud. Kemudian, biarkan jaket kulit tersebut semalaman sampai Vaseline Petroleum Jelly menyerap ke dalam jaket kulit. Rekomers tidak perlu mengoleskan Vaseline Petroleum Jelly terlalu banyak, tipis-tipis saja asalkan merata. 

Jangan Salah Beli Produknya, Ya!
© freepik.com
2
Jangan Salah Beli Produknya, Ya!

Lotion Khusus Bahan Kulit

Rekomendasi kami

Selain menggunakan Vaseline Petroleum Jelly, Rekomers juga bisa pakai lotion khusus bahan kulit guna membuat bahan kulit jadi lembut dan lentur. Biasanya, lotion khusus bahan kulit terbuat dari oil atau minyak yang dapat melembutkan bahan kulit agar lebih kenyal dan fleksibel.

Akan tetapi, tidak semua lotion khusus bahan kulit yang tersedia di luar sana terbuat dari oil atau minyak yang premium dan terbaik. Oleh karena itu, Rekomers harus berhati-hati saat membeli lotion khusus bahan kulit di e-commerce atau toko terdekat.

Sebaiknya, beli lotion khusus bahan kulit yang dilengkapi dengan keterangan “leather therapy”, “conditioner” atau “restorer”, contohnya produk rekomendasi di atas. Cara pemakaiannya pun terbilang mudah, oleskan lotion khusus bahan kulit secara merata dengan kain yang lembut.

Selepas itu, tunggu sampai produknya mengering sebelum dipakai. Kalau Rekomers masih bingung mengenai cara pakainya, Anda bisa cek label botol atau tube produknya untuk menemukan instruksi cara pemakaian yang benar. 

Temukan Macam-Macam Minyak Alami!
© freepik.com
3
Temukan Macam-Macam Minyak Alami!

Minyak Alami

Rekomendasi kami

Jika Anda sudah kehabisan akal mengenai cara keperawatan bahan kulit yang benar, Rekomers bisa jadikan tips satu ini sebagai alternatif terbaik. Bukan tanpa alasan, bahan yang dibutuhkan bisa Anda temukan di mana saja, yaitu minyak alami.

Rekomers bisa pilih salah satu mulai dari olive oil, coconut oil, avocado oil, jojoba oil atau jenis minyak alami lainnya. Jika sudah punya bahannya, simak langkah-langkah di bawah ini biar gak keliru!

  1. Jemur produk yang terbuat dari bahan kulit di bawah sinar matahari kira-kira 10 menit. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori bahan kulit supaya produk selanjutnya bisa menyerap dengan optimal. 
  2. Balurkan minyak alami ke seluruh permukaan produk yang terbuat dari leather secara merata dengan tangan. Ulangi langkah satu ini berulang kali guna mendapatkan efek pelunakan yang lebih baik. 
  3. Selanjutnya, biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Jika produknya sudah mengering, Rekomers baru boleh memakainya. 
Cara yang Paling Mudah dan Super Praktis
© freepik.com
4
Cara yang Paling Mudah dan Super Praktis

Uap Air Hangat

Cara melemaskan bahan kulit yang kaku selanjutnya cocok banget buat Rekomers yang super praktis dan anti ribet karena tips satu ini hanya mengandalkan uap air panas. Praktis dan sangat menghemat budget pengeluaran Anda, bukan?

Bukan tanpa sebab, uap air hangat diyakini bisa melemaskan bahan kulit tanpa merusak tekstur aslinya. Yang perlu Rekomers lakukan adalah menyiapkan panci yang sudah diisi dengan air, lalu didihkan airnya.

Jika air di dalam panci sudah mendidih, pegang produk yang akan Anda lunakkan di atas air yang mendidih biar uap air hangat bisa mengenai produknya. Lakukan cara satu ini dengan hati-hati supaya tidak terjadi kerusakan pada produknya.

Sebagai informasi tambahan, Rekomers juga bisa pakai cara satu ini untuk melemaskan kain kanvas ataupun brokat yang super kaku biar berubah menjadi lunak, lentur, dan fleksibel. Selamat mencoba!

Salah Satu Cara Terbaru yang Efektif
© freepik.com
5
Salah Satu Cara Terbaru yang Efektif

Conditioner Rambut

Rekomendasi kami

Siapa sangka jika conditioner rambut bisa Anda pakai untuk mengurangi regangan bahan kulit yang cenderung kaku. Faktanya, cara melunakkan bahan kulit dengan conditioner rambut terbilang baru dan asing karena tidak banyak orang yang tahu tips satu ini.

Jadi, tidak ada salahnya jika Rekomers mencoba cara yang satu ini. Rekomers hanya perlu mengoleskan conditioner ke seluruh permukaan produk yang terbuat dari bahan kulit secara merata.

Sehabis itu, biarkan selama beberapa jam sampai conditioner rambut meresap ke dalam produknya. Jika conditioner rambut sudah meresap sempurna ke dalam produknya, Rekomers bisa langsung membersihkannya secara perlahan. 

Pasti Anda Punya Alat Ini, Bukan?
© freepik.com
6
Pasti Anda Punya Alat Ini, Bukan?

Pengering Rambut atau Hairdryer

Rekomendasi kami

Last but not least, alternatif lain yang bisa Anda pakai untuk melemaskan bahan kulit yang kaku adalah menggunakan alat pengering rambut atau hairdryer. Sebelum itu, pastikan produk yang akan Anda lemaskan itu sudah bersih dari kotoran dan debu.

Rekomers bisa pakai tisu atau kain lap kering guna membersihkan debu dan kotoran yang ada. Selepas itu, atur alat pengering rambut atau hairdryer di suhu yang tidak terlalu panas, kemudian posisikan hairdryer di atas produk yang akan Anda lunakkan.

Pastikan hairdryer tidak terlalu dekat dengan produknya, ada baiknya jika Anda memberikan sedikit jarak. Akan tetapi, perlu diingat kalau Rekomers tidak boleh memposisikan hairdryer di satu tempat saja. Jangan lupa pijat produknya sembari dihangatkan dengan hairdryer!

Tanya Jawab Seputar Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku

Masih belum cukup dengan informasi di atas dan butuh informasi lagi? Tenang saja, tim Rekomin berhasil merangkum beberapa informasi dan fakta menarik tambahan mengenai cara melemaskan bahan kulit yang kaku untuk Rekomers secara cuma-cuma. Baca sekarang juga!

Apakah minyak kayu putih bisa membersihkan tas kulit?

Anda tidak akan menyangka jika minyak kayu putih ternyata bisa Anda pakai untuk membersihkan noda atau kotoran di tas kulit. Rekomers hanya perlu menuangkan minyak kayu putih secukupnya saja ke kapas atau tisu kering, kemudian sapukan ke tas kulit secara perlahan.

Apakah baby oil bisa untuk membersihkan tas kulit?

Ternyata oh ternyata, baby oil bisa menghilangkan noda atau kotoran yang membandel di tas kulit. Kalau Rekomers tidak punya baby oil, Anda bisa menggantinya dengan body lotion. 

Bagaimana cara merawat jaket kulit agar tetap lemas?

Berikut beberapa cara merawat jaket kulit agar tetap lemas yang bisa Anda praktikan di rumah:

  • Jauhkan tas, jaket, sepatu atau produk yang terbuat dari leather atau kulit dari paparan sinar matahari. Sebaiknya, tempatkan produk tersebut di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari. 
  • Jangan masukkan produk berbahan kulit ke dalam mesin pengering!
  • Lakukan perawatan produk berbahan kulit secara berkala supaya kualitas dan tekstur aslinya tetap terjaga.

Kesimpulan: Cara Melemaskan Bahan Kulit yang Kaku

Rekomers bisa gunakan tips dan trik di atas untuk semua fashion item yang terbuat dari kulit atau leather, contohnya kalep jam tangan, sepatu, tas, jaket, celana, pakaian atau baju, dan lain-lain. Selain itu, tips dan trik di atas juga bisa Anda terapkan ke produk perabotan rumah yang terbuat dari kulit, misalnya sofa.

Tenang saja, semua tips dan trik di atas sudah pasti aman dan tidak akan merusak kualitas leather atau kulit. Jadi, apakah Anda sudah siap mengembalikan kualitas pakaian atau barang lain yang berbahan kulit? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo