Hide Menu

Gak Pede Pakai Celana Kepanjangan? Ikuti 4 Cara Jahit Potong Sambung Celana Jeans Berikut!

Gak Harus ke Tukang Jahit, Anda Bisa Melakukannya di Rumah dengan Mengikuti Cara di Artikel Ini. Yuk, Coba Sekarang!

Artikel Cara Jahit Potong Sambung Celana Jeans ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Jahit Potong Sambung Celana Jeans 2024
© freepik.com

Jeans Menjadi Pusat Perhatian dalam Dunia Fashion

Jeans Menjadi Pusat Perhatian dalam Dunia Fashion
freepik.com

Fashion sering sekali diartikan sebagai gaya berpakaian seseorang dan fashion tidak bisa dipisahkan dengan gaya kehidupan sehari-hari. Fashion memiliki fungsi sosial yang dapat membantu Anda untuk mengatasi jarak antara seseorang dengan society. Selain itu, fashion juga menjadi salah satu alat untuk mengekspresikan diri seseorang di lingkungan.

Salah satu fashion items yang selalu menjadi pusat perhatian yaitu celana jeans. Celana ini merupakan salah satu jenis yang banyak diminati semua kalangan, mulai dari anak muda sampai dewasa. Saat ini, celana jeans sudah semakin berkembang mulai dari segi model, design, dan bahan.

Seiring berjalannya waktu, gak hanya fashion saja yang berkembang tapi juga teknologi. Dengan begitu, banyak orang yang membeli baju, aksesoris, dan celana secara online. Sayangnya, saat membeli baju dan celana di toko online terkadang ukurannya gak sesuai. Anda pasti pernah merasakan celana kekecilan, kebesaran, kependekan atau kepanjangan.

Bagaimana jika tailor langganan lagi libur dan nggak bisa merombak celana yang kepanjangan? Jangan khawatir karena ada cara jahit potong sambung celana jeans yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Langsung aja baca artikel ini sampai selesai, dan Anda akan menemukan tips triknya di sini!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Jahit Potong Sambung Celana Jeans - Terbaru 2024

TIm Rekomin sudah menjelaskan di atas bahwa celana jeans sudah banyak sekali peminatnya bahkan dari semua kalangan. Namun, terkadang membeli celana jeans itu tidak selalu sesuai ukurannya. Gak usah lama-lama, segera simak baik-baik cara jahit potong sambung celana jeans di bawah ini. Check it out!

1
Ukur Celana

Ayo Ukur Dulu Panjang dan Lebar Celananya

Ukur Celana

2
Potong Bagian Bawah Celana

Ikuti Garis Ukur yang Sudah Ditentukan!

Potong Bagian Bawah Celana

3
Buka Jahitan Celana

Jangan Lewatkan Step Ini untuk Bisa Lanjut ke Step Selanjutnya

Buka Jahitan Celana

4
Jahit Celana

Sejajarkan Bagian Tulang Bagian Bawah dan Bagian Badan Celana

Jahit Celana

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ayo Ukur Dulu Panjang dan Lebar Celananya
© freepik.com
1
Ayo Ukur Dulu Panjang dan Lebar Celananya

Ukur Celana

Rekomendasi kami

Langkah pertama untuk melakukan jahit potong sambung celana jeans adalah mengukur panjang celana sesuai dengan keinginan. Selain mengukur bagian bawah celana, Anda juga harus mengecilkan lebar dari badan celana.

Jika lebar bagian badan celana tidak Anda kecilkan, maka ukurannya akan berbeda dengan ukuran lebar celana sebelumnya. Oleh karena itu, ukur juga lebar dari badan celananya. Simak baik-baik cara mengukurnya di bawah ini.

  1. Sebelum proses pengukuran dilakukan, sebaiknya Anda menyiapkan pita ukur, penggaris, dan juga kapur.
  2. Ukur panjang celana yang Anda inginkan, lalu beri tanda.
  3. Setelah itu, buat garis horizontal pada bagian yang akan dipotong menggunakan kapur dan penggaris.
  4. Kemudian, ukur lebar celana untuk mengecilkan bagian bawah yang baru.
  5. Terakhir, buatlah garis vertikal celana.

Mudah bukan cara pengukurannya?

Ikuti Garis Ukur yang Sudah Ditentukan!
© freepik.com
2
Ikuti Garis Ukur yang Sudah Ditentukan!

Potong Bagian Bawah Celana

Rekomendasi kami

Setelah Anda mengukur panjang celana, kini saatnya Rekomers memotong bagian bawah celana tersebut. Perhatikan cara memotong celana jeans bagian bawah berikut.

  1. Siapkan gunting untuk potong celana jeans.
  2. Kemudian, potong bagian bawah celana sesuai garis ukur. Jangan sampai terlalu pendek.
  3. Setelah itu, potong bagian celana yang diberi jarak sekitar 1 sampai 1,5 cm.

Saat memotong celana ini, lebih baik jika celana dibalik terlebih dahulu. Cara potong ini sama dengan cara memotong celana jeans yang kepanjangan. Di sisi lain, fungsi dari jarak potong tersebut nantinya yang akan menjadi sambungan untuk proses penjahitan selanjutnya.

Jangan Lewatkan Step Ini untuk Bisa Lanjut ke Step Selanjutnya
© freepik.com
3
Jangan Lewatkan Step Ini untuk Bisa Lanjut ke Step Selanjutnya

Buka Jahitan Celana

Rekomendasi kami

Setelah bagian bawah celana Anda potong, kini lanjutlah ke step berikutnya yaitu membuka jahitan pada bagian bawah celana. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Siapkan cutter untuk membuka jahitan.
  2. Kemudian, selipkan ujung cutter di antara benang dan bahan.
  3. Setelah itu, potong setiap benang yang menyatukan bahan tersebut.

Tujuan dari dibukanya jahitan pada potongan bagian bawah celana adalah untuk bisa melanjutkan proses penjahitan sambungan. Maka dari itu, lakukan dengan benar agar proses potong sambung lebih mudah. 

Sejajarkan Bagian Tulang Bagian Bawah dan Bagian Badan Celana
© freepik.com
4
Sejajarkan Bagian Tulang Bagian Bawah dan Bagian Badan Celana

Jahit Celana

Rekomendasi kami

Terakhir yaitu proses jahit sambungan celana jeans. Pada tahap ini, Anda harus menggunakan mesin jahit agar bisa menyambungkan potongan bagian bawah dan badan celana jeans. Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Khasanah El Zahra pada tahun 2011 untuk menjahit celana menggunakan mesin jahit.

Perhatikan cara menjahit yang benar di bawah ini.

  1. Tempelkan potongan bawah celana dan badan celana dengan jarum pentul.
  2. Sejajarkan tulang celana pada potongan bawah celana dengan tulang celana pada bagian badan.
  3. Setelah itu, letakkan kedua bagian tersebut di bawah stik.
  4. Jahit celana sampai semua bagian menyatu.
  5. Selanjutnya, obras ujung sambungan kedua bagian.
  6. Balik celana dan jahit tindas dari bagian luar celana.
  7. Selesai. Selamat, Anda telah berhasil melakukan potong sambung celana!

Tanya Jawab Seputar Cara Jahit Potong Sambung Celana Jeans

Sebelum Anda lanjut ke section terakhir, alangkah baiknya jika Rekomers tidak melewatkan section tanya jawab di bawah. Yuk, baca baik-baik!

Berapa lama waktu merendam celana jeans?

Untuk merendam celana, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu, Anda bisa langsung cuci celana jeans seperti biasanya.

Celana jeans baru apakah harus dicuci?

Betul, Anda harus mencuci celana baru karena masih banyak bahan kimia yang menempel pada jeans baru.

Kenapa celana jeans jangan dicuci?

Sebenarnya celana jeans boleh saja Anda cuci, tapi Anda hanya perlu mencucinya dengan air dingin tanpa disikat dan tanpa sabun.

Apakah celana jeans boleh disikat?

Boleh, dengan catatan jika memang celana terkena noda yang membandel. Anda bisa menggunakan sikat berbulu lembut untuk menyikat celana jeans agar serat-serat kain tidak rusak.

Apakah celana jeans bisa disetrika?

Apabila Anda ingin setrika celana jeans, sebaiknya gunakan suhu rendah atau sedang. Pasalnya, menyetrika celana jeans dengan suhu tinggi justru akan merusak serat-serat kain tersebut.

Bagaimana cara memotong celana jeans tanpa dijahit?

Untuk memendekkan celana jeans atau kulot yang kepanjangan, Anda bisa memotong bagian bawah celana yang sesuai dengan panjang kaki. Setelah itu, Anda bisa menggulung bagian bawah celana agar tidak terlihat serat-serat kain yang menjuntai.

Kesimpulan: Cara Jahit Potong Sambung Celana Jeans

Demikianlah pembahasan tentang cara jahit potong sambung celana jeans. Ada 4 step yang harus Anda lakukan mulai dari mengukur celana, potong bagian bawah celana, membuka jahitan bawah celana, dan langkah terakhir yaitu menjahit celana.

Gampang ‘kan caranya? Anda bisa mencobanya di rumah, lho. Tapi, untuk mencobanya di rumah, Rekomers harus memiliki alat-alat tertentu, terutama mesin jahit. Kalau Anda tidak memiliki mesin jahit atau alat-alat lainnya, Anda bisa membelinya dengan cara klik link produk yang sudah tim Rekomin siapkan.

Jangan lupa untuk mengikuti langkah di atas secara runtut agar prosesnya lebih mudah. Jadilah teliti terutama saat mengukur agar tidak salah ukuran. Itu saja yang bisa tim Rekomin sampaikan. Selamat mencoba, dan sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo