Hide Menu

Mau Tampil Stylish tapi Tetap Sopan Ketika Kerja? Terapkan 5 Cara Berpakaian di Kantor Ini

Jangan Sia-siakan Kesempatan Anda untuk Mengetahui Beberapa Cara Berpakaian di Kantor supaya Outfit Terlihat Lebih Profesional!

Artikel Cara Berpakaian di Kantor ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara Berpakaian di Kantor 2024
© freepik.com

Kenapa Harus Berpakaian Profesional Saat Ngantor?

Kenapa Harus Berpakaian Profesional Saat Ngantor?
freepik.com

Siapa di sini yang jarang sekali memperhatikan pakaian yang dipakai saat bekerja? Faktanya, pakaian yang Anda kenakan mempunyai andil yang sangat penting dalam menciptakan citra yang baik.

Itulah mengapa Rekomers sekalian dianjurkan untuk berpakaian profesional saat bekerja, terutama di kantor. Bukan hanya itu saja, ada beberapa alasan mengapa Anda harus berpakaian profesional saat bekerja, seperti:

  • Pakaian yang rapi dan bersih akan menampilkan kesan profesional sehingga dapat membantu Anda untuk menciptakan kesan pertama yang bagus ketika bekerja. 
  • Apabila Rekomers memakai busana yang rapi dan profesional, hal tersebut nantinya akan meningkatkan tingkat kepercayaan sehingga Anda jadi lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan apapun. 
  • Berpakaian profesional saat bekerja akan membantu Rekomers untuk menarik perhatian yang positif ketika berada di office
  • Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan berpakaian profesional adalah mampu meningkatkan kredibilitas. 
  • Berpakaian profesional saat kerja secara tidak langsung memberi pesan kepada rekan bahwa Rekomers melakukan pekerjaan dengan serius. 

Lantas, bagaimanakah aturan pakai seragam kerja? Anda tidak perlu risau karena tim Rekomin akan jelaskan cara berpakaian di kantor yang benar dan secara cuma-cuma untuk Rekomers. Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, scroll artikel ini dan simak penuturannya dengan saksama!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Berpakaian di Kantor - Terbaru 2024

Seperti yang Anda tahu, pakaian merupakan alat komunikasi antar manusia secara langsung tanpa membutuhkan upaya untuk melakukan pendekatan secara personal. Artinya, pakaian atau busana mencitrakan sesuatu dan nilai dibaliknya (M Alifuddin, 2014:1).

Baik itu saat bermain atau nongkrong, bekerja pun tetap harus memerhatikan busana yang Anda kenakan. Sekarang, tim Rekomin akan membagikan cara berpakaian di kantor yang benar. Jadi, ayo simak bersama! 

1
Hindari Pakaian yang Terlalu Mini

Anda Harus Memakai Pakaian yang Sopan

Hindari Pakaian yang Terlalu Mini

2
Gunakan Pakaian Kantor yang Pas

Ciptakan Look yang Elegant dengan Pakaian yang Pas!

Gunakan Pakaian Kantor yang Pas

3
Pastikan Pakaian Dalam Keadaan Rapi

Jangan Lupa untuk Selalu Merapikan Pakaian!

Pastikan Pakaian Dalam Keadaan Rapi

4
Jangan Pakai Baju yang Terlalu Casual

Masa Anda Mau Pakai Pakaian Casual untuk Bekerja?

Jangan Pakai Baju yang Terlalu Casual

5
Kenakan Sepatu yang Tertutup

You Can Wear Any Formal Shoes

Kenakan Sepatu yang Tertutup

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Anda Harus Memakai Pakaian yang Sopan
© freepik.com
1
Anda Harus Memakai Pakaian yang Sopan

Hindari Pakaian yang Terlalu Mini

Rekomendasi kami

Ketika berada di lingkungan kantor, gaya berpakaian Rekomers tentunya akan menjadi pusat perhatian rekan kerja sekaligus atasan Anda. Oleh karena itu, Rekomers dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tidak terlalu mini, ketat, dan seksi.

Pasalnya, pakaian yang terlalu mini, ketat, dan seksi akan membatasi ruang gerak tubuh Anda serta meninggalkan kesan yang tidak sopan. Tim Rekomin merekomendasikan Anda untuk mengenakan model celana yang berpotongan loose dan hindari model celana yang berpotongan skinny.

Kalau Rekomers ingin pakai rok, sebaiknya gunakan rok dengan potongan atau cutting A-line yang panjangnya di bawah lutut. Sama halnya dengan atasan, Anda diharuskan untuk pakai atasan yang tidak terlalu ketat serta tidak mempunyai belahan dada yang terlalu rendah.

Ciptakan Look yang Elegant dengan Pakaian yang Pas!
© freepik.com
2
Ciptakan Look yang Elegant dengan Pakaian yang Pas!

Gunakan Pakaian Kantor yang Pas

Rekomendasi kami

Tidak masalah jika Anda ingin tampil trendy dan modis ketika di kantor, asalkan pakaian yang Anda kenakan tidak terlalu ketat ataupun longgar. Pastikan pakaian yang Rekomers pakai untuk bekerja memiliki ukuran yang pas dengan bentuk tubuh. Tapi, bukan berarti Anda boleh memakai pakaian yang terlalu ketat. 

Apabila Rekomers mengenakan pakaian kantor yang terlalu longgar, hal tersebut akan membuat penampilan Anda jadi kurang stylish, kacau, sekaligus berantakan. Itulah mengapa tim Rekomin menganjurkan Anda untuk mengenakan pakaian yang pas dengan bentuk tubuh supaya penampilan Anda terlihat lebih professional

Jangan Lupa untuk Selalu Merapikan Pakaian!
© freepik.com
3
Jangan Lupa untuk Selalu Merapikan Pakaian!

Pastikan Pakaian Dalam Keadaan Rapi

Rekomendasi kami

Etika berpakaian di kantor selanjutnya adalah mengenakan baju atau attire serta bawahan yang rapi dan juga bersih. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan representasi yang baik sebagai karyawan atau istilah bekennya saat ini adalah budak corporate.

Itulah mengapa kerapihan serta kebersihan menjadi aspek paling penting ketika bepenampilan. Jikalau Rekomers mengenakan pakaian yang tidak rapi dan kotor, hal tersebut nantinya akan merusak citra Anda di kantor.

Pastinya, Rekomers sekalian tidak ingin hal tersebut menimpa diri Anda sendiri, bukan? Jadi, pastikan pakaian dan bawahan yang akan Anda kenakan untuk pergi ke kantor dalam keadaan yang rapi dan juga bersih. 

Masa Anda Mau Pakai Pakaian Casual untuk Bekerja?
© freepik.com
4
Masa Anda Mau Pakai Pakaian Casual untuk Bekerja?

Jangan Pakai Baju yang Terlalu Casual

Rekomendasi kami

Etika berpakaian di tempat kerja berikutnya adalah tidak menggunakan busana casual ketika bekerja. Memang benar jika ada beberapa profesi yang diperbolehkan untuk memakai pakaian casual dan bebas. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda berpenampilan formal dan rapi ketika bekerja.

Kalau Anda tidak mau ambil pusing, Rekomers bisa kenakan setelan jas. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang mempunyai peraturan bahwa para karyawannya harus berpakaian formal dan rapi saat bekerja.

Bukan tanpa alasan, berpakaian casual ketika bekerja bisa meninggalkan citra dan kesan yang kurang baik karena tidak profesional dan tidak mengikuti peraturan yang telah diberlakukan oleh perusahaan. Itulah mengapa tim Rekomin sarankan untuk menghindari baju casual.

You Can Wear Any Formal Shoes
© freepik.com
5
You Can Wear Any Formal Shoes

Kenakan Sepatu yang Tertutup

Rekomendasi kami

Untuk menciptakan look outfit yang profesional ketika bekerja, Anda harus menggunakan jenis sepatu resmi yang benar. Berikut beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan ketika memakai sepatu untuk bekerja di kantor:

  • Hindari sepatu yang warnanya mencolok!
  • Gunakan sepatu dengan ujung yang tertutup.
  • Anda tidak boleh pakai sepatu hak tinggi model tebal atau stiletto.
  • Jangan pakai sepatu dengan tali tipis dan sepatu platform yang bagian depannya tebal!
  • Pilihlah sepatu yang tinggi haknya tidak lebih dari 10 cm.
  • Rekomers dianjurkan untuk selalu memakai kaus kaki formal.
  • Jangan pernah gunakan kaus kaki olahraga!

Tanya Jawab Seputar Cara Berpakaian di Kantor

Apabila Rekomers masih belum merasa cukup dengan informasi di atas, Anda bisa membaca section satu ini lebih lanjut yang berisi informasi dan fakta menarik tambahan seputar cara berpakaian di kantor. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, baca penjelasan selengkapnya sekarang juga!

Apa arti dari gaya berpakaian formal?

Gaya berpakaian formal adalah salah satu fashion style yang sering dikenakan di lingkungan kantor konservatif dan sangat korporat. Bahkan, gaya berpakaian formal juga dapat Anda kenakan untuk menghadiri acara resmi, contohnya pernikahan, pembaptisan, fancy dinner, dan lain-lain. Pilihan pakaian terbaik untuk dresscode ini adalah kemeja, setelan jas, blazer, blouse, celana bahan, dan dress.

Berpakaian sopan itu seperti apa?

Secara harfiah, berpakaian sopan adalah mengenakan pakaian yang tidak provokatif dan tidak mengekspos tubuhnya di depan umum. Oleh sebab itu, tim Rekomin tidak memperbolehkan Rekomers untuk mengenakan pakaian yang terlalu ketat, mini, dan seksi ketika bekerja ataupun di luar jam kerja.

Item fashion apa saja yang cocok buat kerja di kantor?

Berikut ini adalah beberapa pilihan fashion item yang bisa Anda kenakan buat kerja di kantor:

KemejaFlat ShoesAnkle PantsMidi Skirt
DressBlazerBlouseHigh Heels
Loose PantsCelana ChinoPantofelSetelan Jas
SneakersLoafersVestLong Outer

Apakah gaya smart casual cocok buat dipakai ke kantor?

Cocok! Mulai sekarang, Anda bisa menerapkan gaya berpakaian smart casual sebagai OOTD ke kantor. Pasalnya, gaya berpakaian ini rapi dan konvesional namun tetap terkesan santai dan simple

Kesimpulan: Cara Berpakaian di Kantor

Melalui artikel ini, Rekomers jadi tahu cara berpakaian yang benar ketika bekerja di kantor. Pasalnya, ada sebagian perusahaan yang bagian business management mengatur para karyawan agar wajib berpakaian rapi dan formal.

Kalau Rekomers ingin tahu gambar outfit ngantor, Anda bisa mencarinya di Pinterest. Nantinya, Anda akan menemukan banyak sekali referensi outfit ngantor. Jadi, siapkan diri dan ayo terapkan cara-cara di atas!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo