Hide Menu

Inilah 6 Cara agar Kacamata Tidak Melorot, Sangat Cocok untuk Si Paling Anti Repot!

Berhentilah Mendorong Frame ke Atas! Segera Praktikkan Tips-Tips Ini agar Kacamata Tidak Melorot Lagi!

Artikel Cara agar Kacamata Tidak Melorot ini diposting diperbarui
30 Pembaca
Like
Cara agar Kacamata Tidak Melorot 2024
© freepik.com

Mengapa Kacamata Harus Dipasang dengan Benar?

Mengapa Kacamata Harus Dipasang dengan Benar?
freepik.com/stockking

Apakah Rekomers setuju dengan pernyataan “Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada kacamata yang terus-menerus melorot atau meluncur ke hidung?”. Tim Rekomin tentu saja setuju. Fungsi dari kacamata adalah aksesoris yang bisa digunakan oleh orang yang memiliki penyakit kelainan mata agar bisa melihat sesuatu dengan lebih jelas. Namun, jika kacamata terus-menerus melorot, maka ini bisa mengganggu aktivitas Anda.

Seperti halnya jika berangkat kerja atau berangkat sekolah dengan terburu-buru, pasti Anda ingin bisa melihat lebih fokus apa yang ada di depan Anda. Namun, jika kacamata tidak berada di tempatnya, maka bisa saja hal buruk terjadi pada Anda.

Selain hal tersebut, terdapat alasan lain yang membuat Anda perlu menjaga kacamata agar tidak mudah melorot. Ketika melihat gambar, pasti Anda ingin bisa melihat dengan jelas, bukan? Juga ketika Anda membaca, Anda berharap bisa membaca semua kalimat dengan jelas.

Namun, apabila kacamata Anda tidak berada di tempatnya, maka hal ini benar-benar mengganggu dan menghambat aktivitas Anda. Bahkan bisa membuat mata tegang dan lelah. Oleh sebab itu, tim Rekomin akan menjadi superhero untuk menginformasikan kiat-kiat cara agar kacamata tidak melorot. Penasaran apa saja langkah yang bisa dilakukan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Kacamata Sering Melorot, Apa Penyebabnya?

Kacamata Sering Melorot, Apa Penyebabnya?
freepik.com

Pengguna kacamata pasti mengharapkan kacamata yang dikenakan terasa nyaman, seimbang, serasi, dan dapat meningkatkan penampilan (Febry Corina, 2019:143). Namun, bagaimana jika kacamata yang dikenakan terasa tidak nyaman karena sering melorot?

Sebenarnya, kacamata melorot bukan didasari karena hidung Anda yang pesek. Melainkan disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor-faktor tersebut? Yuk, kenali bersama!

  • Wajah Berminyak

Salah satu penyebab kacamata melorot adalah kemungkinan wajah Anda berminyak. Umumnya, minyak akan menumpuk di sekitar hidung dan pipi. Untuk mengantisipasi minyak berlebih, Anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash. Opsi lainnya yaitu Anda bisa menggunakan lap pembersih wajah, agar bisa sewaktu-waktu mengelap bagian wajah yang berminyak.

  • Gagang Kacamata Longgar

Awal mula gagang kacamata kendur atau longgar bisa dipicu karena banyak hal. Mulai dari mengenakan kacamata di atas kepala, melepas kacamata hanya dengan satu tangan, atau sering menggunakan setiap hari. Tanpa sadar, hal itu menyebabkan baut yang ada di bagian ujung frame menjadi bengkok dan longgar. Juga, jika tidak membersihkan bagian lensa, maka bisa menjadi buram dan tumbuh jamur.

  • Ukuran Kacamata Tidak Pas

Apabila Anda membeli kacamata hanya berdasarkan model dan warnanya lucu saja, namun tidak memerhatikan ukuran wajah Anda, maka ini juga menjadikan kacamata mudah melorot. Apapun bentuk kacamata yang ingin Anda beli, harusnya sesuaikan dengan bentuk dan ukuran wajah Anda. Namun, apabila Anda merasa kesulitan untuk mencari kacamata yang tepat, Anda bisa akali dengan menggunakan aksesoris kacamata lainnya. 

  • Sekrup yang Longgar

Merupakan suatu hal yang wajar jika sekrup engsel agak kendor. Hal ini dikarenakan pengguna begitu sering mengenakan kacamata. Sekrup yang longgar dapat melonggarkan frame kacamata juga. Sehingga, menyebabkan kacamata mudah tergelincir ke bawah. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kencangkan kacamata Anda, baik di rumah atau dengan bantuan profesional.

A.F Fauziyah
Writer
Content Writer

Pribadi yang punya banyak mimpi yang belum terjadi. Seorang yang ingin membahagiakan banyak orang. Haha klise tapi nyata. Bismillah untuk segala sesuatunya.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara agar Kacamata Tidak Melorot - Terbaru 2024

Section kali ini akan membahas tips jitu untuk membuat kacamata kesayangan Anda tidak akan melorot lagi. Anda bisa merawat kacamata Anda hanya dengan di rumah saja. Yuk, pelajari setiap langkahnya!

1
Menutup Kedua Lengan Kacamata Menggunakan Karet

Simple dan Anti Ribet!

Menutup Kedua Lengan Kacamata Menggunakan Karet

2
Mengoleskan Wax Glasses di Bagian Jembatan Kacamata

Pastikan Kacamata Sesuai dengan Ukuran Wajah

Mengoleskan Wax Glasses di Bagian Jembatan Kacamata

3
Memberikan Selongsong Pelapis Kabel di Bingkai Kacamata

Bisakah Pelapis Kabel Menyulap Kacamata agar Tidak Melorot?

Memberikan Selongsong Pelapis Kabel di Bingkai Kacamata

4
Mengganti Bantalan Hidung atau Nose Pad

Tingkat Kerapatan Nosepad Memiliki Pengaruh Penting

Mengganti Bantalan Hidung atau Nose Pad

5
Memasang Ear Hook atau Kait Telinga

Bahan Silikon Lembut dan Nyaman

Memasang Ear Hook atau Kait Telinga

6
Menggunakan Tali Pengikat Kacamata

Opsi yang Mudah dan Praktis

Menggunakan Tali Pengikat Kacamata

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Simple dan Anti Ribet!
© freepik.com/KamranAydinov
1
Simple dan Anti Ribet!
Rekomendasi kami

Rekomers bisa memulai cara pertama dengan memanfaatkan karet yang ada di rumah. Fungsi dari karet tersebut adalah untuk melekatkan pegangan kacamata pada bagian atas telinga. Caranya cukup mudah dan bahan yang dibutuhkan pun juga sedikit, Anda hanya perlu menyiapkan karet dengan panjang 15cm sampai 20cm. Kemudian, apa yang harus dilakukan? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Letakkan karet rambut sebanyak 2 buah di atas meja kerja Anda. 
  2. Masukkan karet pada gagang kacamata sebelah kanan hingga ke sepertiga lengan.
  3. Ikat ke sekeliling lengan kacamata dengan karet tersebut. Ketika mengikat, tariklah dengan kencang setiap kumparan Anda. Pastikan sepertiga lengan tersebut, terlilit dengan ikat rambut.
  4. Lakukan hal yang sama pada lengan sebelah kiri.

Catatan:

Usahakan warna ikat rambut berwarna netral atau serasi dengan frame kacamata Anda agar tidak memberikan hasil yang mencolok. Selain itu, Anda juga harus mencoba berbagai ketebalan ikat rambut. Gunanya adalah untuk melihat mana yang paling pas dan nyaman saat Rekomers pakai.

Pastikan Kacamata Sesuai dengan Ukuran Wajah
© freepik.com/diana.grytsku
2
Pastikan Kacamata Sesuai dengan Ukuran Wajah

Mengoleskan Wax Glasses di Bagian Jembatan Kacamata

Rekomendasi kami

Cara berikutnya adalah mengoleskan wax kacamata ke bagian bridge kacamata. Mungkin Rekomers bertanya-tanya bagaimana sih bentuk dari lilin kacamata? Bentuk wax adalah tube seperti pelembap bibir pada umumnya. 

Guna dari lilin ini adalah memberikan gesekan ekstra antar kacamata dengan hidung. Sehingga, kacamata akan menempel sempurna dan mencegah kacamata melorot dari hidung. Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Siapkan wax dan kacamata Anda.
  2. Lepaskan tutup lilin.
  3. Oleskan secara perlahan lilin di bagian jembatan atau bridge kacamata.
  4. Mulailah untuk mengenakan kacamata, jika masih melorot dan bergerak, maka oleskan lilin lagi.
  5. Ulangi hal tersebut hingga Anda mendapatkan kenyamanan ketika mengenakan kacamata.

Catatan:

Hal yang perlu diingat adalah jika dari awal kacamata Anda sudah memiliki ukuran yang lebih gede daripada wajah Anda, maka lilin ini tidak akan memberikan pengaruh yang optimal. Jadi, pastikan ukurannya pas di wajah. Fyi, wax glasses ini juga bisa Anda gunakan untuk merekatkan kaca helm yang retak. Sangat multifungsi, bukan? 

Bisakah Pelapis Kabel Menyulap Kacamata agar Tidak Melorot?
© freepik.com
3
Bisakah Pelapis Kabel Menyulap Kacamata agar Tidak Melorot?

Memberikan Selongsong Pelapis Kabel di Bingkai Kacamata

Rekomendasi kami

Sebelum mulai membahas langkah kerjanya, tim Rekomin ingin menanyakan satu hal terlebih dahulu. Apakah Rekomers tahu selongsong kabel yang dimaksud? Jika belum, maka tim Rekomin akan menjelaskan secara singkat.

Selongsong adalah pelapis kabel yang digunakan pada sambungan kabel untuk melindungi ujung kabel. Biasanya berwarna hitam dan memiliki diameter yang berukuran kecil. Namun, jika Anda masih tidak mengetahuinya, lebih baik Anda pergi ke toko listrik dan membelinya. Nah, setelah penjelasan singkat tersebut, mari bersama-sama melangkah ke langkah kerjanya.

  1. Siapkan selongsong kabel dengan ukuran kurang lebih 5-10 cm.
  2. Masukkan kabel ke satu lengan kacamata terlebih dahulu.
  3. Masukkan kabel hingga ke bagian yang menempel pada telinga tertutup.
  4. Panaskan kabel tersebut menggunakan ujung lem tembak. Dengan dipanaskan, selongsong kabel tersebut akan mencengkeram dan melekat pada gagang kacamata.
  5. Lakukan hal yang sama pada bagian yang lain.

Catatan:

Jangan terlalu lama dalam memanaskan selongsong kabel, sebab itu akan merusak bagian penyangga atau gagang kacamata. Selain itu, jika bahan kacamata Anda terbuat dari plastik, maka sebaiknya Anda lebih berhat-hati.

Tingkat Kerapatan Nosepad Memiliki Pengaruh Penting
© freepik.com
4
Tingkat Kerapatan Nosepad Memiliki Pengaruh Penting

Mengganti Bantalan Hidung atau Nose Pad

Rekomendasi kami

Seperti namanya, nose pad atau bantalan hidung berguna untuk membantu menyangga kacamata di bagian hidung. Umumnya, nosepad menjadi penyebab utama kacamata bisa melorot. Nah, untuk mengantisipasi hal berikut, Anda perlu mengganti nose pad yang lama dengan yang baru. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Rekomers lakukan.

  1. Siapkan obeng berukuran kecil.
  2. Lepas secara perlahan sekrup bantalan hidung.
  3. Pasang nosepad yang baru pada bingkai. Usahakan Anda tidak mengenai bagian lensa agar tetap bersih dan tidak tergores.
  4. Atur tingkat kerapatan pada nosepad agar tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.
  5. Selesai! Kacamata tidak akan melorot lagi! 
Bahan Silikon Lembut dan Nyaman
© freepik.com/prostooleh
5
Bahan Silikon Lembut dan Nyaman

Memasang Ear Hook atau Kait Telinga

Rekomendasi kami

Salah satu terobosan untuk membuat kacamata tidak melorot adalah memasang earpiece. Bentuknya yang kecil dan terbuat dari bahan silikon yang lembut tidak akan menyakiti telinga. Jika Anda merasa tertarik untuk memilih opsi ini, Anda bisa mencari produknya di toko optik atau online store. Tak hanya harganya yang murah, namun cara menggunakannya pun cukup mudah.

Pertama, masukkan ujung lengan kacamata ke dalam kait telinga. Pastikan posisinya sesuai agar menempel erat pada telinga. Kemudian, masukkan ujung satunya ke dalam kait telinga agar kacamata tidak miring. Setelah keduanya terpasang, Anda bisa mengatur kedalaman ear piece agar Anda merasa nyaman ketika mengenakannya.

Opsi yang Mudah dan Praktis
© freepik.com/KamranAydinov
6
Opsi yang Mudah dan Praktis

Menggunakan Tali Pengikat Kacamata

Rekomendasi kami

Cara agar kacamata tidak melorot berikutnya adalah menggunakan tali untuk mengikat kacamata. Opsi ini benar-benar tidak merepotkan Anda untuk mengatur kacamata setiap harinya.

Adanya bantuan tali pengait ini akan membantu menjaga kacamata Anda berada di tempatnya seharian. Bahkan ketika Rekomers pakai untuk olahraga, ini akan meminimalisir kacamata melorot atau jatuh.

Tali ini memiliki 2 macam jenis bahan, yaitu elastis dan non elastis. Jika Anda memilih elastis, maka ini sifatnya melekat pada bagian kepala belakang. Sebaliknya, non elastis adalah tali yang bisa Anda sesuaikan kekencangannya. Keduanya memiliki fungsi yang sama tergantung Anda memilih material tali apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik, tim Rekomin sudah memiliki step by step pengerjaan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Pertama, kaitkan tali ke kedua ujung gagang kacamata. Kedua, pastikan tali pengikat tidak terlalu longgar atau ketat.

Jika terlalu longgar, maka kacamata Anda bisa melorot. Apabila terlalu ketat, maka kepala Anda akan pusing karena tidak nyaman. Setelah itu, Anda sudah bisa langsung mengenakannya untuk beraktivitas. Begitu bermanfaat, mudah, dan praktis, bukan? 

Tanya Jawab Seputar Cara agar Kacamata Tidak Melorot

Masih punya pertanyaan terkait cara agar kacamata tidak melorot? Jangan khawatir, berikut adalah pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dangan topik ini. Simak selengkapnya. 

Mengapa kacamata sering melorot?

Kacamata sering melorot dipicu oleh beberapa faktor, seperti wajah berminyak, gagang kacamata yang longgar, digunakan di atas kepala, dan sekrup yang longgar.

Bagaimana cara mengatasi kacamata yang melorot?

Cara mengatasinya adalah dengan menutup kedua lengan kacamata menggunakan karet, melapisi dengan lilin di bagian jembatan kacamata, dan memberikan selongsong pelapis kabel di bingkai kacamata. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengganti bantal hidung yang sudah longgar, memasang pengait telinga, dan menggunakan tali pengikat kacamata.

Kacamata apa yang cocok untuk hidung pesek?

Kacamata dengan model cat eye atau mata kucing. Selain itu, Anda juga bisa memilih kacamata yang mempunyai jembatan rendah, sehingga dapat menempel sempurna di hidung Anda. Sebaiknya, Anda memilih bahan yang tahan lama namun ringan. Juga, hindari bahan bingkai yang tebal. 

Apa kegunaan nosepad kacamata?

Nosepad atau bantal hidung memiliki kegunaan penting bagi pengguna kacamata. Salah satunya adalah untuk membantu dan mengganjal kacamata agar tetap aman di posisi yang tepat, yaitu di atas hidung. Selain itu, desain nosepad yang tepat dapat memastikan kacamata tidak melorot dari hidung.

Apa jenis material lensa yang terbaik?

Pada tahun-tahun yang lalu, kacamata banyak yang terbuat dari material kaca. Akan tetapi, pada zaman sekarang, sebagian besar lensa kacamata baik untuk mata minus ataupun plus terbuat dari bahan plastik. Kelebihan material kaca membuat lensa tidak mudah tergores, namun bisa jadi bahan ini mudah pecah. Sedangkan material plastik dipilih karena ringan. Sehingga, terkesan lebih nyaman, lebih fleksibel, dan tentunya lebih aman.

Kesimpulan: Cara agar Kacamata Tidak Melorot

Sebelum memutuskan membeli yang baru, ada baiknya Anda mencoba tips dan trik di atas terlebih dahulu. Semua cara di atas dilakukan agar dapat menahan kacamata tidak melorot dari hidung. Juga, semua langkahnya merupakan reparasi atau perbaikan dengan waktu yang cepat dan langkah yang efektif.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara tersebut bisa bertahan dalam waktu lama, jika Anda melakukan semua caranya dengan perlahan dan memperhatikan semua peraturan dengan tepat. Jadi, jangan lupa untuk menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kacamata menjadi longgar atau patah. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo