Hide Menu

Punya Banyak Celana tapi Gak Tahu Beda Jeans dan Denim? Simak 4 Perbedaannya di Sini!

Artikel Ini akan Menjawab Kebingunan Anda Tentang Perbedaan Jeans dan Denim dengan Mudah dan Cepat, Ayo Baca!

Artikel Beda Jeans dan Denim ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Beda Jeans dan Denim 2024
© freepik.com

OOTD Santai dengan Jeans Bikin Penampilan Tambah Menarik

OOTD Santai dengan Jeans Bikin Penampilan Tambah Menarik
freepik.com

Siapa yang di lemarinya gak punya koleksi celana jeans? Sudah pasti setiap orang memiliki koleksi celana jeans. Celana ini memiliki ciri khas yang terbuat dari bahan berkualitas premium, tebal, tahan lama, dan juga kokoh.

Celana jeans dengan bahan denim banyak digunakan untuk menghadiri acara santai dengan tampilan yang casual. Contohnya seperti saat berjalan-jalan santai atau hanya sekedar nongkrong saja. Anda bisa padu padankan celana jeans denim dengan kaos. OOTD ini bisa bikin look Anda terlihat santai tapi cukup memikat.

Dalam dunia fashion, pasti Anda sudah tidak asing ‘kan dengan kata jeans dan denim? Sebagian orang beranggapan jeans adalah denim dan sebaliknya, denim adalah jeans. Faktanya, celana jeans dan denim itu tidak sama dan memiliki perbedaan. 

Secara garis besar, denim merupakan bahan yang digunakan untuk membuat celana, jaket, dan pakaian lain. Bahkan denim terbuat dari campuran beberapa bahan. Sedangkan jeans adalah salah satu jenis celana.

Sampai sini apa Anda sudah tahu beda jeans dan denim? Kalau belum dan ingin tahu lebih jauh, Anda bisa baca artikel ini sampai selesai. Yuk, cek penjelasan lengkapnya di bawah ini!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Beda Jeans dan Denim - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian pada tahun 2011 oleh Disafitri Aziza Lazuardi menyatakan bahwa hingga saat ini, celana jeans banyak disukai oleh pria dan wanita. Sebagian orang memiliki jenis celana jeans tertentu dengan desain yang berbeda. Adapun beberapa jenis yang sering ditemui yaitu mom jeans, girlfriend jeans, dan skinny dengan model seperti pensil. 

Meski celana jeans menjadi trend fashion, tapi banyak orang yang gak tahu perbedaan celana jeans dan denim, lho. Apa Rekomers salah satunya? Jika iya, gak usah lama-lama, simak penjelasan yang membedakan keduanya di bawah ini!

1
Sejarah

Latar Belakang Sejarah yang Berbeda

Sejarah

2
Bahan

Perbedaan Penggunaan Bahan Dasarnya

Bahan

3
Warna

Denim Warnanya Lebih Bervariasi dari Jeans, Lho!

Warna

4
Penggunaan

Penggunaan dengan Hasil Akhir yang Berbeda

Penggunaan

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Latar Belakang Sejarah yang Berbeda
© freepik.com
1
Latar Belakang Sejarah yang Berbeda

Sejarah

Rekomendasi kami

Beda denim dan jeans bisa Anda lihat dari sejarahnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Jeans

Sudah dijelaskan sebelumnya tentang sejarah celana jeans di artikel celana chino vs jeans. Jeans adalah salah satu jenis celana yang terbuat dari bahan denim. Pada tahun 1873, Levi Strauss dan Jacob Davis menciptakan sebutan pertama untuk sebuah celana denim, yaitu jeans.

Design pertama kali dibuat secara khusus untuk para koboi dan para pekerja yang membutuhkan celana dengan kain tebal untuk melindungi kaki di lingkungan pertambangan.

  • Denim

Denim sudah ada sejak tahun 1800-an dan pertama kali ditemukan di Nimes, Prancis. Nama denim berasal dari bahasa Prancis yaitu Serge de Nimes yang kemudian berubah menjadi de Nime.

Para pengrajin menemukan kain katun unik dan mulai menggabungkannya sehingga menghasilkan bahan yang kokoh. Meski sejarahnya berbeda, jeans dan denim masih tetap populer sampai saat ini.

Perbedaan Penggunaan Bahan Dasarnya
© freepik.com
2
Perbedaan Penggunaan Bahan Dasarnya

Bahan

Rekomendasi kami

Perbedaan denim dan jeans yang kedua bisa Anda lihat dari bahan dasarnya. Faktanya, celana jeans terbuat dari bahan dasar denim.

Sedangkan denim merupakah bahan yang dibuat dengan bahan dasar campuran cotton dan wool atau wool dan silk. Dahulu memasuki abad ke-19, denim terbuat hanya dengan bahan dasar cotton saja.

Denim Warnanya Lebih Bervariasi dari Jeans, Lho!
© freepik.com
3
Denim Warnanya Lebih Bervariasi dari Jeans, Lho!

Warna

Rekomendasi kami

Pecinta celana pasti tahu bahwa warna itu sangat penting dalam penampilan. Maka dari itu, Anda juga harus tahu bahwa kedua istilah ini berbeda dalam faktor warna.

Umumnya, celana jeans lebih banyak yang berwarna hitam dan biru. Berbeda dengan denim yang memiliki berbagai macam warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, putih, dan cream. Kendati berbeda, semua warna jeans dan denim bagus jika Anda padukan dengan kaos, lho.

Penggunaan dengan Hasil Akhir yang Berbeda
© freepik.com
4
Penggunaan dengan Hasil Akhir yang Berbeda

Penggunaan

Rekomendasi kami

Faktor beda jeans dan denim yang terakhir ada pada penggunaannya. Denim adalah salah satu yang biasanya dipakai sebagai bahan pokok membuat beberapa produk pakaian seperti rok, celana, dan jacket.

Dalam kata lain Rekomers bisa menggunakan bahan denim dari kepala sampai mata kaki. Sedangkan jin atau jeans adalah celana yang dibuat dengan bahan denim yang mana hanya bisa Anda kenakan sebagai bawahan saja. 

Tanya Jawab Seputar Beda Jeans dan Denim

Kini, Anda sudah tahu beda jeans dan denim mulai dari sejarah sampai penggunaannya. Tapi, rasanya kurang lengkap kalau Anda tidak meluangkan waktu untuk membaca section tanya jawab ini. Yuk, baca!

Apa itu celana jeans denim?

Jeans denim merupakan celana bahan katun atau soft cotton yang bisa bertahan lama. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat baju, jaket, dan celana mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Apa perbedaan celana jeans dan Levi's?

Levi’s merupakan salah satu brand pakaian dalam industri denim. Sedangkan celana jeans adalah jenis pakaian yang populer di dunia.

Apakah Levi's termasuk denim?

Benar, Levi’s merupakan salah satu brand terkemuka yang menjual celana dan jaket yang terbuat dari bahan denim berkualitas tinggi.

Apakah bahan denim panas?

Bahan denim memang identik dengan bobot yang berat dan tebal. Hal ini menjadikan Anda merasa gerah saat menggunakannya pada cuaca yang panas. Tapi, gak semua denim berat dan tebal. Ada juga denim dengan bobot ringan dan tipis yang gak bikin Anda kegerahan saat cuaca panas.

Warna denim itu seperti apa?

Ciri khas dari denim yaitu memiliki warna dasar berwarna biru. Denim menjadi bahan pokok untuk membuat celana, rok, dan juga jaket.

Apa bedanya denim dan jeans?

Perbedaan jeans dan denim itu sangat mudah dikenali. Sebab denim merupakan bahannya, dan jeans merupakan poduknya.

Celana denim dari bahan apa?

Celana denim adalah kain yang terbuat dari kapas dan benang, artinya berat kapas bahan ini lebih tinggi daripada kainnya.

Bahan denim itu seperti apa?

Bahan denim merupakan kain cotton dengan benang pakan yang melewati dua atau lebih benang lungsin. Bahan ini sering kali dipakai untuk membuat topi, jaket, tas, celana, bahkan sepatu.

Kesimpulan: Beda Jeans dan Denim

Demikian pembahasan tentang beda jeans dan denim. Kini, Anda tahu bahwa jeans dan denim itu berbeda. Bedakan keduanya dengan 4 cara, dari sejarah, bahan, warna, dan penggunaan.

Harus Rekomers ingat bahwa celana jeans adalah jenis celana yang terbuat dari bahan denim. Sedangkan denim merupakan bahan dasar dari campuran bahan cotton dan wool atau silk dan wool.

Meski denim merupakan bahan dasar untuk membuat produk, tapi tidak semuanya menghasilkan celana jeans. Denim juga bisa digunakan untuk membuat topi, tas, rok, jaket, bahkan sepatu juga, lho. Intinya, semua jeans adalah denim tapi gak semua denim itu jeans. Semoga penjelasan tim Rekomin bisa Anda pahami, ya. Sampai jumpa di artikel yang lainnya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo